You are on page 1of 10

Nike kini meluncurkan jersey terbaru dari beberapa negara yang maju dibidang olahraga sepakbola, diantaranya – Kroasia

, Perancis, Belanda, Polandia dan Portugal – yang akan mengantar mereka kelapangan salah satu turnamen bola terbesar di Eropa pada musim panas ini. Jersey ini menjadi dapat mengurangi sampah plastik yang sulit di daur ulang diantara kita, jadi ini merupakan contoh daur ulang yang efektif dan dapat menghasilkan kaos sepakbola ( khususnya Timnas ) yang keren serta dapat menandingi kualitas dari bahan pembuat kaos sepakbola lainnya

Setiap federasi sepakbola akan memiliki lapisan paling dalam Nike Pro Combat yang spesifik sesuai dengan negara masing-masing, fungsinya untuk menambah keamanan dan kenyamanan para pemain sepakbola di pertandingan masa kini yang lebih cenderung menggunakan fisik dan teknis, dan bagi para fans yang ingin menunjukkan dukungannya diluar lapangan disediakan koleksi versi lifestyle yaitu topi, kaos, jaket dan lain-lain. Dan sesuai dengan komitmen Nike untuk meningkatkan performa pemain serta mengurangi dampak perusakan lingkungan, bahan kain jersey Nike yang digunakan untuk celana pendek jersey tersebut terbuat dari 100% polyester yang dapat didaur ulang. Sementara itu, setiap jersey menggunakan daur ulang dari kurang lebih 13 botol plastik.

Jersey Nike terbaru ini dikonstruksi dengan menggunakan teknologi Nike Dri-Fit untuk mengurangi kelembaban, dan dibuat dari bahan kain yang 23 persen lebih ringan serta struktur rajutan yang 20 persen lebih kuat dari seragam-seragam Nike sebelumnya. Jersey tersebut juga mengedepankan fitur lubang-lubang ventilasi laser-cut untuk memberikan efek pendinginan pada area – area tertentu, untuk membantu mengatur suhu tubuh pemain sepanjang pertandingan. Celana pendek Nike Pro Combat Hyperstrong Compression Slider, juga akan memberikan manfaat kepada para pemain. Celana terbaru dari Nike tersebut mengedepankan fitur pengamanan untuk bagian paha sehingga pemain dapat berlatih dan bertanding dengan kecepatan tinggi dan rasa percaya diri. Panel-panel paha ini bebas gesekan untuk menghindari lecet dan gatal pada kulit ketika atlit meluncur diatas lapangan. Bahan kain Dri-Fit membantu mengurangi keringat dan membantu atlit agar tetap kering, sementara kompresi fit memberikan rasa pas ketat namun juga reponsif. Desain visual jersey setiap federasi diciptakan setelah mendapatkan masukan-masukan berharga yang diinspirasi oleh identitas nasional dan budaya sepakbola yang sangat berbeda dari setiap negara. Seragam dan celana juga kaya akan detail yang terinpirasi dari sejarah dan warisan setiap tim. Untuk melengkapi seragam di hari pertandingan, Nike juga meluncurkan rangkaian pakaian training dan lifestyle yang terintegrasi. Pada lapangan latihan para pemain akan mendapatkan banyak keuntungan dari rangkaian pakaian yang inovatif, dengan pilihan desain untuk membuat mereka tetap merasa nyaman apapun kondisi cuaca saat itu.

599. Jersey-jersey tim nasional versi kandang dan rangkaian pakaian (topi. jaket ringan dan topi yang juga diluncurkan. jaket dan lain-lain) sudah tersedia di toko-toko Nike di Indonesia mulai dari 1 Mei 2012 dengan harga Rp. . kaos. dan semua hadir dengan warna-warna khas kebangsaaan. Rangkaian ini diciptakan untuk para penggemar yang ingin menunjukkan kesetiaan mereka secara terang-terangan dan bagi mereka yang ingin menampilkan diri lebih segar. elemen-elemen yang khas.untuk jersey timnas. bahan kain yang premium serta desain yang sangat menarik. simbol kenegaraan.Para fans dapat mengekspresikan kebanggaan dan dukungan mereka dengan rangkaian jacket hoody dan kaus atasan.000.

.

Barang bekas? Betul.. Kostum ini juga didesain memiliki lubang-lubang ventilasi laser-cut untuk membantu mengatur suhu tubuh pemain sepak bola sepanjang pertandingan. mereka berusaha memanfaatkan barang bekas untuk membuat kostum para pemain sepak bola dunia ini. Nike telah membuat kostum untuk beberapa timnas seperti Polandia. Belanda. Nike pun berkomitmen untuk mengombinasikan dukungan terhadap performa atlet dengan mengurangi serendah mungkin dampak perusak lingkungan. . Terobosan besar yang dibuat oleh Nike kali ini adalah dengan pengembangan produk jersey DriFit untuk para pemain sepakbola Eropa di Euro 2012 dengan fakta yang menunjukan setidaknya kaos bola terbaru keluaran Nike ini. Butuh sekitar 13 botol plastik untuk membuat sebuah kostum. Tentunya proses pembuatannya memerlukan teknologi tinggi. sehingga kelembapan tubuh pemain sepak bola yang memakainya bisa berkurang. Makanya. tetapi juga memperhatikan faktor kelestarian lingkungan. 23% lebih ringan dari seri Dri-Fit sebelumnya telah dipasarkan ditahun 2010/2011!. dan Kroasia). Belanda. jika semua perusahaan tidak hanya fokus mencari untung. Pada ajang Piala Eropa 2012 . ternyata kostum yang digunakan di Piala Eropa 2012 ini berasal dari plastik bekas botol minuman air mineral. Pihak Nike mengklaim kostum yang mereka buat kali ini 23 persen lebih ringan dari seri Dri-Fit sebelumnya yang telah mereka pasarkan. Bahan-bahan kain yang digunakan untuk celana pendek seragam juga dibuat dari 100 persen polyester daur ulang. perusahaan Nike sebagai pembuat salah satu kostum olahraga pada ajang sepak bola ini berkomitmen untuk membuat kostum yang ramah lingkungan. Wah.Tapi tahukah bahwa bahan untuk kostum yang dipakai beberapa pemain bola di Piala Eropa 2012 ini merupakan hasil daur ulang sampah? Ya. bumi kita tercinta pasti akan lebih awet kita tempati. Di Euro 2012 kemarin Nike telah merilis kaos bola terbaru yang ramah lingkungan untuk lima tim (Polandia.Nike melihat kemajuan sepakbola di benua Eropa mengajak Nike untuk terus menciptakan trobosan terbaru melalui apparel nya yang ramah lingkungan dan bersahabat yang di olah melalui proses teknologi yang sangat canggih. Perancis. Portugal. Selain menyerap keringat. Portugal. kostum ini bisa menguapkannya. Prancis. dan Kroasia.

Teknologi Dri-FIT pada jersey buatan Nike ini. Sudah menjadi sebuah keharusan untuk Nike untuk selalu berinovasi dengan produk apparelnya. Manchester United. Nike juga turut membantu bumi dari polusi limbah plastik yang tidak bisa diurai secara biologis di tanah. sehingga dapat menjaga dan mengatur suhu badan para pesepak bola Creative Director Football Nike. Phil Dickinson menjelaskan bahwa Botol plastik terbuat dari bahan dasar polyethylene dan polypropylene. Terdapat ratusan lubang pada bagian ketiak dan pinggan jersey. yang menurut saya apa yang Nike telah lakukan sejauh ini kepada dunia olah raga sangat fantastis! Tak hanya itu. merupakan kostum dengan model yang aerodinamis. dapat menjaga para pesepak bola agar tetap kering dan sejuk saat bermain 2. Arsenal dan Inter Milan adalah tim besar eropa yang menggunakan teknologi canggih Nike ini .Dry-Fit Siapa saja sih tim-tim besar di eropa yang menggunakan baju bola pastik buatan Nike ini? Tim kesukaan kamu termasuk tidak? Barcelona.Produksi kaos bola dari Nike ini tidak terlalu berbeda dengan proses manufaktur terdahulunya mereka tetap memproduksi kaos bola yang sangat ramah lingkungan dengan mengolah 8 botol plastik PVC daur ulang untuk menciptakan 1 kaos bola.. Selain itu jersey ini dapat lebih meregang sebesar 17 persen dibandingkan kostum versi terdahulunya 3. namun juga membantu dalam dunia olahraga. Dengan memanfaatkan teknologi penguraian kimia. mereka dapat mengubah bahan-bahan tersebut menjadi serat polyester untuk menciptakan baju bola plastik buatan Nike. bagi lingkungan ini merupakan suatu keputusan yang tepat yang Nike ambil dalam ikut menjaga. Nike masih menduduki peringkat teratas dalam angka penjualan dan masih mengungguli pamor Adidas yang merupakan pesaing terberat Nike di industri olahraga. seperti membuat baju bola plastik buatan Nike ini misalnya. khususnya sepak bola. Juventus. lebih pas dengan badan dan atletis. Hal yang Nike lakukan ini menunjukkan bahwa teknologi tidak hanya maju dalam di dunia digital saja. Keunggulan Nike Dry-Fit 1. Jersey ini 15 persen lebih ringan daripada versi-versi terdahulunya jersey dengan teknologi Dri-FIT ini. Tim-tim Eropa yang memakai Nike. Dia juga menambahkan bahwa baju bola dari plastik Nike ini tidak hanya dirancang untuk lebih nikmat dipandang. melainkan memberikan manfaat lebih untuk kinerja para pesepak bola dan juga sangat bersahabat dengan lingkungan karena dengan menerapkan teknologi seperti ini. Karena ini bagian paling penting dalam mengembangkan strategi dan mempertahankan pangsa pasar Nike di industri olahraga. merawat dan mencintai bumi kita ini. Sampai dengan saat ini.

Berikut Video Pembuatan Jersey dari Limbah Botol Plastik : .

minuman ringan hingga kosmetik semua .penggila bola seperti saya tentu sangat menantikan gelaran pesta sepak bola antar negara di Eropa tersebut. Saat saya mencoba googling model-model jersey Negaranegara di Euro 2012 ada satu jersey yang saya anggap paling menarik. saya akan mencoba sedikit menceritakannya melalui tulisan ini. Rencananya Euro 2012 akan berlangsung di dua negara “Polandia & Ukraina” pada Juni-juli 2012. saat ini beberapa tim peserta sudah mulai merilis Jersey “kaos tim” yang akan dipakai di pertandingan-pertandingan mereka. Humm…Botol plastik menjadi pakaian? bagaimana bisa?. Ada hal lain yang menarik dari Jersey ini yaitu bahannya yang berasal dari botol plastik bekas. cukup sesuai dengan tipe permainan der oranje. Hidup bersama Plastik Keberadaan plastik sudah sangat tidak bisa terpisahkan lagi didalam era kehidupan yang serba praktis sekarang ini. Dengan Jadwal yang hanya tinggal beberapa bulan lagi. Mulai dari kemasan air mineral. Berikut preview tampilannya (saya ambil dari sini) Warna hitam dengan aksen Oranye menurut saya terlihat elegan namun tetap memiliki sisi “garang”.Kaos Tim Der Oranje Euro 2012….

dan 3-4% digunakan untuk sumber energi dalam proses manufacturing plastik Trihadiningrum (2007) dalam Putra (2011). Sejak piala dunia Afsel di tahun 2010 lalu. Padahal dampak yang ditimbulkan dari sampah plastik sangat buruk bagi lingkungan dan kesehatan. pemanfaatan. atau Polypropylene (PP) yang dapat dipakai berkalikali biasanya digunakan untuk kemasan makanan. Produksi plastik sintetik menggunakan bahanbahan tambahan berupa logam berat.8 ton minyak bumi. Pengurangan timbulan sampah. nike telah memproduksi Jersey timnas yang berbahan dasar botol plastik. Dalam proses produksi plastik. Jersey tim yang terbuat dari bahan botol bekas itu .recycle) saat ini menjadi cara yang paling tepat didalam mengelola sampah. Pakaian dari Botol Plastik Bekas Nike sebagai salah top produsen sport apparel di dunia mempunyai pandangan lain tentang botol plastik. dan merubah sampah menjadi barang yang lebih berguna (reduce. Jenis plastik yang digunakan pun bermacam-macam diantaranya seperti: Polyethylene terephthalate (PET) plastik transparan yang digunakan untuk kemasan air mineral sekali pakai.nya dikemas dalam botol plastik. Pengunaan plastik secara luas didalam kehidupan sehari-hari menyebabkan potensi timbulan sampah dari plastik amatlah besar. Setiap tahunnya sekitar 4% produksi minyak bumi dunia digunakan sebagai bahan baku plastik. dan bahan kimia lain sehingga terlepasnya (leaching) kandungan logam-logam berat tersebut dari bahan-bahan plastik ke lingkungan akan sangat berbahaya. Untuk produksi setiap ton plastik jenis polyethylene dibutuhkan 1. High Density Polyethylene (HDPE) yang tidak transparan dan biasa digunakan untuk kemasan shampo.reuse. dibutuhkan sumber daya alam berupa bahan bakar fosil yang sangat besar jumlahnya baik sebagai bahan baku maupun sebagai energi untuk proses manufakturing.

meski turut menyelamatkan lingkungan bukan berarti harus mengorbankan unsur inovasi performanya. Proses daur ulang tersebut dapat menghemat bahan mentah (petroleum) yang berharga dan juga mengurangi penggunaan energi hingga 30 persen dibandingkan jika memproduksi pakaian dari bahan polyestersintesis. nantinnya plastik-plastik yang dikumpulkan akan dihancurkan dan dilebur kembali untuk menjadi biji plastik dengan nilai jual yang lebih tinggi. Portugal. Belanda. sejuk dan lebih nyaman sehingga bisa memberikan penampilan terbaik di llapangan. Plastik di Indonesia Pemanfaatan plastik di Indonesia memang sudah dilakukan secara informal oleh pemulung dan pengepul. Sebagai tambahan menurut oihak Nike. Sebagai catatan bahwa untuk memproduksi satu buah Jersey dibutuhkan sekitar 8 buah botol plastik. Botol-botol tersebut lalu dilelehkan dan menjadikannya benang baru untuk akhirnya ditenun menjadi kain pembuatan kaos. tetapi Nike mengklaim bahan kimia aditif yang digunakan seperti solvent pada proses produksi merupakan bahan yang ramah lingkungan sehingga meminimalisasi dampak yang timbul di lingkungan. Nike juga telah membuka mata masyarakat dunia tentang sisi lain dari pemanfaatan plastik. Serbia dan Slovenia. Bahan baku botol bekas didapatkan dari landfill di Jepang dan Taiwan. AS. Sayangnya proses daur ulang ini . Korea Selatan. Selandia Baru. Terlepas dari banyaknya protes dari masyarakat dunia yang menyatakan Nike sebagai perusahaan tidak manusiawi karena membayar upah buruk dengan sangat murah.termasuk Brasil.000 kg yang cukup untuk menutup lebih dari 29 lapangan sepak bola. Pengurangan energi juga berarti pengurangan emisi karbon yang berkorelasi positif dengan gas rumah kaca. Kostum dirancang khusus agar pemain tetap kering. Walaupun diakui oleh Nike jika tidak 100% bahan baku yang digunakan merupakan produk recycle. Nike melalui Chalie Denson(presiden Nike) seperti yang diliput oleh harian The New York Times Juli 2100 mengatakan jika penggunaan polyester daur ulang untuk Jersey Timnas ini telah mengolah lebih dari 13 juta botol plastik atau setara dengan 254. Australia.

Sehingga pada prakteknya masih banyak jumlah plastik yang harus dibuang ke TPA. adalah Reserve Vending Machine (RVM) atau mesin pengolah botol plastik. Saat Botol-botol itu dimasukkan ke RVM untuk dihancurkan. Tulisan ini juga mengambil dari beberapa sumber disini dan disini.belum sepenuhnya mendapat dukungan pemerintah. RVM mampu menampung serpihan plastik hingga puluhan kilogram. namun bukan tidak mungkin jika pemerintah serius untuk mengembangkannya kedepan Indonesia bisa menjadi produsen bijih plastik menyaingi China dan Taiwan. PT Tirta Investama (Danone Aqua) dan LKBN ANTARA. . Semoga saja Nike dan RVM bisa menjadi sumber inspirasi didalam mengelola sampah botol plastik di Indonesia . Well. Diet Plastic-Save Earth. aturan yang ditetapkan pemerintah (UU No 10 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah) masih mandul dalam aplikasinya seperti tidak adanya proses pemilahan di sumber timbulan sampah dan belum adanya infrastruktur pengelolaan sampah yang memadai..Upss…Hampir lupa perlu ditegaskan jika sejak lama saya memang pendukung der Oranjebukan hanya karena alasan plastik ataupun klasik. dan diprakarsai Jaring Bisnis Indonesia (IBL). poin itulah yang kemudian ditukarkan dengan tiket masuk Monas. Dari potret buruk tentang pengelolaan sampah botol plastik di Indonesia ada sedikit cerita menarik dan cukup memberikan dampak positif. Serpihan yang terkumpul nantinya dijual kepada pengepul plastik bekas.saat ini mungkin RVM hanya bisa menjadi bahan kampanye dan edukasi bagi masyarakat tentang pengelolaan sampah. RVM sendiri merupakan proyek kampanye dari mereka tergabung dalam Program Gerakan Membuang Sampah (Gemas). Mesin yang mirip ATM ini diletakkan didepan Monumen Nasional (MONAS). Pengunjung cukup membawa 10 botol bekas ukuran 600 mililiter selanjutnya pengunjung akan mendapat 50 poin.