P. 1
Strategi Pelaksanaan Klien Waham (Edit)

Strategi Pelaksanaan Klien Waham (Edit)

|Views: 69|Likes:
Published by Ira ajah

More info:

Published by: Ira ajah on May 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/25/2013

pdf

text

original

STRATEGI PELAKSANAAN KLIEN WAHAM Ira Rahmawati, 1106023070

Kasus: Saudari M, usia 25 tahun, sudah satu bulan dirawat di rumah sakit. Keluarga mengeluhkan kondisi M yang selalu berbicara ngelantur. M sering kali mengucapkan bahwa dirinya sudah meninggal. Tiga bulan yang lalu M dan kakaknya mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kakak M meninggal dunia di tempat.

SP 1 (Pertemuan Ke: 1) A. Proses Keperawatan: 1. Kondisi: Klien berbicara ngelantur, merasa dirinya telah meninggal. 2. Diagnosa: Waham Nihilistik. 3. Tujuan Umum: Klien dapat berorientasi pada realitas. 4. Tujuan Khusus: a. Klien dapat menyadari dirinya masih hidup. b. Klien mampu memenuhi kebutuhan dasarnya. c. Klien mampu berinteraksi dengan orang lain dan lingkungan sekitar. 5. Tindakan Keperawatan: a. Membina hubungan saling percaya. b. Membantu orientasi realitas. c. Mendiskusikan kemampuan yang dimiliki. d. Membantu klien untuk beraktifitas dengan kemampuan yang dimiliki. B. Strategi Pelaksanaan Tindakan Keperawatan: 1. Orientasi a. Salam Terapeutik: “Selamat pagi, perkenalkan saya Ira Rahmawati, Ibu bisa memanggil saya dengan suster Ira. Saya perawat yang akan merawat Ibu selama Ibu dirawat di sini. Saya bertugas pagi dari jam 07.00-14.00. Nama Ibu siapa? Senangnya dipanggil apa?” b. Evaluasi/Validasi” “Bagaimana perasaan Mbak M hari ini? Oh Mbak M merasa cemas dan bingung” c. Kontrak: 1) Topik: “Bagaimana jika kita membicarakan tentang apa yang menyebabkan Mbak M merasa cemas dan orientasi yang Mbak M rasakan? Tujuannya untuk mengurangi perasaan cemas dan bingung yang Mbak M rasakan.”

Coba Mbak M lakukan lagi. Terminasi” a. Mbak M sebenarnya apa yang terjadi? Mbak bisa menceritakannya pada saya. Evaluasi Objektif “Apa saja yang tadi kita bicarakan Mbak? Benar. Evaluasi Subjektif “Bagaimana perasaan Mbak M sekarang setelah kita berbincang?” b. ketika Mbak ragu atau cemas kembali. bagaimana kalau besok kita bertemu lagi untuk mendiskusikan hobi Mbak. contoh dlm kasus ini klien merasa cemas.” 2) Waktu: . kebutuhan aman dan kenyamanannya tdk terpenuhi. Mbak M bisa merasakan tangan saya dan saya dapat merasakan tangan Mbak.. Mbak dapat memegang sesuatu di sekitar Mbak seperti bantal ini atau wajah Mbak sendiri untuk membuktikan bahwa Mbak masih hidup. Mbak M bisa menceritakan apapun yang Mbak M rasakan? Saya ingin bertanya. Mbak senang main gitar kan? Besok saya akan membawakan gitar untuk Mbak. Ini membuktikan bahwa Mbak M masih hidup. “Coba Mbak M sebutkan yang kita lakukan untuk membuktikan Mbak masih hidup? Ya benar. dan saya akan menyentuhnya. mengapa saya dapat melihat Mbak?” “Mbak M coba perlihatkan tangan Mbak. jadi begitu. Rencana Tindak Lanjut “Baiklah Mbak.” “O. Mbak harus dapat menerima kenyataan dan melanjutkan kehidupan Mbak dengan baik. Kerja: “Mbak M.” d. ‘tarik napas dalam’ 3. apa yang membuat Mbak M merasa cemas?” “Apa yang membuat Mbak M merasa telah meninggal?” “Apa Mbak M sadar kita berada dimana?” “Apakah Mbak M yakin saya masih hidup? Jika ya.” c. Saya yakin.” “Adakah yang Mbak ingin lakukan atau hobi Mbak.2) Tempat: “Mbak M mau kita berdiskusi dimana? Bagaimana jika di sini saja?” 3) Waktu: “Mbak M ingin kita berdiskusi berapa lama? Bagaimana jika 20 menit saja?” 2. Sehingga ajarkan cara mengatasi rasa cemas. Mbak. saya ingin menjadi teman Mbak M. untuk meyakinkan diri bahwa Mbak masih hidup?” “Oh Mbak M suka main gitar? Pasti jago yaa. Mbak M masih hidup”. Kontrak 1) Topik: “Nah.” Orang waham karena ada kebutuhan yang tdk terpenuhi.. itu juga yang kakak Mbak inginkan.

” .” “Baiklah Mbak. Selamat pagi. bagaimana Mbak?” 3) Tempat: “Baik sekali. saya pamit dulu ya Mbak.00. Mbak mau dimana? Bagaimana jika di taman saja? Saya akan menjemput Mbak disini.“Besok kita bertemu lagi jam 10. sekarang saya harus ke tempat klien yang lain.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->