PEDOMAN TEKNIS OLIMPIADE SAINS NASIONAL GURU (OSN-GURU MIPA) TINGKAT KABUPATEN GRESIK TAHUN 2013

A. LATAR BELAKANG

Seperti yang tertuang pada Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pada pasal 6 dinyatakan “ Kedudukan Guru dan Dosen sebagai tenaga profesional bertujuan untuk melaksanakan Sistem Pendidikan Nasional dan mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab ”.
Untuk memacu dan memicu Guru bidang studi Matematika, Fisika dan Kimia untuk meningkatkan kompetensi dan memiliki metode pembelajaran yang Inovatif dan Kreatif serta menggunakan teknologi tepat guna yang mudah dipahami oleh peserta didik, dengan Peningkatan Mutu Pendidikan melalui sarana kegiatan Olimpiade Sains Nasional bagi Guru mata pelajaran Matematika dan IPA (kekhususan Fisika) untuk jenjang SMP, sedangkan Guru Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi untuk jenjang SMA. Olimpiade Sains Nasional bagi Guru diharapkan dapat menghasilkan Guru-guru yang berkompeten dibidangnya untuk menghasilkan peserta didik yang berprestasi di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). B. DASAR 1. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2. Undang-undang RI nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen 3. Peraturan Pemerintah RI nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan 4. Peraturan Pemerintah RI nomor 74 tahun 2008 tentang Guru 5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru 6. Peraturan Daerah Kabupaten Gresik nomor 18 tahun 2006 tentang Sistem Penyelenggaraan Pendidikan di Kabupaten Gresik 7. Peraturan Bupati nomor 62 tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Pendidikan 8. Surat Kepala Pusat Pengembangan Profesi Pendidik tanggal 16 Oktober 2012 nomor : 19603/J2/LL/2012 perihal : Informasi Penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional Guru (OSN-Guru)

Pedoman Teknis Olimpiade Sains Nasional Guru Tahun 2013

1

C. E. Guru SMP mata pelajaran Matematika dan IPA (kekhususan Fisika) serta Guru SMA mata pelajaran Matematika. Terpilihnya pemenang OSN-Guru : Guru Kelas SD. Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat dikalangan Guru b. TUJUAN Tujuan Kegiatan OSN-Guru adalah : a. mulia bermartabat dan terlindungi e. Kimia. SASARAN 1. Adanya peningkatan kompetensi dan profesionalisme Guru : Guru Kelas SD. SMA Negeri/Swasta berstatus PNS/non PNS yang memiliki Surat Keputusan Guru Tetap Yayasan (GTY) Memiliki NUPTK Tidak sedang mendapat tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah atau sedang dalam proses pengangkatan sebagai Kepala Sekolah atau sedang dalam transisi alih tugas ke unit kerja lainnya Pedoman Teknis Olimpiade Sains Nasional Guru Tahun 2013 2 . 2. Kimia dan Biologi. Guru Kelas SD 2. dan Biologi Peserta OSN Guru kelas SD tiap UPTD menugaskan 1 (satu) guru layak dan menguasai MIPA SD. Kimia dan Biologi Tingkat Kabupaten Gresik. Membangun komitmen mutu Guru dan Peningkatan Mutu Pendidikan dan pembelajaran secara lebih merata D. Mengangkat status Guru sebagai penyandang profesi yang terhormat. HASIL YANG DIHARAPKAN 1. PERSYARATAN PESERTA 1. Membina dan mengembangkan kesadaran ilmiah untuk mempersiapkan generasi muda dalam menghadapi masa kini dan yang akan datang d. Guru SMP mata pelajaran Matematika dan IPA 3. d. Fisika. F. c. motivasi. Persyaratan Administrasi a. b. Guru Kelas SD Guru SMP. Guru SMP bidang Matematika dan IPA (Fisika). Fisika. Meningkatkan wawasan pengetahuan. Fisika. Guru SMA bidang Matematika. kompetensi. Guru SMA mata pelajaran Matematika. profesionalisme dan kerja keras untuk mengembangkan IImu Pengetahuan dan Teknologi dikalangan Guru c.

Kompetensi Profesional tercermin dari tingkat penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam. Memiliki kualifikasi akademik minimal S1 dari Perguruan Tinggi Kependidikan/non Kependidikan Matematika. Proses dan Produk atau penemuan Teknologi tepat guna dalam bidang IPA. Persyaratan Akademik a. Pedoman Teknis Olimpiade Sains Nasional Guru Tahun 2013 3 . Propinsi dan Nasional g. perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. 3. Matematika. Guru yang mampu menunjukkan praktek pembelajaran terbaik. Fisika. b. Fisika. yang tercermin pada : 1. thesis atau disertasi). Kimia atau Biologi. Kimia atau Biologi. Biologi dan Kimia (bagi Guru SMP dan SMA) 2.e. diwajibkan menyerahkan : a. Guru unggul/mumpuni dilihat dari kompetensi pedagogik dan professional 1. evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya 2. serta terhadap struktur dan metodologi keilmuannya. Risalah sesuai dengan sistematika yang tertuang pada Pedoman Pelaksanaan OSN-Guru tahun 2013 (disampaikan pada awal tahun 2013 belum ada. b. Matematika. yang mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yang menaungi materinya. Peserta OSN-Guru Tingkat Nasional. pengalaman dan nilai tambah serta menghasilkan karya Kreatif atau Inovatif dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan menuangkannya dalam risalah singkat dengan sistematika dasar. Proses dan produk pengembangan (Inovasi) dalam pembelajaran IPA. 2. Kompetensi Pedagogik tercermin dari tingkat pemahaman terhadap peserta didik. Satu karya ilmiah/karya pengembangan profesi perorangan yang pernah dihasilkan (bukan skripsi. Belum pernah meraih medali Emas OSN-Guru Tingkat Kabupaten. menggunakan tahun 2011/2012). Fisika. Mempunyai masa kerja sebagai Guru secara terus menerus sekurangkurangnya 5 (lima) tahun dibuktikan dengan SK CPNS atau SK Pengangkatan bagi Guru non PNS f.

G. TIM JURI 1. Nilai/Skor 1. Nilai Pedagogik = 100 2. 4 Juni 2013 KET. Nilai Akedemik = 100 3. dan SMA N/S Persyaratan Administrasi dan Risalah WAKTU Minggu ke-4 April 2013 Tgl 24 Mei s.d. PENGOLAHAN NILAI a. Pedagogik b. Akedemik 2. JADUAL KEGIATAN N O 1 PROGRAM / KEGIATAN Informasi OSNGuru ke sasaran Pendaftaran 2 TARGET SD. Nilai Akedemik = 50 % 3. Nilai Risalah = 20 % = 100 Pedoman Teknis Olimpiade Sains Nasional Guru Tahun 2013 4 . Nilai Pedagogik = 30 % 2. Akedemik I. Berkas Pendaftaran (paling lambat tgl 4 Juni 2013) 2. Nilai Risalah b. Tim Penilai Ujian Tulis a. Tim Panitia OSN-Guru mempersiapkan hal-hal terkait pelaksanaan 1. Tim Penilai Risalah 3. Tim Pengawas Ujian Tulis a. Risalah paling lambat tgl 12 Juni 2013 Panitia Tim Juri 3 4 5 Pengambilann Nomor Pelaksanaan Penilaian Risalah Pelaksanaa Tes Tulis Koreksi Hasil Tes Tulis Penetapan Pemenang Pengumuman Pemenang Distribusikan ke sasaran Terselesainya Risalah terbaik tiap jenjang + Permapel Seluruh Peserta Tgl 12-13 Juni 2013 Tgl 17 Juni 2013 Minggu ke-3 Tgl 18 Juni 2013 Minggu ke-3 Tgl 18-19 Juni 2013 Minggu ke-3 Tgl 20 Juni 2013 Minggu ke-3 Tgl 21 Juni 2013 Panitia + Pengawas Seluruh Peserta Tim Korektor 6 7 8 Seluruh Peserta Lembaga Sasaran Tim Dinas Tim Dinas H. SMP. Bobot 1. Pedagogik b.

MM Pembina NIP. Gresik Kabid Peningkatan Mutu Pendidikan. S U M A R D I. Pedoman teknis ini dapat dipahami sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan. N A D L I F. Gresik. PENUTUP Untuk Kegiatan Olimpiade Sains Nasional bagi Guru Tingkat Kabupaten Gresik Tahun 2013. 19610926 198603 1 008 Drs. dan 3 memperoleh hadiah dan piagam K. 2. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Juara I. Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik Ttd ttd Drs. M.Si Pembina Tk. I NIP.c. Perhitungan Nilai Akhir NA = (NP X 30% ) + (N AK X 50%) + ( NR X 20%) J. 19620317 199003 1 007 Pedoman Teknis Olimpiade Sains Nasional Guru Tahun 2013 5 . Semua Peserta OSN-Guru memperoleh piagam 2. mohon partisipasi aktif dan dukungan dari berbagai pihak terkait sangat diperlukan untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan kegiatan. Mudah-mudahan Pedoman teknis ini berguna dan dapat dipakai sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan. 8 April 2013 Mengetahui. HADIAH DAN PENGHARGAAN 1.