Energi Panas Bumi

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Panas bumi adalah anugerah alam yang merupakan sisa-sisa panas dari hasil reaksi nuklir yang pernah terjadi pada awal mula terbentuknya bumi dan alam semesta ini. Reaksi nuklir yang masih terjadi secara alamiah di alam semesta pada saat ini adalah reaksi fusi nuklir yang terjadi di matahari dan juga di bintang-bintang yang tersebar di jagat raya. Reaksi fusi nuklir alami tersebut menghasilkan panas berorde jutaan derajat Celcius. Permukaan bumi pada mulanya juga memiliki panas yang sangat dahsyat, namun dengan berjalannya waktu (dalam orde milyard tahun) suhu permukaan bumi mulai menurun dan akhirnya tinggal perut bumi saja yang masih panas berupa magma dan inilah yang menjadi sumber energi panas bumi. Untuk mengatasi kebutuhan energi listrik yang terus meningkat ini, usaha diversifikasi energi mutlak harus dilaksanakan. Salah satu usaha diversifikasi energi ini adalah dengan memikirkan pemanfaatan energi panas bumi sebagai penyedia kebutuhan energi listrik tersebut. Dasar pemikiran ini adalah mengingat cukup tersedianya cadangan energi panas bumi di Indonesia, namun pemanfaatannya masih sangat sedikit. Indonesia sebagai negara vulkanik mempunyai sekitar 217 tempat yang dianggap potensial untuk eksplorasi energi panas bumi. Bila energi panas bumi yang cukup tersedia di Indonesia dapat dimanfaatkan secara optimal, kiranya kebutuhan energi listrik yang terus meningkat akan dapat dipenuhi bersama-sama dengan sumber energi lainnya. Pengalaman dalam memanfaatkan energi panas bumi sebagai penyedia energi listrik seperti yang telah dilaksanakan di Jawa Tengah dan Jawa Barat akan sangat membantu dalam pengembangan energi panas bumi lebih lanjut. B. Topik Bahasan Pada makalah ini kami akan membahas tentang ENERGI PANAS BUMI.

Simple flash (kilas nyala tunggal) 2. BAB II A. kegiatan bahan-bahan radioaktif ini membangkitkan jumlah panas yang tinggi yang berusaha untuk keluar dan mencapai permukaan bumi. Pd serta untuk menjelaskan tentang ENERGI PANAS BUMI. Semua energi panas bumi ini sering tampak dipermukaan bumi dalam bentuk semburan air panas. merusak sudu-sudu turbin dan mencemari lingkungan. Sebagaimana halnya dalam inti sebuah reaktor nuklir. S. uap panas. Tujuan Penulisan Makalah Makalah ini dimaksudkan untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen Syubhan Annur. Menurut salah satu teori. dan NH4. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Pembangkit listrik tenaga panas bumi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk memanfaatkan tenaga panas bumi menjadi tenaga listrik. karena itu bumi masih memiliki inti yang panas sekali dan meleleh. Prinsip kerja pembangkit listrik tenaga panas bumi adalah sebagai berikut: air panas ang berasal dari sumur akan disalurkan ke separator. Perkiraan atau estimasi yang memberikan besarnya potensi energi panas bumi menurut metode Perry adalah: . kemudian uap akan digunakan untuk menggerakkan turbin.C. Double flash (kilas nyala ganda) Dapat dikemukakan bahwa sistem double flash adalah 15-20% lebih produktif dengan sumur yang sama dibanding dengan simple flash. uranium 2s51 dan thorium –r3r. Bumi juga mengandung banyak bahan radioaktif seperti uranium -23x. dan sumber air belerang. H2S. SiO2. Ada dua sistem dalam pembangkit ini yaitu: 1. pada prinsipnya bumi merupakan pecahan yang terlempar dari matahari. Cl. Uap yang keluar dari sumur sering mengandung berbagai unsur kimia yang terlarut dalam bahan-bahan padat sehingga uap itu tidak begitu murni. zat-zat pengotor antara lain Fe. oleh separator air dengan uap dipisah. pengotor ini akan mengurangi efisiensi PLTP.

air dingin harus dipompakan untuk mendesak uap panas.1). Konsep Energi Panas Bumi Energi panas bumi dihasilkan dari batuan panas yang terbentuk beberapa kilometer di bawah permukaan bumi yang memanaskan air di sekitarnya sehingga akan menghasilkan sumber uap panas atau geiser (Gambar 1. Sumber uap panas ini di bor. digunakan untuk menggerakkan generator sehingga menghasilkan energi listrik. sehingga dapat digunakan langsung untuk menggerakkan turbin generator listrik. Semburan uap panas dengan kecepatan tertentu akan menggerakkan turbin yang dihubungkan ke genertaor sehingga generator menghasilkan energi listrik. . Uap panas yang keluar dari pengeboran setelah disaring. Energi panas bumi yang ada di Indonesia pada saat ini dapat dikelompokkan menjadi: 1. B. Agar uap panas selalu keluar dengan kecepatan tetap.E = D x Dt x P Dimana: E = arus energi (kcal per detik) D = debit air pana (liter per detik) Dt = perbedaan suhu permukaan air panas dan air dingin. Namun uap kering yang demikian ini jarang ditemukan termasuk di Indonesia dan pada umumnya uap yang keluar berupa uap basah yang mengandung sejumlah air yang harus dipisahkan terlebih dulu sebelum digunakan untuk menggerakkan turbin. Energi panas bumi "uap basah" Pemanfaatan energi panas bumi yang ideal adalah bila panas bumi yang keluar dari perut bumi berupa uap kering.

Energi panas bumi "air panas" Air panas yang keluar dari perut bumi pada umumnya berupa air asin panas yang disebut "brine" dan mengandung banyak mineral. Skema pembangkitan tenaga listrik panas bumi "air panas" sistem biner dapat dilihat pada Gambar 2. sedangkan airnya disuntikkan kembali ke dalam bumi untuk menjaga keseimbangan air dalam tanah. Untuk dapat memanfaatkan energi panas bumi jenis ini. maka air panas tidak dapat digunakan langsung sebab dapat menimbulkan penyumbatan pada pipa-pipa sistim pembangkit tenaga listrik. Energi panas bumi "uap panas" bersifat korosif. digunakan sistem biner (dua buah sistem utama) yaitu wadah air panas sebagai sistem primemya dan sistem sekundernya berupa alat penukar panas (heat exchanger) yang akan menghasilkan uap untuk menggerakkan turbin. Karena banyaknya kandungan mineral ini. Pembangkitan tenaga listrik dari energi panas bumi "uap basah". Gambar 1. Uap yang telah dipisahkan dari air diteruskan ke turbin untuk menggerakkan generator listrik. 2. Atas dasar ini maka untuk dapat memanfaatkan jenis uap basah ini diperlukan separator untuk memisahkan antara uap dan air. sehingga biaya awal pemanfaatannya lebih besar dibandingkan dengan energi panas bumi jenis lainnya.Uap basah yang keluar dari perut bumi pada mulanya berupa air panas bertekanan tinggi yang pada saat menjelang permukaan bumi terpisah menjadi kira-kira 20 % uap dan 80 % air. Skema pembangkitan tenaga listrik energi panas bumi "air panas" . Skema pembangkitan tenaga listrik atas dasar pemanfaatan energi panas bumi "uap basah" dapat dilihat pada Gambar 1.

(2) Hot water (air panas). kemudian diusahakan untuk dapat diambil kembali sebagai uap panas untuk menggerakkan turbin. dan (3) Dry rock (batuan panas). sehingga untuk memanfaatkannya perlu teknik pengeboran khusus yang memerlukan biaya cukup tinggi. yaitu: hydrothermal. Sumber batuan panas pada umumnya terletak jauh di dalam perut bumi.3. Sumber Energi Panas Bumi Energi panas-bumi (geothermal energy) adalah energi panas yang berasal dari kedalaman bumi yang berada di bawah daratan antara 32-40 km dan di bawah lautan antara 10-13 km. Panas geotermal ini dijumpai dalam 3 kondisi alamiah: (1) Steam (uap). Adapun sumber panas-bumi dikelompokkan menjadi 3 macam. Energi panas bumi "batuan panas" Energi panas bumi jenis ini berupa batuan panas yang ada dalam perut bumi akibat berkontak dengan sumber panas bumi (magma). C. Energi panas bumi ini harus diambil sendiri dengan cara menyuntikkan air ke dalam batuan panas dan dibiarkan menjadi uap panas. geopressured. dan petrothermal. Pergerakan lapisan bumi yang saling bertumbukan menyebabkan terjadinya proses radioaktif di kedalaman lapisan bumi sehingga menyebabkan terbentuknya magma dengan . Sistem hydrothermal terdiri dari 2 macam yaitu vapor -dominated system dan liquid-dominated system.

diantaranya: (1) hemat ruang dan pengaruh dampak visual yang minimal. Seperti diketahui. Apabila ditinjau partisipasi masing-masing jenis sumber energi tersebut.247 MW dan pada tahun 2003/2004 sebesar 27.8 SBM atau sebesar 1130. Lebih dari 200 lokasi panas-bumi terletak di daerah terpencil seperti Nusa Tenggara dan Maluku berpeluang untuk pengembangan listrik pedesaan. 14 % tenaga air. D.temperatur lebih dari 2000 °C.300 °C. sehingga tidak membutuhkan tempat penyimpanan energi (energy storage). Soegianto menggambarkan kebutuhan sumber energi pada tahun 1998/1999 untuk pembangkitan tenaga listrik dari kelima jenis sumber energi (migas & batubara.284 MW.74 MW. 22% gas. panas bumi dan tenaga air dapat memenuhi total kebutuhan yang direncanakan untuk jenis energi tersebut. Manfaat Energi Panas Bumi Sebagian besar energi panas-bumi yang diperoleh dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik. 28 % batubara. Lapisan batuan itu disebut dengan geothermal reservoir yang mempunyai kisaran temperatur antara 200° . dan 2 % panas bumi (12 SBM=20. 5% tenaga air. 24% gas. (2) mampu berproduksi secara terus menerus selama 24 jam. Setiap tahun air hujan serta lelehan salju meresap ke dalam lapisan bumi. dan tertampung di suatu lapisan batuan yang telah terkena arus panas dan magma. energi panas bumi memiliki beberapa manfaat lainnya dibandingkan sumber energi terbarukan yang lain. dan 5 % panas bumi. tenaga-air. PLN memproyeksikan kebutuhan energi listrik pada tahun 1998/1999 sebesar 17. serta . Dalam hal ini ada peluang penggantian kebutuhan energi fosil dengan energi panas bumi maupun energi terbarukan lainnya.16 MW dengan perincian 51% BBM. Direktorat Perencanaan PT. Pengembangan sumber panas-bumi skala kecil (<10 MW) dimanfaatkan untuk listrik pedesaan disamping untuk keperluan pertanian/perkebunan dan industri kecil. Siklus air yang setiap tahun berlangsung menyebabkan lapisan batuan reservoir sebagai tempat penghasil energi panas bumi yang dapat terus menerus diproduksi dalam jangka waktu yang sangat lama. panas-bumi) sebesar 664. Itulah sebabnya mengapa panas bumi disebut sebagai energi terbarukan dan sumber energi panas bumi tersebut berasal dari magma. Sedangkan pemasokan masing-masing energi untuk pembangkitan listrik berjumlah 242. 18% batubara.4 MW). dengan perincian: 31% BBM.2 SBM atau sebesar 411.

. ataupun menciptakan limbah yang berbahaya. Dampak Energi Panas Bumi Terhadap Lingkungan Energi panas-bumi mempunyai banyak kelebihan dalam hal keramahannya terhadap lingkungan dibanding energi yang lain.205 Tabel 2 Daerah-Daerah Prospek Berpotensi Sumber Panas Bumi Dengan Kapasitas Total 1.205 MW Yang Telah Ada Pengembangnya*) Lokasi Sarulla Sibayak Sumatera Utara Sumatera Selatan Lumut Bai •Patuha •Kamojang •Gunung Salak 7 Jawa Barat •Wayang Windu 2 •Cibuni Jawa Tengah Dieng 2 Kapasitas Total Kapasitas (MW) 6 x 55 3 x 40 3 x 70 2 x 55 2 x 30 3 x 55 2 x 110 1 x 10 2 x 60 1. air.590 MW Yang Belum Ada Pengembangnya*) Lokasi Nangroe Aceh Darussalam Begkulu Lampung Jawa barat Jawa timur Gorontalo Sulawesi Utara Maluku Kapasitas Total Pulau Weh •Ululais •Rantau Dedap •Ulubelu •Lumut Balai Karaha bodas Argopuro Kotamobagu •Lahendong 2 •Tompaso Ambon Kapasitas (MW) 2 x 40 3 x 55 3 x 70 3 x 55 6 x 55 2 x 110 3 x 70 2 x 40 2 x 20 2 x 40 2 x 25 1. 2. Tidak akan mempengaruhi persediaan air tanah di daerah tersebut karena sisa buangan air disuntikkan ke bumi dengan kedalaman yang jauh dari lapisan aliran air tanah.590 E. Tenaga listrik langsung di lokasi. Tanpa mencemari lapisan udara.(3) tingkat ketersediaan (availability) yang sangat tinggi yaitu diatas 95%. Tabel 1 Daerah-Daerah Prospek Berpotensi Panas Bumi Dengan Kapasitas Total Energi 1. Energi panas-bumi dapat menghasilkan 1. Dengan biaya relatif rendah. 3. 4.

5. perlu mendapat perhatian. Energi panas-bumi potensial untuk mengisi atau bahkan mengganti kebutuhan sumber energi berbahan bakar fosil untuk pembangkitan tenaga listrik. Potensi energi panas-bumi di pulau Sumatra perlu ditingkatkan pemanfaatannya untuk pembangkitan tenaga listrik dengan perhitungan kemungkinan penjualan energi listrik ke negara tetangga terdekat. Kebersihan lingkungan sekitar pembangkit pun tetap terjaga karena pengoperasiannya tidak memerlukan bahan bakar. penurunan permukaan tanah. 2. Hal ini dikarenakan polusi yang timbul dapat dikontrol oleh sistim pemanfaatan energi panas-bumi yang dipergunakan B. Dampak terhadap lingkungan relatif sangat kecil atau dapat dikatakan tidak ada. 3. dan tumpang tindih lahan. Walau penggunaan energi panas-bumi dampak positifnya lebih menonjol untuk pembangkitan tenaga listrik. DAFTAR PUSTAKA . 6. yaitu: 1. Ungkapan bahwa panas bumi tidak mencemari lingkungan disebabkan sebagian besar problem yang timbul dapat dikontrol atau dieliminasi. Meskipun demikian gas-gas yang terkandung. Limbah yang dihasilkan juga hanya berupa air sehingga tidak mengotori udara dan merusak atmosfer. antara lain gas hidrogen sulfida (H2S). Simpulan Pembahasan energi panas-bumi dalam penyediaan energi diatas menghasilkan beberapa kesimpulan. dan pencemaran ini lebih bersifar lokal. tidak seperti pembangkit listrik tenaga lain yang memiliki gas buangan berbahaya akibat pembakaran. BAB III A. sebenarnya energi panas-bumi juga dapat memberikan dampak negatif terhadap lingkungan. seperti: polusi suhu.

(http://infoenergi.lipi.geodipa. (http://www.com/2007/03/13/egs-dan-masa-depan-energi-panasbumi-diindonesia/ diakses 15 September 2008).php?view=article&catid=32%3Amakalahbuletin&id=383%3Apotensi-panas-bumi-dan-pemikirankonservasinya&tmpl=component&print=1&page=&option=com_content&Itemid=395 diakses 15 September 2008).distamben-jabar. Pemanfaatan Energi Panas Bumi (http://www. Danny Z. Jangan Ketinggalan Lagi di Energi Panas Bumi (online).id/index. Peran.wordpress.id/modules. Istik.id/utama.energi. Herman. .php? name=News&file=article&sid=6 diakses 15 September 2008).go.energi. Energi panas bumi. (online).html diakses 15 September 2008). Kusuma. 2006.html diakses 15 September 2008). Wahyuni. Prospek Energi Panas Bumi di Indonesia (online). (http://elektroindonesia.cgi?cetakartikel&1115226658 diakses 15 September 2008). 2007. (http://www.org/wiki/Energi_panas_bumi.id/ diakses 15 September 2008). IPA FISIKA untuk SMP kelas VIII.dim.blogspot. Dan Prospek Dalam Penyediaan Energi. Potensi Panas Bumi Dan Pemikiran Konservasinya.(http://pmii-samarinda. Marthen.com/2008/05/tinjauan-energi-panasbumi-potensi.co. 2005. (online).html diakses 15 September 2008). (http://www. (http://id. Teori dan Aplikasi Fisika. Buyung Wijaya.go. Tinjauan Energi Panas Bumi : Potensi. Prasodjo. (http://www. Jakarta: Erlangga. 2007.lipi. 2005.go. (online). Budi. Bogor: Yudistira. Pemanfaatan Energi Panas Bumi. (online). 2007.go. EGS dan masa depan energi panas bumi di Indonesia. (online).wikipedia.Sumber buku: Kanginan. Sumber Alam Terbarukan. Masih Rendah. (online). Akbar. diakses 15 September 2008). Sumber internet: 2004.esdm. 2008. (online).id/id/profile04.com/elektro//ener15.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful