Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia

Sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi Sub Sektor Computer Technical Support

KODE UNIT JUDUL UNIT

: :

TIK.CS01.001.01 Menyiapkan Proposal Unit kompetensi ini berkaitan dengan tindakan menyiapkan proposal meliputi menyiapkan susunan proposal, membuat proposal dan memeriksa hasil pembuatan proposal. Unit kompetensi ini diperlukan untuk memudahkan dalam pelaksanaan suatu project atau keperluan tertentu.

DESKRIPSI UNIT :

ELEMEN KOMPETENSI 01 Menyiapkan susunan proposal 1.1

KRITERIA UNJUK KERJA Jenis proposal yang akan dibuat ditentukan. untuk pembuatan proposal

1.2. Bahan/referensi disiapkan.

1.3. Buku atau referensi lain tentang cara atau metode pembuatan proposal yang baik dan benar dibaca. 1.4. Kerangka proposal ditentukan. 1.5. Susunan proposal yang baik dan benar sesuai petunjuk pembuatan proposal ditentukan. 1.6. Perangkat pendukung (komputer) pembuatan proposal disiapkan. 02 Membuat proposal 2.1 dalam

Komputer dinyalakan dan diidentifikasi tidak ada error.

2.2. Software word processing dibuka. 2.3. Rancangan isi dari proposal (latar belakang, tujuan, isi dll ) disiapkan. 2.4. Proposal diketik sesuai dengan rancangan yang sudah dibuat. 2.5. Proposal disusun sesuai dengan susunan yang sudah dibuat. 03 Memeriksa hasil pembuatan proposal. 3.1 Hasil pengetikan dan penyusunan proposal diperiksa dan diidentifikasi sudah tidak ada kesalahan ( huruf, font, susunan dll ). 3.2. Hasil pengetikan proposal dicetak. 3.3. Proposal yang sudah dicetak disusun dan dijilid.

Menyiapkan Proposal

24

2 Pertimbangan hubungan industri. meliputi koordinasi. Proposal disimpan pada tempat yang aman. 4. 1. 5. Kemungkinan-kemungkinan itu meliputi: 4.1 Teknisi Perakitan Komputer.4 Beban kerja tiap perangkat.1 Waktu pelaksanaan 3. laporan tertulis.1 Pengetahuan dasar 1.2 Peralatan 3.3 Sakit/kecelakaan/kejadian-kejadian. memberi informasi.1 Jenis komputer dan spesifikasi komputer. meminta umpan balik.1.2 Menyiapkan Proposal 25 .4 Penyediaan barang yang dapat dikonsumsi 4. Rincian biaya meliputi: 3.3 Jumlah dan kualifikasi tenaga kerja yang digunakan 3.1 Hubungan komunikasi. Proposal yang sudah dijilid diperiksa kembali. Unit ini berlaku untuk seluruh sektor teknologi informasi dan komunikasi.4 Hal-hal lain yang terkait dengan sektor.3 Jumlah atau besar sistem.2 Perangkat peripheral komputer.4. 2. memerlukan bukti keterampilan dan pengetahuan di bidang berikut ini : 1.3 Teknisi Perbaikan Komputer. 1. PANDUAN PENILAIAN 1. Sumber tenaga manusia dan peralatan mungkin beragam dari satu sektor industri ke industri lain dan mungkin mencakup: 2.1.2. 4. meliputi konsultasi dengan tenaga kerja manusia. Keterampilan dasar 1. negosiasi . mendengarkan.5. 2. bersih dan mudah dijangkau. 3.2.5 OS yang digunakan. Pengetahuan dan keterampilan penunjang Untuk mendemontrasikan kompetensi.1 Kesulitan teknis.3 Manajemen projek.2.6 Tools yang digunakan 3. menanyakan. 2. 5. 5. BATASAN VARIABEL 1.1 Kemampuan menyeluruh sektor industri 1.Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi Sub Sektor Computer Technical Support 3.2 Teknisi Perawatan Komputer. 4.2 Konsultasi.1. 2. Tenaga kerja yang relevan meliputi: 5.2 Kemampuan menangani dokumen secara akurat 1. layanan konsumen. 2. 2.3 Format penyajian proposal/tender efektif yang tepat 1.

1 Suatu proposal/tender produksi yang efektif. Pembuktian berikut ini adalah penting dalam menentukan kompetensi pada unit ini: 3.2 Pengembangan pelatihan untuk memenuhi persyaratan dalam unit ini perlu dilakukan dengan hati-hati.3 Contoh-contoh kerja atau kegiatan-kegiatan simulasi kerja.6 Laporan pihak ketiga dan prestasi otentik sebelumnya. Penilaian harus dibuat untuk memenuhi kebutuhan sektor tertentu dimana kemampuan tertentu sedang dinilai.4 Menanyakan secara lisan/interview. institusi harus menyediakan pelatihan yang mempertimbangkan serangkaian konteks industri seutuhnya tanpa bias terhadap sektor tertentu.7 Bukti penilaian. yang terkait dengan serangkaian variabel pernyataan. 2. Batasan variabel akan membantu dalam hal ini. 2.CS01. 3. Kompetensi Kunci NO KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI 1 Mengumpulkan. 4. Penilaian mungkin menggabungkan serangkaian metode untuk menilai kemampuan dan penerapan pengetahuan pendukung penting. Konteks penilaian Penilaian mungkin terjadi pada pekerjaan.Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Teknologi Informasi dan Komunikasi Sub Sektor Computer Technical Support 2. 4. 2. dan disajikan dengan baik yang memenuhi semua spesifikasi laporan. atau diluar pekerjaan atau suatu kombinasi dari keduanya.2 Studi kasus.002. lengkap.5 Proyek/laporan/buku catatan kemajuan.01 Menyiapkan Presentasi. 2. Penilaian diluar pekerjaan harus dilaksanakan dalam suatu lingkungan kerja yang disimulasikan mendekati pekerjaan yang semestinya. pelatihan harus disesuaikan agar dapat memenuhi kebutuhan sektor tersebut. Untuk pelatihan pra-kejuruan umum. Penilaian ini sebaiknya tidak hanya ditujukan pada variabel-variabel . dan mungkin mencakup: 2. Kaitan dengan unit-unit lainnya 4. 3.1 Demontrasi praktis (pengamatan langsung harus terjadi lebih dari sekali untuk menentukan konsistensi kemampuan).1.1 TIK. mengorganisir dan menganalisa informasi 2 Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi 3 Merencanakan dan mengorganisir aktivitas-aktivitas 4 Bekerja dengan orang lain dan kelompok 5 Menggunakan ide-ide dan teknik matematika 6 Memecahkan masalah 7 Menggunakan teknologi TINGKAT 2 1 1 1 1 1 2 Menyiapkan Proposal 26 .1 Unit ini didukung oleh pengetahuan dan keterampilan dengan: 4.2 Proses pekerjaan yang sesuai untuk pengembangan proposal atau tender. Aspek penting penilaian Unit kompetensi ini menerapkan serangkaian sektor-sektor. yang diterapkan pada kontek yang dipilih. 2. 2. Fokus penilaian akan tergantung pada sektor industri. Untuk sektor tertentu/ khusus.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful