BAB I PENDAHULUAN

Perencanaan kinerja (performance planning) merupakan suatu hal yang penting bagi terselenggaranya manajemen kinerja (performance management) yang baik. Untuk

tujuan ini, perencanaan kinerja menjadi suatu hal yang cukup kritikal yang harus dijadikan fokus perhatian oleh manajemen. Hal ini terutama berlaku bagi para manajer public yang memperoleh amanah dari dewan perwakilan rakyat atau dari pejabat public yang lebih tinggi. Sebagai bagian dari manajemen kinerja, kedudukan perencanaan kinerja menjadi suatu issue yang strategis yang harus diperhatikan dan dipecahkan oleh pimpinan instansi sebagai manajer dan pemimpin yang mengarahkan instansinya kepada arah pelaksanaan misi dan pencapaian visi organisasi. M enurut SK Kepala LAN Nomor 239/IX/6/8/2003 tentang Perbaikan Pedoman Penyusunan Pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Perencanaan Kinerja merupakan proses penyusunan rencana kinerja (renja) sebagai penjabaran dari sasaran dan program yang telah ditetapkan dalam rencana strategis yang akan dilaksanakan oleh instansi pemerintah melalui berbagai kegiatan tahunan. Didalam rencana kinerja ditetapkan rencana capaian kinerja tahunan untuk seluruh indicator kinerja yang ada pada tingkat sasaran dan kegiatan. Penyusunan rencana kinerja dilakukan seiring dengan agenda penyusunan dan kebijakan anggaran, serta merupakan komitmen bagi instansi untuk mencapainya dalam tahun tertentu. Rencana Kinerja Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2011 merupakan rencana tahun kedua pelaksanaan pembangunan sebagai penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka M enengah (RPJM ) Kota Probolinggo 2010 - 2014. Rencana Kinerja Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2011 berisi kebijakan pembangunan baik yang terkait dengan kebijakan APBD maupun yang diarahkan untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam

pembangunan. Rencana Kinerja berisi sasaran kegiatan dan target kinerja tahunan yang dikomitmenkan dalam tahun 2011.

________________________________________________________________________________ 1
Rencana Kinerja Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2011

Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan. berbudaya. Visi yang tepat bagi masa depan suatu daerah akan mampu menjadi akselerator kinerja bagi daerah tersebut. demokratis dan agamis yang didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan berakhlak mulia. Dengan memperhatikan pengertian visi dan melalui pendekatan membangun visi bersama serta didasarkan pada karakteristik spesifik yang dimiliki oleh Kota Probolinggo. mandiri. disusun bersama sekaligus diupayakan perwujudannya secara bersama. Penetapan visi sebagai bagian dari proses perencanaan pembangunan merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan pemerintah daerah. pasal 1 ayat 12. Salah satu unsur dalam tahapan tersebut adalah penetapan misi daerah.2014 sebagai berikut : 1. M ewujudkan masyarakat Kota Probolinggo yang berdaya.BAB II VIS I DAN MIS I Berdasarkan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. berkeadilan dan berwawasan lingkungan. Dalam rangka mewujudkan visi-nya maka ditetapkan misi Kota Probolinggo tahun 2010 . Pada hakikatnya membentuk visi daerah adalah menggali gambaran bersama tentang masa depan ideal yang hendak diwujudkan. Visi adalah mental model masa depan. maka ditetapkan visi Kota Probolinggo Tahun 2010 .2014 yakni : “ TERWUJUDNYA KESEJAHTERAAN MASY ARAKAT KOTA PROBOLINGGO MELALUI PERCEPATAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN DAN PENGANGGURAN BERBASIS INVESTASI PRODUKTIF DAN BERKESINAMBUNGAN ” Setiap daerah harus memastikan agar visi yang telah ditetapkan bersama dapat diupayakan perwujudannya. Untuk kepentingan itu harus disusun suatu tahapan yang secara umum akan terbagi kedalam dua tahapan yakni apa yang hendak dicapai dan bagaimana upaya untuk mencapainya. sehingga visi menjadi milik bersama yang diyakini oleh seluruh elemen masyarakat. M ewujudkan kesejahteraan masyarakat seutuhnya melalui pertumbuhan ekonomi yang merata. dengan demikian visi harus digali bersama. ________________________________________________________________________________ 2 Rencana Kinerja Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2011 . 2.

4. ________________________________________________________________________________ 3 Rencana Kinerja Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2011 . M enegakkan supremasi hukum. Dalam rangka menjalankan misi yang telah ditetapkan maka disusun tujuan dan program . ketentraman dan ketertiban umum yang disertai dengan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan berwibawa berlandaskan prinsip . Pada hakikatnya setiap misi akan tercermin dalam tujuan dan program yang tepat dan sesuai dengan memperhatikan masalah-masalah yang dihadapi dan sasaran-sasaran yang hendak dicapai.prinsip tata pemerintahan yang baik.2014.3. M ewujudkan iklim investasi yang prospektif dan kondusif yang didukung oleh sarana dan prasarana kota yang berkualitas serta pelayanan publik yang prima.program pembangunan Kota Probolinggo Tahun 2010 .

maka diperlukan perumusan sasaran pembangunan daerah.prioritas pembangunan yang berbasis pada kebutuhan riil masyarakat.program pembangunan daerah serta meletakkan prioritas .2 Meningkatnya Tingkat kerukunan pemahaman dan hidup internal umat pengamalan nilai-nilai beragama (%) agama dalam kehidupan masyarakat 100 ________________________________________________________________________________ 4 Rencana Kinerja Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2011 .sasaran yang ditetapkan sepenuhnya mendukung pencapaian tujuan yang terkait. apabila seluruh sasaran yang ditetapkan telah dicapai diharapkan bahwa tujuan terkait juga telah dapat dicapai. Dengan dirumuskannya sasaran. Sasaran .1 Meningkatnya kualitas pelayanan keagamaan bagi seluruh golongan masyarakat Indikator Sasaran Frekuensi pelaksanaan kegiatan-kegiatan keagamaan (%) Target 100 1. M elalui rumusan tujuan juga dapat diketahui secara cermat seberapa besar pengerahan sumber daya daerah yang harus dilakukan baik yang dimiliki secara aktual maupun potensial. demokratis dan agamis yang didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan berakhlak mulia Tuj uan 1.BAB III RENCANA KIN ERJA Dalam rangka mempertajam fokus pelaksanaan program . Sasaran merupakan bagian integral dalam proses perencanaan strategis dan merupakan dasar yang kuat untuk mengendalikan dan memantau pencapaian kinerja Kota Probolinggo serta lebih menjamin suksesnya pelaksanaan rencana jangka panjang yang sifatnya menyeluruh. Meningkatkan kualitas keagamaan guna mewujudkan suasana yang kondusif bagi pengamalan nilainilai keagamaan secara nyata Sasaran 1. Dengan demikian. Berdasarkan maksud tersebut maka tujuan dan sasaran pembangunan Kota Probolinggo yang akan diwujudkan sampai dengan tahun 2014 dirumuskan sebagai berikut: Misi 1 : M ewujudkan masyarakat Kota Probolinggo yang berdaya. maka masyarakat dan pemerintah Kota Probolinggo dapat secara tepat mengetahui apa yang harus dilaksanakan dalam mewujudkan visi dan misinya untuk kurun waktu satu sampai lima tahun ke depan. berbudaya. mandiri.

5 Meningkatnya kualitas perempuan 1) Jumlah organisasi perempuan yang berperan aktif (%) 2) Peningkatan peranan perempuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara (%) 90 90 2.5 2.3 Meningkatnya kualitas sarana dan prasarana ibadah Realisasi penambahan jumlah sarana dan prasarana ibadah keagamaan (%) 1) Angka melek huruf (%) 2) Rata-rata lama se kolah (tahun) 100 2.1.3 Meningkatnya kualitas pemuda 1) Jumlah ormas kepemudaan yang berperan aktif (%) 2) Peningkatan peran dan prestasi generasi muda (%) 90 2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai sumber daya utama pembangunan 2.000 kelahiran hidup (AKI) 3) Balita dengan gizi buruk (%) 4) Usia harapan hidup (tahun) 7 <20 70 90 2.4 Meningkatnya kualitas olahraga 1) Peningkatan prestasi yang dicapai dlm bidang olah raga (%) 2) Meningkatnya pembudayaan olah raga (%) 90 90 2.000 kelahiran hidup (AKB) 2) Angka Kematian Ibu melahirkan per 100.6 Meningkatnya kualitas dan akse sibilitas penyandang masalahmasalah kesejahteraan so sial (PMKS) dan penduduk miskin 1) Proporsi jumlah PMKS terhadap jumlah penduduk (%) 2) Proporsi jumlah KK miskin terhadap banyaknya KK (%) 10 10 ________________________________________________________________________________ 5 Rencana Kinerja Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2011 .1 Meningkatnya kualitas pendidikan masyarakat 95 12 6.2 Meningkatnya kualitas ke sehatan masyarakat 1) Angka Kematian Bayi per 1.

pelaksanaan.monitoring dan evaluasi pembangunan 1) Tingkat partisipasi masyarakat dalam kegiatan Musrenbang (%) 2) Tingkat keterlibatan masyarakat dalam ikut mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan pembangunan (%) 1) Tingkat partisipasi politik masyarakat dalam Pilkada Gubernur (%) 2) Tingkat partisipasi politik masyarakat dalam Pilkada Walikota (%) 3) Tingkat partisipasi politik masyarakat dalam Pemilu Legislatif (%) 4) Tingkat partisipasi politik masyarakat dalam Pemilu Presiden (%) 85 85 3. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam seluruh proses dan tahapan pembangunan 3.1 Meningkatnya partisipasi masyarakat dalam perencanaan.4 Meningkatnya peran serta kelompokkelompok masyarakat dalam pembangunan 85 10 ________________________________________________________________________________ 6 Rencana Kinerja Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2011 .3.2 Meningkatnya partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pendapat dan berpolitik 85 90 80 85 3.3 Meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pelestarian dan pengembangan budaya lokal 1) Jumlah kelompok pelestari budaya lokal yang aktif (%) 2) Tingkat pengembangan budaya lokal (%) 1) Jumlah lembaga swadaya masyarakat yang berperan aktif dalam pembangunan (%) 2) Ratio swadaya masyarakat dalam pembangunan dengan jumlah stimulan dari pemerintah (kali) 80 85 3.

1 Meningkatnya stru ktur pertumbuhan ekonomi perekonomian daerah yang disertai daerah yang lebih dengan pemerataan tangguh berlandaskan 1.2 Meningkatnya nilai tabungan masyarakat PDRB per kapita (Juta/Rupiah/Jiwa) 25.4 Meningkatnya ketahanan pangan daerah Pertumbuhan PDRB atas dasar harga konstan se ktor jasa-jasa (%) 7 Pertumbuhan PDRB atas dasar harga konstan se ktor industri (%) 8 Tingkat ketersediaan beras/pangan (%) Tingkat konsumsi pangan sumber karbohidrat non beras (%) 100 100 2 Meningkatkan 2.607 Rasio tabungan masyarakat dengan nilai investas (kali) 1) Peningkatan jumlah Usaha Ekonomi Produktif (%) 2) Pengembangan volume usaha (%) 1) Kontribusi pemanfaatan sumber daya alam pada PAD (%) 2) Pertumbuhan PDRB atas dasar harga konstan se ktor sumber daya mineral (%) 10 2.3 Meningkatnya kontribusi industri kecil.Misi 2 : Mewujudkan kesejahteraan merata. mikro dan menengah serta koperasi terhadap ke sejahteraan masy.3 Meningkatnya jumlah dan volume usaha kegiatan usaha ekonomi produktif masyarakat 70 100 5 3 Meningkatkan pemanfaatan sumber daya daerah secara lestari dan berwawasan lingkungan 3. berkeadilan masyarakat seutuhnya melalui pertumbuhan ekonomi yang dan berwawasan lingkungan Tuj uan 1 Sasaran 2 Indikator Sasaran 3 Angka pertumbuhan ekonomi daerah (%) Target 4 8 1.2 Meningkatnya kontribusi keunggulan se ktor jasa terhadap kompetitif lokal pertumbuhan ekonomi daerah 1. 1.1 Meningkatnya kemanfatan sumber daya lokal bagi pertumbuhan ekonomi daerah 5 ________________________________________________________________________________ 7 Rencana Kinerja Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2011 .1 Meningkatnya taraf hidup dan pendapatan per kapita derajat kehidupan masyarakat masyarakat 2. Meningkatkan 1.

4 Meningkatnya kontribusi investasi terhadap pertumbuhan ekonomi regional maupun nasional 1) Peningkatan nilai ekspor komoditas unggulan (%) 2) Pertumbuhan PDRB atas dasar harga konstan sektor perdagangan.3 Meningkatnya kontribusi investasi terhadap penurunan kemiskinan 1) Tingkat kesesuaian upah pekerja dengan kebutuhan hidup layak (%) 2) Tingkat daya serap tenaga kerja pada sektor industri. hotel dan restoran (%) 35 9 ________________________________________________________________________________ 8 Rencana Kinerja Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2011 .2 Meningkatnya kualitas lingkungan hidup di perkotaan 1) Indeks standar pencemaran udara (% kategori baik) 2) Penurunan kasus pencemaran lingkungan (%) 80 80 Misi 3 : Mewujudkan iklim investasi yang prospektif dan kondusif yang didukung oleh sarana dan prasarana kota yang berkualitas serta pelayanan publik yang prima.2 Meningkatnya daya serap investasi terhadap tenaga kerja lokal Perluasan lapangan kerja (%) 10 1.1 Meningkatnya nilai investasi dan penanaman modal. Meningkatkan investasi yang produktif dan memberikan manfaat optimal bagi pengurangan kemiskinan dan pengangguran Sasaran 2 1.3. Tuj uan 1 1. perdagangan dan jasa (%) 90 50 1. baik modal dalam negeri maupun modal asing Indikator Sasaran 3 1) Peningkatan jumlah PMA dan PMDN (%) 2) Peningkatan nilai investasi pembangunan daerah (%) Target 4 80 80 1.

2 Meningkatnya kuantitas dan kualitas fasilitas umum kota 2.1 Meningkatnya kualitas sarana dan prasarana perhubungan darat dan laut 1) Prasarana jalan kota dengan kondisi mantap (%) 2) Sarana perhubungan darat dan laut dalam kondisi baik (%) 1) Tingkat kelancaran dan ketertiban arus transportasi kota (%) 2) Tingkat ketersediaan fsilitas umum perkotaan (%) 1) Tingkat kualitas penyediaan air bersih perkotaan (%) 2) Tingkat kualitas penyediaan energi listrik (%) 3) Tingkat kualitas penyediaan fasilitas telekomunikasi (%) 90 90 90 80 2.1 Meningkatnya kualitas pelayanan perijinan investasi 3.2. mobilitas penduduk dan ke sejahteraan warga kota 2.3 Meningkatnya kualitas pelayanan air bersih.2 Meningkatnya produk-produk kebijakan publik yang berpengaruh baik terhadap iklim investasi 1) Tingkat kecepatan dan ketepatan waktu pelayanan perijinan investasi (%) 2) Tingkat komplain terhadap pelayanan perijinan investasi (%) Peningkatan jumlah produk hukum perbaikan iklim investasi (%) 100 5 10 ________________________________________________________________________________ 9 Rencana Kinerja Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2011 . Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana kota guna menunjang kelancaran arus distribusi barang dan jasa. energi dan telekomunikasi 90 100 90 3. Menciptakan pelayanan publik yang prima bagi kondusivitas investasi dan akuntabilitas penyelenggaran pemerintahan daerah 3.

tatalaksana maupun sumber daya aparatur Sasaran 2 1.1 Meningkatnya kualitas dan akuntabilitas manajemen pemerintahan daerah Indikator Sasaran 3 1) Jumlah SKPD yang menerapkan Sistem AKIP dengan predikat baik (%) 2) Jumlah SKPD yang telah dilakukan analisis jabatan (%) 3) Jumlah SKPD yang memiliki jaringan berbasis komputer (LAN) (%) Target 4 100 100 100 1.2 Meningkatnya kualitas SDM aparatur Pemerintah Daerah 1) Jumlah pejabat stru ktural definitif yang telah mengikuti Diklat Kepemimpinan (%) 2) Persentase jumlah aparatur yang telah mengikuti Diklat (%) 3) Tingkat pelanggaran disiplin pegawai (%) 4) Persentase jumlah aparatur yang mendapatkan penghargaan (%) 100 50 2 50 1.3 Meningkatnya kualitas pelayanan publik pemerintah daerah 1) Jumlah SKPD yang mendapatkan dan menerapkan standarisasi ISO dalam pelayanan (%) 2) Jumlah SKPD yang telah menyusun dan menerapkan Standar Pelayanan Publik (%) 3) Jumlah aparatur pada SKPD yang memahami makna pelayanan publik (%) 100 100 100 ________________________________________________________________________________ 10 Rencana Kinerja Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2011 . Meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pemerintahan daerah.prinsip tata pemerintahan yang baik. Tuj uan 1 1. baik dari aspek kelembagaan.Misi 4: Menegakkan supremasi hukum. ketentraman dan ketertiban umum yang disertai dengan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan berwibawa belandaskan prinsip .

2 Meningkatnya partisipasi masyarakat dalam penciptaan suasana yang tentram dan tertib Penurunan angka pelanggaran HAM (%) 100 Tingkat penyelesaian kasus pelanggaran hukum dan HAM 90 4 Meningkatkan ketentraman dan ketertiban dalam kehidupan masyarakat 1) Angka kriminalitas (%) 2) Peningkatan pelayanan penanggulangan bencana (%) 1) Tingkat implementasi kebijakan Pam Swakarsa (%) 2) Tingkat efektifitas peran RT dan RW dalam penciptaan ketertiban dan ketenteraman masyarakat (%) 5 90 90 90 ________________________________________________________________________________ 11 Rencana Kinerja Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2011 .2 Meningkatnya harmoni antar organisasi politik 90 3 Meningkatkan supremasi hukum dan hak asasi manusia dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat. berbangsa dan bernegara 3.2 Menurunnya kasus pelanggaran hak asasi manusia 3.3 Meningkatnya upayaupaya penegakan hukum dan hak asasi manusia 4.1 Meningkatnya kualitas lembaga perwakilan rakyat daerah 1) Jumlah Perda DPRD (%) inisiatif 10 2) Persentase capaian target penyelesaian produk hukum oleh DPRD (%) Penurunan angka konflik berlatar belakang kepentingan politik kelompok (%) Penurunan angka pelanggaran hukum (%) 100 2.1 Menurunnya gangguan terhadap ketentraman dan ketertiban masyarakat 4.1 Menurunnya kasus pelanggaran hukum 90 3.2 Meningkatkan kualitas dan harmoni politik lokal guna mendukung terwujudnya tata pemerintahan yang amanah 2.

kebijakan. Dokumen Rencana Kinerja Tahunan Kota Probolinggo Tahun 2011 ini diharapkan menjadi pedoman bagi instansi Pemerintah dalam mewujudkan kinerjanya. M . Di dalam rencana kinerja ditetapkan rencana capaian kinerja tahunan untuk seluruh indikator kinerja yang ada pada tingkat sasaran dan kegiatan. BUCHORI. perencanaan kinerja merupakan proses penyusunan rencana kinerja (renja) sebagai penjabaran dari sasaran dan program yang telah ditetapkan dalam rencana strategis yang akan dilaksanakan oleh instansi pemerintah melalui berbagai kegiatan tahunan. M aret 2011 WALIKOTA PROBOLINGGO HM . Dokumen Rencana Kinerja ini masih memerlukan penyempurnaan . Penyusunan Rencana Kinerja Tahunan Pemerintah Kota Probolinggo merupakan proses penetapan rencana kegiatan tahunan sebagai penjabaran dari sasaran dan program yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka M enengah Daerah (RPJM D) yang akan dilaksanakan oleh instansi pemerintah melalui berbagai kegiatan tahunan.kegiatan tahunan beserta indikator kinerjanya serta penetapan indikator kinerja sasaran sesuai dengan program.target kinerja berikut kegiatan . Probolinggo. dan sasaran yang telah ditetapkan dalam Renstra. Oleh Karena itu. masukan dan saran positif bagi penyempurnaan tetap diperlukan agar tujuan penyusunan dokumen ini dapat tercapai dengan lebih baik lagi. Penyusunan rencana kinerja dilakukan seiiring dengan agenda penyusunan dan kebijakan anggaran.Si ________________________________________________________________________________ 12 Rencana Kinerja Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2011 .penyempurnaan lebih lanjut di masa mendatang.BAB IV PEN UTUP M enurut SK Kepala LAN Nomor 239/IX/6/8/2003 Tentang perbaikan pedoman penyusunan pelaporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. SH. Perencanaan kinerja merupakan proses penetapan target .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful