PENDAHULUAN

Surat ini terdiri dari delapan (8) ayat. Termasuk golongan surat Madaniyah doturunkan sesudah surat An Nisaa’. Nama Al Zalzaalah diambil dari kata zilzal yang terdapat pada ayat pertama yang memiliki arti : goncangan. POKOK-POKOK ISINYA: Kegoncangan bumi yang sangat hebat pada hari kiamat itu dan kebingungan manusia ketika itu; manusia pada hari(baik mukmin maupun kafir) itu dikumpulkan untuk dihisab amal perbuatan mereka. Didalam surat ini ditegaskan bahwa setiap perbuatan baik walau sekecil biji zarah akan dibalas dan keburukan sebesar biji zarah akan dibalas pula.

TAFSIR PER-AYAT  Ayat 1. Lalu Allah menjelaskan dalam surah ini tanda-tanda Hari Kiamat. bertakwalah (Q. dimaksudkan untuk menarik perhatian orang-orang kafir agar mereka memikirkan dan merenungkannya.S. Seakan-akan dikatakan kepada mereka apabila bumi sebagai benda padat bisa bergetar dengan dahsyat . Dalam ayat ini Allah mengungkapkan bahwa bumi bergetar dan berguncang sedahsyat-dahsyatnya. AlWaqi'ah: 4) Keterangan ini menunjukkan tentang dahsyatnya keadaan ketika itu.S. Mereka berkata: "Kapan datangnya Hari Kiamat itu?" dan lain-lain pertanyaan mereka. 76:8 diturunkan. agar mereka mengetahui bahwa tidak mungkin menentukan waktu datangnya hari tersebut. ِ ِ ْ‫زل‬ ِ‫ض‬ ‫ها‬ َ ِ‫إ‬ ُ ‫ذا‬ َ َ‫ْزال‬ ُ ‫األر‬ َ ‫زل‬ ْ ‫زلَت‬ 1 Apabila bumi digoncangkan dengan goncangannya (yang dahsyat) Ket : Orang-orang kafir bertanya-tanya tentang hari hisab. saat manusia seluruhnya dikumpulkan di hadapan Allah SWT untuk ditentukan siapa-siapa yang berhak mendapat azab dan siapa pula yang harus mendapat pahala. Ibnu Abi Halim) 2. Sedang yang lainnya menganggap dosa-dosa ringan yang mereka lakukan tidak akan mendapat siksa (HR. beranggapan bahwa orang yang bersedekah sangat kecil tidak akan mendapat pahala. kedua ayat ini diturunkan berkenaan dengan kaum muslimin yang saat turun QS. sebagaimana diterangkan dalam ayat lain dengan firman Nya: “Hai manusia.” (Q. kepada Tuhanmu.1. ASBABUN-NUZUL SURAT AZ-ZALZALAH AYAT 7-8  Sa’id bin Jubair meriwayatkan. Al-Hajj: sesungguhnya 1) kegoncangan Hari Kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar “(dahsyat) dan firman-Nya: “Apabila bumi diguncangkan sedahsyat-dahsyatnya.

” (Q. Ayat 2. Allah berfirman “Dan apabila bumi diratakan dan memuntahkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong. 4) Contohnya. ‫ها‬ َ َ‫وق‬ ُ ‫سا‬ َ َ‫ما ل‬ َ‫ن‬ َ َ ْ‫ال اإلن‬ 3 dan manusia bertanya: `Mengapa bumi (jadi begini)? Ket : Dalam ayat ini Allah mengungkapkan bahwa orang-orang yang berkesempatan mengalami dan menyaksikan kejadian yang dahsyat yang belum pernah terjadi.pada hari itu. yang begitu dahsyat sehingga mengeluarkan lava dan isi perutnya. ٍ ِ ‫يو‬ ‫ه‬ ُ ‫حد‬ ْ َ‫ِّث أ‬ َ‫ار‬ َ ُ‫مئذ ت‬ َ َْ َ َ‫خب‬ . ِ ‫خر‬ ‫ها‬ َ ْ‫ض أَث‬ َ َ‫قال‬ ُ ‫األر‬ ْ ‫جت‬ َ َ ْ ‫وأ‬ َ 2 dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung) nya Ket : Dalam ayat ini Allah menyatakan bahwa pada hari terjadi kegoncangan itu. karena dahsyatnya maka bumi menghamburkan isi perutnya yang terpendam berupa logam. harta simpanan dan mayatmayat isi kuburan. sebagaimana terjadi dengan letusan gunung Krakatau pada tahun 1883 dan lain-lain di Indonesia. maka mengapakah kamu sendiri tidak mau sadar dari kelalaian dengan meninggalkan kekafiranmu.S. padahal sebenarnya mereka tidak mabuk. "Apa gerangan yang terjadi bagi bumi yang belum pernah terjadi sebelumnya?". AlHajj: 2)” Ayat 4. berkata.S. Dalam ayat lain Allah berfirman “Dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk. Ayat 3. membuat terperanjat orang-orang yang melihatnya. (Q. Al-Insyiqaq: 3.

Ayat 6. 7 Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun. Dan bagaimana mungkin bumi akan menolak perintah Tuhannya. supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka. pada hari ini dan itu. 'Dia mengerjakan ini dan itu. dan berbagai keadaan manusia pada hari itu.' Demikian itulah beritanya.'" Ayat 5. Ada yang berbentuk seperti kera. lidah menjulur kebawah. hitam pekat. ِ ‫فمن ي عمل‬ َ‫ق‬ َّ َ‫ال ذ‬ َ ْ‫مث‬ َ ٍ‫رة‬ ُ‫ره‬ َ َ‫را ي‬ ً ‫خ ْي‬ ْ َ َْ ْ َ . Ket : Manusia akan keluar sesuai dengan amal perbuatan yang telah mereka kerjakan selama hidup di dunia. Ayat 7 dan 8. ِ ْ َ‫در النَّاس أ‬ ٍ ‫يو‬ ‫هم‬ ْ ‫واأ‬ ْ َ‫مئِذ ي‬ ُ َ‫مال‬ ْ‫ر‬ َ َْ َ‫ع‬ ُ ُُ‫ص‬ َ ُ‫شتَاتًا لي‬ 6 Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan yang bermacam-macam. niscaya dia akan melihat (balasan) nya. 'Sesungguhnya beritanya adalah dia bersaksi bagi setiap hamba. laki-laki maupun perempuan atas apa yang telah mereka lakukan di atasnya. Dia akan mengatakan. Ket : Allah memerintahkan bumi untuk berbuat demikian (meluapkan isi perut nya). َّ ‫بأ‬ ‫ها‬ َ َّ‫رب‬ َ َ‫حى ل‬ َ ‫َو‬ ْ‫ك أ‬ َ ‫َن‬ 5 karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang demikian itu) kepadanya.4 Pada hari itu bumi menceritakan beritanya Ket : Membicarakan apa yang telah dikerjakan oleh orang orang yang berada di atasnya.

8 Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrahpun. (Q. diringankan azabnya karena kedermawanannya. Al-Anbiya': 47)” Dalam sebuah Hadis dinyatakan bahwa Hatim seorang yang paling pemurah dari orang musyrik Arab. walaupun amalnya itu seberat atom atau karena terlalu kecil niscaya akan diterima balasannya. Dan cukuplah Kami sebagai Pembuat perhitungan. walaupun ada keringanan dari siksa kejahatannya selain azab kekafiran.S. Mereka sengsara selama-lamanya dalam Adapun keterangan ayat yang menyatakan bahwa pahala amal perbuatan mereka tidak berguna. Dan jika (amalan itu) hanya seberat atompun pasti Kami mendatangkan (pahala) nya. ِ ‫ومن ي عمل‬ ‫ره‬ َ‫ق‬ َ ‫ال‬ َّ ‫ذ‬ َ ْ‫مث‬ ًّ ‫ش‬ َ ٍ‫رة‬ َ َ‫را ي‬ ْ َ َْ ْ ََ Ket : Dalam ayat-ayat ini Allah memperincikan balasan amal masingmasing. Begitu pula Abu Lahab diringankan sedikit azabnya karena kegembiraannya dengan kelahiran Nabi SAW. akan tetap Amal kebajikan orang-orang kafir di tidak dapat neraka. menolongnya dan melepaskannya dari siksa kekafirannya. maka tiadalah dirugikan seseorang barang sedikitpun. sebagaimana firman Allah: “Kami akan memasang timbangan yang tepat pada Hart Kiamat. maksudnya tidak dapat melepaskan mereka dari siksa kekafiran. niscaya dia akan melihat (balasan) nya pula. begitu pula yang beramal jahat walaupun seberat atom akan merasakan balasannya. Adapun siksa kekafiran tidak akan dikurangi sedikitpun. . Maka barangsiapa beramal baik.

KESIMPULAN Surat ini menggambarkan dahsyatnya hari kiamat. Bumi mengeluarkan apa yang berada didalam perutnya. Sesuai dengan perintah Tuhanmu yang memerintahkannya demikian. surat ini memerintahkan kita untuk tidak melanggar larangan-Nya. Semua hal akan diadili. Karena sekecil apapun dosa yang kita perbuat maka akan tetap mendapat balasan. Juga. Pada hari itu manusia akan digolongkan sesuai dengan golongan mereka masing-masing untuk diperlihatkan hasil dari amalan yang telah mereka kerjakan. Maka. Semua kebaikan walaupun sekecil zarah pun akan dihitung kebaikannya dan begitu pula sebaliknya. surat ini secara tidak langsung memerintahkan kita untuk berbuat kebaikan apapun bentuknya. Karena sekecil apapun kebaikan itu akan dihitung. .

BLOGSPOT. IRYAS K TORNADO GANGGA P ALIFY MUH.BLOGSPOT.COM  HTTP://ASIFAUQOLBI-ISLAMIBLOG9ABURIDZA.BLOGSPOT.COM DISUSUN OLEH      ARDIAN DWI CAHYA ILHAM YAHYA H MUH.COM  HTTP://ZULFANAFDHILLA.BLOGSPOT.DAFTAR PUSTAKA  AL-QUR’AN AL KARIM  HTTP://QURANDANTERJEMAHAN.COM  HTTP://BIDSTUDI-QH. ROSYAD (27) (30) (35) (40) (41) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful