Judul Nama NPM Data Publikasi

: Mitigasi Bencana : Ghanis Mahdiana Inka Afiata : 1206261604 :- Charles A. Wentz, Safety, Health and Environmental Protection, McGraw Hill, 1998. - Kementerian Pekerjaan Umum, Buku Mitigasi Bencana Merapi (Tinjauan Pengelolaan Banjir Lahar Pasca Erupsi 2010). - G. Bankoff, G. Frerks, D. Hilhorst (eds.) (5 Oktober 2003). Mapping Vulnerability: Disasters, Development and People. - Hartono, Rudi dkk., 2009, Pendidikan Lingkungan Hidup, Semarang : Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang

maka saat bencana terjadi akan dengan mudah ditangani dan tidak sampai mengalami kerugian besar dan memakan korban jiwa sehingga tidak akan mengganggu akses lalu lintas karena telah ada prediksi ke depannya bagaimana mengatasi bencana yang terjadi. DIBAGI MENJADI EFEK MITIGASI BENCANA STRUKTU RAL NON STRUKTURAL .MITIGAS I BENCAN A KAITANNYA DENGAN TOPIK PENGERTIAN Kegiatan sebelum terjadinya bencana yang dimaksudkan untuk mengantisipasi agar dampak yang ditimbulkan dapat dikurangi. Dengan terlaksananya mitigasi bencana.

Tanggap bantuan dalam memberikan korban  kepada SAAT BENCANA:  TANGGAP DARURAT-SAAT BENCANA BANTUAN DARURAT (RELIEF)  PASCA BENCANA:  PEMULIHAN/RECOVERY: REHABILITASI DAN Masalah Mitigasi Bencana Mitigasi bencana merupakan kegiatan yang sangat penting dalam penanggulangan bencana. Meminimalisir jiwa jumlah korban 3.1. Berkurangnya terjadi CARA PENANGANAN SEBELUM BENCANA:  PENCEGAHAN YANG TEPAT MELALUI DESAIN YANG TEPAT SECARA TEKNIS DAN LINGKUNGAN PERINGATAN DINI kerugian yang 2. . karena kegiatan ini merupakan kegiatan sebelum terjadinya bencana yang dimaksudkan untuk mengantisipasi agar dampak yang ditimbulkan dapat dikurangi. Akses lalu lintas tetap berjalan normal 4.

memperbaiki. dan mengatasi bencana yang terjadi. Untuk mengatasi masalah bencana perlu dilakukan upaya mitigasi yang komprehensif yaitu kombinasi upaya struktur (pembuatan prasarana dan sarana pengendali) dan non struktur yang pelaksanaannya harus melibatkan instansi terkait. maka saat bencana terjadi akan dengan mudah ditangani dan tidak sampai mengalami kerugian besar dan memakan korban jiwa sehingga tidak akan mengganggu akses lalu lintas karena telah ada prediksi ke depannya bagaimana menyelesaikan. meminimalisir jumlah korban jiwa. dan pemulihan sarana dan prasarana yang berlangsung dengan lancar dan cepat. Hubungan Mitigasi Bencana dengan Kemacetan Lalu Lintas Dengan terlaksananya mitigasi bencana. Pelaksanaan mitigasi bencana yang benar akan membawa dampak positif yaitu berkurangnya kerugian yang terjadi. Secara struktural yaitu dengan melakukan upaya teknis. pasca bencana: pemulihan/recovery. akses lalu lintas tetap berjalan normal. .Mitigasi bencana alam dilakukan secara Struktural dan non struktural. rehabilitasi dan rekonstruksi. tanggap dalam memberikan bantuan kepada korban sehingga tidak ada kondisi yang semakin parah. Secara non struktural adalah upaya non teknis yang menyangkut penyesuaian dan pengaturan tentang kegiatan manusia agar sejalan dan sesuai dengan upaya mitigasi struktural maupun upaya lainnya. saat bencana: tanggap darurat-saat bencana. baik secara alami maupun buatan mengenai sarana dan prasarana mitigasi. bantuan darurat (relief). Cara penanganan mitigasi bencana adalah terdiri dari sebelum bencana: pencegahan yang tepat melalui desain yang tepat secara teknis dan lingkungan. peringatan dini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful