MAKALAH PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP PENDIDIKAN DI INDONESIA

Disusun oleh : Dudi Herdiana XII TKJ 1

SMK NEGERI 1 TALAGA 2013

ii

Akhir kata. Wahyuddin M. H. semoga makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi Penulis umumnya bagi semua pihak.MPd selaku kepala sekolah SMK N 1 Talaga 2. untuk itu Penulis mengucapkan rasa terimakasih yang sebesarbesarnya kepada yang terhormat : 1. untuk itu kritik dan saran yang sifatnya membangun dalam penyempurnaan makalah ini. Mengingat keterbatasan pengetahuan dan kemampuan yang Penulis miliki . Dalam pembuatan makalaha ini kadang kala Penulis mendapatkan hambatan. terutama dalam mencari sumber mater. Drs. Maret 2013 Penulis ii . Majalengka. Orang Tua. namun berkat bantuan semua pihak hambatan itu dapat Penulis atasi . Dodo Juhana S. serta semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Penulis menyadari bahwa makalah ini masih sangat jauh dari sempurna baik dalam penyajian maupun dalam penulisan makalah ini.KATA PENGANTAR Puji syukur Penulis panjatkan kehadirat ALLAH SWT.sos selaku guru mata pelajaran PKN 3. yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga Penulis dapat menyelesaikan makalah tentang “Pengaruh Globalisasi Terhadap pendidikan di Indonesia” Makalah ini dibuat dengan dengan tujuan untuk memenuhisalah satu tugas mata pelajaran Pendididkan Kewarganegaraan ( PKN ).

......3 Metode penulisan ...................................................................4 Manfaat .....................................2 Upaya menanggulangi dampak globalisasi pendidikan di Indonesia .......................................................... 2 BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2................................. 9 DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................ 2 1.................................................................................... 1 1............................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ....................................................................................... ii BAB 1 PENDAHULUAN 1... 7 BAB IV PENUTUP 4........................ i DAFTAR ISI ................. 5 BAB III PEMBAHASAN 3....................................2 Hipotesis .10 ii ..... 6 3..........2 Identifikasi Masalah ...................................................1 KESIMPULAN .........................1 Landasan teori.............................................................1 Globalisasi dapat mempengaruhi pendidikan di Indonesia ...................... 3 2...........................................3 Tujuan ..................................................................................................... 9 4.............................................................1 Latar Belakang....................................... 1 1.......................................2 SARAN.............. 4 2...................

Perubahan kurikulum pendidkan yang berkali-kali juga merupakan dampak dari pesatnya arus globalisasi. perdagangan. Bagaimana Upaya untuk menanggulangi dampak Globalisasi tersebut? ii . Untuk menghadapi hal ini tentunya Indonesia harus meningkatkan mutu pendidikan .BAB I PENDAHULUAN 1. maupun sumber daya manusia bangsa Indonesia itu sendiri sehingga pendidikan Indonesia mampu bersaing dan tidak tertinggal dengan Negara lain. 1. Pesatnya arus globalisasi menyebabkan pemerintah harus bergerak cepat mengubah kurikulum pendidikan yang lamayang dianggap ketinggalan zaman dengan kurikulum yang baru yang sudah dianggap sesuai dan mampu menjawab tantangan global. Kehancuran dunia pendidikan merupakan langkah awal kehancuran suatu negara. misalnya dalam hal komunikasi. Globalisasi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. dan lain-lain. baik dalam hal perbaikan fasilitas. bahkan pendidikan.2 Identifikasi Masalah Berdasarkan latar belakang tersebut diatas dapat di identifikasi permasalahan yang berhubungan dengan “ Pengaruh Globalisasi Terhadap Pendidikan di Indonesia “ yaitu sebagai berikut : A.Hal ini dikarenakan dunia pendidikan adalah salah satu sektor penting dalam suatu Negara.1 Latar Belakang Kemajuan Globalisasi saat ini dipicu oleh salah satu teknologi informasi yang berkembang dengan sangat pesat yang memungkinkan akses informasi tanpa batas. sosial budaya. manajemen. Bagaimana Globalisasi dapat mempengaruhi pendidikan di Indonesia? B. transportasi.

Mengetahui penjelasan Globalisasi b. ii . Mengetahui dampak Globalisasi terhadap pendidikan di Indonesia c.3 Manfaat a. Tujuan Umum Penulisan makalah tentang” Pengaruh Globalisasi Terhadap Pendidikan “yaitu untuk memberikan informasi kepada para pembaca agar mengetahui dampak positif dan negatif dari Globalisasi di bidang Pendidikan. Tujuan khusus Penulisan makalah ini yaitu untuk memenuhi salah satu tugas PKN serta untuk mengetahui seberapa besar dampak globalisasi terhadap dunia pendididkan Indonesia. dapat diketahui sebagai berikut : a. 1. Mengetahui tentang bagaimana cara menanggulangi dampak Globalisasi terhadap pendidikan di Indonesia .1. b.3 Tujuan Setelah mengetahui identifikasi masalah di atas.

pengendalian diri. Prijono Tjiptoherjanto mengemukakan bahwa konsep Globalisasi pada dasarnya mengacu pada pengertianketiadaan batas Negara. bangsa dan Negara. akar munculnya Globalisasi adalah revolusi elektronik dan disintegrasi Negara-negara komunis. yang maknanya ialah universal. Sementara itu. masyarakat. keputusan dan kegiatan di salah satu bagian dunia menjadi suatu konsekuensi yang signifikan bagi individu dan masyarakat di daerah yang jauh. Herman H. Kata “ Globalisasi “ sendiri diambil dari kata global. khususnya politik perdagangan bebas dan transaksi keuangan.BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. Horn Pendidikan merupakan proses abadi dari penyesuaian lebih tinggi bagi makhluk yang telah berkembang secara fisik dan mental yang bebas dan sadar kepada Tuhan ii . serta keterampilan yang diperlukan dirinya.  Pengertian Pendidikan Menurut UU No. Globalisasi adalah suatu proses dimana kejadian. kepribadian. sehingga Globalisasi dapat di artikan sebagai proses pengintegrasian manusia dengan segala macam aspek-aspeknya kedalam satu kesatuan masyarakat yang utuh dan yang lebih besar.20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk nmewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan fotensi dirinya memiliki kekuatan spiritual keagamaan. kecerdasan. Menurut sejarahnya. Menurut John Huckle.1 Landasan teori  Pengertian Globalisasi Istilah Globalisasi pertama kali digunakan oleh Theodore Levit tahun 1985 yang menunjuk pada politik-ekonomi. Dibawah ini merupakan pengertian pendidikan menurut para ahli :  Pengertian pendidikan menurut Prof. akhlak mulia. Berdasarkan pendapat tersebut. Maksudnya meliputi lingkup seluruh dunia.

serta keterampilan yang diperlukan dirinya untuk masyarakat. Maka masyarakat akan ketinggalan jauh di bandingkan dengan Negara lain terhadap bagaimana seharusnya pendidikan tersebut.seperti termanifestasikan dalam alam sekitar. pengendalian diri.J . kepribadian.  Pengertian Pendidikan menurut Wikipedia Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara baktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan. Langeveld Pendidikan adalah setiap pergaulan yang terjadi adalah setiap pergaulan yang terjadi antara orang dewasa dengan anak-anak merupakan lapangan atau suatu keadaan dimana pekerjaan mendidik itu berlangsung. ii . Jika masyarakat Indonesia tidak memanfaatkan dampak positif dari globalisasi di bidang pendidikan. Pengetahuan tersebut diperoleh secara formal yang berakibat individu mempunyai pola pikir dan prilaku yang sesuai dengan pendidikan yang telah yang diperolehnya. kecerdasan.  Pengertian Pendidikan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) Pendidikan adalah proses pembelajaran bagi individu untuk mencaoai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai obyek-obyek tertentu.2 Hipotesis Berdasarkan manfaat di atas. dapat diketahui bahwa pengaruh globalisasi terhadap pendidikan sangat erat kaitannya terhadap masyarakat Indonesia dan masa depan para genersi penerus. akhlak mulia. Jika pemanfaatan teknologi baru . intelektual. Maka seharusnya media tersebut lebih dimanfaatkan semaksimal mungkin guna meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia.  Pengertian Pendidikan menurut M. emosional. 2. seperti computer dan internet telah membawa perubahan yang luar biasa dalam dunia pendidikan. dan kemauan diri manusia.

penulis dalam melakukan pengumpulan teori-teori dan bahan untuk makalah ini diambil dari berbagai sumber.Maka dari itu. baik itu dari buku-buku di perpustakaan. terutama dalam pengetahuan yang dimilki tidak cukup karena merasa masih kurang sebagai bahan makalah .2. ataupun di luar sekolah ( warnet ) ii .3 Metode Penulisan Study pustaka Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini sangat kurang.

3. pengadaan sekolah-sekolah bertarap internasional. ii . Untuk itu pendidikan sangat penting didalam mewujudkan masyarakat masa depan yang berdasarkan ilmu pengetahuan. Kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan di hampir semua aspek kehidupan manusia dimana berbagain permasalahan hanya dapat dipecahkan kecuali dengan upaya penguasaan dan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi. pendidikan. Artinya pendididkan nasional kita pelu mempunyai sikap di dalam menghadapi perubahan-perubahan global dalam era globalisasi. politik. akan menjadi ancaman yang mengerikan berupa runtuhnya tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Bila bangsa Indonesia tidak mengantisipasi faktor pendidikan di era Globalisasi ini. ekonomi. dan lain-lain. Globalisasilah yang telah memberikan inspirasi-inspirasi baru tersebut untuk mengadopsi program-program pendidikan dari luar Indonesia.1 PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP PENDIDIKAN DI INDONESIA Pada era Globalisasi saat ini. atau setidaknya tantangan bahkan era ini merupakan kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk bangkit menyejajarkan dirinya dengan Negara-negara lain. melalui pendidikan proses transmisi serta pengembangan ilmu pengetahuan akan terjadi. Belun lagi musim internasional yang akhir-akhir ini melanda Indonesia. Bagi para pendidik dan pimpinan lembaga pendidikan di Indonesia. era ini tentu saja memberikan banyak kesempatan sekaligus sebagai sebuah ancaman. Sumber daya manusia tidak mampu bersaing dalam berbagai sector kehidupan membuat Indonesia semakin terdesak mundur dan kalah dalam persaingan menata kehidupan social .BAB III PEMBAHASAN Arus Globalisasi yang semakin pesat telah membuat jarak antar Negara seakan tak berarti lagi. Indonesia harus merepormasi pendidikan yang hingga hari ini belum mampu membangkitkan bangsa Indonesia dari ketertinggalannya dari bangsa-bangsa lain. justru globalisasi telah merangsang sebuah individu . Lahirnya budaya global bukan berarti hilangnya identitas suatu masyarakat.

2 Upaya menanggulangi dampak globalisasi terhadap pendidikan di Indonesia Dalam menghadapi era globalisasi. sumber daya manusia mempunyai peranan yang sangat penting. Dengan tujuan mengembangkan potensi peserta didik agar tidak hanya menjadi individu yang terampil dan cerdas. Dampak positif globalisasi pendidikan Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan Mudah untuk melakukan komunikasi Memacu untuk meningkatkan kualitas diri Menciptakan manusia yang professional dalam bidang pendidikan Akan membawa dunia pendidikan Indonesia bisa bersaing dengan Negaranegara lain. menilai. membimbing. Dampak tersebut tak hanya brdrsifat positif tapi juga berdampak negatif 1. ii . Jika mereka tidak siap. maka akan tergilas oleh arus globalisasi . Dampak Negatif Informasi yang tidak tersaring Mudah terpengaruh kebiasaan dan kebudayaan lain sehingga ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat tidak lagi di hiraukan. mengarahkan. melatih. sebaliknya jika mereka siap maka akan berhasil.Dalam dunia pendidikan Indonesia. termasuk meniru prilaku-prilaku yang buruk. baik itu pendidikan formal. Dalam menanggulani tantangn globalisasi di bidang pendidikan yaitu : pendidik ( guru). a. 3. dan lingkungan. tapi yang terpenting adalah mencetak karakter murid. Dunia pendidikan akan sangat tergantung pada teknologi. dasar. orang tua (keluarga). Oleh karena itu tugas guru tidak terbatas pada kegiatan mengajar. Selain itu dengan berkembangnya eknologi informasi dan komunikasi. namun juga beriman dan bertakwa. guru harus memiliki kemampuan untuk memanfaatkannya semaksimal mungkin. mengajar. atau menengah. globalisasi membawa banyak dampak. dan mengevaluasi peserta didik di jalur pendidikan. peserta didik (murid). Pendidik ( guru ) Guru yaitu seorang pendidik yang professional dengan tugas utama mendidik. 2.

karena disinilah segala pengaruh timbul. Peserta Didik ( siswa ) Tugas utama seornag siswa adalah belajr. siswa harus mampu memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Disamping komponen-komponen pendidikan. dan sedbaliknya. Orang Tua ( keluarga) Orang tua atau keluarga adalah sebagai pendidikan awal bagi anak sebelum mereka di kenalkan dengan dunia luar. karena apabila tidak diawasi akan mengarahkan anak menjadi suatu pribadi dan prilaku yang tidak baik.b. harus memberikan dasar-dasar pendidikan kepada anak yang nantinya akan menentukan pertumbuhan serta perkembangan anak di masa mendatang. Akses internet memang sangat bermanfaat jika digunakan untuk keperluan yang bermanfaat. baik dari teman sebaya ataupun ornag lain. c. d. untuk itu pemilihan lingkunngan sangat penting dalam menghadapi arus globalisasi yang akan berdampak pada dunia pendidikan . ii . Selain itu orang tua harus mengawasi kegitan anak di luar. Selain itu dalam era gobalisasi seperti ini. Lingkungan Lingkungan dapat mengakibatkan perubahan prilaku dan kepribadian seseorang. pemerintah sebagai pengatur aktifitas Negara termasuk pendidikan juga harus segera mencari pemecahan dari permasalahan yang dapat mengakibatkan terganggunya pelaksanaan pendidikan.

peserta didik.2 SARAN Evaluasi dalam pendidikan juga harus di lakukan . Tetapin juga memberikan dampak-dampak yang harus segera dihentikan agar segera dihentikan agar tak semakin melebar bahayanya. Cenderung mempertahankan struktur dan system yang sudah ada justru akan membuat dunia pendidikan di Indonesia menjadi tertinggal dari Negara lalin. Untuk menghadapi pengaruh globalisasi.1 KESIMPULAN Globalisasi tak hanya membawa dampak positif terhadap dunia pendidikan Indonesia.BAB IV PENUTUP 4. diperlukan kerjasama antar semua komponen pendidikan seperti pendidik. terutama dalam era globaliasasi ini. sehingga tidak ada alas an lagi untuk anak tidak dapat sekolah karena alasan biaya yang mahal. hendaknya struktur dan system pendidikan diubah dengan menyesuaikan perkembangan zaman. Globalisasi juga telah memberi inspirasi kepada pendidikan Indonesia untuk menciptakan sesuatu yang baru serta kemudahan dalam pengajaran. ii . 4. keluarga. Untuk mengatasi dampak-dampak negatif tersebut diperlukan sikap tegas yaitu dengan menjadikan pancasila sebagai filter yang mampu menyaring setiap pengaruh yang masuk dari luar yang masuk ke Indonesia serta memberikan bekal moral terhadap siswa-siswa agar tak hanyapandai dalam suatu bidanag keilmuan. Selain itu pemerintah juga berperan sebagai penjamin penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan merata di Indonesia seharusnya memberikan pendidikan yang murah. lingkungan. dan lainlain.

fasli. Reformasi pendidikan. Yanti. 59 tahun v 1-31 Juli 2005.wordfress. Republika.DAFTAR PUSTAKA Majalah Al waie. ii . Jalaj. Roberston ( 1992 ). Dalam konteks Otonomi Daerah. 10 Mei 2005. London: Sage publizations. Penerbit Depdiknas Bappenas-Adicita Karya Nusa. R. No. 8. Dampak Globalisasi adalam Dunia Pendidikan di Indonesia.com/2009/01/04/dampak-globalisasi. http://mustopafasmp2. Mukhtar. Globalization: Social Theory and global culture. Privatisasi Pendidikan. hal.