You are on page 1of 2

A.

Sifat-sifat logam antara lain: sifat mekanis sifat mekanis ialah kemampuan suatu logam untuk menahan beban yg diberikan kepadanya,dan adapun sifatnya yaitu:
     

strength(kekuatan bahan) kekerasan : ketahanan suatu benda,menahan beban,pembebanan yg berupa goresan/penekukan elastisitas/kekenyalan : kemapuan suatu bahan untuk kembali ke bentuk semula setelah menerima beban yg mengakibatkan perubahan bentuk kekakuan : kemampuan dari suatu bahan untuk menahan perubahan bentuk setelah diberikan beban plastisitas : kemampuan dari suatu bahan padat untuk mengalami perubahan bentuk tetap tanpa ada kerusakan kelelahan bahan : kemampuan suatu bahab untuk menerima beban yg berganti-ganti dengan tegangan maksimum diberikan pd setiap pembebanan

1. sifat pengarjaan sifat pengerjaan ialah suatu sifat yg timbul setelah diadakannya proses pengolahan tertentu,adapun sifatnya yaitu:
 

pengerjaan panas: dilaksanakan pd temperatur diatas rekristalisasi pengerjaan dingin : dapat menimbulkan bertambahnya kekuatan,kekerasan,dan kegetasandari suatu logam.

sifat kimia sifat kimia ialah: kemampuan suatu logam dalam mengalami peristiwa korosi(pengkaratan) korosi terjadinya reaksi kimia antara logam dan lingkungannya sifat fisika sifat fisika ialah karakteristik suatu bahan ketika mengalami peristiwa fisika(fisik)
   

titik lebur/cair kepadatan benda(massa benda dan jarak antar atom) daya hantar panas daya hantar listrik

B. Bahan logam ialah bahan yg bersifat kuat,elastis,plastisitas,penghantar panas dan listrik yg baik,dan berkarat,mempunyai titik didih yg tinggi Kirimkan Ini lewat Email

Sifat- sifat Mekanik Logam
Posted by khairil munawir Posted on 07.50 with No comments

6. kerja dan geser. 3. Sifat-sifat mekanik logam antara lain: 1. Kelenturan(elasticity) Menyatakan kemempuan material kembali kebentuk asal setelah gaya dihilangkan. Kekerasan(hardness) Yaitu kemampuan material logam dalam menerima gaya berupa penetrasi. Plastisitas(plasticity) Kemampuan bahan dalam mengalami sjumlah deformasi permanen sebelum terjadi patah. 8. Hal ini terjadi sebelum masuk wilayah plastis.Sifat mekanik logam merupakan sifat yang menyatakan kamampuan suatu logam dalam menerima suatu beban atau gaya tanpa mengalami kerusakan pada logam tersebut.pengikisan dan pergeseran sifat ini berhubungan dengan sifat ketahanan aus. Mulur (creep) Meyatakan kecenderunngan logam mengalami deformasi plastis apabila diberi gaya dalam jangka waktu tertentu. 2. Kekuatan (strength) Yaitu kemampuan material logam dalam menerima gaya berupa tegangan tanpa mengalami patah. Ketangguhan(toughtness) Merupakan sifat yang menyatakan kemampuan bahan dalam menyerap gaya yang diberikan. 5. Kekakuan(stiffness) Kemampuan material dalam mempertahankan bentuk setelah mendapat gaya dari arah tertentu. 7. Ada beberapa jenis kekuatan tergantung jenis bahan yang dipakai diantaranya: kekuatan tekan. tarik. 4. Kelelahan(fatigue) Merupakan kemampuan material dalam menahan beban secara terus menerus . hal ini setelah masuk wilayah plastis.