ALAT PERLINDUNGAN DIRI (APD) DI LABORATORIUM BESERTA KESPESIFIKANNYA

Pada abad yang lalu Kimia telah membuat kita semakin memahami dunia fisika dan biologi serta kemampuan kita untuk memanipulasinya. Sebagian besar benda yang kita gunakan dalam kehidupan moderen ini melibatkan proses kimia sintetik atau alami, dan terus memungkinkan kemajuan penting di dunia sains rekayasa. Sejak zaman alkimia, bahan kimia laboratorium sudah menunjukkan sifat yang mengejutkan dan berbahaya. Di masa lalu, mati sebagai martir demi ilmu penetahuan masih bisa diterima. Dalam pidatonya pada tahun 1890, kimiawan besar, August Kekule, berkata: “Jika Anda ingin menjadi seorang kimiawan, seperti cerita Liebig kepada saya saat bekerja di laboratoriumnya, Anda harus mengorbankan kesehatan Anda. Siapa yang tidak mau mengorbankan kesehatan dalam penelitiannya, maka dia tidak akan mencapai apapun dalam bidang kimia”. Di zaman ini, sikap semacam itu nampaknya sama kunonya dengan alkimia selama bertahun-tahun, telah dikembangkan teknik, prosedur, kedala lingkungan, dan peralatan kusus untuk menangani dan mengelola bahan kimia secara aman. Sayangnya, saat ini timbul kekhawatiran tentang kemungkinan bahan kimia laboratorium. Sebagian besar zat kimia merupakan pencemar bagi lingkungannya, dan sekelompok zat ada yang bersifat mudah terbakar, mudah meledak dan korosif (terutama asam-asam), dan ada pula yang merusak organ tubuh. Kereaktifan zat tersebut apabila tidak diperhatikan tentu saja membahayakan keselamatan kerja serta kesehatan. Upaya untuk meningkatkan kapasitas kimia dalam Ilmu Kimia menghadapi banyak tantangan dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan laboratorium. Praktik keselamatan dan keamanan dimaksudkan untuk membantu laboratorium melaksanakan fungsi utama mereka dengan cara yang efisien, selamat dan aman. Sayangnya, peningkatan keselamatan dan keamanan sering kali dianggap terlalu

Tugas Matakuliah Kimia Analitik Kelompok II

U. Goggle. Secara umum perlindungan mata terdiri dari kacamata pelindung. dan pelindung mata special (goggle yang menyatu dengan masker khusus untuk melindungi mata dan wajah dari radiasi dan bahaya laser). efisiensi. Spesifikasi dari kacamata ini tergantung kepada keperluan kita di laboratorium. percikan benda tajam atau kaustik. kita dapat menggunakan kacamata biasa (goggle). radiasi. dan yang terpenting kerja sama yang baik. Oleh karena itu diperlukan peralatan penunjang keselamatan diri bagi para praktikan sebelum melakukan praktik atau analisis kimia sehingga setiap peralatan yang dikenakan harus mampu memperoteksi si pemakainya.menantang. kimiawan seluruh dunia bekerja dilaboratorium dengan bahan kimia berbahaya. Namun. Perlindungan mata Proteksi mata merupakan persyaratan yang mutlak yang harus dikenakan oleh pemakai dikala bekerja dengan bahan kimia. pelindung wajah. dan biohazard.. seperti penggunaan sinar UV atau gamma. Hal ini dimaksud untuk melindungi mata dan wajah dari kecelakaan sebagai akibat dari tumpahan bahan kimia. Jenis-Jenis alat perlindungan diri dalam laboratorium adalah sebagai berikut.S National Research Council telah memberikan panduan kepada laboratorium tentang praktik yang selamat dan aman dalam menangani dan menyimpan bahan kimia berbahaya. Jika kegiatan kita berhubungan dengan radiasi atau bahan kimia radioaktif. Kemajuan pada prosedur keselamatan dan keamanan yang baik pada akhirnya akan berpengaruh pada peningkatan produktivitas. kita lebih aman menggunakan pelindung mata spesial. uap kimia. 1. rintangan dan kendala bisa diatasi dengan mudah. Tugas Matakuliah Kimia Analitik Kelompok II . Tiap hari. yaitu gabungan antara goggle dan masker. kurangnya pemahaman prosedur keselamatan dan keamanan. seperti asam-asam kuat. Jika kita hendak menuang reagen kimia berbahaya.

Ada beberapa jenis perlindungan bahan yang dapat digunakan di laboratorium. Untuk beberapa eksperimen laboratorium biasa. Perlindungan Badan Baju yang dikenakan selama bekerja di laboratorium. Untuk apron yang Tugas Matakuliah Kimia Analitik Kelompok II . Jas laboratorium merupakan pelindung badan dari tumpahan bahan kimia dan api sebelum mengenai kulit pemakainya. Gambar. dan Jumpsuit. Apron. Jika jas laboratorium terkontaminasi oleh tumpahan bahan kimia.2. Jas laboratorium dikenal oleh masyarakat pengguna bahan kimia ini terbuat dari katun dan bahan sintetik. merupakan suatu perlengkapan yang wajib dikenakan sebelum memasuki laboratorium. lepaslah jas secepatnya. Jas Laboratorium - Perlindungan badan lainnya adalah Apron. Pemilihan penggunaan dari alat ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita di laboratorium. Hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan jas laboratorium yaitu kancing jas laboratorium tidak boleh dikenakan dalam kondisi tidak terpasang dan ukuran dari jas laboratorium pas dengan ukuran badan pemakainya. Apron digunakan untuk memproteksi diri dari cairan yang bersifat korosif dan mengiritasi. ada jas laboratorium biasa. yang berbentuk seperti celemek terbuat dari karet atau plastik. cukup mengenakan jas laboratorium berlengan panjang yang terbuat dari bahan tidak mudah meleleh (disarankan dari katun atau campuran poliester dan katun).

Gambar Apron Gambar Jumpsuit 3. - Jumpsuit juga merupakan alat perlindungan diri yang dapat melindungi tubuh kita saat bekerja di laboratorium. dan radiasi. Sarung tangan menjadi Tugas Matakuliah Kimia Analitik Kelompok II . panas.terbuat dari plastik. Jumpsuits atau dikenal dengan sebutan baju parasut ini direkomendasikan untuk dipakai pada kondisi beresiko tinggi. uap lembab. Bahan dari peralatan perlindungan badan ini harusslah mampu memberi perlindungan kepada pekerja laboratorium dari percikan bahan kimia. dingin. karena apron jenis ini dapat mengakumulasi loncatan listrik statis. Alat Perlindungan Tangan Kontak pada kulit tangan merupakan permasalahan yang sangat penting apabila terpapar bahan kimia yang korosif dan beracun. bahwa tidak dikenakan pada area larutan yang mudah terbakar dan bahan-bahan kimia yang dapat terbakar yang dipicu oleh elektrik statis.

Berikut ini adalah jenis-jenis sarung tangan dengan penggunaan yang tidak terbatas hanya untuk melindungi dari bahan kimia. Tugas Matakuliah Kimia Analitik Kelompok II . Sarung metal mesh tahan terhadap ujung yang lancip dan menjaga terpotong. Jenis karet yang digunakan pada sarung tangan. penting untuk memberi perhatian ekstra antara sarung tangan pelindung dengan sifat alami pekerjaan yang akan dilakukan. kulit dan pengisolasi (asbestos) untuk temperatur tinggi. Semua jenis sarung tangan tersebut dipilih berdasarkan bahan kimia yang akan ditangani. Sarung tangan yang terbuat dari kulit ini akan melindungi tangan dari permukaan kasar. terbuat dari bahan karet. Karena sarung tangan jenis tertentu dapat hancur jika bersentuhan dengan bahan pelarut. sarung tangan juga dapat memberi perlindungan dari peralatan gelas yang pecan atau rusak. Sebelum penggunaan. lakukan pemeriksaan untuk memastikan sarung tangan (terutama sarung tangan lateks) ada dalam kondisi yang baik dan bebas dari lubang. Jenis sarung tangan yang sering dipakai di laboratorium. nitril. neoprene. permukaan benda yang kasar atau tajam. Jenis-Jenis Safety Glove antara lain : Sarung Tangan Metal Mesh. dan PVC (Polivinil klorida). - Sarung Tangan Kulit. dan material yang panas atau dingin. diantaranya. diantaranya adalah karet butil atau alam.solusi tidak hanya melindungi tangan terhadap karakteristik bahaya bahan kimia tersebut. Sarung tangan harus secara periodik diganti berdasarkan frekuensi pemakaian dan permeabilitas bahan kimia yang ditangani. dan kebocoran.

kotoran dan vibrasi. pecahan gelas.- Sarung tangan Vinyl dan neoprene. melindungi saat bekerja disekitar arus listrik karena karet merupakan isolator (bukan penghantar listrik). mencegah terkena panas dan api. melindungi tangan terhadap bahan kimia beracun. Tugas Matakuliah Kimia Analitik Kelompok II . - Sarung tangan Padded Cloth. - Sarung tangan karet. melindungi tangan dari ujung yang tajam. - Sarung tangan Heat resistant.

- Sarung tangan lead lined. Alat Perlindungan Pernapasan Kontaminasi bahan kimia yang paling sering masuk ke dalam tubuh manusia adalah lewat pernafasan. atau yang lebih dikenal dengan sebutan masker. Menurut Drs. 4. melindungi tangan dari Germ dan bakteri. Oleh karena itu. ada empat jenis masker. yaitu: Tugas Matakuliah Kimia Analitik Kelompok II . uap dan gas yang dapat membahayakan pernafasan. Banyak sekali partikel-partikel udara. debu. Daryanto (2003). sarung tangan ini hanya untuk sekali pakai. digunakan untuk melindungi tangan dari sumber radiasi.- Sarung tangan Latex Disposable. Laboratorium merupakan salah satu tempat kerja dengan bahan kimia yang memberikan efek kontaminasi tersebut. para pekerjanya harus memakai perlindungan pernafasan.

masker ini berguna untuk melindungi pernafasan dari serbukserbuk logam. masker ini dapat menyaring debu atau benda sampai ukuran 0. - Masker bertabung.- Masker penyaring debu. udara disaring permukaan kertas yang berserat sehingga partikel-partikel halus yang terkandung dalam udara tidak masuk ke saluran pernafasan. Bila kita sulit bernafas waktu memakai alat ini maka hidungnya harus diganti karena filternya tersumbat oleh debu. masker ini digunakan untuk menyerap partikel-pertikel berbahaya dari udara agar tidak masuk ke jalur pernafasan. penginderaan. Masker ini sangat tepat digunakan untuk melindungi pernafasan dari gas tertentu. - Masker kertas. Kelebihan dari masker kertas ini adalah bahannya terbuat dari kertas yang lembut berwarna putih. Bermacam-macam tabungnya tertulis untuk macam-macam gas yang sesuai dengan jenis masker yang digunakan.5 mikron. masker bertabung mempunyai filter yang baik daripada masker berhidung. ukurannya sebesar lingkar Tugas Matakuliah Kimia Analitik Kelompok II . atau serbuk kasar lainnya. Pada penggunaan masker kertas. Masker berhidung.

bahan-bahan berat. goncangan elektrik. Ukuran masker ini sama dengan masker kertas. masker ini digunakan untuk menyerap partikel-partikel berbahaya dari udara agar tidak masuk jalur pernafasan. Alat Perlindungan Kaki Perlindungan Kaki dirancang untuk mencegah luka-luka dari bahan kimia bersifat menghancurkan. Karena alasan inilah. fungsi penyaring udara terletak pada sebuah tabung kecil yang diletakkan di dekat rongga hidung. bagian yang paling rentan pada badan adalah kaki. 5. - Masker plastik. Di dalam tabung ini diisikan semacam obat yang berfungsi sebagai penawar racun. berbahan kimia atau objek berat jatuh ke lantai. sepatu yang dengan sepenuhnya menutup dan Tugas Matakuliah Kimia Analitik Kelompok II . seperti misalnya memberi daya tarik pada lantai basah. tetapi tidak bisa menyaring udara.mulut orang dewasa dan cara memakainya diikat dengan tali karet ke bagian belakang kepala. tetapi ada lubang-lubang kecil dipermukaannya untuk aliran udara. Jika suatu objek bersifat korosif.

pilihlah sepatu kokoh yang menutupi seluruh kaki. dan lain-lain). Tugas Matakuliah Kimia Analitik Kelompok II . - Sepatu treated. menggunakan perkakas bertenaga besar. melindungi dari luka-luka disebabkan oleh dampak dari objek apapun selama aktivitas kerja (misal: pengangkatan bahan yang berat.melindungi kaki direkomendasikan. buka alas kaki seketika. Sepatu keselamatan (steel-toed). melindungi dari goncangan elektris. Ketika memilih alas kaki untuk laboratorium. Hal ini akan menyediakan perlindungan terbaik. Jika bahan kimia tumpah di atas sepatu pabrik. sepatu boot karet atau tutup sepatu plastik melindungi dari bahan kimia bersifat menghancurkan. Sepatu buatan pabrik beberapa diantaranya bersifat menyerap cairan. - Sepatu Insulated. Jenis jenis alas kaki yang direkomendasikan untuk Alat Perlidungan Diri (APD) adalah sebagai berikut.

TAMBAHAN 1. Bahaya yang ditimbulkan oleh mikroba. ledakan atau kebakaran yang terjadi di lab umumnya disebabkan oleh bahan-bahan kimia atau alat-alat yang di gunakan pada waktu melakukan percobaan 5. beberapa jenis mikroba terutama bakteri patogen (penyebab penyakit) harus diperlakukan secara hati-hati. Keracunan. Bahaya yang ditimbulkan oleh hewan semua hewan harus di perlakukan secara hati-hati karena akan memungkinkan terjadinya infeksi. Bahaya listrik. Luka. keracunan adalah masuknya benda-benda yang beracun ke dalam tubuh. bahaya listrik diakibatkan oleh aliran listrik yang bertegangan tinggi yang berasal dari PLN atau alat-alat yang dapat menghasilkan tegangan listrik misalnya generator 6. Biasanya yang sering terjadi adalah terisapnya uap beracun atau terserapnya cairan melalui kulit 4. Sikap hati-hati itu di perlukan Karena mikroorganisme patogen menyebabkan penyakit Tugas Matakuliah Kimia Analitik Kelompok II . Percikan zat. Ledakan atau kebakaran. luka bakar. Percikan zat dalam jumlah banyak atau sedikit yang mengenai badan atau pakaian perlu mendapat perhatian karena beberapa jenis zat kimia dapat merusak kulit atau pakaian 2. atau tersinggung benda panas 3. Kecelakaan-kecelakaan di Laboratorium Beberapa contoh kecelakaan yang dapat terjadi akibat alat dan bahan yang digunakan tidak hati-hati dalam kegiatan laboratorium adalah sebagai berikut: 1. Beberapa jenis mamalia dapat menularkan penyakit pada manusia 7. luka yang sering terjadi umumnya disebabkan oleh benda tajam .

Tugas Matakuliah Kimia Analitik Kelompok II .

Stephen K. Asumsikan bahwa semua bahan kimia yang ada di laboratorium berpotensi beracun. 2001. Git feffag GmbH. Robert J.2.. Tugas Matakuliah Kimia Analitik Kelompok II . 2001. Selama memungkinkan. CRC Press. Rencanakan semua eksperimen sebelumnya dan patuhi prosedur lembaga tentang keselamatan dan keamanan selama perencanaan. Pertimbangkan tingkat kemudahbakaran. Cara Meningkatkan Keselamatan dan Keamanan Kimia Budaya keselamatan laboratorium sangat tergantung pada kebiasaan kerja masing-masing kimiawan dan rasa kerja tim untuk melindungi diri mereka sendiri. 1994. Inc. minimalkan operasi laboratorium kimia untuk mengurangi bahaya dan limbah. korosivitas. Hall. 5. Pelajari dan patuhi semua prosedur lembaga terkait keselamatan dan keamanan. Oxford University Press. Chemical Safety in the Laboratory. dan komunitas dan lingkungan yang lebih besar. 2. Pimpinan lembaga mensyaratkan agar pegawai laboratorium mengambil langkah-langkah berikut ini untuk meningkatkan budaya keselamatan dan keamanan di fasilitas kerja: 1. 3. Alaimo. 4. dan daya ledak bahan kimia dan kombinasinya jika melakukan operasi laboratorium. rekan kerja. American Chemical Society. Handbook of Chemical Health and Safety. Daftar Rujukan Merck KGaA. Fundamentals of Laboratory Safety.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful