You are on page 1of 3

44

BAB III KERANGKA KONSEP

A. Kerangka Konsep Sesuai dengan tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan, pengetahuan dan motivasi perawat dengan kompetensi perawat dalam penanganan sindrom gawat nafas neonatus (resusitasi) di ruangan anak RSUD Solok Tahun 2013, maka variabel Independent dalam penelitian ini adalah tingkat pendidikan, pengetahuan, dan motivasi perawat.dan Variabel Dependent dalam penelitian ini adalah kompetensi perawat dalam penanganan sindrom gawat nafas neonatus (resusitasi) di ruangan anak. Penelitian dilakukan dengan cara melakukan pengumpulan data secara langsung terhadap responden berupa kuisioner dan observasi secara langsung ke lapangan serta diolah menggunakan sistem komputer. Adapun susunan kerangka konsep dari penelitian ini dapat dilihat pada gambar kerangka konsep berikut ini :

Variabel Independen

Variabel Dependen

Tingkat Pendidikan

Pengetahuan

Kompetensi Perawat dalam Penanganan Sindrom Gawat Nafas Neonatus (resusitasi) di ruangan anak RSUD Solok

Motivasi

44

Suatu Kuesioner Wawancara Ordinal dorongan dari dalam seseorang untuk mengambil suatu sikap dan keputusan dalam melakukan tindakan terhadap neonatus yang mengalami gawat nafas Rendah apabila Apabila < dari mean Tinggi apabila ≥ dari mean Rendah Apabila < dari mean Tinggi apabila ≥ dari mean . Definisi Operasional 44 Tabel 3.45 B.1 Definisi Operasional No 1 Variabel Independen Tingkat Pendidikan Defenisi Operasional Alat Ukur Cara Ukur Skala ukur Hasil Ukur Rendah< D III Tinggi > D III 2 Pengetahuan 3 Motivasi Pendidikan Kuisioner wawancara Ordinal adalah tingkat pendidikan formal dari responden yang berkaitan dengan pekerjaannya sebagai tenaga perawat Suatu Kuesioner wawancara Ordinal pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap petugas dalam memberikan pelayanan dan tindakan pada neonatus.

46 4 Dependen Kompetensi Perawat dalam Penanganan Sindrom Gawat Nafas Neonatus Suatu kemampuan yang dimiliki oleh tenaga kesehatan yang memiliki kualitas yang baik dan keterampilan dalam penanganan pada neonatus yang mengalami gawat nafas Cheklis Observasi Ordinal Belum Kompeten bila tidak sesuai SOP Kompeten bila sesuai SOP C. Ada hubungan motivasi dengan kompetensi perawat dalam penanganan sindrom gawat nafas neonates (resusitasi) diruangan Tahun 2013 anak RSUD Solok . Hipotesa Penelitian 1. Ada hubungan tingkat pendidikan dengan kompetensi perawat dalam penanganan sindrom gawat nafas neonates (resusitasi) diruangan anak RSUD Solok Tahun 2013 2. Ada hubungan pengetahuan dengan kompetensi perawat dalam penanganan sindrom gawat nafas neonates (resusitasi) diruangan anak RSUD Solok Tahun 2013 3.