1

A. JUDUL PROGRAM Permen Herbal Wortel (Wor DC) B. LATAR BELAKANG MASALAH Kota Malang, khususnya daerah Cangar kota Batu adalah zona penghasil wortel. Peneliti memanfaatkan limbah wortel sisa pemasaran kelas 1, 2 dan 3 yang relatif kecil dan yang biasanya di gunakan untuk makanan ternak hingga dapat dimanfaatkan untuk bahan asupan makanan bagi balita guna memenuhi kandungan sayuran dalam hal ini di olah dalam bentuk permen. Untuk menyediakan makanan yang beragam, meliputi makanan pokok sebagai sumber energi, lauk-pauk sebagai sumber protein dan lemak, sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral, serta susu sebagai sumber protein dan kalsium pasti sulit dan merepotkan. Salah satu cara agar asupan gizi dapat terpenuhi adalah dengan memberikan makanan yang biasa di gemari anak-anak seperti permen atau gula-gula. Pemberian permen ini bukanlah asal permen, tetapi permen yang menyehatkan dan dapat menambah asupan gizi. Wortel (Daucus carota) dapat digunakan sebagai bahan aktif permen herbal penambah asupan sayuran dan penambah nafsu makan. Penyediaan bahan makanan yang memenuhi 4 sehat 5 sempurna salah satunya adalah sayuran. Wortel adalah bentuk sayuran yang memiliki kandungan vitamin cukup tinggi. Wortel (Daucus carota) mempunyai nilai kandungan Vitamin A yang tinggi yaitu sebesar 12000 SI. Sementara komposisi kandungan unsur yang lain adalah kalori sebesar 42 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,3 gram, hidrat arang 9,3 gram, kalsium 39 miligram, fosfor 37 miligram, besi 0,8 miligram, vitamin B 1 0,06 miligram, dan vitamin C 6 miligram. Komposisi di atas diukur per 100 gram(Anonim,2005). Balita merupakan masa mobilitas untuk bermain dan mengenal lingkungan. Saking asyiknya bermain, kadang-kadang mereka enggan diajak makan. Kurangnya nafsu makan sering kali menjadi keluhan bagi ibu-ibu yang memiliki balita. "Sangat penting membiasakan balita untuk makan dengan mengunyah makanan tanpa terburu-buru, menelannya secara tenang, dan dalam keadaan yang menyenangkan," kata Saptawati Bardosono, dokter spesialis gizi

Meningkatkan daya analisa bisnis yang harus berorientasi pada profit 3. memerlukan suasana yang menyenangkan. Meningkatkan pemenuhan kebutuhan gizi bagi balita dan anak-anak market pada bahan herbal yang ditargetkan untuk bidang kesehatan 4. Cipto Mangunkusumo-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. dan tertarik untuk mengkonsumsi makanan.2012). Setiap individu. sehingga ada peluang untuk mengisi kekosongan makanan asupan herbal berupa wortel bagi balita. Juga masih jarang permen yang dapat menambah asupan vitamin dan gizi dan aman bagi anak dan balita. sukarela. C. Meningkatkan pengetahuan ibu-ibu akan pentingnya asupan vitamin dan gizi bahan herbal bagi balita 2. TUJUAN 1. ternyata masih belum banyak di ketahui ibu-ibu yang memiliki balita. Cara tersebut akan membuat anak justru merasa stres dan akan merusak perkembangan mental mereka. Peluang produksi permen herbal sangat besar dan akan sangat disukai karena permen selalu menarik bagi anak dan balita. D. Terutama daerah perkotaan. pemaksaan itu akan mempengaruhi proses pencernaan dan metabolisme zat gizi yang terkandung dalam bahan makanan(Tempo. Disini akan dapat diprediksi bahwa peluang usaha produksi permen herbal sangat besar jika ditekuni dengan modal ketrampilan yang di kembangkan mahasiswa dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat dan menambah penghasilan untuk biaya perkuliahan. PERUMUSAN MASALAH Kesadaran akan pentingnya asupan vitamin dan gizi bagi balita. melakukan pemaksaan agar anak makan harus dihindari. konsumsi permen bukan hanya dari kalangan anak-anak dan balita. tetapi remaja dan dewasa pun menyukai dan mengkonsumsinya. Menurut Saptawati. Meningkatkan jiwa entrepreneur bagi mahasiswa dengan selalu mencari .2 klinik Rumah Sakit dr. Selain tidak bagus secara psikologis. saat dihubungi Tempo. kata dia. Selasa 22 Mei 2012. Padahal jika dilihat.

selera dan kegembiraan anak hingga kebutuhan vitamin dan gizi anak kurang di perhatikan. KEGUNAAN Ibu-ibu biasanya hanya memperhatikan kesenangan. Sehingga dampaknya adalah kesehatan dan daya tahan tubuh anak berkurang. Gambar cetakan permen F. karena melihat peluang usaha yang besar dengan desain permen herbal yang menarik bagi anak balita maka di perkirakan dapat bersaing dengan produk lain di pasaran. Berikut ini rencana usaha pengembangan permen herbal war DC. namun masyarakat belum banyak yang menerapkan secara langsung mengenai kebutuhan tubuh terhadap asupan sayuran di antaranya adalah wortel. 1. LUARAN YANG DIHARAPKAN Usaha pembuatan produk herbal ini diharapkan menjadi usaha marketable. Produksi permen herbal ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu memberi asupan vitamin dan gizi pada anaknya dan ini semakin menambah keterampilan maupun pemasukan bagi usaha produksi permen herbal. Sehingga kami berinisiatif untuk membuat permen herbal ini dari bahan dasar wortel yang di jus kemudian di olah menjadi permen sehingga tanpa sadar konsumen telah mengkonsumsi permen herbal. G. Produk Produk permen herbal ini terbuat dari bahan dasar wortel sisa pemasaran hasil panen yang merupakan inovasi baru dalam dunia home industri di . Memperhatikan kesehatan anak dan balita dengan memberikan makanan yang dapat menambah asupan vitamin dan gizi akan meningkatkan kesehatan anak dan berimbas positif pada pertumbuhan dan perkembangan mereka. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA Selama ini kita sering mengetahui bahwa wortel mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.3 E.

Selain pembuatannya yang mudah. Media online: online shop melalui social media seperti facebook dan twitter.1. manfaat produk ini tidak bisa diragukan lagi karena telah terbukti dari beberapa hasil penelitian yang telah ada. Adapun alat dan bahan Permen herbal yang digunakan serta cara pengolahannya dalam pembuatan adalah : Alat : Alat Pengukur yang digunakan berupa timbangan. Strategi pengembangan usaha Strategi pengembangan usaha ini akan berkembang pesat apabila kami bisa meyakinkan masyarakat yang dibuktikan dengan hak paten dari pemerintah daerah atau pusat. Secara uji kuantitatif kandungan vitamin A dapat di pertahankan setelah pemanasan. 4. Alat pengolah yang digunakan berupa kompor.000. Promosi Promosi permen herbal tanpa sadar terdiri dari beberapa tahapan: • • • 3. Harga Permen herbal ini dijual dengan harga yang ekonomis yaitu: Rp.00/bungkus. saringan. gelas ukur. panci.4 Indonesia. METODE PELAKSANAAN Program pada usulan proposal program kreatiitas mahasiswa ini ditujukan pada studi kelayakan pada usaha pemanfaatan limbah wortel sisa panen sebagai permen herbal. 2. Pengemas yang digunakan adalah plastik dan toples. . H. Bahan Door to door : pendekatan personal untuk mengenalkan produk yang tergolong baru ini. pengaduk serta alat pencetak. Bentuk permen yang lucu dan menarik untuk di konsumsi anak balita seperti desain gambar di atas. dan alat pengukur suhu. Sedangkan vitamin C dapat di perbarui dengan menambahkan perasan jeruk nipis.

Tahap Persiapan Tahap persiapan merupakan tahapan untuk memilih bahan yang berkualitas. Persiapan bahan meliputi: Menentukan jenis bahan. .5 • • • • Wortel Gelatin Gula kelapa Kertas CMC selulosa • • • Air Gula tepung Jeruk nipis 1. pengaduk serta alat pencetak. karagenan dan agar-agar yang masih baik. kemudian dilakukan penimbangan bahan secara benar dan tepat. Persiapan Alat Persiapan alat adalah kegiatan mempersiapkan peralatan yang akan digunakan dalam proses pembuatan permen jelly. yaitu dengan memperhatikan dan menyeleksi berdasarkan karakteristik dari sifat bahan yang digunakan secara teliti. mikrobiologi dan radioaktif. belum terjadi perubahan warna. Alat Pengukur yang digunakan berupa timbangan. Alat pengolah yang digunakan berupa kompor. rasa. agar permen jelly yang dihasilkan memiliki karakteristik fisik. Pengemas yang digunakan adalah plastik dan toples. 3. kimia. alat pencetak. saringan. jernih memiliki persyaratan fisik. panci. bersih dari kotoran atau serangga. dan aroma. dan alat pengemas. Persiapan Bahan Persiapan bahan merupakan kegiatan mempersiapkan semua bahan yang digunakan dalam pembuatan permen jelly. gelas ukur. b) CMC CMC di gunakan untuk menghomogenkan larutan c) Aquades /air Air yang digunakan adalah air yang sehat. dan memilih bahan berdasarkan kriteria yang benar. kimia maupun organoleptik yang diharapkan. dan alat pengukur suhu. 2. Peralatan yang digunakan dalam pembuatan permen jelly adalah: alat pengukur. alat pengolahan. a) Pengenyal Pengenyal yang digunakan adalah gelatin.

Pendinginan Pendinginan merupakan proses perlakuan agar permen jelly menjadi dingin. adonan di pindahkan pada cetakan lalu ditutup dengan alluminium foil dan dibiarkan selama satu jam dalam suhu ruang. dan pelapisan dengan gula tepung. Pemasakan Permen herbal 1. Setelah 5 menit. pendinginan. 500 gram dari tiap – tiap campuran sari wortel dan air yang telah di tentukan perbandingannya di masak sampai mencapai suhu 800C. 6. c. 2. Pendinginan ini dilakukan dengan dua cara yaitu didinginkan pada suhu ruangan ( 25°C-27°C ) selama kurang lebih sehari. (Hidayat dan Ikhariztiana. jus worel kemudian di saring untuk mendapatkan sari wortel murni. 2004) dan didinginkan dalam almari es ( cooler) dengan suhu 0°C – 4°C selama 12 jam (Marliati. a. Gelatin dilarutkan dalam air panas (50-600C) dan dimasukan dalam adonan sambil diaduk sampai mencapai suhu 950C. 4.6 d) Gula tepung 4. pembentukan. Maksud pendinginan adalah untuk mempermudah pada saat pengeluaran permen jelly dari cetakan dan tidak merusak bentuk. b. 5. 3. 1992). Tahap pelaksanaan meliputi pemasakan campuran bahan baku. Tahap Pelaksanaan Tahap pelaksanaan merupakan proses dalam pembuatan permen jelly. Lalu adonan dituang ke dalam loyang selama 5 menit. 5. Ditambah air dan ditentukan beratnya. Perbandingan air dan wortel yang digunakan adalah 1 : 2. Kemudian di tambahkan gula kelapa dan CMC sambil diaduk. daging buah dipotong kecil – kecil kemudian dihancurkan dengan blender. Pemanasan di teruskan sampai mencapai suhu 90-1000C. Pembuatan jus wortel Wortel dicuci kemudian dikupas menggunakan pisau stainless steel. pemasakan per jelly. Tahap Penyelesaian . penuangan ke cetakan.

Perkiraan Jadwal Kegiatan PRA PROGRAM PKM-K Waktu Keterangan Minggu pertama Pencarian literatur dan pengajuan proposal Minggu kedua Revisi proposal Minggu ketiga ACC dan pengiriman proposal PELAKSANAAN PROGRAM PKM-K *) Waktu Keterangan Bulan pertama Minggu pertama Minggu kedua Minggu ketiga Minggu keempat Bulan kedua Minggu pertama Minggu kedua-ketiga Bulan ketiga Minggu pertama Minggu kedua Minggu ketiga Bulan keempat . baru disimpan dalam wadah atau stoples yang rapat.7 Permen jelly yang sudah dicetak dan dilapisi dengan gula tepung. dikemas dalam plastik dan ditutup rapat atau dipres supaya tidak ada udara yang masuk. I).kelima Bulan keenam Minggu pertama Minggu kedua Perumusan hasil pkm-k dan pembuatan laporan Evaluasi laporan dan Revisi laporan Evaluasi hasil ekstraksi dan pembuatan produk Tahap pengepakan Buat target promosi Promosi produk Tahap persiapan ekstraksi Pembuatan produk Pembuatan time schedule Survey lokasi bahan: wortel. gula kelapa dan bahan lainnya Pengambilan bahan produk Koordinasi dengan laboratorium untuk melakukan ekstraksi buah mengkudu Minggu ketiga Acc laporan dan pengiriman laporan *) Pelaksanaan kegiatan dilakukan setelah mendapat informasi diterimanya proposal . jeruk nipis. Jadwal Kegiatan Tabel 1.

000 360.600.000. Bahan Wortel Gelatin Tulang Sapi Jeruk Nipis CMC Aquades 50 kg 1.000 3.000 150.000 .000 200.000 40.000.000 2.000 5.765. Pembelian alat dan bahan Alat Blender juice Saringan Kompor gas Pengaduk Pisau Stainless Steel Loyang Pencetak Sablon bungkus Sub total b.Harga 1.000 .000 20.000 10. Administrasi Sewa laboratorium Uji vitamin A dan C Log book Cetak foto Beli kertas Cetak proposal Biaya print per lembar Biaya foto copy Pembuatan brosur Pembuatan poster Sub total b.000.5 kg 20 kg 50gr 4 galon 10.000 11.000 50.000 10.000 900.000 44.000 100.000.000.300.Jumlah 3.000 40.8 A.000 275.000 80.140. Transportasi Transportasi survey dan pengambilan sampel ke lokasi Transportasi pada saat promosi Transportasi pada saat pemasaran Sub total c.50.140.00 0 650.000 15.000 21.500.000 20.000 7.000 5.000 100.000 500. RANCANGAN BIAYA Uraian a.000 Satuan 3 bulan 4x 2 20 lbr 2 rim 5x 4 200 lbr 500 lbr 500 lbr 4 buah 2x3 orang 2x3 orang 4x3 orang 1.000.000 1 buah 3 buah 1 buah 3 buah 3 buah 2 buah 4 buah 50 bungkus 1.000 450.600.240.000 40.000.000 40.000 250.000 20.000.000 10.000.000 2.- 900.000 500 200 1000 90.000 200.000 5.000 9.000 7.000 100.000 450.000 40.

9 Gula Kelapa 8 Kg 10.Biaya tak terduga 1.000 90. Pendidikan : Bahrul Amin : Malang. tanggal lahir c.114.Malang : 1. Alamat e. Biodata Ketua dan Anggota Kelompok 1.000 80.Turen Kab. LAMPIRAN 1. Pengalaman Organisasi .000 Gula Tepung 5 kg 18.SMU An-Nur Bululawang 2003 4.1 Biodata Ketua Kelompok a. Tempat. MI SitiFatimah 1996 2. 11 Desember 1985 : 2100610001 : Dusun Lowokwaru Desa Tawangrejeni Kec.000 Sub total 1.400 Jumlah total 12. An-Nur Sawahan 2000 3. Nama Lengkap b. Jurusan Biologi Fakultas MIPA UNISMA f.099. MTs.000. NIM d.400 Terbilang : Dua belas Juta dua ratus lima puluh delapan ribu empat ratus rupiah K.258.

2 Biodata Anggota Kelompok a. Pendidikan 2. NIM d. tanggal lahir c. Pengalaman Organisasi : : Aisyah Wardani : Malang. Tempat.SMKN 2 Malang Jurusan Keperawatan 4. Jurusan Biologi Fakultas MIPA UNISMA f. 22 Nopember 1993 : 2110610012 : JL.10 Malang. 23 Oktober 2012 Bahrul Amin 1. Satsuitubun I Griya Muslim 2 / C9 Malang : 1. Nama Lengkap b.SMPN 6 Malang 3.SDN Mojolangu IV Malang . Alamat e.

11 Malang. Nama Lengkap b. tanggal lahir c. Paskibra : .Jurusan Biologi Fakultas MIPA UNISMA f. Tempat.SDN Panorama 1 Bandung 2006 2. Alamat e.SMAN 3 Garut 2012 4. NIM d. 23 Oktober 2012 Aisyah Wardani 1. 30 RT 24/ RW 06 Pendem.SMPN 15 Bandung 2009 3. PMR 2. Pendidikan : Dea Fatimatu Zahroh : Garut.Batu : 1. Rambutan No. Pengalaman Organisasi 1.24 Januari 1995 : 2120610002 : Jl.3 Biodata Anggota Kelompok a.

NPP c.Hari Santoso. Perguruan Tinggi h.12 Malang. Nama Lengkap b. 23 Oktober 2012 Dea Fatimatu Zahroh 2. Golongan / Pangkat d. Pengalaman penelitian ( yang penting mulai th 2000) .Biomed : : : : MIPA/Biologi : Universitas Islam Malang (UNISMA) : : j. Nama dan Biodata Dosen Pendamping a.M. Fakultas / Program Studi g. Bidang Keahlian i. Waktu untuk kegiatan : Drs. Jabatan Fungsional e.

13 .

.2010).14 Bahan herbal adalah bahan yang berasal dari tumbuhan yang diproses/ diekstrak sedemikian rupa sehingga menjadi serbuk. Seperti kita ketahui bahan herbal dapat menyembuhkan penyakit dengan efek samping yang minim karena dibuat dari bahan-bahan yang alami. pil atau cairan yang dalam prosesnya tidak menggunakan zat kimia. tidak seperti obat-obat sintetis yang dapat memberikan efek samping baik secara langsung maupun setelah waktu yang lama(Anonim.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful