You are on page 1of 13

PIROGEN

PYROGEN BERASAL DARI KATA PYRO = KEADAAN ATAU BENTUK YANG BERHUBUNGAN DENGAN PANAS, GEN = MENGHASILKAN

PIROGEN : SUATU PRODUK MIKROORGANISME, TERUTAMA BAKTERI GRAM NEGATIF DAN DAPAT BERUPA ENDOTOKSIN DARI BAKTERI INI. ENDOTOKSIN INI TERDIRI ATAS SENYAWA KOMPLEKS YANG MERUPAKAN SUATU SENYAWA LIPOPOLISAKARIDA

AIR UNTUK INJEKSI LARUTAN INFUS ANTIBIOTIKA GARAM ASAM ORGANIK PRODUK-PRODUK HEWANI : CHORIONIC GONADOTROPIN. PRODUK-PRODUK DARAH . YANG DIBERIKAN I. 5. 2. GELATIN DAN HEPARIN 6. INULIN. 4.V UNTUK MAKSUD DIAGNOSTIK. INDIGOCARMIN 7. HUMAN ALBUMIN . OBAT TETES DAN SUBSTAN LAIN.SUBSTAN DAN PREPARAT YANG HARUS BEBAS PIROGEN : 1. 3.

1923 SEIBERT MEMBEUKTIKAN BAHWA PIROGEN ADALAH SUBSTANCE YANG BERSIFAT : •TIDAK TERSARING •THERSTABIL •NON VOLATILE SUMBER PIROGEN : PELARUT OBAT SUNTIK OBAT ITU SENDIRI PERALATAN CARA PENYIMPANAN .

BIASANYA DIBERIKAN INTRAVENA. INI DISEBABKAN KARENA : 1. INJEKSI VOLUME BESAR AKAN MENGANDUNG PIROGEN YANG BANYAK PULA 2.ADANYA PIROGEN DALAM LARUTAN INJEKSI BISA MENJADI HAL SERIUS JIKA OBAT SUNTIK DALAM JUMLAH BESAR (MISAL INFUS). LARUTAN INFUS (INJEKSI VOLUME BESAR) HARUS BEBAS PIROGEN. BPC MENSYARATKAN VOLUME OBAT SUNTIK YANG LEBIH BESAR DARI 10 ML HARUS BEBAS PIROGEN . INJEKSI VOLUME BESAR . AKIBATNYA PIROGEN AKAN MEMBERIKAN EFEK YANG CEPAT 3. BILA TERJADIKENAIKAN TEMPERATUS TUBUH BISA BERAKIBAT FATAL. PASIEN YANG MENERIMA CAIRAN INFUS INI BIASANYA PASIEN GAWAT. OLEH KARENA ITU.

UKURAN UMUMNYA 1 -50 MIKRON. TIDAK DIPENGARUHI OLEH BAKTERISIDA YANG BIASA 4. LARUT DALAM AIR.000 DA 6. YANG DAPAT DITENTUKAN SECARA DIALISA .000 – 4. THERMOSTABIL. TIDAK DAPAT DIHILANGKAN DENGAN PENYARING BAKTERI 3. YANG DIGUNKAKAN UNTUK PROSES STERILISASI (> 200 O C) 2.000.SIFAR SIFAT PIROGEN : 1. BERAT MOLEKUL ANTARA 15. UNTUK MENGHANCURKAN PIROGEN DIBUTUHKAN TEMPERATUR YANG LEBIH TINGGI DARI TEMPERATUR BIASA. TIDAK MENGUAP 5.

2. 4. DENGAN FOTOKOLORIMETRI POLAROGRAFI ELEKTROFORESA SPEKTROFOTOMETRI .PENENTUAN PIROGEN PENENTUAN KWANTITATIF PIROGEN SECARA FISIKO KIMIA : 1. 3.

KELINCI YANG DIGUNAKAN. ALAT : TERMOMETER DENGAN KETELITIAN 0. KARENA KELINCI ADALAH HEWAN YANG SANGAT PEKA TERHADAP PIROGEN PRINSIP : MENGUKUR KENAIKAN TEMPERATUR TUBUH KELINCI. HARUSLAH SELAMA SEMINGGU SEBELUM PENGUJIAN TIDAK MENUNJUKKAN PENURUNAN BERAT BADAN.PENENTUAN SECARA KWALITATIF SECARA BIOLOGIS : PENGUKURAN TEMPERATUR BADDAN HEWAN PERCOBAAN : HEWAN PERCOBAAN YANG DIGUNAKAN : KELINCI .1 DERAJAT DAN DAPAT DIMASUKKAN KE DALAM DUBUR SEDALAM LEBIH KURANG 5 CM. PENGUKURAN TEMPERATUS TUBUH DILAKUKAN PADA DAERAH DUBUR. . BILA DIINJEKSIKAN DENGAN LARUTAN OBAT SUNTIK YANG MENGANDUNG PIROGEN SECARA INTRAVENA DITELINGA KELINCI .

STERIL BEBES PIROGEN .SEDIAAN UJI : ZAT UJI DILARUTKAN ATAU DIENCERKAN DENGAN LARUTAN NATRIUM KLORIDA P.

.

PERHITUNGAN SEL DARAH PUTIH INJEKSI LARUTAN OBAT SUNTIK YANG MENGANDUNG PIROGEN PADA PEMBULUH DARAH BALIK KELINCI AKAN MENYEBABKAN TERJADINYA PERUBAHAN SEL-SEL DARAH PUTIH. EX. PENURUNAN LIMFOSIT DAN MENAIKAN NETROFIL. TEST LIMULUS PRINSIP : LYMULUS AMOBOCYTES LYSATE YANG BERUPA EKSTRAK CAIR SELSEL DARAH KEPITING LADAM KUDA (LIMULUS POLYPHEMUS) AKAN MENGGUMPAL (MEMBENTUK GEL) DENGAN ADANYA PIROGEN .

. BAGIAN LIPID A DARI MOLEKUL ENDOTOKSIN DAPAT BEREKSI MENJADI PENGGUMPALAN (GEL)DENGAN LIMULUS LYSATE . METODE LAL SANGAT SENSITIF DAN AKURAT UNTUK PENGUJIAN PIROGEN SECARA KWALITATIF .CAIRAAN LIMFA DAN DARAH KEPITING INI MENGANDUNG AMOEBOCYTEN (MENGANDUNG PROTEIN YANG DAPAT MENGGUMPAL /PROCOAGULANTIN) = LAL ( LIMULUS AMOBOCYTES LYSATE) BAKTERI GRAM NEGATIF BEREAKSI DENGAN EKSTRAK SEL DARAH KEPITING LIMULUS POLYPHEMUS.

(autoclave) dalam keadaan kering : untuk alat dan bahan yang tahan pemanasan : selama 30 menit 250 derajat. 2 jam 200 derajat. Dilakukan penyulingan bertingkat.Penghilangan Pirogen Ada beberapa metode untuk menghilangkan pirogen : 1. suhu 120 derajat. atau dengan bubuk pemutih . Pada saat penyulingan dapat ditambahkan bahan kimia dan absorbensia ex. Cara pemanasan larutan : waktu dibutuhkan 6-8 jam. . 30 menit – 1 jam suhu 140 derajat. Cara Penyulingan : biasanya digunakan untuk membebaskan pirogen dari air. 0.5 % KMnO4. 2. dengan alat destilasi tertutup.

Pirogen dapat diserap secara kimia dan fisika.1 – 0. Bentuk saringan : asbes aktif dan norit aktif (0. asbes aktif (1 %) .3. Cara Penyerapan pirogen dapat dihilangkan dg cara adsorpsi dengan menggunakan f ilter asbes aktif atau karbon aktif.3 %) Bentuk bubuk : carbo adsorben.