BAB IV EKSPEKTASI MATEMATIK

7 dan 5. dan dua-duanya depan adalah masing-masing 4.E(X) dari percobaan dapat ditulis sebagai: . Misalkan dari hasil percobaan menunjukkan tanpa depan.satu depan.06 nilai 4/16. .sehingga kita bisa menghitung nilai rata-ratadengan nilai tertentu yang terjadi dan nilai frekuensinya. Maka jumlah rata-rata depan yang muncul setiap satu lemparan dari 2 koins tersebut adalah: Perhitungan diatas dapat dinyatakan dalm bentuk sebagai berikut: + + =1. Nilai rata-rata (mean). dan 5/16 disebut sebagai fraksi atau frekuensi relatif.1 atau 2. Sehingga nilai X adalah 0.7/16.4.atau nilai yang diperkirakan (expected).1 Rata-rata variabel acak • Bila dua koin dilemparkan sebanyak 16 kali dan X adalah jumlah depan (atas) yang muncul setiap kali pelemparan.

berapa nilai perkiraan(expected) sampel yang diambil tersebut adalah baik. f(1)=12/35.4 alat kondinya baik. untuk x =1. Bila fungsi kepadatan probabilitasnya adalah f(x)= tentukan umur perkiraan alat elektronik tersebut. 3 rusak. Solusi: Bila X menunjukkan alat yang baik dalam sampel. f(2)=18/35.• Contoh: Sebuah kotak berisi 7 alat (komponen). Solusi: . Oleh karena itu: • Contoh: Misalkan X adalah variabel acak yang menunjukkan umur (jam) dari suatu alat elektronik. Distribusi probabilitas dari X adalah: f(x)= . dan f(3)=4/35.2.3 dari hasil perhitungan diperoleh f(0) = 1/35. Bila 3 sampel diambil.

y) μg(x.y. Solusi: Contoh bila X adalah variabel acak dengan fungsi kepadatan sebagai berikut: Tentukan nilai perkiraan rata-rata dari g(X)=4X+3 μg(x)=E[g(4X+3)]= • DEFINISI: Misalkan X dan Y adalah variabel acak dengan distribusi probabilitas gabungan f(x. rata-rata atau nilai yang diperkirakan dari variabel acak g(X.• • THEOREMA: Misalkan x adalah suatu variabel acak dengan distribusi probabilitas f(x). rata-rata atau nilai yang diperkirakan dari variabel acak g(X) adalah: Contoh: Misalkan jumlah kendaraan X yang dicuci selama 1 jam (4-5 sore) memliki distribusi probabilitas sebagai berikut: x P(X=x) 4 1/12 5 1/12 6 1/4 7 1/4 8 1/6 9 1/6 Bila g(X)=2X-1 menunjukkan jumlah uang yang diperoleh dari hasil tsb (dolar).Y) adalah: μg(x.Tentukan perkiraan hasilyang diperoleh selama waktuntersebut.y) .

Contoh: Tentukan untuk fungsi kepadatan: Solusi: • 4. DEFINISI: Misalkan X adalah variabel acak dengan distribusi probabilitas f(x) dan rata-rata μ. Namun hal itu tidak cukup karena suatu bentuk distribusi bisa jadi rataratanya sama tapi memiliki sebaran yang berbeda. Var(X).2 Varians dan Covarians Rata-rata atau nilai yang diperkirakan dari suatu variabel acak sangat penting untuk menggambarkan bagaimana pusat distribusi probabilitas. Var ians dari X adalah: Deviasi standar dari X adalah: .karena itu diperlukan ukuran variabilitas dari suatu variabel acak. Hal ini dinyatakan dengan varian.

2 Tunjukkan bahwa variansi distribusi probabilitas perusahaan B lbih besar dari A Teorema: Varians dari suatu variabel acak X adalah .1 2 0.4 3 0.3 4 0.3 Sedangkan pada perusahaan B adalah: X f(x) 0 0.2 3 0.3 2 0. Distribusi probabilitas untuk perusahaan A adalah: x f(x) 1 0.2 1 0.• Soal: Misalkan variabel acak X menunjukkan jumlah mobil yang digunakan untuk urusan kantor pada suatu waktu tertentu.