Kelompok 3 Nama Anggota: 1. Nikmatul Maghfiroh 2. Nia Nor Ihsani 3. Indah Dwirosiono 4. Tri Nofiatun 5.

Umi Rofi’atun Nikmah 6. Fatihatun Nurrahmah Hasil diskusi kelompok 3 ( Isi Permendiknas No. 41 Th 2007) sebagai berikut: 1. Yang harus dilakukan dalam perencanaan proses pembelajaran menurut Permendiknas No. 41 Th 2007 adalah: a. Membuat dan menyusun silabus b. Membuat dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Adapun Silabus sebagai acuan pengembangan Rencana

Pelaksanaan Pembelajaran memuat: 1. Identitas Mata Pelajaran,

2. Standar Kompetensi (SK) 3. Kompetensi Dasar (KD) 4. Materi Pembelajaran 5. Indikator pencapaian kompetensi 6. Tujuan pembelajaran 7. Materi ajar 8. Alokasi waktu 9. Metode pembelajaran 10. Penilaian Hasil belajar 11. Sumber belajar Sedangkan untuk rencana pelaksanaan pembelajaran memiliki komponen yang hampir sama dengan komponen silabus, hanya saja dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terdapat komponen kegiatan pembelajaran yang terdiri dari : keegiatan awal

(pendahuluan), kegiatan inti dan kegiatan penutup.

c. b. Kegiatan penutup Guru bersama peserta didik atau sendiri membuat rangkuman atau kesimpulan dari pelajaran yang di ajar dan melakukan penilaian atau refleksi terhadap kegiatan belajar mengajar yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram. Konsisten Konsisten dalam artian ajeg atau sesuai jadi penilaian hasil belajar yang dilakukan harus sesuai dengan isi pembelajaran dan perilaku yang seharusnya di ukur. deskripsi. 3. c. dan konfirmasi. Kegiatan pendahuluan Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik. 41 Th 2007 meliputi kegiatan pendahuluan. kegiatan inti dan kegiatan penutup yang merupakan implementasi dari RPP.2. kemudian guru mengajukan pertanyaan yang terkait materi dan menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang harus dicapai. Sistematik Susunan penilaian hasil belajar teratur atau berurutan meliputi pengumpulan informasi (angka. inspiratif aktif. Terprogram . Kegiatan inti Proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar yang dilakukan termotivasi secara untuk interaktif. Penilaian hasil belajar menurut permendiknas No. sehingga Dimana peserta kegiatan didik ini berpartisipasi menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang meliputi proses eksplorasi. interpretasi informasi untuk membuat keputusan. 41 Th 2007 dilakukan secara: a. analisis. Pelaksanaan proses pembelajaran menurut Permendiknas No. verbal). b. elaborasi. a.

41 Th 2007 adalah kepala dan pengawas satuan pendidikan. pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran. b. proses. ☻ Portofolio : penilaian melalui koleksi karya (hasil kerja) siswa yang sistematis. wawancara dan dokumentasi. pengolahan data dan penyajian data. pencatatan. perekaman. 2. pengamatan. ☻ Penilaian diri : menilai diri sendiri berkaitan dengan status. pengumpulan data. adapun pelaksanaan pengawasan tersebut dilakukan dengan cara. Non tes Penilaian nontes dilakukan dalam bentuk: a. Pengamatan kinerja b. Pemantauan Dengan cara diskusi kelompok terfokus.Terprogram disini penilaian hasil pembelajaran dilakukan dengan menggunakan 2 cara yaitu: 1. supervisi pembelajaran . ☻ Proyek/produk: penilaian terhadap kemampuan membuat produk teknologi dan seni. c. pelaksanaan. Penilaian hasil karya yang berupa ☻ Tugas : suatu investigasi dengan tahapan perencanaan. tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya. Supervisi Supervisi proses pembelajaran dilakukan pada tahap perencanaan. Pengukuran sikap : penilaian terhadap perilaku dan keyakinan siswa terhadap obyek sikap. dan penilaian hasil pembelajaran. Pemantauan Pemantauan ini dilakukan pada tahap perencanaan. Yang melakukan pengawasan proses pembelajaran menurut Permendiknas No. Tes Penilaian dengan tes dilakukan baik menggunakan tes subjektif maupun tes objektif. 4. antara lain: a.

pelatihan dan konsultasi. 2. d.diselenggarakan dengan cara pemberian contoh. b. Evaluasi proses pembelajaran memusatkan pada keseluruhan kinerja guru dalam proses pembelajaran. Penguatan dan penghargaan diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar. . 3. mencakup tahap perencanaan proses pembelajaran. Pelaporan Hasil kegiatan pemantauan. Evaluasi proses pembelajaran diselenggarakan dengan cara: a. pelaksanaan proses pembelajaran. Teguran yang bersifat mendidik diberikan kepada guru yang belum memenuhi standar. dan evaluasiproses pembelajaran dilaporkan kepada pemangku kepentingan e. Evaluasi 1. diskusi. mengidentifikasi kinerja guru dalam proses pembelajaran sesuai dengan kompetensi guru. 2. dan penilaian hasil pembelajaran. supervisi. Evaluasi proses pembelajaran dilakukan untuk menentukan kualitas pembelajaran secara keseluruhan. c. Guru diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan/penataran lebih lanjut. Tindak lanjut 1. 3. membandingkan proses pembelajaran yang dilaksanakan guru dengan standar proses.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful