P. 1
LAPORAN HASIL PENELITIANPROSES PEMBUATAN TEMPE KEDELAI

LAPORAN HASIL PENELITIANPROSES PEMBUATAN TEMPE KEDELAI

|Views: 7,398|Likes:
Published by M Afrizal Mustofa
LAPORAN
LAPORAN

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: M Afrizal Mustofa on May 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial
List Price: $4.99 Buy Now

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
See more
See less

12/22/2015

$4.99

USD

pdf

text

original

LAPORAN HASIL PENELITIAN PROSES PEMBUATAN TEMPE KEDELAI Laporan hasil penelitian ini dibuat untuk memenuhi salah

satu syarat mengikuti Ujian nasional

Oleh : Nama NIS/NISN Lokasi : SAMSUL BAHRI : 856/9940666946 : DESA MARGODADI

1

YAYASAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN MADRATSAH ALIYAH AL-MA’RUF MARGODADI SUMBEREJO KABUPATEN TANGGAMUS HALAMAN PERSETUJUAN

Judul Nama

: PROSES PEMBUATAN TEMPE KEDELAI : SAMSUL BAHRI

NIS/NISN

: 856/9940666946

Menyetujui Guru Pembimbing

ARIS MUNADI,S.H.I

2

HALAMAN PENGESAHAN Karya ilmiah ini disahkan pada : Hari Tanggal Tempat : : : MA AL-MA’RUF Margodadi Mengetahui. Kepala MA AL-MA’RUF Margodadi Pembimbing 3 .

Menumpuk ilmu lebih berarti dari pada menumpuk harta. Hidup tanpa ilmu dan cita-cita bagaikan berjalan tanpa arah dan tujuan.S. Bersyukur kenikmatan yang telah diberi Allah walawpun sebesar biji sawi. 4 . 4. Kejujuran adalah mahkota kehidupan. Berlomba-lombalah dalam kebaikan. GHUFRON.I ARIS MUNADI. 6. 3. 5.I MOTTO : 1.Pd.M. 2.S. Cucuran keringat dan air mata adalah awal dari keberhasilan.H.

HALAMAN PERSEMBAHAN Karya tulis ini penulis persembahkan kepada : 1. materil dan senantiasa mendo’akan keberhasilanku 2. Teman-teman yang telah memberikan motivasi dan membantu dalam meyelesaikan makalah ini sehingga makalah ini dapat diselesaikan. Orang tua tercinta yang telah memberikan dorongan moril. 5 . Adik dan kakak tercinta yang telah memberikan semangat dan motifasi akan mencapai cita-cita 3.

Solawat beserta salam dijunjungkan pada nabi Muhammad saw yang telah memberikan rahmatNYA sehingga penulis dapat menyusun karya ilmiah ini 6 .KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat alloh swt yang telah memberikan pengetahuan dan petunjukNYA sehingga penulis dapat menyelesaikan penelitian yang berjudul “PROSES PEMBUATAN TEMPE KEDELAI”.

sebagai salah satu persyaratan mengikuti Ujuan Nasional di MA AL-MA’RUF MARGODADI.Pd.Sos sebagai guru bidang study sosiologi 3. GHUFRON S. Margodadi . maka secara khusus penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada: 1.I sebagai guru pembimbing 4. Untuk itu kepada pembaca untuk memberikan masukan dan saranya yang membangun agar penulis lebih baik dan sempurna. Bapak M. Dalam penyelesaian ini penulis telah mendapat banyak bantuan dari berbagai pihak. Bapak SLAMET sebagai pembuat tempe Penulis menyadari bahwa masih banyak sebab keterbatasan kemampuan ilmu dan teori penulis yang kuasai.I sebagai kepal asekolah MA AL-MA’RUF 2.S.23 November 2012 Penulis SAMSUL BAHRI DAFTAR ISI 7 . Ibu RIFAH LA’ALIYAH S.H. Bapak ARIS MUNADI.

.................................... BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN…………………………………............................................................ KATA PENGANTAR .................. DAFTAR ISI .........Gambaran Umum Lokasi Penelitian...................... C................................. BAB II METODELOGI PENGUMPULAN DATA…………………................................Tujuan…………………………………………………………………...........................................HALAMAN PERSETUJUAN................................... Manfaat tempe…......................................... HALAMAN PENGESAHAN ................ HALAMAN MOTTO ...................................................................... HALAMAN PERSEMBAHAN ......... Proses pembuatan…...........................KESIMPULAN..............….......... Cara pembuatan tempe………………………………………………… B.............................. Metode Yang Digunakan …......................................................................... Kandungan gizi dalam tempe…........ ii iii iv v vi vii BAB I PENDAHULUAN A.................................................................. B......... 1 2 3 3 4 4 4 5 5 7 7 8 ............................................................ BAB III LAPORAN HASIL PENELITIAN……………………………… A..... D...................................................................................................... A... A......................................................................................

................. 7 DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………. 8 9 9 .........B..... LAMPIRAN………………………………………………………………..............................SARAN............................................

Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti: kacang kedelai. Arrhizus. Kacang-kacangan dan umbi-umbian cepat sekali terkena jamur (aflatoksin)sehingga mudah menjadi layu dan busuk. Fermentasi ini di kenal dengan istilah “ ragi tempe”. biji kecipir. Rh. koro. jagung atau menir adalah sangat baik untuk menjaga keseimbangan asam amino tersebut. namun penambahan bahan lain seperti wijen. Rh. seperti Rhizopus oloigos porus. 10 . kelapa dan lain-lain merupakan bahan pangan sumber protein dan lemak nabati yang sangat penting peranannya dalam kehidupan. Oryzae. GAMBARAN UMUM TEMPE adalah makanan yang dibuat dari fermentasi biji kedelai atau beberapa bahan lain yang mengunakan beberapa jenis bahan kacang Rhizopus. Stolonifer. atau Rh. Asam amino yang terkandung dalam proteinnya tidak selengkap protein hewani. Tempe memiliki zat gizi yang sangat baik bagi tubuh manusia.BAB I PENDAHULUAN A. kacang tanah.

bahan tersebut perlu diawetkan.Untuk mengatasi masalah ini. 11 .

TUJUAN 1. Pembaca dapat mengerti pembuatan tempe kedelai dengan baik dan benar. 3. 4. 5. dan telur ayam. bukan hanya bergantung dari pekerjaan yang diberikan orang lain kepada kita. daging. kecuali mesin pengupas. kedelai mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi. Tidak lupa juga agar para sisawa mengeri tentang cara pabrik perumahan sendiri. jagung. penggiling dan cetakan B.Kedelai mengandung protein 35 % bahkan pada varitas unggul kadar proteinnya dapat mencapai 40 . hampir menyamai kadar protein susu skim kering. Agar semua orang dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. 2. Serta dengan tujuan agar pembaca dapat mengerti tentang gizi yang terkandung dalam tempe.43 %. tepung singkong. Dibandingkan dengan beras. 12 . Karya tulis ini dibuat untuk mengetahui cara membuat tempe. karena ditengah sulitnya perekonomian saat ini. kacang hijau. Proses pengolahan kedelai menjadi berbagai makanan pada umumnya merupakan proses yang sederhana dan peralatan yang digunakan cukup dengan alat-alat yang biasa dipakai di rumah tangga. ikan segar.

BAB II METODELOGI PENGUMPULAN DATA A. Metode Dokumentasi Adalah suatu metode pengumpulan data yang dilakukan penulis dengan cara mencari dan mengumpulkan dengan cara memotret objekobjek yang sedang diamati. 13 . Metode Observasi Adalah metode yang dilakukan oleh penulis untuk memperoleh data dengan cara mengadakan penelitian terhadap objek yang sedang diamati. METODE YANG DIGUNAKAN 1. 2.

Setelah itu dcampurkan ragi 14 . Waktu perebusan. Saringan c. Kacang kedelai b. Keesokan harinya setelah direndam cuci kedelai dalam air mengalir dan remas-remas kedelainya sampai kulit kedelai terlepas dari kedelainya. Bahan-bahan a. Pertama-tama bersihkan kedelai sampai bersih 2. Setelah itu tuangkan kedelai kewadah besar. Kompor g. 3. Kantong plastic 2. Kemudian rendam kedelainya kewadah yang lebar selama kurang lebih 1-2 jam. Ragi c. masukkan kedelai yang sudah bersih kedalam panic besar dan mulai merebus yang membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit 5. ratakan kemudian tunggu sampai kedelainya dingin. Kipas angin e. Tampah f. CARA PEMBUATAN TEMPE 1. Alat a. Dan peralatan lainnya yang dibutuhkan B. 7. Baskom b. 4.BAB III LAPORAN HASIL PENELITIAN A. Tiriskan kedelainya sampai keri8ng 6. PROSES PEMBUATAN 1. Panic d.

Kalsium 155 mg 6. 3. Rekatkan ujung plastik dengan lilin 10. Vitamin B1 0. MANFAAT TEMPE Tempe memiliki manfaat antara lain : 1. Tunngu samapai kurang lebih 36 jam.8. Aduk sampai merata lalu masukkan kedalam plastic yang telah disiapkan 9. KANDUNGAN GIZI DALAM TEMPE Kandungan gizi yang ada dalam tempe.4 gram 5. Fosfor 326 mg 7. Serat 1. Tempe juga berpotensi untuk digunakan melawan radikal bebas yang dapat menghambat proses penuaan 4. Karoten 34 mikrogram D.8 gram 4. Mencegah kanker payudara dan penuaan karena mengandung antibiottik alami. Gizinya 100 gram 2. 11. Tusuk plastiknya dengan tusuk gigi secukupnya yang pentin adalah agar dapat mendapatkan udara sehinnga bias memulai fermentasi atau pembusukan. Mencegah anemia dan osteoporosis 2. Dan untuk mencegah penyakit 15 . yaitu : 1. C.9 mg 9. Zat besi 4 mg 8. Protein 28 gram 3. Lemak 8.

dibandingkan yang ada didalam kedelai ini. diserap dan dimanfaatkan tubuh. Ini telah dibuktikan pada bayi dan anak balita gizi buruk dan diare kronis. 16 .Beberapa penelitian menunjukan bahwa zat gizi tempe lebih mudah dicerna.

2. Kepada pembimbing memberi masukan yang lebih baik lagi 3. Bagi pemilik usaha di tingkatkan lagi usahanya 2. dan berusaha untuk maju. KESIMPULAN Kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut : 1. B. Pabrik rumahan atau usaha sendiri sangatlah menunjang untuk meningkatkan perekonomian masyarakat serta dapat pula menciptakan manusia yang kreatif.BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN A. SARAN Saran yang di berikan penulis adalah : 1. cerdas. Tempe merupakan hasil olahan kedelai dengan proses fermentasi yang mengalami perubahan tekstur dan nilai gizi serta menjadi makanan tradisional khas Indonesia yang sangat di gemari oleh mayarakat Indonesia karena memiliki nilai gizi yang baik dan penting bagi tubuh manusia. Kepada pembaca semoga bisa mengambil manfaat karya ilmiah ini 17 .

wikipedia.org/wiki/tempe Buku Panduan KArya Ilmiah MA AL-MA’RUF MARGODADI 18 .DAFTAR PUSTAKA http://id.

LAMPIRAN Proses pemilihan kedelai Proses perebusan kedelai Poses pencampuran kedelai dengan tempe 19 .

Tempe yang masih setengah jadi Tempe yang sudah siap dikonsumsi Tempe yang sudah siap dikonsumsi 20 .

ABSENSI KEGIATAN PENELITIAN NO. HARI.TANGGAL JENIS KEGIATAN NAMA PARAF 21 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->