Penegakan Diagnosis dan Penatalaksanaan Blighted Ovum pada Primigravida Pasien perempuan umur 29 tahun dengan keterangan G1P0A0

, UK = 11 merasa keluar darah dari jalan lahir tanpa prongkol-prongkol 2 jam sebelum masuk Rumah Sakit. Hasil PP test positif. Blighted ovum atau kehamilan anembrionik adalah keadaan dimana seorang wanita merasa hamil tetapi tidak ada janin di dalam kandungan. Diagnosis pasti dengan pemeriksaan USG Setelah dicapai diagnosis pasti blighted ovum, tindakan selanjutnya adalah kuretase jaringan. Pasien perempuan umur 29 tahun dari IGD dengan keterangan G1P0A0, UK = 11 minggu mengeluh keluar darah dari jalan lahir 2 jam sebelum masuk rumah sakit, tidak prongkol-prongkol dan melakukan hubungan suami-istri satu hari yang lalu. Pasien merasa hamil 3 bulan kurang. Pasien mengatakan sudah melakuakan cek urin dan hasil PP test hasilnya positif. Kondisi umum baik, compos mentis, tidak tampak anemis. Vital Sign TD : 110/70 mmHg, RR : 18 x/menit, HR : 92 x/menit, T : 36,2 ⁰C. Pada pemeriksaan Dalam : V/U tenang, dinding vagina licin, servix teraba tebal utuh mencucu dibelakang, parametrium kanan-kiri lemas, tidak ada pembukaan, sarung tangan lendir darah negatif. Blighted Ovum Dilatasi dengan misoprostol Kuretase Pada kasus ini pasien yang merasa hamil 3 bulan datang ke poli dengan keluhan keluar darah tanpa disertai lendir melalui jalan lahir. Dari gejala tersebut dimungkinkan bahwa pasien mengalami abortus. Akan tetapi perlu dipastikan melalui pemeriksaan penunjang USG mengenai kondisi dalam rahim ibu sehingga dapat disimpulkan diagnosis pasti yang ada. Pada pemeriksaan USG terlihat kantung kehamilan tanpa massa intrauterin didalamnya. Disimpulkan diagnosis dari kasus ini adalah blighted ovum atau kehamilan kosong dimana terbentuk kantung kehamilan dan plasenta tetapi tidak ada pembentukan embrio. Blighted ovum pada awalnya tidak dapat dibedakan gejalanya dari kehamilan biasa hingga terjadi abortus spontan dan telah dilakukan

Hal ini dapat disebabkan oleh pembelahan sel yang abnormal. Tingginya tingkat kelainan kromosom biasanya menyebabkan tubuh wanita secara alami mengalami keguguran. Penatalaksanaan Jika telah didiagnosis blighted ovum. membersihkan sisa-sisa jaringan. Risiko juga meningkat bila usia suami atau istri semakin tua karena kualitas sperma atau ovum menjadi turun. Anamnesis 2. atau kualitas sperma atau ovum yang buruk. Blighted ovum biasanya merupakan hasil dari masalah kromosom dan penyebab sekitar 50% dari keguguran trimester pertama. bisa dilakukan saat kehamilan memasuki usia 6-7 minggu. diabetes mellitus yang tidak terkontrol. Sekitar 60% blighted ovum disebabkan kelainan kromosom dalam proses pembuahan sel telur dan sperma. mencegah infeksi. maka tindakan selanjutnya . tidak dijumpai adanya strukturmudigah dan kantong kuning telur. Infeksi TORCH. Selain itu sisa jaringan yang diambil dapat juga digunakan sebagai sampel laboratorium untuk mengetahui penyebab terjadinya blighted ovum. Pemeriksaan Penunjang (USG) à diagnosis pasti. Blighted ovum (kehamilan anembryonic) yang terjadi ketika ovum yang telah dibuahi menempel pada dinding uterus. sehingga rahim siap untuk kehamilan berikutnya. Setelah dicapai diagnosis pasti blighted ovum. Diagnosis 1. Tubuh wanita mengenali kromosom abnormal pada janin dan secara alami tubuh berusaha untuk tidak meneruskan kehamilan karena janin tidak akan berkembang menjadi bayi normal dan sehat. Diagnosis kehamilananembriogenikdapat ditegakkan ilapada kantong gestasi yang berdiameter sedikitnya 30 mm. adanya kantung kehamilan yang kosong dan tidak berisi janin.pemeriksaan USG. tetapi embrio tidak berkembang. Pemeriksaan Fisik 3. Sebab saat itu diameter kantung kehamilan sudah lebih besar dari 16 milimeter sehingga bisa terlihat lebih jelas. Sel berkembang membentuk kantung kehamilan. tetapi tidak membentuk embrio itu sendiri. Dari situ juga akan tampak. tindakan selanjutnya adalah kuretase jaringan untuk menghentikan perdarahan. rubella dan streptokokus. rendahnya kadar beta HCG serta faktor imunologis seperti adanya antibodi terhadap janin juga dapat menyebabkan blighted ovum.

Blighted Ovum. 2008.americanpregnancy. Jika karena infeksi maka maka dapat diobatai agar tidak terjadi kejadian berulang.html Kehamilan Kosong (Blighted Ovum). 2003. dari http://doktersehat.com/topics/b/2/BlightedOvum/info/Prevention-&-Expectations. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2013. 2011. Penyebab blighted ovum yang dapat diobati jarang ditemukan.html Blighted Ovum (Kehamilan kosong). Diagnosis pasti dengan pemeriksaan USG Setelah dicapai diagnosis pasti blighted ovum. 2013. Dalam hal ini perlu donor sperma atau ovum untuk memiliki anak. pil hormon seperti progesteron dapat bekerja. Blighted ovum atau kehamilan anembrionik adalah keadaan dimana seorang wanita merasa hamil tetapi tidak ada janin di dalam kandungan. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2013. pembuahan buatan itu mahal dan tidak selalu bekerja dan risiko kelahiran kembar seringkali lebih tinggi. setelah terjadi dilatasi servik kemudian dilakukan kuretase. namun masih dapat diupayakan jika kemungkinan penyebabnya diketahui. dari http://www. tindakan selanjutnya adalah kuretase jaringan. Jika belum berhasil maka adopsi adalah pilihan lain bagi banyak pasangan. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2013. Sebagai contoh. tingkat hormon yang rendah mungkin jarang menyebabkan kematian dini ovum. dari http://www. Jika penyebabnya antibodi maka dapat dilakukan program imunoterapi sehingga kelak dapat hamil sungguhan.adalah mengeluarkan hasil konsepsi dari rahim (kuretase). dari . Namun efek samping dari pemakaian hormon adalah sakit kepala. Pada pasien diterapi dengan pemberian preparat misoprostol. dan lain-lain. Dalam kasus ini.html Blighted Ovum. perubahan suasana hati. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2011.ourmiscarriage.com/blighted_ovum. maka pembuahan buatan mungkin efektif dalam memproduksi kehamilan. dari http://www. Diakses pada tanggal 20 Oktober 2012.com/84/ Blighted Ovum or also referred to as a Empty Gestational Sac. 2006.org/pregnancycomplications/blighte dovum. Jika terjadi kematian telur di awal kehamilan secara berulang.medicineonline. Akan tetapi. Hasil kuretase akan dianalis untuk memastikan apa penyebab blighted ovum lalu mengatasi penyebabnya.

conectique. RSUD .php?article_id=5733 Suci Nurannisa Yusuf. Kab. Yogyakarta. Bantul. Panembahan Senopati Bantul.http://www.com/tips_solution/pregnancy/during_pregnan cy/article. Bagian Obstetri dan Gynekologi.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.