P. 1
Instalasi Motor 3 Fasa Menggunakan Kontaktor Dan Push Button

Instalasi Motor 3 Fasa Menggunakan Kontaktor Dan Push Button

Views: 216|Likes:
Published by Hendry Bayu

More info:

Published by: Hendry Bayu on May 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/31/2015

pdf

text

original

Instalasi Motor 3 Fasa Menggunakan Kontaktor dan Push Button

Gambar rangkaian pengendali

Gambar rangkaian Daya

untuk membalik putaran motor kita harus mematikan k1 dulu dengan menekan pushbottom off sehingga motor mati baru kita .Rangkaian Motor 3 Phasa Forward.Reverse prinsip kerja rangkaian untuk membalik putaran motor 3 fase yg perlu kita lakukan adalah membalik salah satu fase maka selanjutnya saya akan menjelaskan prinsip kerja rangkaian kontrolnya bila kita tekan pushbottom fwd maka arus listrik akan mengalir melewati pushbottom fwd menuju nc k2 dan mengerjakan coil k1 sehingga no k1 bekerja dan motor berputar maju dan apa bila pushbottom rev di tekan k2 tidak akan bekerja karena saat coil k1 bekerja nc k1 membuka dan memutus rangkaian yg menuju ke k2 sehingga k2 tidak bisa hidup adapun fungsi dari nc k1 ini adalah sebagai interlok/pengaman agar ketika k1 bekerja k2 tidak akan bisa hidup begitupun sebaliknya ketika k2 bekerja k1 tidak bisa hidup karena nc k2 juga memutus rangkaian yg menuju coil k1 karena jika k1 dan k2 hidup bersama sama akan terjadi konsleting karena salah satu fase k2 di balik / tidak sama.

tekan pushbottom rev dan arus mengalir melewati nc k1 menuju coil k2 dan k2 pun bekerja menghidupkan motor berbalik arah. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->