Lembar Kerja Praktikum Teknologi Fermentasi

KOMBUCHA
A. PENDAHULUAN Kombucha adalah jamur teh yang berasal dari Asia Timur dan tersebar ke Jerman melalui Rusia sekitar pergantian abad ke-20. Jamur kombucha merupakan membran jaringan-jamur yang bersifat gelatinoid dan liat, serta berbentuk piringan datar. Kombucha hidup dalam larutan nustrisi teh-gula yang tumbuh dengan cara germinasi. Pada mulanya, piringan jamur tumbuh meluas pada permukaan teh lalu menebal. Bila dirawat secara benar, jamur ini akan tumbuh pesat dan sehat, sehingga akan hidup sepanjang umur pemilik serta keturunannya. Kombucha tea (teh kombucha) merupakan produk minuman tradisional hasil fermentasi larutan teh dan gula dengan menggunakan starter mikroba kombucha (Acetobacter xylinum dan beberapa jenis khamir) dan di fermentasi selama 8-12 hari. kombucha adalah suatu ramuan minuman kuno, yang merupakan hasil dari simbiosis murni dari bakteri dan ragi kombucha yang berasal dari Asia Timur, dan sampai di Jerman melalui Russia sekitar akhir abad lalu. Kombucha berfungsi sebagai penyembuh terhadap berbagai macam penyakit ini telah digunakan berulang kali dirumah tangga diberbagai negara Asia. Jamur tersebut terdiri dari gelatinoid serta membrane jamur yang liat dan berbentuk piringan bulat serta hidup dalam lingkungan nustrisi teh-manis yang akan tumbuh secara berulang sehingga membentuk susunan piringan berlapis. Piringan pertama akan tumbuh pada lapisan paling atas yang akan memenuhi lapisan, kemudian disusul oleh pertumbuhan piringan berlapis-lapis dibawahnya yang akan menebal. Bila dirawat secara benar, jamur ini akan tumbuh pesat dan sehat. B. TUJUAN Untuk membandingkan organoleptik (rasa, aroma, tekstur) antara teh biasa dan teh kombucha serta mengetahui proses pembuatan fermentasi teh Kombucha.

C. TEORI (minimal 4 literatur)

Lembar Kerja Praktikum Teknologi Fermentasi D. dilakukan dengan tujuan untuk memisahkan teh dengan air seduhan. Penyaringan. Bahan-bahan : Starter Kombucha Gula Serbuk teh Aquadest E. 5. adalah penambahan starter (berupa lapisan selulosa yang di dalamnya mengandung mikroba kombucha). 10-20 gr teh hijau/hitam dimasukkan ke dalam 1 liter air panas/mendidih dalam wadah biarkan selama 10 menit. namun udara bisa mengalir dengan bebas. Pendinginan. . seduhan teh dituangkan ke dalam toples gelas dengan permukaan yang luas dan kemudian ditutup dengan kain yang rapat. Ikat tutup toples dengan karet. ALAT DAN BAHAN 1. setelah dilakukan penyaringan dan pencampuran. Pencampuran. Ekstraksi teh. agar semut. CARA KERJA 1. Inokulasi. lalat dan nyamuk. sebelum starter digunakan biarkan terlebih dahulu kurang lebih 30 menit berada di udara bebas. 3. lalu didinginkan sampai suhu 27 °C. ekstrak teh ditambahkan gula pasir sekitar 10% dari volume air seduhan. serta debu atau polutan lainnya tidak bisa masuk. Alat-alat : Kompor Panci + sendok pengaduk Timbangan Cup Sendok makan Pisau Penyaring teh 2. 4. 2.

HASIL PENGAMATAN . F. Lebih hangat temperatur ruangan. Seduhan teh hasil fermentasi disaring supaya bersih dari residu fermentasi. 7. lapisan selulosa yang terbentuk dipisahkan dari seduhan teh fermentasi dan disimpan dalam toples lainnya. tergantung suhu. Pemisahan dan penyaringan. toples ditutup kembali dengan kain/kertas dan disimpan pada suhu kamar selama 8-12 hari.Lembar Kerja Praktikum Teknologi Fermentasi 6. Fermentasi. Fermentasi berlangsung sekitar 8 .12 hari. setelah diinokulasi. lebih cepat proses fermentasinya.

Lembar Kerja Praktikum Teknologi Fermentasi DAFTAR PUSTAKA Mengetahui. Asisten .