Asma'ul husnah.doc

Asma'ul Husnah

Firman Allah SWT dalam surat Al-Araf ayat 180 : "Allah mempunyai asmaul husna, maka bermohonlah kepadaNya dengan menyebut asmaul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-namaNya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan".

Berikut ini adalah 99 nama Allah SWT beserta artinya : 1. Ar-Rahman (Ar Rahman) Artinya Yang Maha Pemurah 2. Ar-Rahim (Ar Rahim) Artinya Yang Maha Mengasihi 3. Al-Malik (Al Malik) Artinya Yang Maha Menguasai / Maharaja Teragung 4. Al-Quddus (Al Quddus) Artinya Yang Maha Suci 5. Al-Salam (Al Salam) Artinya Yang Maha Selamat Sejahtera 6. Al-Mu'min (Al Mukmin) Artinya Yang Maha Melimpahkan Keamanan 7. Al-Muhaimin (Al Muhaimin) Artinya Yang Maha Pengawal serta Pengawas 8. Al-Aziz (Al Aziz) Artinya Yang Maha Berkuasa 9. Al-Jabbar (Al Jabbar) Artinya Yang Maha Kuat Yang Menundukkan Segalanya 10. Al-Mutakabbir (Al Mutakabbir) Artinya Yang Melengkapi Segala kebesaranNya 11. Al-Khaliq (Al Khaliq) Artinya Yang Maha Pencipta 12. Al-Bari (Al Bari) Artinya Yang Maha Menjadikan 13. Al-Musawwir (Al Musawwir) Artinya Yang Maha Pembentuk 14. Al-Ghaffar (Al Ghaffar) Artinya Yang Maha Pengampun 15. Al-Qahhar (Al Qahhar) Artinya Yang Maha Perkasa 16. Al-Wahhab (Al Wahhab) Artinya Yang Maha Penganugerah 17. Al-Razzaq (Al Razzaq) Artinya Yang Maha Pemberi Rezeki 18. Al-Fattah (Al Fattah) Artinya Yang Maha Pembuka 19. Al-'Alim (Al Alim) Artinya Yang Maha Mengetahui 20. Al-Qabidh (Al Qabidh) Artinya Yang Maha Pengekang 21. Al-Basit (Al Basit) Artinya Yang Maha Melimpah Nikmat 22. Al-Khafidh (Al Khafidh) Artinya Yang Maha Perendah / Pengurang 23. Ar-Rafi' (Ar Rafik) Artinya Yang Maha Peninggi 24. Al-Mu'izz (Al Mu'izz) Artinya Yang Maha Menghormati / Memuliakan 25. Al-Muzill (Al Muzill) Artinya Yang Maha Menghina 26. As-Sami' (As Sami) Artinya Yang Maha Mendengar 27. Al-Basir (Al Basir) Artinya Yang Maha Melihat 28. Al-Hakam (Al Hakam) Artinya Yang Maha Mengadili 29. Al-'Adl (Al Adil) Artinya Yang Maha Adil 30. Al-Latif (Al Latif) Artinya Yang Maha Lembut serta Halus 31. Al-Khabir (Al Khabir) Artinya Yang Maha Mengetahui 32. Al-Halim (Al Halim) Artinya Yang Maha Penyabar
1

Al-Wahid (Al Wahid) Artinya Yang Maha Esa 67. Al-Ghafur (Al Ghafur) Artinya Yang Maha Pengampun 35. Al-Wadud (Al Wadud) Artinya Yang Maha Penyayang 48. Al-Muqaddim (Al Muqaddim) Artinya Yang Maha Menyegera 72. Al-Mumit (Al Mumit) Artinya Yang Mematikan 62. Al-Majid (Al Majid) Artinya Yang Maha Mulia 49. Al-Muhsi (Al Muhsi) Artinya Yang Maha Penghitung 58. Al-Mubdi (Al Mubdi) Artinya Yang Maha Pencipta dari Asal 59. Al-Waliy (Al Waliy) Artinya Yang Maha Melindungi 56. Al-Hasib (Al Hasib) Artinya Yang Maha Penghitung 41. Al-Muqit (Al Muqit) Artinya Yang Maha Menjaga 40. Al-Jalil (Al Jalil) Artinya Yang Maha Besar serta Mulia 42. Al-Batin (Al Batin) Artinya Yang Batin 2 . Al-Ba'ith (Al Baith) Artinya Yang Maha Membangkitkan Semula 50. Al-Mujib (Al Mujib) Artinya Yang Maha Pengkabul 45. Al-Qawiy (Al Qawiy) Artinya Yang Maha Kuat 54. Al-Kabir (Al Kabir) Artinya Yang Maha Besar 38. Al-Wakil (Al Wakil) Artinya Yang Maha Pentadbir 53. Al-Hayy (Al Hayy) Artinya Yang Senantiasa Hidup 63. Asy-Syahid (Asy Syahid) Artinya Yang Maha Menyaksikan 51. Al-Akhir (Al Akhir) Artinya Yang Akhir 75. Al-Majid (Al Majid) Artinya Yang Maha Mulia 66. Al-Muqtadir (Al Muqtadir) Artinya Yang Maha Berkuasa 71. Al-Karim (Al Karim) Artinya Yang Maha Pemurah 43.33. Asy-Syakur (Asy Syakur) Artinya Yang Maha Bersyukur 36. Ar-Raqib (Ar Raqib) Artinya Yang Maha Waspada 44. Al-Hafiz (Al Hafiz) Artinya Yang Maha Memelihara 39. Al-Muhyi (Al Muhyi) Artinya Yang Maha Menghidupkan 61. As-Samad (As Samad) Artinya Yang Menjadi Tumpuan 69. Al-Matin (Al Matin) Artinya Yang Maha Teguh 55. Al-Hakim (Al Hakim) Artinya Yang Maha Bijaksana 47. Al-Wajid (Al Wajid) Artinya Yang Maha Penemu 65. Al-Wasi' (Al Wasik) Artinya Yang Maha Luas 46. Al-Mu'id (Al Muid) Artinya Yang Maha Mengembali dan Memulihkan 60. Az-Zahir (Az Zahir) Artinya Yang Zahir 76. Al-Haqq (Al Haqq) Artinya Yang Maha Benar 52. Al-Ahad (Al Ahad) Artinya Yang Tunggal 68. Al-'Azim (Al Azim) Artinya Yang Maha Agung 34. Al-Awwal (Al Awwal) Artinya Yang Pertama 74. Al-Mu'akhkhir (Al Muakhir) Artinya Yang Maha Penangguh 73. Al-Qayyum (Al Qayyum) Artinya Yang Hidup serta Berdiri Sendiri 64. Al-Hamid (Al Hamid) Artinya Yang Maha Terpuji 57. Al-Qadir (Al Qadir) Artinya Yang Maha Berupaya 70. Al-'Aliy (Al Ali) Artinya Yang Maha Tinggi serta Mulia 37.

Malik-ul-Mulk (Malikul Mulk) Artinya Pemilik Kedaulatan Yang Kekal 85. At-Tawwab (At Tawwab) Artinya Yang Menerima Taubat 81. Al-Nur (Al Nur) Artinya Cahaya 94. Al-Jami' (Al Jami) Artinya Yang Maha Pengumpul 88. Al-Muqsit (Al Muqsit) Artinya Yang Maha Saksama 87. Al-Barr (Al Barr) Artinya Yang banyak membuat kebajikan 80. Al-'Afuw (Al Afuw) Artinya Yang Maha Pengampun 83. Al-Badi' (Al Badi) Artinya Yang Maha Pencipta Yang Tiada BandinganNya 96. Al-Nafi' (Al Nafi) Artinya Yang Memberi Manfaat 93. Al-Muta'ali (Al Muta Ali) Artinya Yang Maha Tinggi serta Mulia 79. Ar-Ra'uf (Ar Rauf) Artinya Yang Maha Pengasih serta Penyayang 84. Al-Mughni (Al Mughni) Artinya Yang Maha Mengkayakan dan Memakmurkan 90. Al-Hadi (Al Hadi) Artinya Yang Memimpin dan Memberi Pertunjuk 95. Dzul-Jalal-Wal-Ikram (Dzul Jalal Wal Ikram) Artinya Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan 86. As-Sabur (As Sabur) Artinya Yang Maha Penyabar / Sabar 3 . Ar-Rasyid (Ar Rasyid) Artinya Yang Memimpin Kepada Kebenaran 99.77. Al-Wali (Al Wali) Artinya Yang Wali / Yang Memerintah 78. Al-Muntaqim (Al Muntaqim) Artinya Yang Menghukum Yang Bersalah 82. Al-Ghaniy (Al Ghaniy) Artinya Yang Maha Kaya Dan Lengkap 89. Al-Warith (Al Warith) Artinya Yang Maha Mewarisi 98. Al-Mani' (Al Mani) Artinya Yang Maha Pencegah 91. Al-Baqi (Al Baqi) Artinya Yang Maha Kekal 97. Al-Dharr (Al Dharr) Artinya Yang Mendatangkan Mudharat 92.

baik kepada yang taat ataupun yang ingkar kepadaNya sekalipun. Bisa mendatangkan hajat b. Semua itu akan dikasihani dan dicukupi kebutuhannya. AL MALIKU 4 . Bisa menghindarkan segala musibah Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barang siapa membaca “YAA ALLAH” sebanyak 400 kali. maka semua orang akan menaruh simpati kepadanya dan bahkan bisa menaruh hati dan membuat musuh kita menjadi tunduk. Bisa menghilangkan sifat gugup dan lupa b. maka apapun yang menjadi keinginannya akan segera terlaksana. Bisa menundukkan musuh b. 3. 4. 2. Keutamaan Asmaul Husna : a. Bisa memberikan ketenangan hati Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barang siapa membaca “YAA ROHMAANU” sebanyak 400 kali berturut-turut setelah sholat fardlu.Berikut keutamaan Asmaul Husna Husna pada tiap-tiap nama dan cara mengamalkannya: 1. Bisa menaruh simpati pada semua orang Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barang siapa membaca “YAA ROHIIMU” sebanyak 100 kali berturut-turut setiap selesai shot shubuh dan maghrib. Jadi kepenyayanganNya ini dikhususkan kepada semua hambaNya yang taat sewaktu berada di hari kiamat nanti. Keutamaan Asmaul Husna : a. Selain itu juga bisa menjauhkan dari segala macam musibah. AR ROHIIMU Artinya : Dzat yang maha penyayang terhadap hambaNya yang beriman besok di hari kiamat. baginya akan dijauhkan dari kegundahan hati dan dijauhkan pula sifat gugup serta lupa. Keutamaannya : a. suatu nama dari ismudz Dzat yang mencerminkan arti pengertian dari seluruh nama-namaNya yang indah itu. sebagai amalan rutin pada tiap selesai sholat Tahajud atau sholat hajat. AR ROHMAANU Artinya : Dzat yang maha pengasih terhadap semua makhluk yang ada di dunia ini tanpa terkecuali. ALLOOHU Artinya : lafadh ini disebut “LAFDHUL JALALAH”.

7. Sebab sifatNya tidak sama dengan sifat ciptaanNya. Bisa disegani oleh orang banyak b. 6. sehingga tidak ada satu makhlukpun yang terlepas dari kekuasaanNya. maka Allah akan menjamin baginya dijauhkan dari segala macam penyakit batin dan akan disegani oleh banyak orang. maka Allah akan mendatangkan kebahagiaan hidup dan menjaga dari segala macam gengguan penyakit. sehingga tidak satupun makhluk yang bisa mengganggu makhluk yang dalam keamanan Allah. Jadi makhluk manapun akan dijamin keselamatannya oleh Allah SWT dan tidak ada satupun yang dapat mengusiknya. Keutamaan Asmaul Husna : a. maka Allah akan mendatangkan keberuntungan dan kemudahan segala usaha. AL MUKMINU Artinya : Dzat yang Maha mengamankan kepada semua makhluknya. AS SALAAMU Artinya : Dzat yang menjamin keselamatan terhadap seluruh alam semesta. Keutamaan Asmaul Husna : 5 . Bisa mendatangkan keberuntungan b. Keutamaan Asmaul Husna : a. Bisa menjaga dari segala gangguan penyakit Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barang siapa membaca “YAA SALAAMU” sebanyak 99 kali berturut-turut. Begitupun daerah yang ada didalam kekuasaanNya juga tidak terbatas. 5. Keutamaan Asmaul Husna : a. AL QUDDUUSU Artinya : Dzat yang maha Quddus (suci) dari segala sifat. Bisa menjauhkan dari segala macam penyakit hati Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barang siapa membaca “YAA QUDDUUSU” sebanyak 80 kali berturut-turut sehabis sholat Dhuhur. seperti halnya dengan daerah kekuasaan raja-raja yang ada di dunia ini. Bisa memudahkan segala usaha Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barang siapa membaca “YAA MALIKA” sebanyak 80 kali berturut-turut setiap pagi dan sore.Artinya : Dzat yang maha menguasai terhadap semua makhlukNya. yang disifatkan oleh orang-orang kafir musyrik kepadaNya. Bisa mendatangkan kebahagiaan hidup b.

Bisa menerima persoalan dengan lapang dada Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barag siapa membaca “YAA MUHAIMIN” sebanyak 100 kali berturut-turut sehabis sholat Isya. Keutamaannya : a. 9. maka Allah akan menjamin dijauhkan dari segala macam kesulitan hidup dan akan disegani oleh banyak orang. Keutamaan Asmaul Husna : a.a. 6 . Keutamaannya : a. Bisa menundukkan musuh b. 8. maka Allah akan menjamin terpeliharanya harta kekayaan yang telah dimilikinya. yaitu Allah dapat memaksakan kehendaknya terhadap semua makhlukNya meskipun ia merasa enggan dipaksakan. AL MUHAIMINU Artinya : Dzat yang maha memelihara semua makhlukNya dangan sangat cermat dan teliti. Selain itu Allah juga akan menjauhkan dari segala macam musibah. Bisa menjauhkan dari segala macam keruwetan b. AL ‘AZIIZU Artinya : Dzat yang maha perkasa. Bisa menjauhkan dari segala macam kesulitan hidup b. sehingga tak ada satupun yang tak terpelihara Allah. Bisa memelihara harta kekayaan b. Bisa menjauhkan segala macam musibah Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barang siapa membaca “YAA MUKMINU” sebanyak 33 kali berturut-turut setelah sholat fardlu. yang keperkasaanNya tiada bandingnya. Bisa menguasai segala macam ilmu Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barang siapa membaca “YAA JABBARU” sebanyak 400 kali berturut-turut setiap pagi. sehingga tiada kesulitan didalam menghancurkan alam semesta ini. AL JABBAARU Artinya : Dzat yang maha memaksa. Bisa disegani oleh semua orang Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barang siapa membaca “YAA ‘AZIIZU” sebanyak 33 kali berturut-turut setiap pagi dan sore. maka Allah akan menjauhkan dari segala macam keruwetan hidup dan lapang dada dalam menyelesaikan segala macam persoalan. 10.

Bisa menjauhkan segala macam kesulitan hidup b. maka Allah akan menjauhkan dari segala macam kesulitan hidup dan dijauhkan dari segala macam penyakit.maka baginya akan diberikan kewibawaan oleh Allah sehingga orang yang dahulunya memusuhi akan berbalik menjadi sahabat yang baik dan diberi oleh Allah akal fikiran yang bisa menguasai segala macam ilmu. AL KHOOLIQU Artinya : Dzat yang maha pencipta. Fikiran bisa cerdas b. 14. 12. bukan pakaian makhluk. Bisa terjauh dari segala macam penyakit Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barang siapa membaca “YAA BAARI-U” sebanyak 80 kali selama 7 hari berturut-turut. yang berarti akan memperoleh kutukan dari Allah SWT. Keutamaannya : a. Keutamaannya : a. AL MUTAKABBIRU Artinya : Dzat yang maha sombong. Jadi tidak ada satu makhluk pun di dunia ini yang bukan ciptaanNya. bukan makhluk lainNya. yaitu hanya Allah saja yang mempunyai hak sombong sebagai pencipta. yaitu semua yang selainNya adalah merupakan ciptaanNya. AL MUSHOWWIRU 7 . yaitu pelaksana dalam segala kejadianyang sudah direncanakan sebelumnya. Jadi apabila ada makhluk yang mempunyai sifat sombong berarti telah merampas pakaian Allah. Keutamaannya : a. 13. dalam hadits qudsi juga dijelaskan. maka Allah akan memberi akal yang cerdas dan ketrampilan dalam segala hal. 11. bahwa sifat sombong itu adalah merupakan pakaian Allah. maka Allah akan memberikan kewibawaan dihadapan semua orang dan bisa menundukkan musuh. Bisa menundukkan musuh Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barang siapa membaca “YAA MUTAKABBIRU” sebanyak 90 kali berturut-turut sebagai amalan setiap hari. AL BAARI-U Artinya : Dzat yang maha merencanakan. Bisa mendapat kewibawaan b. Bisa memiliki ketrampilan dalam segala hal Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barang siapa membaca “YAA KHOOLIQU” sebanyak-banyaknya setiap hari sebagai amalan rutin.

yaitu memberikan segalanya terhadap kebutuhan makhlukNya. terutama dibaca pada pertengahan malam setelah sholat Taubat. tanpa diminta sebelumnya Allah sudah menyediakannya. Bisa mendatangkan kemudahan 8 . Bisa menjauhkan dari kesulitan hidup Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barang siapa membaca “YAA GHOFFARU” sebanyak 100 kali berturut-turut setiap hari setelah sholat fardhu. Bisa disegani oleh semua orang Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barang siapa membaca “YAA QOHHAARU” sebanyak 100 kali berturut-turut sebagai amalan rutin setelah sholat fardhu.Artinya : Dzat yang maha membentuk. 16. yaitu memaksakan kehendakNya terhadap makhlukNya tanpa terkecuali dan tidak bisa lagi dihalang-halangi oleh siapapun. Keutamaannya : a. 15. Keutamaannya : a. maka Allah akan mengampuni segala dosa-dosanya dan dijauhkan dari segala kesulitan. maka baginya akan dijauhkan dari sifat rakus dan akan disegani oleh banyak orang. AL GHOFFARU Artinya : Dzat yang maha memberi ampun. Bisa menjauhkan kesempitan rejeki b. AL QOHHAARU Artinya : Dzat yang maha memaksa. tetapi dengan satu syarat yaitu tidak boleh diulangi. sejak dari yang paling cantik/ tanpan sampai dengan yang kurang sempurna. 17. Bisa dimudahkan segala macam kepentingannya Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barang siapa membaca “YAA MUSHOWWIRU” sebanyak 33 kali selama 7 hari berturut dan berpuasa selama 7 hari berturut-turut pula. maka jika ia menginginkan keturunan pasti akan terlaksana dan segala macam kepentingan akan diberi jalan yang mudah. AL WAHHAABU Artinya : Dzat yang maha memberi. Bisa terhapus dosa-dosanya b. yaitu membentuk segala macam rupa makhlukNya. Keutamaannya : a. yaitu memberikan ampunan kepada hamba-hambaNya yang banyak dosanya. Bisa menjauhkan dari sifat rakus b. Keutamaannya : a. dari yang besar sampai kepada yang sekecil-kecilnya dan sebaliknya. Bisa dikaruniai keturunan b.

maka ia akan dijauhkan dari kesempitan rejeki dan usahanya selalu mendapat keuntungan yang berlimpah-limpah. AR ROZZAAQU Artinya : Dzat yang maha memberi rejeki. Termasuk juga membukakan kesulitan yang dialami hamba-hambaNya untuk menuju kemudahan. maka segala keruwetan di hati akan segera hilang dan dijauhkan dari kesenagan dunia yang bisa menimbulkann kerakusan serta kesesatan. yaitu memberikan rejeki kepada semua makhlukNya untuk kebutuhan hidupnya. tanpa ada satupun tertinggal dari pengetahuan Allah SWT. Bisa menjauhkan kesenangan dunia Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barang siapa membaca “YAA FATTAAHU” sebanyak 99 kali berturut-turut sebagai amalan rutin setelah sholat shubuh. Bisa memberikan keberuntungan Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barang siapa membaca “YAA ROZZAAQU” sebanyak-banyaknya setiap hari setelah sholat fardhu.Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barang siapa membaca “YAA WAHHAABU” sebanyak 23 kali berturut-turut sebagai amalan rutin setiap selesai sholat fardhu atau setelah sholat hajat 2 raka’at sebanyak 800 kali. Keutamaannya : a. yaitu mengetahui segalanya dari semua kejadian dan peristiwa di alam semesta ini. setelah itu telapak kedua tangan diletakkan di dada. Bisa mengetahui kesempurnaan ilmu ma’rifat b. Keutamaannya : a. Bisa memudahkan jalan rejeki b. Dan Dia pula yang menentukan banyak dan sedikitnya rejeki yang akan diberikan kepada hamba-hambaNya. maka baginya akan dijauhkan dari kesempitan rejeki dan diberikan kemudahan dalam segala urusan. 20. 19. 18. yaitu memberikan rahmatNya untuk keperluan semua makhlukNya. AL ‘ALIIMU Artinya : Dzat yang maha mengetahui. Bisa memberikan ketenangan hati b. Bisa menjauhkan dari sifat kebodohan Cara mengamalkan Asmaul Husna : Barang siapa membaca “YAA ‘ALIIMU” sebanyak 100 kali berturut-turut sebagai amalan 9 . AL FATTAAHU Artinya : Dzat yang maha membuka. Keutamaannya : a.

rutin setelah sholat fardhu. maka baginya akan diberi pengetahuan yang bisa mengetahui ilmu ma’rifat dengan sempurna dan dijauhkan dari sifat kebodohan. 10 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful