KARYA ILMIAH USAHA SABLON DIGITAL

TUGAS AKHIR LINGKUNGAN BISNIS

DISUSUN OLEH : IRMAWATI 10.12.4863 S1SI-2G

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA 2011

bisnis sablon digital adalah salah satu jalan yang bisa anda ambil karena modal awal usahanya cukup terjangkau. Banyak anak-anak muda yang mengenakan kaos bertulisan atau bergambar idola mereka. tidak heran bila bisnis sablon digital ini banyak ditekuni oleh banyak orang. Bisnis sablon digital memang sedang marak. baik untuk band maupun komunitas musik. semakin marak pula merchandize berupa kaos yang diproduksi. . Karena peluangnya cukup baik.ABSTRAK Karya ilmiah ini berjudul “USAHA SABLON DIGITAL” yang bertujuan memberi gambaran tentang bagamana cara membangun sebuah usaha dalam berbisnis dimana kita harus pandai-pandai memilih usaha apa yang akan kita geluti nantinya dan yang paling penting peluang usahanya besar. Kini. Bagi anda yang mungkin sudah bosan jadi karyawan dan memiliki modal yang cukup untuk memulai sebuah usaha atau bisnis. terutama oleh generasi muda yang kreatif. lambang komunitas dimana mereka bernaung ataupun foto pribadi mereka sendiri. Bisnis sablon digital mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. dengan semakin maraknya dunia “indie”.

Coreldraw atau Macromedia Freehand yang juga membutuhkan memori agak besar. Komputer 1 set (CPU dan monitor) Standarisasi untuk komputer ini yang penting kartu grafisnya atau VGA Card-nya cukup memadai untuk megolah gambar dengan baik. Mesin Hotpress Mesin inilah yang natinya akan menstransfer tinta sublim yang telah dicetak di inkjet atau transfer paper ke kaos. 128 MB VGA Card dan 80 GB Hard disk. 1. ataupun jerman. 2. jepang.5 jutaan. tinta sublim dapat berpindah media dengan baik. Dengan menggunakan tekanan dan panas yang tinggi. mesin hotpress ini juga banyak yang menyediakannya mulai dari buatan cina. Untuk printer awalnya anda bisa mulai membeli Printer Epson Stylus T20E yang langsung di infus diisi tinta sublim.ISI  Peralatan untuk usaha Sablon digital Peralatan yang dibutuhkan untuk memulai usaha atau bisnis sablon digital sangat sederhana dan terlihat murah untuk ukuran modal awal usaha. maka processornya pun juga harus memadai. Harganya berkisar kurang lebih 3 juta lengkap dengan monitirnya. 3. Harganya berkisar 1 jutaan. Kira-kira dengan spesifikasinya minimal Dual Core Processor. Printer Tinta Sublim Printer ini digunakan untuk mencetak desain dari komputer ke transfer paper atau inkjet paper dengan tinta khusus yaitu tinta sublim. Karena didalamnya pun harus diinstal beberapa aplikasi pengolah gambar seperti Photoshop. . Jadi tinta sublim adalah salah satu varian dari tinta pigmant dengan kemampuan transfer. Tinta sublim adalah termasuk tinta koloid yang memiliki konstruksi/struktur bahan yang disesuaikan dengan tinta printer epson. Harga mesin hotpress ini berkisar 3.

kaos cardet dan kaos bahan PE. namun penghasilannya segitu-segitu saja.000 (untuk kaos warna putih saja). sering kita temiu kendala-kendala menyagkut sistem penghasilan yang diterima karyawan yang bekerja di usaha sablon. karena nanti dilihat pasarnya juga. tetapi yang tertransfer adalah tinta berikut dengan lapisan kertasnya. Tidak peduli ada order atau tidak ada order.  Gaji dan Komisi Dalam beberapa kasus. Sedangkan transfer paper untuk kaos yang berbahan combed atau cardet. . ketika order sedang banyak-banyaknya.000 dan 1 pack transfer paper white isi 5 lembar Rp. 35. Terkadang gaji bisa jadi satu sisi keuntungan bagi karyawan. Tidah usah banyak-banyak dulu stocknya. Di lain sisi. Total harga di atas berkisar 8-9 jutaan. Harga juga tergantung dari spesifikasi alat yang anda beli baik merk maupun kualitasnya. Inilah sisi keuntungan dari sistem gaji bagi karyawan. carder atau PE) Untuk awalnya anda bisa coba stock kaos 1 lusin dari kaos combed. Kaos Polos (Combed. karena masing-masing kaos beda-beda pasarnya. Harganya berkisar 500. Inkjet Paper dan Transfer Paper Inkjet paper adalah kertas yang digunakan untuk mentransfer tinta sublim ke kaos yang berbahan dasar Polyester seperti bahan PE.000 5. Untuk awal bisa stock 1 pack inkjet paper isi 100 lembar Rp. karena nilainya yang tetap. yang mereka tahu gajinya adalah sekian.malah justru disinilah waktunya para karyawan untuk mengeluh. hasilnya juga tajam. Jadi dengan modal awal 8-9 jutaan kita sudah bisa membuka usaha sablon digital. 35. Kita sebagai pengusaha harus alokasikan dana tetap tiap bulannya untuk gaji mereka. Hasilnya tajam dan hanya tintanya saja yang akan pindah ke kaos (kertasnya tidak ikut nempel di kaos). Kalau sudah terbidik pasarnya baru stock agak banyak. Karena pasti pekerjaan mereka menjadi berlipat ganda bebannya.4.

com USAHA SABLON DIGITAL | sumber artikel dari wordpress.com Membangun Bisnis Sablon | sumber artikel dari blogspot.com .REFERENSI Sablon Baju Dengan Sablon Manual Artikel Indonesia | sumber artikel dari blogspot.com Membangun Bisnis Sablon Kaos | sumber artikel dari wordpress.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful