P. 1
Srt Ket Tidak Mampu

Srt Ket Tidak Mampu

|Views: 29|Likes:

More info:

Published by: Hayyu Uky Arihasmi R on May 21, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/30/2013

pdf

text

original

PEMERINTAH KABUPATEN MOJOKERTO

KECAMATAN - GEDEG
KANTOR DESA PAGERLUYUNG ( 416 – 430.6 )
Jalan Balai Desa No. 42

SURAT KETERANGAN

Yang bertanda tangan dibawah ini Kepala Desa Pagerluyung, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, menerangkan bahwa:

Nama Umur Pekerjaan Alamat

: SUHARTONO : 55 tahun : Pensiunan BUMN : Jln. Rajawali RT. 10 RW. 04 Desa Pagerluyung, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto

Orang Tua dari Umur Status Alamat

: HAYYU LUCKY ARIHASMIRAMADAN : 19 tahun : Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang : Jln. Rajawali RT. 10 RW. 04 Desa Pagerluyung, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto

Orang tersebut diatas adalah warga kami yang mempunyai anak kuliah di Universitas Brawijaya Malang Fakultas Ilmu Administrasi jurusan Ilmu Administrasi Pemerintahan dan saat ini betul-betul tidak mampu.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Pagerluyung, 16 Februari 2012

Kepala Desa

BAMBANG HERI SUTOKO

Mojokerto Telp 0321-7260233 HP 085231287275 SUSUNAN PENGURUS PERIODE 2012-2016 Pembina Komisi disiplin Ketua Wakil Ketua Sekretaris Bendahara Biro-biro : Biro Pembinaan Organisasi Biro Pembinaan Prestasi Biro Pembinaan Seni Budaya PS Biro Pembinaan & Pengembangan Biro Pembinaan Kerohanian Lembaga Wasit Juri : Kuswanto : Ferdausir Rahman. 82.Ag. : Hari Setiyawan Berto : 1. Rajawali no. Faisal 3.SH : Nasrudin Choironi.SH Lembaga Pelatih Ditetapkan di : Mojokerto Pada tanggal : 12 Februari 2012 Pengurus PBD Seni Silat Elangputih Kab. Gedeg. Hayyu Lucky A : Sujatno Heru. S. M. Ilyas. Herdin 2. Pagerluyung. SH : Lettu Inf Suprijono. SE : Suwari : Samsul Huda : H.PERSATUAN BELADIRI SENI SILAT ” ELANG PUTIH” KABUPATEN MOJOKERTO Sekretariat : Jln. SH : Suhartono : Hadi Wibowo : Ayu Christina Harpenasiwi. Mojokerto Suhartono Ketua .

Alamat rumah 9. Nama pendidikan/pekerjaan 7. Rajawali no 82. Pendidikan/pekerjaan 6. Lahir 3.NO INDUK PERSATUAN BELADIRI SENI SILAT ” ELANG PUTIH” MOJOKERTO Sekretariat : Jln. Mojokerto. Pekerjaan orang tua/wali 12. Mojokerto Telp 0321-7260233 HP 085231287275 FORMULIR PENDAFTARAN ANGGOTA BARU PERSATUAN BELADIRI (PBD) SENI SILAT ELANG PUTIH MOJOKERTO Saya yang bertanda tangan dibawah ini : 1. Catatan : Telah didaftar sebagai siswa/warga PBD SENI SILAT ELANG PUTIH dan dicatat dalam buku induk Elang Putih pusat terhitung tanggal -20 Pengurus Elang Putih . Mengetahui Orang tua/wali Pendaftar. Jenis kelamin 4. Alamat pendidikan/pekerjaan 8. Telpon /HP orang tua/wali : : : : : : : : : : : : : : Dengan ini saya mengajukan permohonan untuk dicatat menjadi siswa/warga Elang Putih dan apabila saya telah diterima saya sanggup mentaati segala peraturan-peraturan yang telah ditetapkan oleh organisasi. Nama orang tua/wali 11. Pagerluyung. Nama Nama panggilan 2. Alamat orang tua/wali 13. Nomor telpon/HP 10. Tempat/tgl. Gedeg. Agama 5.

Gedeg. Pagerluyung. Pelatih. Orang tua/wali . Mojokerto.NO INDUK PERSATUAN BELADIRI SENI SILAT ” ELANG PUTIH” MOJOKERTO Sekretariat : Jln. Rajawali no 82. Mojokerto Telp 0321-7260233 HP 085231287275 SURAT KETERANGAN IJIN ORANG TUA/WALI Yang bertanda tangan dibawah ini : Nama Tempat/tanggal lahir Agama Pekerjaan Alamat /no telp/HP : : : : : Adalah orang tua/wali dari : Nama Tempat/tanggal lahir Agama Siswa dari sekolah Alamat /no telp/HP : : : : : Menyatakan dengan sebenarnya bahwa menyetujui putera/puteri kami mengikuti latihan beladiri PENCAK SILAT dibawah bimbingan dan pengawasan pelatih Persatuan Beladiri Seni Silat ” ELANG PUTIH ” Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sebenarnya untuk dipergunakan sebagai mana mestinya.

PERSATUAN BELADIRI SENI SILAT ”ELANG PUTIH” KAB. Gedeg. Pagerluyung. Rajawali no 82. Kec. Mojokerto.PERSATUAN BELADIRI SENI SILAT ” ELANG PUTIH” KABUPATEN MOJOKERTO Sekretariat : Jln. Mojokerto 2 UPT Dinas Pendidikan Kec. Dengan ini kami pengurus Persatuan Beladiri Seni Silat ” Elang Putih ” anggota IPSI Kabupaten Mojokerto. Pengurus Cabang IPSI Kab. Bpk/Ibu Kepala Sekolah SDN GEMPOLKEREP 2 Ds. Mojokerto. 4. MOJOKERTO Suhartono Ketua Tindasan : 1. Gempolkerep. 2 3. Mojokerto Telp 0321-7260233 HP 085231287275 Nomor Lamp Hal : 003/EP/02/2012 : : Permohonan Ekstrakurikuler Olah Raga Pencak Silat. sambil menunggu berita lebih lanjut dari Bapak/Ibu kami sampaikan banyak terima kasih. Gedeg. Mengajukan permohonan menjalin kerja sama dengan sekolah yang Bapak/Ibu pimpin untuk memberikan pelajaran olah raga Pencak Silat melalui ekstrakurikuler. 3 A r s i p .- . 15 Februari 2012 Kepada Yth. Dalam rangka melestarikan dan mengembangkan olah raga Pencak Silat yang merupakan salah satu budaya warisan leluhur bangsa Indonesia. Gedeg Di ` MOJOKERTO Dengan hormat. Sekilas tentang PBD (Persatuan Bela Diri) Seni Silat ” Elang Putih ” Surat Keputusan IPSI Kab. Sebagai bahan pertimbangan bersama ini pula kami lampirkan : 1. Susunan Pengurus Persatuan Beladiri Seni Silat ” Elang Putih” Mojokerto Susunan Pengurus IPSI Kabupaten Mojokerto Demikian surat permohonan kami.

mengatur strategi/ waktu Harus tahan uji bisa mengatur strategi gerak Lawan harus di tandingi dengan tanggap/respon dan counter attack Lawan kita imbangi dengan gerak berkeseimbangan Lawan harus kita hadapi secara kesatria . Pencak Silat sendiri berarti Seni beladiri yang disesuaikan dengan kebutuhan dalam menghadapi tantangan yang berupa alam. Pada waktu bangsa Indonesia dibawah kekuasaan kaum penjajah pendekar pencak silat memberikan pelajaran kepada murid-murid menonjolkan seni semata-mata mengelabuhi penguasa saat itu yang sebenarnya didalam banyak unsur ilmu beladiri. sehingga terjadi percampuran dengan ilmu beladiri dari Asia Tengah dan bangsa lain.A. jurusnya sering menirukan gerakan binatang. menggunakan serang/ bela Pandai membaca lawan. gagah perkasa dan berani sedangkan PUTIH berarti bersih dan suci. binatang. Sejarah lahirnya pencak silat bersama peradaban nenek moyang bangsa Indonesia.U. bangsa asing yang pernah masuk ke negara Indonesia. Pagerluyung.T.L. ditangkis dan dengan ketahanan fisik Ada serangan cepat gerak.I. Pencak berarti seni gerak serang beladiri berupa tari dan irama. maupun manusia.. pasrah Secara umum ELANG adalah burung yang selalu terbang menyendiri. . dengan peraturan (adat kesopanan) dan biasa dipertunjukkan. Nama Elang Putih diambil dari falsafah yang ada dalam Pencak Silat dengan penjabaran urut kebawah E.yakin dan berani Elak dari perbuatan tercela Lincah dalam pergaulan Ambil hikmah kehidupan Nahan emosi/sabar Gerak tidak diam/dinamis Pandai menuntut ilmu Uji diri sendiri/mawas diri Bersaing sehat Perhitungkan dengan kemampuan yang ada Terima apa adanya iklas.G P. Bondowoso didirikan oleh seorang guru bernama Suhandoko Onggowardoyo (Almarhum). Pada tanggal 12 Juni 1962 Perguruan Pencak Silat Elang Putih salah satu perguruan pencak silat yang berasal dari Kab. Silat berarti intisari pencak untuk berkelahi membela diri dan tidak dapat dipertunjukkan. Islam.PERSATUAN BELADIRI SENI SILAT ” ELANG PUTIH” MOJOKERTO Sekretariat : Jln. kelompok-kelompok masyarakat tani dan nelayan perkembangannya diwujudkan berupa seni. Mojokerto Telp 0321-7260233 HP 085231287275 SEKILAS PBD SENI SILAT ”ELANG PUTIH” Pencak Silat adalah ilmu beladiri khas Indonesia berasal dari dua suku kata yaitu Pencak dan Silat.N.H yaitu : ARTI MAKNA PENCAK SILAT MAKNA KEHIDUPAN E L A N G P U T I H : : : : : : : : : : ELAK LINCAH AMBIL NAHAN GERAK PANDAI UJI TANDINGI IMBANGI HADAPI Serangan dielak/hindaran Pesilat harus lincah terutama langkah Menerima serangan bisa dikunci/dibanting Serangan ditahan. kerajaan . Pada mulanya berkembang dipusat-pusat agama. tumbuhtumbuhan alam dan lain-lain. Gedeg. kemudian mendapat pengaruh Hindu/Budha. Rajawali no 82.

telah banyak melahirkan pesilat berprestasi di tingkat daerah Jawa Timur dan . Elang Putih dalam kejuaraan tersebut 4 orang mewakili kabupaten Bondowoso memperoleh 3 emas 1 perunggu dan pesilat terbaik putri. MTs. begitu juga prestasinya berulang kali juara umum tingkat Kabupaten Bondowoso dan Tingkat karesidenan Jember. pengasuh dan santri-santrinya amat toleransi kepada agama selain islam. Kecamatan dan Kab. Elang Putih dalam perkembangannya menyesuaikan diri dengan situasi kota Bondowoso. beraneka ragam suku terutama Madura tetapi rasa kekeluargaan dengan suku lain erat sekali. Sekarang Elang Putih Nasional. maka tak heranlah apabila masyarakat Bondowoso mengenal Elang Putih. pada akhir tahun 2011 dalam mengikuti kejuaraan P2SP Jatim 1 di Kampus C Unair Surabaya. SMA. secara keseluruhan dari 38 kab/kota se Jawa Timur memperoleh juara umum 2 juara umum 1 Kontingen Surabaya.Kab. MA dan Umum di tingkat Desa. berkembang melalui sekolah-sekolah yaitu SD. Demikian untuk diketahui sekilas Perguruan Silat Elang Putih pusat Bondowoso dan saat ini telah banyak berkembang di Nusantara . MI. SMP.Bondowoso. Bondowoso terletak di wilayah tapal kuda Jawa Timur. Perkembangannya pesat sekali pada akhir tahun 2011 sudah berkembang ke wilayah Nusantara. mayoritas penduduknya beragama Islam banyak pesantren.

9 Pamekasan Atas perhatian dan kehadiran Bapak/Saudara kami menghaturkan terima kasih. Jl. Hormat kami Ttd ABU BAKAR SIDIQ NB: Maaf tidak menerima sumbangan kecuali do’a . Pintu Gerbang GG. H.Created by Kemuning . NURHIDAYAH dari Tanah Suci Mekkah Yang Insya Allah akan dilaksanakan nanti : Hari Tanggal Jam Tempat : Minggu : 8 Mei 2005 : 18.00 WIB (Sesudah Magrib) : Rumah kami. kami mengharap dengan hormat kehadiran Bapak/Saudara dalam rangka Tasyakuran Kepulangan adik kami.Com Dengan memohon Rahmat dan Ridho Allah SWT.

15 Februari 2012 Assalamu’alauikum Wr. Ttd. Wb.00 WIB ( Ba’da Isak) : Rumah Bpk. Abdul Rohim Kepada Yang Terhormat . Mojokerto : Mohon dipersiapkan bahan yang Akan dibahas bersama. kami mewakili pengurus mengucapkan banyak terima kasih.18 Februari 2012 Mojokerto. 1 Kec. Sehubungan dengan rencana Halal Bi Halal keluarga besar Bani Saheh tahun 1433 H/2012 yang akan dilaksanakan di Bondowoso. Sooko. Atas kehadirannya. dengan ini kami mengharap dengan hormat atas kehadiran Bapak/Saudara pada pertemuan yang akan dilaksanakan nanti pada : Hari Tanggal Pukul Tempat Catatan : Sabtu : 18 Februari 2012 : 19. Abdul Rohim Kedungpring Gg. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Mojokerto : Mohon dipersiapkan bahan yang Akan dibahas bersama.Bapak/Sdr/i _______________________ Di Tempat Sabtu. Wb. 15 Februari 2012 Assalamu’alauikum Wr.00 WIB ( Ba’da Isak) : Rumah Bpk. Sooko. 1 Kec. Sehubungan dengan rencana Halal Bi Halal keluarga besar Bani Saheh tahun 1433 H/2012 yang akan dilaksanakan di Bondowoso. Atas kehadirannya. Abdul Rohim Kedungpring Gg. 18 Februari 2012 Created by Kemuning .Com Mojokerto. Ttd. Wassalamu’alaikum Wr. dengan ini kami mengharap dengan hormat atas kehadiran Bapak/Saudara pada pertemuan yang akan dilaksanakan nanti pada : Hari Tanggal Pukul Tempat Catatan : Sabtu : 18 Februari 2012 : 19. kami mewakili pengurus mengucapkan banyak terima kasih. Abdul Rohim . Wb.

.

.

Kristen. kerajaan . Pencak Silat dilarang karena dianggap membahayakan keamanan mereka. Makin hari jurus-jurus pencak silat yang digali makin bertambah. Tahun 1954 di Surabaya bersama sahabat dekatnya Mas Pancoro belajar ilmu Pencak Silat kepada Pak Dirdjo nama lengkapnya Raden Mas Soebandiman Dirdjoatmodjo terakhir diketahui bahwa beliau pada tanggal 2 Juli 1955 mendirikan perguruan Pencak Silat Nasional Perisai Diri (PD). Mas Han mengijinkan. untuk mengelabuhi penguasa. Tapi gagal pada saatnya tiba Mas Han dan Darmadji hadir ditempat latihan dr Effendi tidak ada ditempat. oleh dr Effendi disarankan setiap minggu sore hadir ketempat latihan di gedung di Nangkaan. Pada mulanya Pencak Silat hanya berkembang dipusat-pusat agama. Awal tahun 1961 disaat senggang bersama Darmadji sering kali keruangan sempit yaitu gudang kantor Malaria mengulang pelajaran Pencak Silat yang pernah dimiliki. Cina. olahraga dan beladiri kemudian direkam dengan cara dibukukan. tawaran diterima dengan senang hati. Tahun 1959 belajar ke seorang Pendekar Pencak Silat di Blitar kemudian merantau kebeberapa daerah belajar Pencak Silat Cimande. Pada waktu bangsa Indonesia dibawah kekuasaan kaum penjajah. digali. Dengan harapan agar murid-muridnya kelak bisa saling tukar menukar ilmu pencak silat yang pernah diterima dan meneruskan mengajar ilmu Pencak Silat kepada generasi penerus. Mas Han memberitahu bahwa dulu untuk tambahan perbendaharaan beladiri pernah akan berlatih judo kepada dr Effendi tetapi oleh pelatihnya ditolak. Mas Han pandai membaca karakter masing-masing muridnya mereka diberi pelajaran berbeda satu dengan lainnya disesuaikan bakat dan kemampuan. Tlango. kemudian mereka bertiga minta ijin akan bergabung ikut latihan judo. para pendekar pencak silat tetap memberi pelajaran kepada generasi muda rakyat Indonesia dengan menonjolkan Seni padahal didalamnya penuh taktik dan ilmu beladiri . Asli putera Bondowoso Suhandoko ayahnya bernama Onggowardoyo lahir di Bondowoso pada tanggal 12 Juni 1939 kemudian lebih dikenal dengan nama lengkap Suhandoko Onggowardoyo atau lebih akrab dipanggil murid-muridnya dengan nama panggilan Mas Han. akhirnya memutuskan tidak ada keinginan lagi untuk bergabung. . setelah diceritakan panjang lebar mereka tergugah. dll dan beladiri selain Pencak Silat Ketika kembali lagi ke Kota Bondowoso beliau diterima kerja sebagai pegawai biasa di kantor Malaria sekarang sudah tidak ada karena sudah digabung menjadi bagian dari Dinas Kesehatan. kelompok masyarakat tani nelayan dan perkembangannya diwujudkan berupa seni seperti tari . Jepang sehingga terjadi percampuran dengan ilmu beladiri yang dibawa oleh mereka. Mas Han demi mewujudkan jurus-jurus baru tidak jarang Darmadji dijadikan sansak Hidup walaupun sebenarnya Darmadji juga mempunyai dasar-dasar pencak silat Bersama Darmaji sebentar karena Darmadji pindah ke kantor dinas Kehutanan Banyuwangi begitu juga domisilinya. Akhir tahun 1961 Sebagai penggantinya Mas Han mengangkat tiga orang murid baru yaitu Kunto. dikombinasikan satu dengan yang lain kemudian disusun menjadi beberapa jurus Pencak Silat yang indah penuh kaidah seni. Cikalong. Pencak berarti seni gerak serang beladiri diwujudkan berupa tari dan irama. Tahun 1953 belajar ilmu pencak silat Minangkabau kepada Haji Safiudin.Budha. Pencak Silat secara umum berarti Seni beladiri yang disesuaikan dengan kebutuhan dalam menghadapi tantangan yang berupa alam.SEJARAH SINGKAT ELANG PUTIH Pencak Silat adalah ilmu beladiri khas Indonesia berasal dari dua suku kata Pencak dan Silat. kemudian berkembang dengan adanya pengaruh agama Hindu. Belanda. Tidak begitu lama tempat dinas Mas Han pindah ke kantor Kadaster Bondowoso sekarang berubah menjadi kantor BPN (Badan Pertanahan Nasional) yang sebelumnya dengan nama Agraria. walaupun tempat tinggalnya berjauhan komunikasi dan hubungan tetap terjaga baik. Arab. Kepada ketiga orang muridnya setelah menguasai banyak pelajaran. Tahun 1957 – 1958 ketika sekolah di SMP Pacar Bersama Han Siong Ling belajar ilmu Silat Kuntou di Klenteng Kapasari Surabaya . Tahun 1951 beliau belajar ilmu Pencak Silat Bawean kepada Latiful Djamal sesepuh Pencak Silat Bondowoso. maupun manusia dan jurusnya sering menirukan gerakan binatang. Bugis. India. tumbuh-tumbuhan alam dan lain-lain. dengan peraturan (adat kesopanan) dan biasa dipertunjukkan dan Silat berarti intisari dari pencak untuk berkelahi membela diri dan tidak dapat dipertunjukkan. Kepada ke tiga orang muridnya ini ilmu yang belum digali semasa bersama Darmadji termasuk dasar-dasar gulat Mongolia diberikan. Gani dan Sarip. beliau mengajak Mas Han bersama teman sekantornya Darmadji bergabung ikut latihan. Mas Han dan Darmadji tidak diijinkan oleh wakil pelatih dengan alasan bukan anggota. Sejarah lahirnya pencak silat bersama dengan peradaban nenek moyang bangsa Indonesia. Ditempat dinasnya ada seorang dokter yang melatih beladiri judo namanya dr Effendi. binatang. Islam dan pengaruh bangsa asing yang pernah masuk ke negara Indonesia diantaranya Portugis.

Tahun 1966 Basuki Pindah ke Tapen masih masuk wilayah kota Bondowoso beliau membuka cabang Elang Putih di Tapen dalam waktu relatif singkat murid Basuki banyak sekali dan di Tapen inilah cabang Elang Putih pertama kali dibuka. I . gagah perkasa dan berani sedangkan PUTIH berarti bersih dan suci. pekarangan kosong tetangga. dari sinilah Mas Han yakin bahwa suatu saat kalau mendirikan perkumpulan beladiri dengan wadah organisasi Pencak Silat pasti bisa.halaman belakang kantor Pemda Kab. Nama ELANG PUTIH diambil dari rangkuman falsafah yang ada dalam pencak silat dengan penjabaran urut kebawah E . Pencak Silat yang pernah dipelajari Mas Han dipadukan dengan Pencak Silat yang dibawa Basuki sehingga melahirkan beberapa jurus pencak silat baru. ketika dicoba tanding dengan lawan yang lebih senior mereka bisa mengimbangi bahkan menang.yakin dan berani Elak dari perbuatan tercela Lincah dalam pergaulan Ambil hikmah kehidupan Nahan emosi/sabar Gerak tidak diam/dinamis Pandai menuntut ilmu Uji diri sendiri/mawas diri Bersaing sehat I H : : IMBANGI HADAPI Perhitungkan dengan kemampuan yang ada Terima apa adanya iklas. Didik Sudiono. pusat latihan diputuskan di halaman bagian dalam Kantor Pengairan Bondowoso. .Andreas Gandawidjaja (kakak beradik). Tahun 1972 tempat latihan pindah ke Yabapra (Yayasan Balai Pertemuan Rakyat) Bondowoso sekarang GOR PELITA Bondowoso dengan Pelatih utamanya Andreas . jumlah muridnya sekitar 60 orang. P. Semboyan yang tercantum di lambang Elang Putih PURNANING KRIDO TERUSING BUDI yang berarti Dalam badan yang sehat harus membentuk jiwa yang berbudi luhur.Beberapa hari kemudian setelah bergabung mereka memberi masukan bahwa ilmu yang diajarkan Mas Han tidak kalah dengan yudo. L . menggunakan serang/ bela Pandai membaca lawan. Gerakan pencak silat dan beladiri lain yang digali Mas Han sudah terkumpul banyak. tempat latihan masih asal-asalan kadang-kadang di halaman belakang rumah tinggal Mas Han. Sri Isworo. ARTI MAKNA PENCAK SILAT MAKNA KEHIDUPAN E L A N G P U T : : : : : : : : ELAK LINCAH AMBIL NAHAN GERAK PANDAI UJI TANDINGI Serangan dielak/hindaran Pesilat harus lincah terutama langkah Menerima serangan bisa dikunci/dibanting Serangan ditahan. H yaitu :. U . ditangkis dan dengan ketahanan fisik Ada serangan cepat gerak. Mengingat tuntutan agar tidak dianggap organisasi liar maka terpikirlah bahwa harus mempunyai wadah organisasi Di Bondowoso. Akhir tahun 1962 Generasi berikutnya Mas Han mengajak Basuki yang berasal dari Ponorogo beliau mempunyai dasar pencak silat juga. Siap mempertinggi dan mengembangkan Pencak Silat Indonesia. pasrah Secara umum ELANG adalah burung yang selalu terbang menyendiri. G . Siap mengabdi kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia 2. N . mengatur strategi/ waktu Harus tahan uji bisa mengatur strategi gerak Lawan harus di tandingi dengan tanggap/respon dan counter attack Lawan kita imbangi dengan gerak berkeseimbangan Lawan harus kita hadapi secara kesatria . Bondowoso pada waktu itu masih rimbun karena banyak tanaman liar yang tak terawat bahkan tidak jarang tengah malam latihan di jalan raya yang sudah sepi dari lalu lalang kendaraan. Semua siswa dan warga Elang Putih harus setia kepada Tri Setya Elang Putih yaitu: Kami siswa dan warga Silat Elang Putih dengan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berjanji : 1. dibantu beberapa orang murid senior yang membantu sebagai pelatih dan pengurus sekretariatnya dirumah tempat tinggal Mas Han di Jalan Jember Gang 0 depan SMP Katholik Bondowoso. Asta. A . Setelah mempunyai wadah organisasi diberi nama PSSEP (Persatuan Seni Silat Elang Putih) murid Elang Putih yang bisa melatih bertambah diantaranya Magdalena S Gandawidjaja . Boy mereka sepakat ikut membantu melatih murid Elang Putih yang baru. Siap berjiwa kesatria dan berbudi luhur 3.T . bekerja di kantor Dinas Pengairan Bondowoso. pada tanggal 12 Juni 1962 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Suhandoko Onggowardojo ( Mas Han ) ke 23 didirikan organisasi Perguruan Pencak Silat dengan nama PERSATUAN SENI SILAT ELANG PUTIH (PSS EP) pendiri sekaligus gurunya adalah Mas Han.

Andreas Gandawidjaja. tetapi dari beberapa etnis yang ada di Bondowoso yaitu India. Kedua orang tersebut datang kerumah keluarga Alm. atas saran Susanto masih keluarga besar Suhandoko Onggowardoyo Pusat latihan diputuskan di Aula SDN Dabasah 6 Bondowoso.Empat bulan sekali ujian kenaikan tingkat yang lulus memakai sabuk sesuai dengan tingkatannya diawali dari sabuk hitam. Yusuf Sunargi Bambang Andreas Gandawidjaja Tahun 1976 untuk penggodokan mental dan spiritual siswa Elang Putih agar menjadi generasi muda yang berdisiplin kuat dan berbudi luhur dalam organisasi mengangkat Ketua Fisik mental Anton Soeryo Pramono. Untuk menjaga kelanggengan agar Elang Putih tetap eksis yang dianggap mampu meneruskan melatih adalah Ilham Rohadi dan Kabul Basuki. cabang yang pernah dibuka dengan koordinator diantaranya : 1. Pekauman Pekuniran Kantor Pajak/Afro 47 Tegalampel Al Irsyad Aula Veteran/PPM Kejayan Arjasa Jember Kasian Jember : : : : : : : : : Mistur Kabul Basuki Ilham Rohadi Darwis Malik Atamimi Moch. Karena Yabapra sudah dipugar menjadi GOR PELITA disamping organisasi belum mampu membayar biaya sewa.Gandawidjaja. dalam pertemuan bermusyawarah membentuk Elang Putih generasi baru. SMA Mahasiswa. karena bertepatan dengan HUT Elang Putih ke 23 sekaligus merayakan secara sederhana. Tahun 1982 -1985 Elang Putih betul-betul tidur. tetapi tambah lama muridnya makin bahkan akhirnya murid Elang Putih bqnyqk yang pasif . merah. Ari Subagio. 9. Arab dan Cina . Pada Hari Rabu pukul 16. sesuai dengan perkembangan zaman pencak silat Elang Putih mengikuti juga pekembangannya. ungu. Ir. Didik Sudiono. 5. hijau. setiap latihan murid Elang Putih memenuhi gedung Yabapra yang hadir sekitar 200 sampai 300 orang. selama empat tahun tidak ada aktivitas. hasilnya disepakati bahwa Elang Putih harus bangkit kembali tidak punya guru apalagi guru besar yang ada tim pelatih pelajarannya digali dari mereka yang pernah menerima pelajaran langsung dari guru semasa masih hidup . Kabul Basuki dan kepada senior-senior lain yang tidak bisa disebutkan satu-persatu ternyata semua secara positif mendukung Tanggal 12 Juni 1985 dirumah Ir. disusun kembali menjadi buku dan merupakan bagian dari kurikulum siswa Elang Putih. Tahun 1978 mencapai puncaknya. 4. Suhandoko Onggowardojo mohon izin dan restu bahwa mempunyai niat membangkitkan kembali Elang Putih disamping itu mohon izin pula kepada senior-senior Elang Putih diantaranya kepada Magdalena S Gandawidjaja SH. kemudian oleh Ilham Rohadi buku-buku pelajaran Elang Putih dari seniorsenior Elang Putih dikumpulkan. murid Elang Putih bukan dari kalangan etnis Jawa/Madura saja.50 Ba’damulud 1400 H bertepatan dengan tanggal 27 Pebruari 1980 diusia 41 tahun Guru Elang Putih Suhandoko Onggowardoyo meninggal dunia Elang Putih betulbetul berkabung. Guru Elang Putih berwibawa sekali. kemudian naik ke sabuk biru. coklat. Murid yang diberi ijin membuka cabang sebatas murid yang sudah pernah belajar kepada senior mengenai pelajaran Elang Putih yang belum pernah mereka terima dari Guru. semua siswa tunduk. Sekretariat Jalan RE Martadinata Gang Patih no. GOR PELITA sering digunakan aktivitas yang waktunya bertepatan dengan jadwal latihan Elang Putih.Murid Elang Putih dari kalangan pelajar sederajat SD. arahan dan petunjuk beliau amat ditaati mereka tidak berani bertindak menurut kemaunya sendiri. Akhir tahun 1982 fakum tidak ada kegiatan sama sekali . 42 Bondowoso. Ilham Rohadi dan Suhartono murid yang pernah diberi pelajaran langsung oleh Suhandoko Onggowardojo untuk membangunkan kembali Elang Putih yang sudah cukup lama tidur. Ketua Kepengurusan Ari Subagio dan pelatih Ilham Rohadi. 8. nama Elang Putih seolah-olah mati terpikirlah oleh. Drs. 7. Organisasinya ditata sedemikian rupa personilnya disesuaikan dengan bidangnya maka tak heran dalam waktu yang tidak begitu lama masyarakat Bondowoso mengenal nama Elang Putih. 2. Murid Elang Putih tidak semuanya menerima pelajaran secara utuh. sedikit demi sedikit murid Elang Putih bertambah. 6. Pada waktu pendaftaran murid baru dibuka yang mendaftar mulai berdatangan. kuning dan terakhir putih Nama organisasi Elang Putih disepakati PERSATUAN BELADIRI SENI SILAT ELANG PUTIH (PBD SS EP). yang sudah mampu melatih banyak dengan seijin Mas Han dibuka cabang-cabang Elang Putih di kota Bondowoso dan Jember. Suyono. Ari Subagio anggota Elang Putih senior mengadakan pertemuan. 3. .. Pertengahan tahun 1979 Suhandoko Onggowardoyo (Mas Han) kesehatannya menurun karena sakit komplikasi yang dideritanya begitu juga kegiatan Elang Putih di Pusat dan cabang mulai fakum. O’ong Maryono. SMP. tersebar di kota Bondowoso latihan dalam satu minggu dua kali yaitu Rabu dan Minggu.

Kabul Basuki. sabuk kebanggaan pesilat Elang Putih yang berhak memperoleh adalah juara satu dan sekaligus menjadi atlit pusat Elang Putih sewaktu-waktu mewakili tim Elang Putih dalam mengikuti kejuaraan yang diadakan oleh IPSI. Bali. Magdalena S Gandawijaya SH. mudah-mudahan amat bermanfaat bagi siswa dan warga Elang Putih khususnya kepada generasi penerus. 1988 1988 1988 1988 1988 1989 1989 1990 1990 1990 1991 1991 1991 Wringin PT Pira Meubel Curahdami Pejaten Dep Dikbud Tamanan SMKK Bondowoso SMEAN Bondowoso SMPPN Tenggarang Sumbercanting SMPN 1 Wringin SMPN I Bondowoso SMPN 4 Bondowoso SMPN 1 Tamanan : : : : : : : : : : : : : Hosnadi Kabul Basuki Fathorahman Sugianto Antok Muslim Moch. SMKK. Sunargi. Keluarga besar Mas Han terutama Ibu Susanto /Sukma Ani yang banyak memberikan masukan dan menunjukkan dokumen-dokumen keluarga. Hosnadi. 2. ada yang dipenuhi di SD. Akhirnya pada kesempatan ini kami ucapkan terimakasih tak terhingga kepada : 1. Dalam perkembangannya Elang Putih tambah pesat cikal bakal pusat dan cabang Elang Putih pada waktu bangkit kembali merupakan modal awal kejayaan Elang Putih. Moch. memperebutkan sabuk Oranye dari masing-masing kelas. Andreas Gandawidjaja. Palembang dan didaerah lain barangkali ada historisnya dengan Perguruan Elang Putih kita mengingat Mas Han sewaktu muda menimba ilmu kebeberapa daerah. 13. Begitu seterusnya setiap empat bulan sekali maka tidak heran kalau pesilat Elang Putih sering mendapat penghargaan di tingkat lokal maupun daerah karena prestasinya. Makasar. 5. O’ong Maryono yang banyak memberi masukan pelajaran Pencak Silat di dalam dan luar Negeri berdasarkan pengalaman beliau melanglang buana ke dunia persilatan di beberapa negara beliau bisa menunjukkan secara terurai dari aliran mana masing-masing gerakan Pencak Silat Elang Putih berasal.Elang Putih bangkit kembali. 3. Ir. 11. Kami penulis akan berusaha menggali lebih jauh lagi ke perguruan Pencak Silat Elang Putih yang ada diluar kota Bondowoso diantaranya Jakarta. Apabila banyak ketidak sempurnaan dalam susunan kata atau kalimat saya penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya karena keterbatasan saya. Sugianto dll. merajut prestasi wujudkan masa depan gemilang Pencak Silat dan Elang Putih tetap jaya selamanyadan bisa mengembangkan sayapnya kepenjuru Nusantara. 8. Amin Suhartono Amlan Haryono Ilham Rohadi Agus Waluyo Bertepatan dengan ujian kenaikan tingkat diadakan pertandingan antar cabang aturan pertandingan mengikuti aturan IPSI. Didik Sudiono. Sekian dan Terimakasih. SMP. 2. SMA dengan kordinatornya diantaranya: 1. sekarang berkat dukungan dari berbagai pihak Elang Putih sudah bisa berkembang sampai ke luar kabupaten Bondowoso. Ari Subagio. Darmadji yang banyak memberi wawasan Elang Putih pada awal berdirinya. tiga tahun kemudian cabang-cabang Elang Putih yang fakum bermunculan cabang baru di kecamatan dan desa dibuka. Ternyata cara ini amat effektif dalam mencari bibit-bibit baru Elang Putih memotivasi siswa Elang Putih untuk lebih giat berlatih baik dirumah maupun ditempat latihan. 9. 12. yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu yang telah banyak memberi masukan sehingga Sejarah singkat Elang Putih Bondowoso bisa tersusun. adalah Kombinasi dari beberapa aliran Pencak Silat yang ada di Nusantara dan beladiri lain.. Elang Putih sekarang tanpa guru dan guru besar yang ada hanya dewan pelatih tetapi rasa kekeluargaan dan persaudaraan tetap dijaga karena demi cita-cita suci yang diharapkan Guru dan senior-senior Elang Putih melalui Pencak Silat kita lestarikan budaya leluhur bangsa Indonesia. akan tetapi tehnik pencak silat Minangkabau mendominasi lebih banyak digunakan dalam jurus-jurus maupun kembangan/suluhspel. Drs. 10. Banyak permintaan dari sekolah-sekolah untuk mengisi ekstrakurikuler. Ismail. 5. SMEA. . 7. Ilham Rohadi yang banyak andil dalam melestarikan Pencak Silat Elang Putih karena atas jasa beliau pelajaran Elang Putih terjaga keasliannya dan bisa mengembangkan / mengikuti perkembangan zaman 4. 4. 6. Fathorahman. 3. Ilmu Pencak Silat yang diperoleh Guru Elang Putih Suhandoko Onggowardoyo kemudian diajarkan kepada murid-muridnya.

Bondowoso. 12 Juni 1991 PBD SENI SILAT ELANG PUTIH PUSAT BONDOWOSO Penyusun Suhartono .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->