BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Dalam kehidupan sehari – hari, manusia pasti butuh alat penghitung dalam mengerjakan tugas-tugas yang berkaitan dengan hitungan. Salah satu alat tersebut adalah kalkulator. Namun, alat ini hanya bisa menghitung angka dalam bentuk desimal. Bagaimana kalau angka yang harus dihitung berbentuk BCD (Binary Coded Decimal). Angka – angka BCD ini mirip seperti biner yakni hanya terdiri dari angka 1 dan 0. Oleh karena itu kami akan membuat sebuah alat yang bernama BCD TO 7 SEGMENT DECODER. Input yang diberikan pada alat ini berupa bilangan BCD dan outputnya akan berupa bilangan desimal yang bisa dilihat di dalam 7 Segment Display pada alat ini. Metode Sevent merupakan metode enkripsi yang terinspirasi dari lampu LED Seven Segment, sehingga muncul nama sevment. Seven segmen merupakan rangkaian dari 7 buah lampu yang di gabung menjadi satu. Hasil gabungan lampu tersebut jika ke tujuh lampu menyala akan memebentuk sebuah angka, yaitu angka delapan. Selain itu tugas rancangan ini dibuat dengan tujuan sebagai media untuk pelatihan dalam pembuatan suatu rangkaian yang menggunakan 7 Segment Display, sehingga kita dapat mempraktekkannya, dan tidak hanya sekedar teori di kelas. Serta kita dapat melihat pembuktian gerbang logika yang ada pada suatu IC, dan kita juga dapat mengetahui kegunaan dari jenis IC tersebut, sehingga dapat menambah pengetahuan kita melalui tugas rancangan ini.

1.2 Tujuan 1. Menyusun dan merangkai seven segmen display dari berbagai komponen 2. Memahami perinsip kerja dari seven segment display 3. Menggunakan dan mengaplikasikan fungsi dari seven segment display pada sebuah alat instrumentasi

segmen yang ketujuh membagi dua bagian segiempat panjang secara horizontal. Pin yang bersama ini akan kemudian menyusun semua katode ( terminal yang negatif) atau semua kutub positip ( terminal yang positif) dari LED di alat karenanya suatu 7 paket segmen yang lebih akan hanya perlu sembilan pin untuk menyajikan dan dihubungkan. kemudian kami ganti menggunakan jumper. Seven segmen diatur sebagai segiempat panjang dari dua segmen yang vertikal pada [atas] masing-masing sisi dengan satu segmen yang horizontal di bagian atas dan alast.2 Pembahasan Pada praktikum kali ini kita akan membahas tentang seven segment seven segment. Seven-Segment adalah biasanya digunakan di dalam elektronika sebagai metoda dari mempertunjukkan umpan balik klasifikasi sistim desimal dengan operasi yang internal tentang alat. dan akhirnya berhasil dari 0-9. adalah suatu format dari alat tampilan yang suatu alternatif ke dot-matrix tampilan yang semakin kompleks. masing-masing LED adalah secara khas dihubungkan dengan satu terminal ke pin yang sendiri dengan diam-diam bagian luar dari paket dan LED terminal yang lain dihubungkan secara umum dengan semua lain LED di alat dan diterbitkan persis sama benar bersama pin. Pada percobaan seven segmen yang kami lakukan. awalnya kami kesulitan untuk mendapatkan angka dari 0-9 karena ternyata ketika menggukakan resistor seven segment yang terbaca hanya dari 0-3. ruang hampa kawat pijar yang bercahaya berpijar. Kebanyakan seven segment mengggunakan tampilan suatu array dari diode pemancar cahaya ( LEDS). Mungkin itu dikarenakan rangkaian yang kami buat terlalu berdempetan sehingga kaki-kaki resistor saling menyatu sehingga data yang dihasilkan tidak akurat. Secara sederhana. . dan lain lain. lebih sedikit biasanya dikenal sebagai suatu seven-segment indikator. Apalagi. meskipun demikian lain jenis ada teknologi alternatif penggunaan seperti lucutan gas katode dingin. tampilan hablur cair ( LCD).4.

2 Saran 1.1 Kesimpulan 1.BAB V PENUTUP 5. sehingga para praktikan tidak akan kebingungan jika hasil yang di dapat sedikit jauh dari yang diharapkan 3. Seven segmen diatur sebagai segiempat panjang dari dua segmen yang vertikal pada masing-masing sisi dengan satu segmen yang horizontal di bagian atas dan alas. agar lebih menguasai materi praktikum . Alat yang digunakan harus dalam kondisi baik. Sevet Segmen merupakan peraga angka yang dapat memperagakan angka dari 0 sampai 9. 4. Kebanyakan seven segment mengggunakan tampilan suatu array dari diode pemancar cahaya 5. Seven Segment ini dibentuk oleh 7 buah segmen yang tersusun sedemikian rupa sehingga jika ada beberapa segmen tertentu yang aktif maka akan membentuk sebuah angka 3. 2. Para praktikan seharusnya diberikan modul praktikum terlebih dahulu untuk mempelajari materi. Para praktikan diharapkan lebih teliti dalam melakukan percobaan. agar hasil yang didapatkan dapat sesuai 2.