You are on page 1of 13

Alat Pemindahan dan Pemampatan Gas

Di dalam industry banyak sekali menggunakan proses pemindahan dan pemampatan gas. Bila pemindahan itu dimaksudkan untuk membuat tekanan menjadi lebih rendah dari tekanan udara, maka peralatannya disebut pompa vakum. Kalau tekanannya menjadi lebih tinggi, maka di gunakan fan, blower, atau kompresor. Peralatan tersebut dibedakan menjadi: 1. fan 2. blower 3. kompresor 4. ejektor jet 1. Fan Fan kebanyakan di gunakan untuk ventilator industri. Berdasarkan balingbalingnya fan dibedakan menjadi: 1. Straight-blade, or steel-plate, fan. 2. Forward-curved blade, or “scirocco”-type, fan. 3. Backward-curved-blade fan. Prinsip kerja dari fan

Baling-baling pada fan berputar dan akan menghasilkan perbedaan tekanan yang mengakibatkan terhisapnya gas. Gas akan mengikuti arah baling-baling dan keluar akibat dorongan dari baling-baling.

Bekerjanya fan tergantung pada faktor kondisi.5 lbf/in²). seperti suhu. dan kerapatan gas. Data kerja fan biasanya diberikan lengkap oleh pabrik pembuatnya. Blower Untuk tekanan sampai dengan10. Rotary blower dibedakan 3 macam: • Blower tipe lobe • Blower tipe keping geser • Blower tipe piston cairan Sentrifugal blower Cara kerja hampir sama dengan pompa sentrifugal. Umumnya dibandingkan terhadap kondisi standar misalnya suhu 25 oC pada tekanan 75 cmHg dengan kelembapan 50%.32 kPa(1. kecepatan. hanya bentuk impelernya agak berbeda. Blower meliputi 2 golongan: • • Rotary blower Sentrifugal blower Rotary blower adalah blower yang tiapputaranmenglirkan volume gas tetap. 2. .

Disini tenaga . Ejektor baik sekali untuk gas yang bersifat korosif. yang tidak memungkinkan untuk dipindahkan menggunakan pompa sentrifugal.Cara kerja blower Gas masuk dari saluran pemasuk A. atau membuat ruangan itu hampa.keruang pemasuk B. 3. kemudian keruang antar baling-baling. dan kurang bersifat korosi • Bagian-bagian yang bersinggungan dengan gas tadi lebih sedikit sehingga dapat dibuat dari bahan tahan karat. Alat ini berbentuk semacam jet. Tapi konstruksinya sederhana serta pemeliharaannya mudah. Selanjutnya fluida campuran tadi melalui saluran yang menyempit kemudian membesar lagi. dan gas akan keluar ke ruang D.maka campuran lebih encer. dan gas yang tidak ikut keluarakan ikut terbawa baling-baling untuk di bawa keluar lagi. dan menggunakan fluida kedua sebagai fluida pembawa. Ejektor Untuk mengeluarkan gas dari suatu ruangan. Cara kerja ejektor Uap pembawa keluar dari lubang kecil(nozle) N dengan kecepatan tinggi dan bercampur dengan gas yang akan di keluarkan . Kebaikan ejektor: • Dengan adanya fluida pembawa. Efisiensi ejektor sangat rendah dan kehampaan yang ditimbulkan tidak terlalu rendah. biasanya air atauuap.dan di putar oleh baling-baling keruang C.

pompa pengangkutan gas di bedakan menjadi: Pompa pendesak: Prinsip sama seperti pompa torak .pengeluar P.kinetik di ubah menjadi tenaga tekanan sehingga dapat keluar melalui saluran. Perbedaan yang mencolok antara pompa dan kompresor adalah kompresor biasanya diselubungi ruang pendingin. atau diesel. dll Klasifikasi: • Kompresor bolak-balik • Kompresor sentrifugal Kompresor bolak-balik dilengkapi dengan penggerak mesin uap. Menurut prinsip kerjanya . karena bila gas dimampatkan akan terjadi panas yang cukup tinggi. 4. motorlistrik. Kompresesor Alat untuk membuat tekanan gas dalam ruang lebih tinggi dari tekananudara luar Aplikasi: pada pemompaan ban. Cara kerja dan konstruksinya hampir sama dengan pompa bolak balik. dengan demikian ruang R menjadi hampa dan dapat menarik fluida dari pemasuk M.

yang di jalankan secara eksentrik. Pompa torak  Pompa torak putar  Pompa torak dengan baling-baling putar  Pompa cincin cairan  Pompa torak gelinding  Pompa sekrup  Pompa sentrifugal Prinsip sama seperti pompa cairan  Pompa turbo  Ventilator Pompa torak Prinsip kerjanya sama dengan pompa torak untuk cairan. Kegunaan: Sering dimanfaatkan sebagai kompresor torak untuk pembangkitan gas bertekanan (misalnya udara bertekanan) Pompa torak putar Prinsip: Dalam rumah pompa yang berbentuk silinder meluncur torak pendesak. sepanjang dinding rumah. Torak disambung dengan .

Sebagai pompa torak putar vakum untuk pembuatan vakum halus Pompa torak dengan baling-baling Prinsipnya: Dalam rumah yang berbentuk silinder berputar rotor yang diletakkan ekstentrik dan mempunyai pendorong yang ikut berputar. Penggunaannya: Untuk pembangkitan vakum halus .pendorong berongga yang dapat berayun di dalam rumah. Pendorong ini memisahkan ruang kerja yang berbentuk sabit menjadi sisi penghisap dan sisi tekanan (dengan katup tekan) Penggunaannya: . Pendorong memisahkan ruang kerja selsel yang berbentuk sabit.

Di bagian ini. Melalui cairan yang ikut berputar terbentuk ruang berbentuk sabit. gas kompresi dikeluarkan Penggunaan:  Biasanya digunakan bersama dengan pompa awal (biasanya pompa cincin air atau pompa baling-baling berputar). Ruangan ini terbagi menjadi sel-sel yang selalu berubah menjadi besar dan kecil. kemudian diangkut kesisi bertekanan. Penggunaan: .Untuk pembangkitan vakum kasar (misalnya untuk instalasi pengeringan dan destilasi) .  Digunakan untuk pembangkitan gas bertekanan yang bebas minyak dengan tekanan yang tidak tinggi .Sering digunakan sebagai kompresor cincin cair untuk tekanan yang tidak terlalu tinggi Pompa torak gelinding Prinsip kerja nay adalah 2 rotor berbentuk angka 8 menggelinding dalam rumah tanpa saling bersentuh atau menyentuh dinding pompa. panas yang di timbulkan kecil. Hal ini dimaksudkan agar daya hisap pompa semakin besar.Pompa cincin cairan Prinsipnya kerjanya adalah dalam rumah pompa yang berbentuk silinder berputar paddle wheel yang berpasang eksentrik.Gas yang di angkut dikurung diantara rotor dan rumah. Rotor bergerak dengan frekuensi putaran yang tinggi .

tanpa saling bersentuhan atau menyentuh dinding rumah.Gas yang telah di kompresi dikeluarkan secara aksial atau radial. untuk pembangkitan gas bertekanan yang bebas minyak dengan tekanan tidak terlalu besar Pompa turbo Prinsip kerjanya adalah seperti pompa sentrifugal untuk pengangkutan cairan. Pada putaran selanjutnya gas dikompresi dalam arah aksial dan dikeluarkan pada sisi lainnya Kegunaan: . Selanjutnya kecepatan diperlambat dalam ruangan pompa yang lebih besar dan sebagian dari energi kecepatan diubah menjadi energi tekanan. Gas yang diangkut mengalir pada satu sisi melalui lubang-lubang di antara alur sekrup dan rumah.Pompa Sekrup Prinsip kerjanya adalah 2 rotor berbentuk sekrup berputar dalam arah yang berlawanan dalam rumah pompa. kemudian di lemparkan secara radial. Gas yang masuk secara aksial di percepat oleh roda yang berputar cepat. .Sebagai kompresor sekrup.

Ventilator terutama digunakan untuk ventilasi ruangan. Motor penggerak biasanya ada di dalam atau di luar rumah pompa. Ventilator Prinsip kerja mirip dengan pompa sentrifugal. Pada ventilator sentrifugal. yaitu untuk memindahakan gas .Penggunaan Penghembus turbo atau kompresor turbo. roda di lengkapi dengan sayap lurus atau melengkung pada suatu rumah Gas yang di pindahkan masuk secara aksial dan di keluarkan secara radial melalui tempat yang terdapat dalam rumah pompa Ventilator aksial Gas masuk secara aksial dan dikeluarkan secara aksial juga.

Di dalam ruangan yang lebih besar.Pompa pancar (jet pump) Yang termasuk dalam pompa ini adalah pompa pancar air. pompa pancar uap air dan pompa difusi Gas yang diangkut menjadi terbawa dan mengalami percepatan. sebagian energi percepatan dari campuran di ubah menjadi energi tekanan .

Pompa pancar air bekerja dengan air sebagai bahan pancar . .Pompa pancar uap menggunakan uap sebagai bahan pancar .Penggunaan: .Untuk pembangkitan vakum.Pompa difusi menggunakan uap minyak sebagai bahan pancar .

08 111.40.05 111.Makalah Alat Industri Kimia DisusunOleh : Christian Andrew Elisabeth Kunti Antonio Mario Jeanne Fransiska Anis Putri Dyba 111.40.07 111.06 111.09 JURUSAN TEKNIK KIMIA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI INSTITUT TEKNOLOGI NASIONAL MALANG 2011 .40.40.40.

yang paling efisiensi yang mana? 4. minyak apa yang digunakan? 11. Keefektifan alat berdasarka pada kondisi. contoh minyak dan fit? . kerapatan? 2. Ada salah satu alat yang menggunkan uap minyak. Efisiensi ejektor sangat rendah dalam hal-hal apa? 3. sebutkan kondisi-kondisi tersebut! 9. Uap minyak apa yang digunakan? 10. Dari macam-macam alat industry tadi. Apa hubungan dari faktor-faktor seperti suhu. Apa keefektifan dari 3 macam blower tadi? 5. Apa maksud dari „ejektor untuk gas yang bersifat korosif‟? 8. Faktro-faktor apa yang mempengaruhi blower? 7. Bagaimana pengaplikasian blower tersebut? 6.Daftar Pertanyaan Presentasi: 1.