BAB I PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Masalah Dewasa mempengaruhi ini, perkembangan aspek ilmu dan tak teknologi terkecuali telah aspek

segala

kehidupan,

komunikasi seperti dalam pengiriman pesan. Semakin berkembangnya teknologi, pengiriman suatu pesan juga menjadi kurang aman. Tidak menutup kemungkinan saat proses pengiriman pesan tersebut ada pihak ketiga yang ingin merubah isi pesan tersebut. Salah satu cara untuk mempertahankan kerahasiaan dari pesan tersebut, maka pesan yang akan dikirim harus disandikan menjadi kode-kode yang tidak dipahami, sehingga bila ada pihak ketiga yang ingin merubah akan kesulitan dalam menterjemahkan isi pesan yang sebenarnya. Dengan menyandikan pesan tersebut, tertutup kemungkinan pesan dirubah oleh pihak ke tiga. Untuk memperkuat kerahasiaan serta keaslian dari pesan tersebut, maka berkembanglah tanda tangan digital. Yang lebih dikenal sebagai public key atau kunci untuk mengenali pemilik. Penerima pesan akan percaya bahwa pesan yang dikirimkan masih otentik, karena telah dibubuhkan tanda tangan pada pesan tersebut. Selanjutnya, untuk mengatasi permasalahan di atas, dapat diselesaikan dengan kriptografi. Kriptografi tidak hanya

menyediakan alat untuk keamanan pesan, tetapi juga sekumpulan teknik yang berguna untuk keperluan enkripsi data dan pesan.

I-1

Berbeda dengan Algoritma kriptografi modern yang terbagi dalam beberapa skema pengkoden dan memiliki varian dengan bermacam jenis pemecahan Seperti Algoritma cipher base64.2 Rumusan Masalah Permasalahan yang akan dibahas dalam penulisan proposal skripsi ini adalah : a. 1. untuk maksud tersebut penulis mengangkat judul yaitu : “IMPLEMENTASI ENKRIPSI PADA FILE TEKS DENGAN MEGGUNAKAN METODE CIPHER BASE64 ” untuk menangani masalah keamanan dan menjaga kerahasiaan file teks. Bagaimana sistem algoritma cipher base64 dapat melakukan proses enkripsi dan dekripsi. b.I-2 Algortima kriptografi klasik dengan tehknik subtitusi monoalfabet masih tergolong mudah untuk dipecahkan. Bagaimana merancang aplikasi menggunakan algoritma cipher base64. Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan maka perlu dilakukan penelitian mengenai enkripsi dan dekripsi file teks serta skema pemecahannya dengan mengedepankan kemudahan pengimplementasian dan kerumitan pemecahan cipher teks untuk menjaga keamanan file teks. .

0–9.+.5 Batasan Penelitian Yang menjadi batasan penelitian yang akan diangkat dalam proposal skripsi ini adalah: a. a–z.1).I-3 1. Menambah pengetahuan tentang metode enkripsi dan algoritma base64 b. Proses enkripsi dan deskripsi dibatasi sesuai dengan blok cyper yang disusun oleh 64 karakter dimana karakter (berdasarkan RCF 1421) terdiri dari (A–Z.4 Manfaat Penelitian Manfaat penulisan proposal penelitian ini adalah : Menjaga kerahasiaan informasi dengan metode enkripsi dan algoritma base64 a.3 Tujuan Penelitian Tujuan penelitian adalah merancang sebuah perangkat lunak yang dapat melakukan enkripsi dan dekripsi file teks dengan menggunakan Algortima cipher Base64. . Mempermudah user untuk melakukan proses enkripsi dan dekripsi 1. b. Aplikasi yang di rancang hanya melakukan enkripsi dan deskripsi file teks. 1.

kerangka konseptual Dan Defenisi Operasional. TINJAUAN PUSTAKA Bab ini membahas tentang Tinjauan pusaka.6 Sistematika Penulisan Sistematika penulisan merupakan uraian singkat setiap bab. dan manfaat penelitian. serta BAB II. Lokasi dan waktu penelitian. PENDAHULUAN Bab ini membahas tentang latar belakang. BAB III. . rumusan masalah. berisi tentang peneletian terdahulu. batasan masalah. menguraikan tentang Rancangan Penelitian. tujuan dan manfaat penelitian yang berisi tentang tujuan penelitian sistematika penulisan.I-4 1. METODE PENELITIAN Bab ini membahas tentang Metode Penelitian. yaitu bab I sampai dengan bab III yang ditulis secara sistematika sebagai berikut : BAB I. Analisis dan Perancangan. landasan teori.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful