Definisi Gigi Tiruan Jembatan Gigi tiruan jembatan adalah sebuah gigi tiruan cekat yang menggantikan kehilangan

gigi yang tidak dapat dilepas oleh pasien dan dokter gigi dengan mudah karena dipasang secara permanen dengan semen pada gigi atau akar gigi asli yang telah dipersiapkan.

Komponen Gigi Tiruan Jembatan Gigi tiruan jembatan terdiri atas beberapa komponen yaitu: 1. Retainer Merupakan bagian dari gigi tiruan jembatan yang menghubungkan gigi tiruan dengan gigi penyangga. 2. Konektor Merupakan bagian dari gigi tiruan jembatan yang menghubungkan retainer dengan pontik. Dapat berupa rigid dan non rigid. 3. Pontik Merupakan bagian dari gigi tiruan jembatan yang menggantikan gigi yang hilang. 4. Gigi Penyangga Merupakan gigi atau akar gigi asli yang berfungsi sebagai penyangga gigi tiruan jembatan dimana gigi tiruan dipasang secara permanen dengan semen. GIGI PENYANGGA Gigi penyangga merupakan salah satu komponen penting pada gigi tiruan jembatan. Pemilihan dan desain preparasi gigi penyangga akan menentukan keberhasilan gigi tiruan jembatan.

Evaluasi Gigi Penyangga Sebelum memulai preparasi gigi penyangga, gigi tersebut harus dievaluasi terlebih dahulu untuk menentukan kelayakannya. Hal ini sangat penting sebab seluruh beban kunyah yang diabsorpsi oleh gigi tiruan jembatan akan diteruskan ke gigi penyangganya. Faktor utama yang perlu diperhatikan dalam mengevaluasi gigi penyangga antara lain rasio mahkota akar, konfigurasi akar, dan area membran periodonsium. Selain ketiga faktor utama tersebut, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah morfologi gigi, inklinasi gigi, kesehatan email dan dentin, dan vitalitas pulpa. Keseluruhan faktor-faktor tersebut akan menjadi acuan dalam pemilihan gigi penyangga.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful