7.Tuangkan air hangat ke area perineum dan keringkan 8. Merubah posisi dengan posisi miring 9.

Bersihkan area anus dari kotoran dan feses jika ada. Bersihkan dari arah depan (vagina) ke belakang (anus) dengan satu usapan. Ulangi dengan kapas yang berbeda sampai bersih 10. Keringkan dengan handuk. Pasang pembalut pada celana dalam. Celupkan pada kassa steril ke dalam larutan bethadine, peras lembab dan tempelkan di daerah perineum (bila ada jahitan) atau bila ada salep oleskan 11. Pasang celana dalam yang sudah dipasang pembalut, kemudian dirapihkan 12. Pakai pakaian bawah 13. Cuci tangan HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN 1. Menjaga perineum selalu bersih dan kering 2. Hindari penggunaan obat-obat tradisional pada perineum 3. Cuci perineum dengan sabun dan air bersih yang mengalir 3-4 kali perhari 4. Kembali dalam seminggu untuk memeriksa penyembuhan (jika ada luka episiotomi). Ibu harus kembali lebih awal jika ia mengalami gejalagejala seperti demam, mengeluarkan cairan yang berbau busuk dari daerah lukanya atau jika daerah tersebut menjadi nyeri.

Tentang

EPISIOTOMI

Oleh : Kelompok 2 Pendidikan Profesi
JURUSAN KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG

***************

Tangan kiri menarik lipatan ke atas. Air cebok anti septik/air rebusan daun sirih 5. Bersihkan lipatan bagian atas ( labia mayora ).Betadine 2. Usap dari perineum kearah anus. UNPAD). lutut ditekuk 3. hindari kebiasaan "irigasi" (cuci vagina). Regangkan lipatan bagian atas ( labia mayora) dengan lipatan ( tangan pubis kiri.2. Oleh karena itu. Keringkan baik-baik dengan handuk yang halus dan bersih. Celana dalam baru harus dicuci dahulu sebelum dipakai. TUJUAN 1. Membersihkan paha bagian atas dan keringkan ( kiri dan kanan ) 5. Mengatur posisi ibu yang nyaman : jika di tempat tidur posisi semifowler/fowler.  Pakailah celana dalam 100% katun. Tidak terjadi infeksi A. tangan kanan membersihkan dengan hati-hati lipatan kulit. Pembalut bersih  Bilas celana dalam dengan baik setelah dicuci. 4.  Hindarkan pemakaian celana ketat. Nyeri berkurang ALAT-ALAT PERAWATAN PERINEUM 1. vaselin. Apa itu Episiotomi ??? Episiotomi adalah insisi dari perinium untuk 3.Bagaimana merawat vulva yang baik ???  Biasakan mencuci vulva dengan air hangat.Apa itu perawatan perineum??? Perawatan perineum adalah pemenuhan kebutuhan untuk menyehatkan daerah antara paha yang dibatasi vulva dan anus pada ibu yang dalam masa antara kelahiran plasenta sampai dengan kembalinya organ genetik seperti pada waktu sebelum hamil.Kassa steril 3. pengharum (feminine spray/deodorant).  Rapikan (digunting) rambut pubis (jangan di cukur !) yang berlebihan yang menyulitkan pengeringan daerah intim. Rasa nyaman terpenuhi / bersih . Cuci tangan 2. B. Ulangi pada sisi yang berlawanan 6.  Hindari pemakaian produk "feminine hygiene" yang sesungguhnya justru menjadi iritan seperti panty liners. ) ke Tangan lubang kanan tempat yang lain membersihkan dari area bagian atas memudahkan persalinan dan mencegah ruptur perinii totalis (Bagian Obsgyn. atau bedak. kecuali bila dianjurkan oleh dokter. talk. Vagina memunyai daya tahan sendiri terhadap infeksi yang berupa cairan bersifat asam (pH tertentu). minyak-minyak. C.  Jangan menggaruk daerah intim. Membuka baju bagian bawah 4. Celana dalam yang bersih CARA KERJA 1.

. Area yang dibersihkan yaitu lipatan bagian dalam ( labia minora . klitoris dan orificium vagina).buang air besar ( anus ) dengan satu kali usapan. Gunakan kapas yang berbeda.