P. 1
Aliran Aliran Filsafat Pendidikan

Aliran Aliran Filsafat Pendidikan

|Views: 46|Likes:
Published by mukhlish_novandi

More info:

Published by: mukhlish_novandi on May 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/22/2013

pdf

text

original

Aliran Aliran Filsafat Pendidikan

http://www.anneahira.com/aliran-aliran-filsafat-pendidikan.htm
Ilustrasi aliran aliran filsafat pendidikan [klik untuk memperbesar]

Mungkin banyak di antara kita yang tidak mengetahui aliran-aliran filsafat, apalagi aliran-aliran filsafat pendidikan. Nah, dalam kesempatan kali ini, Anda akan diajak untuk sedikit mempelajari filsafat, terutama yang termasuk ke dalam aliran aliran filsafat pendidikan. Apa itu aliran aliran filsafat pendidikan dan apa saja yang dibahas di dalamnya? Berikut akan dijabarkan semuanya. Manusia lahir di dunia dalam keadaan hampa pengalaman, kecuali selama di dalam rahim. Perlahan tetapi pasti, ia mulai memiliki bangunan pengalaman yang diperolehnya dari berbagai sumber. Salah satunya, sekolah. Di sanalah, upaya mewariskan dan mentransformasi pengetahuan serta nilai kehidupan dilembagakan secara resmi. Dari realitas tersebut, tampaklah bahwa institusi pendidikan pun terikat ideologi tertentu, cerminan filsafat yang melandasinya. Karena berawal dari pemikiran manusia, aliran aliran filsafat pendidikan pun beraneka ragam. Bisa dikatakan bahwa filsafat pendidikan merupakan filsafat terapan. Ia lahir untuk mencari jawab atas kebijakan dan tujuan pendidikan, teori kurikulum, dan proses perkembangan manusia melalui pendidikan. Beberapa aliran filsafat pendidikan yang utama adalah sebagai berikut.

Aliran Aliran Filsafat Pendidikan – Memahami Definisi Filsafat Pendidikan
Sebelum mengetahui aliran-aliran apa saja yang ada di dalam konsep filsafat pendidikan, ada baiknya jika kita memahami definisi filsafat pendidikan itu sendiri. Secara general, filsafat pendidikan merupakan salah satu cabang ilmu filsafat yang ruang lingkupnya terkonsentrasi di bidang pendidikan. Filsafat pendidikan memiliki beberapa objek pemikiran, yakni:
1. 2. 3. 4. 5. 6.

Merumuskan sifat hakiki manusia sebagai subjek sekaligus objek pendidikan. Merumuskan secara tegas hakikat pendidikan. Merumuskan secara tegas hubungan antara, filsafat, agama, kebudayaan, dan filsafat pendidikan. Merumuskan sistem norma atau moral pendidikan, yang merupakan tujuan dari pendidikan itu sendiri. Merumuskan hubungan antara filsafat, teori pendidikan, dan filsafat pendidikan. Merumuskan hubungan antara filsafat pendidikan, filsafat negara, dan politik pendidikan.

Hegel dan Emile Durkheim. merumuskan berbagai fungsi pendidikan. 2. sebagaimana realitas itu diwahyukan dalam alKitab. yaitu filsafat pendidikan harus mampu menganalisis dan menafsirkan data-data terkait pendidikan. Ia memandang pendidikan sebagai proses regenerasi moral sehingga menilai pengetahuan dan kurikulum sebagai alat untuk membangun kembali masyarakat dalam pola kesempurnaan moral. Max Rafferty dan Robert Welch. Aliran Aliran Filsafat Pendidikan: Aliran Fundamentalisme Salah satu aliran aliran filsafat pendidikan adalah aliran filsafat fundamentalisme. Aliran Aliran Filsafat Pendidikan: Aliran Intelektualisme .Seorang ahli pendidikan. Fungsi normatif. dan diskusi terstruktur ketat. yaitu bahwa seluruh ide. Aliran fundamentalisme dihubungkan dengan gagasan G. Fundamentalisme Sekuler Ditandai dengan komitmen yang sama kakunya dengan fundamentalisme religius. Aliran fundamentalisme terpengaruh aliran konservatisme. Aliran filsafat fundamentalisme ini terbagi menjadi dua kelompok. 2. Fundamentalisme Religius Dijumpai dalam metode pendidikan di berbagai gereja Kristen yang terikat cara pandang kaku tentang realitas. F. belajar dengan pengawasan ketat. yaitu filsafat pendidikan sebagai pemandu untuk seluruh nilai dan asas normatif pendidikan. yaitu filsafat pendidikan sebagai pedoman pendidikan. Fungsi intergratif. hapalan. Fungsi kritik. Sementara itu penganutnya antara lain. yakni sebagai berikut. yaitu filsafat pendidikan berusaha memahami persoalanpersoalan pendidikan dan hubungannya dengan berbagai faktor yang memengaruhi. Semua itu harus dikendalikan oleh guru saja sebab siswa dianggap tak cukup tercerahkan untuk mengarahkan proses perkembangan intelektualnya sendiri. dengan penekanan kuat terhadap nasionalisme dan patriotisme. semisal ceramah. Bagi aliran fundamentalisme. 3. Brubacher. 5. 1. 4. Fungsi spekulatif. dan kesimpulan dalam filsafat pendidikan memiliki fungsi teoretis yang menjadi dasar praktik pendidikan. Fungsi teori bagi praktik. konsepsi. Bisa ditebak. metode pembelajaran yang diterapkan pun cenderung tradisional. yaitu: 1. W. terhadap akal sehat yang disepakati mayoritas orang. kesamaan di antara anak didik lebih penting ketimbang perbedaan yang ada. seperti yang ada di masa silam. analisis.

demokrasi haruslah stabil dan kokoh. wewenang intelektual tertinggi di sekolah terletak pada kecerdasan intelektual. pendidikan bertujuan untuk melestarikan dan memperbaiki tatanan sosial. Paham intelektualisme masa lalu tersirat dari karya Plato dan Aristoteles. Aliran Aliran Filsafat Pendidikan: Aliran Liberalisme Aliran aliran filsafat pendidikan liberalisme menyebutkan bahwa liberalisme pendidikan merupakan produk dari tradisi empirisme dalam filsafat. Begitu pula dengan perubahan atau pembaruan dalam berbagai bidang. pendidikan bertujuan untuk membawa perombakan berskala besar dan segera dalam masyarakat dengan cara menghilangkan persekolahan wajib. Oleh sebab itu.Aliran aliran filsafat pendidikan intelektualisme berpendapat bahwa setiap manusia adalah makhluk rasional. Aliran Aliran Filsafat Pendidikan: Aliran Anarkisme Salah satu dari aliran aliran filsafat pendidikan adalah aliran anarkisme. Semua itu demi memajukan kebebasan individual dan memaksimalkan potensi manusia seutuhnya. sekolah menjadi sarana penting untuk mengajarkan cara menalar dan menyalurkan kebijaksanaan yang tahan lama dari masa silam. sasaran puncak pendidikan berupa pembangunan kembali masyarakat mengikuti alur humanistik. Maria Montessori dan John Dewey adalah beberapa pencetus liberalisme. Bagi kaum liberasionis. sebagai jalan untuk mewujudkan potensi manusia seutuhnya. melebihi aspek afektif dan sosial. bahwa kebenaran bisa dipahami melalui proses penalaran. menurut aliran ini. . agar mereka belajar efektif bagi diri mereka sendiri. pembelajaran ditekankan hanya pada aspek kognitif. dengan menekankan perkembangan dari potensi khas manusia. Anarkisme adalah cara pandang yang membela pemusnahan seluruh kekangan kelembagaan terhadap kebebasan manusia. terlihat dari karya Robert Maynard Hutchins dan Mortimer Adler. Paulo Freire adalah salah satu tokoh pendukung liberasionisme. Caranya. Sementara itu di masa modern yang sekuler. yang meyakini bahwa sistem kebenaran bersifat terbuka. masa kini dan masa depan adalah dua hal yang sangat penting. Sekolah juga mesti membantu murid untuk mengenali dan menanggapi kebutuhan bagi perombakan atau perubahan yang merupakan tuntutan zaman. Tradisi ini menekankan jawaban yang diperoleh melalui tata cara rasional dan eksperimental. Sekolah harus menyediakan informasi dan keterampilan bagi para siswa. Dalam sistem pendidikan demikian. Oleh karena itu. Menurut aliran tersebut. Sayangnya. Dengan begitu. dengan mengajarkan penyelesaian masalah secara mandiri. Bagi aliran tersebut. Intelektualisme yang religius tertuang dalam karya William McGucken dan John Donahue.

Aliran Aliran Filsafat Pendidikan: Aliran Progresivisme Salah satu dari banyaknya aliran-aliran filsafat pendidikan modern adalah aliran progresivisme. Anak didik diberikan kebebasan secara fisik maupun berpikir agar dapat mengembangkan bakat dam kemampuan yang terpendam tanpa halangan atau rintangan yang dibuat orang lain. Ivan Illich dan Paul Goodman adalah pencetus aliran anarkisme pendidikan. Aliran filsafat pendidikan modern ini mengakui dan mengembangkan asas progresivisme dalam sebuah kehidupan nyata.Sistem sekolah formal yang ada sekarang harus dihapuskan. Aliran Aliran Filsafat Pendidikan: Aliran Esensialisme Salah satu aliran aliran filsafat pendidikan modern adalah aliran esensialisme. lalu diganti dengan pola belajar sukarela dan mengarahkan diri sendiri. Namun. Selain itu. pembelajaran tak hanya bersifat kognitif atau afektif semata. Beberapa aliran filsafat pendidikan yang diuraikan memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Artinya. Faham atau ajaran yang dianut aliran pendidikan ini didasarkan pada nilai-nilai kebudayaan yang telah ada sejak awal peradaban umat manusia. Aliran filsafat esensialisme ini pun lebih toleran dan tidak terkait dengan doktrin tertentu. Anda yang paling tahu. Aliran filsafat pendidikan progresivisme ini meletakkan dasar-dasar kemerdekaan dan kebebasan kepada anak didik atau siswa. . tanpa kehilangan akar hakiki manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk Tuhan yang bijak menyikapi perubahan zaman. Nilai-nilai dari aliran esensialisme ini memberikan kestabilan dalam dunia pendidikan yang berkembang sekarang. dalam sebuah latar belakang sosial yang sehat dan humanis. akses yang bebas dan universal untuk memperoleh bahan atau materi pendidikan harus tersedia. tanpa sistem pengajaran wajib. Siswa berhak menentukan sendiri metode belajar yang sesuai dengan tujuan dan rancangan pembelajarannya. namun menyeluruh secara total. Aliran ini telah memberikan sumbangan yang besar pada dunia pendidikan sekarang ini. tampak jelas bahwa anarkisme menekankan pilihan bebas dan penentuan nasib sendiri. Selain itu. kesempatan belajar mandiri harus tercipta bagi siapa saja. Bagaimana dengan pilihan Anda? Aliran aliran filsafat pendidikan apa yang terbaik untuk diterapkan bagi diri Anda sendiri? Tentunya. yang terbaik adalah berusaha menciptakan sistem yang humanis dan membebaskan. Aliran pendidikan esensialisme ini memiliki dasar pijakan yang lebih fleksibel dan lebih terbuka dalam hal sebuah perubahan. aliran pendidikan ini tidak menyetujui pendidikan yang otoriter. Oleh karena itu. Aliran ini memandang bahwa pendidikan harus berdasarkan pada nilainilai yang jelas dan tahan lama. Dari uraian tersebut.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->