MODUL 2 Komunikasi ZigBee to ZigBee

Kelompok 10 : Alfi M akbar Baria (611110064) Muhammad irsyad naufal (611110062) Hafiidh as syahidulhaq (611111094) Rianto march S (611111100)

BENGKEL KOMUNIKASI NIRKABEL D3 TEKNIK TELEKOMUNIKASI FAKULTAS ELEKTRO DAN KOMUNIKASI BANDUNG-2013

1. Tujuan
1. Mahasiswa memahami konsep IEEE 802.15.4 Wireless PAN (ZigBee). 2. Mahasiswa dapat mengkonfigurasi dan melakukan konmunikasi antar PC menggunakan ZigBee dengan bantuan arduino atau dengan X Bee USB adapter V 2.0.

2. Dasar Teori
ZigBee adalah standar dari IEEE 802.15.4 untuk komunikasi data pada alat konsumen pribadi maupun untuk skala bisnis. ZigBee didesain dengan konsumsi daya yang rendah dan bekerja untuk jaringan personal tingkat rendah. Perangkat ZigBee biasa digunakan untuk mengendalikan sebuah alat lain maupun sebagai sebuah sensor yang wireless. ZigBee memliki fitur dimana mampu mengatur jaringan sendiri, maupun mengatur pertukaran data pada jaringan. Kelebihan dari ZigBee lainnya adalah membutuhkan daya rendah, sehingga bisa digunakan sebagai alat pengatur secara wireless yang penginstalan hanya perlu dilakukan sekali, karena hanya dengan satu baterai dapat membuat ZigBee bertahan hingga setahun. Selain itu ZigBee juga memiliki topologi jaringan “mesh” sehingga mampu membentuk jaringan yang lebih luas dan data yang lebih diandalkan. Pendahuluan Teknologi tanpa kabel atau wireless telah mengalami berkembang yang pesat dan penggunaan teknologi ini sendiri tidak lagi asing bagi masyarakat. Teknologi wireless yang banyak digunakan oleh masyarakat seperti bluetooth, mapun wifi, karena kedua perangkat ini sudah banyak diaplikasikan pada smartphone, laptop, dan beberapa gadget lainnya. Namun ZigBee sendiri bukan lah sebuah komunikasi yang digunakan untuk pengiriman data yang besar atau transfer rate yang tinggi. Bluetooth dan wifi merupakan sebuah standart yang bekerja untuk transfer rate dari tingkatan sedang hingga tinggi, sehingga cocok digunakan untuk pengiriman data yang besar. Sedangkan untuk sebuah device transfer rate rendah dapat kita gunakan standar ZigBee. ZigBee adalah spesifikasi untuk protocol komunikasi tingkat tinggi yang mengacu pada standart IEEE 802.15.4 yang berhubungan dengan wireless personel area networks (WPANs). Teknologi dari ZigBee sendiri dimaksudkan untuk penggunaan pengiriman data secara wireless yang membutuhkan transmisi data rendah dan juga konsumsi daya rendah, dan juga tidak lebih mahal dibandingkan dengan WPANs lain seperti Bluetooth. Standar ZigBee sendiri lebih banyak

Bluetooth. yang dimana jaraknya lebih jauh dibandingkan dengan Bluetooh. yang lebih rendah dibandingkan dengan WPANs lain seperti bluetooh yang mempunyai transfer rate dengan 1Mbps. Fitur Keamanan Integritas data dan keamanan merupakan salah satu fitur yang menguntungkan dari Teknologi ZigBee. MAC sub layer yang menyediakan keamanan tersebut. data logging. Adanya enkripsi data dengan menggunakan kunci symmetric 128 bit. Pengecekan data secara sekuensial dimana jika data yang diterima ternyata sama atau belum di update dengan sebelumnya maka data tersebut akan ditolak. bahwa setiap device memilki list yang berisikan device yang dipercaya pada jaringan sehingga tidak setiap device langsung dapat dihubungkan. Dengan konsumsi daya yang rendah. Sedangkan jarak atau range kerja dari ZigBee sendiri sekitar 76m. ZigBee memilki transfer rate sekitar 250Kbps. dimana mempunyai 4 hal yang digunakan untuk mengamankan data. dan juga sensor wireless dan lain-lain. Perbedaad ZigBee. Prediksinya. maka sebuah alat yang menggunakan standar ZigBee dapat menggunakan sebuah baterai yang dapat membuat alat tersbut bertahan selama setengah sampai satu tahun. yaitu:     Accsess control.diaplikasikan kepada system tertanam (embedded application) seperti pengendalian industri atau pengendali alat lain secara wireless. . bahwa semua smart home akan memilki setidaknya 60 buah ZigBee dimana tiap ZigBee tersebut akan dapat saling berkomunikasi dan melakukan pekerjaan mereka secara bebas. Adanya frame sebuah data membuat tidak mudah memanipulasi data yang ada tanpa kunci cryptographic. Wifi .

maka stack dari protocol ZigBee dibuat dalam struktur layer. . Selain itu aliansi ZigBee juga menyediakan pengetesan terhadap dan sertifikasi terhadap alat yang menggunakan ZigBee. Contoh dari kerjasama kedua grup tersebut adalah ZigBee software layer. dengan andal dan aman. ZigBee dibuat sesuai dengan permintaan pasar yang membutuhkan sebuah jaringan yang mampu mengkonsumsi daya rendah . Untuk itu aliansi ZigBee bekerja sama dengan IEEE unutk membuat sebuah jaringan yang dinginkan pasar.Arsitektur ZigBee pada awalnya didesain untuk sebuah jaringan yang kecil yang dimana mengandalakan dalam penyebaran data dari tiap device masing-masing. Gambar arsitektur ZigBee Pada layer bagian MAC dan PHY dibuat oleh IEEE sedangkan sisa layer keatasnya dibuat oleh aliansi ZigBee . Bedasarkan standart dari OSI layer yang telah ada.

Spesifikasi X Bee .

8. .3.0. 2 set arduino UNO. 6. 4. 5. 10. 1 Mini USB cable. 7. Putty Software. 2. 1 set X Bee USB Adapter V 2. 9. Driver arduino UNO. 2 set XBee shield V 1.4. Peralatan praktikum 1. 2 USB cable. X-CTU Software. 2 set Modul zigbee. 3. 2 set PC / Laptop.

4. Prosedur Praktikum 1. Hubungkan arduino UNO ke PC/Laptop lalu masuk ke device manager klik kanan pada unknown device. Sebelum melakukan konfigurasi. . kita harus terlebih dahulu melakukan update driver software arduino UNO dan X bee USB adapter. pilih Update Driver Software. 2.

3. Pilih browse my computer for driver software. .

. Lalu pilih directory dimana kita menyimpan driver arduino dan klik next.4.

Hubungkan modul Xbee dengan XBee USB adapter ke PC/Laptop dengan mini USB cable. Langkah – langkahnya sama seperti kita melakukan instalasi driver pada arduino UNO.5. 7. .0. 8. Selanjutnya kita melakukan instalasi driver pada XBee USB Adapter V 2. Jika berhasil akan muncul tampilan seperti berikut : 6. Pada praktium kali ini kita menggunakan X bee PRO series 1. Ketika semua driver telah terinstal selanjutnya kita melakukan konfigurasi pada ZiggBee yang kita gunakan.

Buka software X-CTU lalu pilih port yang kita gunakan untuk X bee. .9.

11. Jika semua berjalan lancar akan muncul tampilan seperti berikut ini : . Klik test query untuk memastikan apakah terjadi error communication atau tidak.10.

Selanjutnya pilih menu Modem configuration.12. .

Pilih read .13.

14. Isi ID PAN-ID dengan 3332 .

15. Isi DL dengan angka 2 .

Setelah itu pilih menu write untuk meload konfigurasi ke Xbee. kita lanjutkan dengan konfigurasi pada Arduini UNO. lakukan proses yang sama seperti konfigurasi XBee yang pertama. maka pada XBee 2 kita isi DL = 3 dan MY = 2. Jika pada Xbee 1 kita isi DL = 2 dan MY = 3. 19 Hubungkan kedua Arduino UNO ke PC/Laptop dengan USB cable. Isi MY denga angka 3.16. Hanya saja pada kolom DL dan MY isi dengan nila yang berlawanan dengan Nilai pada XBee 1. Pada kolom PAN ID isi dengan nilai yang sama seperti konfigurasi Xbee 1. 17 NOTE : Untuk konfigurasi XBee yang kedua. . 18 Jika proses konfigurasi XBee telah selesai.

21 Pilih port USB yang kita gunakan untuk masing – masing Arduino UNO dengan cara klik menu tools serial port lalu pilih port yang kita gunakan. Program untuk Tx Program untuk Rx 23 Klik tab untuk meload program ke masing masing arduino. Untuk memastikannya lihat device manager. selanjutnya kita lakukan koneksi untuk hardware. 25 Untuk melakukan Peer to Peer connetion dengan Xbee dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dangan mengirim data secara otomatis dengan bantuan Aduino UNO atau kita bisa mengirim data secara manual dari XBee malaui hyper terminal Putty. .20 Jalankan program Arduino.exe. 22 Load program berikut pada masing – masing Arduino yang ingin kita jadikan sebagai Rx dan Tx. 24 Setelah konfigurasi XBee dan Arduino selesai. Disini saya menggunakan port 13 dan 15.

Jika langkah – langkah yang kita lakukan sudah benar maka program Tx yang kita upload pada arduino akan muncul pada layar terminal Pada PC yang kita hubungkan dengan Arduino yang telah kita upload program Rx. Xbee shield2 dengan arduino UNO yang telah kita load program Rx. 27 Hubungkan Xbee1. Hubungkan pada pin – pin yang sesuai. dengan arduino UNO yang telah kita load program Tx.26 Pada percobaan pertama kita akan melakukan xbee peer to peer connection dengan megirim data secara otomatis dengan bantuan Arduino UNO.exe pada PC 2 yang kita jadikan sebagai Rx dengan memilih menu .exe pada PC 1 dan PC 2. 29 Buka program arduino. Selanjutnya Hubungkan Xbee2. PC 1 Sebagai Tx PC 2 Sebagai Rx . Jangan lupa untuk memilih port yang kita gunakan pada menu tools (lihat device manager). 30 Selanjutnya Buka serial monitor di software Arduino. Xbee shield1. 28 hubungkan arduino Tx pada PC 1 dan Arduino Rx pada PC 2 dengan USB cable.

32 Langkah pertama yang kita lakukan adalah menghubungkan Xbee1 dengan Xbee USB adapter ke PC 1 Dengan Mini USB cable. 34 Buka software putty Pada PC 1. Kemudian hubungkan Xbee2.31 Percobaan pertama telah barhasil. dengan arduino UNO Yang telah di upload Program Rx ke PC 2 dengan USB cable. Xbee shield. . Selanjutnya kita akan melakukan percoban kedua yaitu komunikasi antar PC dengan zigbee dengan mengirim data secara manual. kita bisa malakukan komunikasi lewat terminal dengan bantuan software putty. 33 Jika semua proses telah dilakukan.

36 Klik open untuk menampilkan jendela terminal Putty Pada PC 1. .35 Pilih menu serial lalu atur serial line sesuai dengan port USB yang kita gunakan pada PC1.

exe. 39 Kirim data dari PC 1 melalui terminal putty dengan mengetik karakter tertentu.37 Selanjutnya kita beralih ke PC 2.exe yang telah kita buka. Selanjutnya buka serial monitor pada software arduino.exe pada PC 2 dan tentukan port yang kita gunakan (prosesnya sama seperti percobaan pertama). PC 1 PC 2 . 38 Buka software arduino. Jika berhasil maka karakter yang di kirim dari PC 1 akan muncul di PC 2 pada serial monitor arduino.

com/2010/02/zigbee. https://www. http://www.com/pages/xbee_guide .google.balam.us/projects/xbee-tutorial.com/viewer?a=v&q=cache:5EeDf0SbHwwJ:louveebabylouilittlevamp y. https://docs.sparkfun.org/wiki/ZigBee 2. http://id.files.html 4.wikipedia.wordpress.pdf+&hl=id&pid=bl&srcid=ADGEESjZt7hVx2wlI6LI Mk4gi3OBWt10A5v0CI28xRT4GjPeAGKz57BqEsiOmUPMp4YsakXmmL55BuNVf0iGDxgdY6 sNeMCKydfXAgl-QDYgtPoqIxBzd2su7y-nTyBI4tcC4sR79-OY&sig=AHIEtbS0Bu_FiMnPJE6ZDI7mqPRfbQOEw 3.Daftar Pustaka 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful