You are on page 1of 3

SEJARAH PAKIS

PMPATD PAKIS RESCUE TEAM dibentuk pada 10 April 2005 tepatnya di Pulau Tegal. Awal didirikan PMPATD PAKIS RESCUE TEAM tidaklah bernama seperti yang dikenal saat ini melainkan dikenal dengan hanya dengan nama PAKIS (Pecinta Alam Kedokteran Indonesia Satu).

Pendiri PAKIS di kala itu adalah sepuluh mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung yang memiliki kecintaan begitu besar terhadap alam dan kegiatan-kegiatan

kepecintaalaman. Keduabelas mahasiswa tersebut yakni 1. Gindo; 2. Iswandi Darwis; 3. Johan Salim; 4. Muh. Arif Dwi; 5. Alma’aris; 6. Robby P.S.; 7. Adhi Ageng Wibowo; 8. Rifandi Suryaman Djayasinga; 9. Ukhron Nofansyah; dan 10. Adam Riza Kusuma.

Janji yang mereka ucapkan bersama di Pulau Tegal adalah akan menjadikan PAKIS, organisasi yang mereka bentuk menjadi lembaga kemahasiswaan di Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas MIPA Universitas Lampung. Setelah berdiri, PAKIS tidak hanya dimiliki kesepuluh pendirinya melainkan pula turut dikembangkan oleh Pramono Satrio Wibowo, Sulung Mulia Putra, dan Exsa Hadibrata yang bergabung menjadi anggota.

Namun setelah terbentuk menjadi PMPATD PAKIS Rescue Team. Pada awalnya terjadi pro dan kontra karena ingin membangun TBM. Johan Salim berangkat mengikuti perkumpulan PTBMMKI (Perhimpunan Tim Bantuan Medis Mahasiswa Kedokteran Indonesia). ketua PAKIS pertama saat masih sebagai organisasi Pencinta Alam yaitu Alma’aris. anggota PMPATD PAKIS Rescue Team sekitar 80-an orang yang terdiri dari angkatan 2004-2005. Di situ ADART dan lambang PAKIS dibuat. Di musyawarah besar itu pulalah mulai dibentuk berbagai divisi yaitu divisi Pencinta Alam. Di tahun 2006. terbentuk Badan Eksekutif Mahasiswa Persiapan Fakultas Kedokteran. Setelah Johan kembali ke Lampung dari pertemuan PTBMMKI. PMPATD PAKIS Rescue Team yang secara resmi terbentuk di tahun 2006 sampai sekarang masih teguh bergerak di bidang kepencintaalaman dan ketanggapdaruratan dalam hal ini sebagai tim bantuan medis. beliau membawa informasi tersebut bahwa TBM harus terbentuk di PAKIS. Pendidikan dan Pelatihan.Kegiatan PAKIS pun mulai berkembang seperti naik gunung. Namun berdasarkan diskusi yang sulit akhirnya tetap di tahun 2006 terbentuklah PMPATD (Perhimpunan Mahasiswa Pencinta Alam Tanggap Darurat) PAKIS Rescue Team. PAKIS mendapat rekomendasi dari PTBMMKI untuk membentuk UKM dalam bidang Tim Bantuan Medis. Di perkumpulan itulah. Organisasi. Sebelumnya. Saat pertama berdiri sebagai UKM. dan Tindakan Medis. diadakan musyawarah besar pertama kali dan terpilihlah Johan Salim sebagai ketua umum pertama sejak terbentuknya TBM. mengikuti forum Pencinta Alam Universitas Lampung karena memang di awal berdirinya belum menjadi organisasi yang diakui oleh program studi. Kegiatan naik . saat itu barulah PAKIS dijadikan sebagai Unit Kegiatan Mahasiwa. Kemudian di bulan Mei 2006. salah satu pendiri PAKIS. Saat itu Pakis masih berdiri sebagai organisasi Pencinta Alam dan belum ada Tim Bantuan Medis.

pelatihan dan pendidikan dasar masih tetap dipertahankan di organisasi ini. .gunung bersama.