Energi yang sering kita pakai sehari-hari semakin lama semakin berkurang atau menipis.

Karena banyaknya pemakaian yang tidak terkontrol sehingga menimbulkan kelangkaan atau bahkan habis sama sekali. Untuk itu sekarang perlu dipikirkan adanya energi alternative untuk pengganti dari energi yang biasanya sering dipakai . Dibawah ini adalah berbagai sumber energi alternatif yang dapat kita manfaatkan, selain akan membantu udara untuk jadi bersih, penghematan juga akan dapat dilakukan. Angin. Tenaga kinetik angin sekarang sudah mulai banyak dipergunakan sebagai pemutar angin dengan menggunakan turbin angin baik untuk rumah maupun untuk keperluan bisnis. Satu turbin angin dapat berharga dua setengah milyar rupiah sampai dengan 10 milyar rupiah, tergantung dari ukurannya. Tapi satu turbin saja dapat menghidupi sampai dengan tiga puluh rumah, tapi karena angin tidak selalu bertiup, tenaga cadangan harus selalu tetap tersedia, misalnya dari PLN. Matahari. Negara kita yang kaya matahari tampaknya sangat cocok menggunakan sumber daya ini. Coba gunakan atap yang terbuat dari sistem tenaga surya yang disebut sel fotovoltaik. Harganya memang tidak murah, untuk atap ukuran standar dapat mencapai 200 juta rupiah. Tapi sistem ini sangat mengurangi tagihan listrik pemilik rumah, apalagi dengan sistem tagihan PLN yang ada sekarang.

Dengan bahan bakar uranium. Bahan dasar bahan bakar ini dibuat dari tumbuhan seperti kedelai. berarti menggunakan sumber daya lainnya. Masalah yang ada sekarang adalah untuk memisahkan hidrogen dari bentuk komposisinya. Sumber energi ini tidak melepaskan emisi gas rumah kaca dan tidak malah. Nuklir.Biodiesel. Oleh karena itulah. karena kepadatannya sangat rendah. logam yang ditemukan di bebatuan. dan diproses di reaktor nuklir. biodiesel adalah bahan bakar non-toxic yang dapat dicampurkan dengan minyak diesel biasa atau digunakan sebagaimana adanya untuk mengurangi emisi. walaupun banyak kendaraan mulai menggunakan hidrogen sebagai bahan . kelapa dan sebangsanya. Hidrogen. Penyimpanan hidrogen juga tidak mudah. misalnya rantai karbon atau air. Bagaimana caranya anda menciptakan sumber daya yang sama sekali tidak mengeluarkan apapun kecuali air bersih? Jawabannya adalah sel bahan bakar hidrogen. energi panas yang ada akan digunakan sebagai bahan untuk memutar turbin yang ada. 20% sumber listrik di Amerika sudah berbahan bakar nuklir. maka sangatlah sulit untuk menempatkan hidrogen dalam jumlah besar dalam ruangan yang sempit.

namun terbatas hanya pada dekat area perbatasan lapisan tektonik. . namun sekarang lebih populer untuk menghasilkanenergi listrik.3% total energi listrik dunia.com/exact-sciences/physics/1837410-sumber-energi-alternatif/#ixzz1P2bE6MAX Energi surya adalah energi yang didapat dengan mengubah energi panas surya (matahari) melalui peralatan tertentu menjadi sumber daya dalam bentuk lain. Energi panas bumi adalah energi yang diekstraksi dari panas yang tersimpan di dalam bumi. Energi panas bumi cukup ekonomis dan ramah lingkungan.shvoong. Energi panas bumi ini berasal dari aktivitas tektonik di dalam bumi yang terjadi sejak planet ini diciptakan. Sekitar 10 Giga Watt pembangkit listrik tenaga panas bumi telah dipasang di seluruh dunia pada tahun 2007. dan menyumbang sekitar 0. Panas ini juga berasal dari panas matahari yang diserap oleh permukaan bumi. Energi ini telah dipergunakan untuk memanaskan (ruangan ketika musim dingin atau air) sejak peradaban Romawi. masih sulit didirikan stasiun pengisian hidrogen. Sumber: http://id.bakarnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful