BAB 3.

METODOLOGI

3.1 Waktu dan Tempat Praktikum Teknik Media Tanam acara 3 mengenai “Pembuatan Preparat Awetan Nematoda Dan Pembuatan Biakan Murni Jamur” dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 18 April 2013 pukul 07.00 WIB di Labotratorium Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian, Universitas Jember.

3.2 Alat dan Bahan 3.2.1 Alat 1. Mikroskop 2. Cawan Petri 3. Pipet 4. Tabung reaksi 5. Jarum Ose 6. Laminair air flow 7. Bunsen 8. Alat pancing nematoda 9. Preparat dan deglass

3.2.2

Bahan

1. Glasswol 2. Media agar miring 3. Suspensi nematoda 4. Laktofenol 5. Parafin 6. Cat kuku

3.3 Cara Kerja 3.3.1 Membuat Preparat Awetan Nematoda

Memanaskan di atas lampu bunsen beberapa detik untuk mencairkan parafinnya lalu melapisi dengan cat kuku. mengusahakan memancing nematoda yang parasit. 6. 4. 5. Mengamati jamur-jamur yang tumbuh. Meletakkan nematoda yang telah terpancing di tengah-tengah lingkaran parafin dalam laktofenol. Memberi etiket tentang nama spesies. Mengambil cawan petri yang berisi hasil isolasi jamur. 7.3. Menyimpan dalam kotak preparat. 6. lalu menempatkan pada laminair air flow. 3. Membuka kapas pada tabung reaksi yang berisi media agar miring dan memanasi ujungnya dengan lampu bunsen. 2. Mengambil satu ose jamur dengan jarum ose steril. Menutup kembali tabung reaksi berisi media agar tersebut dengan kapas dan menyimpannya dalam laminair air flow. .2 tetes. tempat. 7. nama kolektor. Menggoreskan 1 ose jamur pada media agar miring di dalam laminair air flow.2 Membuat Biakan Murni Jamur 1.1. 4. 2. Memancing nematoda pada suspensi dengan alat pancing nematoda di bawah mikroskop. dan lainlain. Membuat lingkaran parafin pada preparat dan menetesi laktofenol secukupnya kurang lebih 1. Mengamati hasil biakan murni jamur apakah jamur tersebut tumbuh atau tidak. Menutup dengan deglass 5. 3. waktu. 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful