You are on page 1of 6

Rantai makanan adalah perpindahan materi dan energi dari makhluk hidup satu ke makhluk hidup yang lain

melelui proses makan dan dimakan. Pemahaman tentang rantai makanan serta aliran energi dapat digunakan untuk mengatasi persoalan yang terjadi dalam lingkungan. Setujukah Kalian ??? mari kita mencoba membantu petani yang menghadapi kemungkinan gagal panen.

KASUS !!!
1. 2. Kurang lebih 10 hektar lahan kedelai terancam gagal panen akibat serangan hama tikus. Puluhan hektar kelapa terancam rusak akibat serangan kumbang Wangwung, pemicu ledakan populasi kumbang ini diduga disebabkan oleh banyaknya kotoran sapi dan ampas tebu. Untuk membahas kasus di atas, kami akan melakukan langkahlangkah analisis sebagai berikut: 1. Membuat rantai makanan / jaring-jaring makanan sehingga dapat menelusuri faktorpenyebabnya. 2. Melakukan kajian pustaka untuk mencari informasi tentang faktor pemicu ledakan hama. 3. Membuat perencanaan pengendalian hama baik secara tradisional maupun modern.

1

PEMBAHASAN Pembahasan Kasus 1 Rantai Makanan Kedelai (Produsen) Tikus (Konsumen I) Ular (Konsumen II) Pengurai (Dekomposer) Faktor Pemicu Ledakan Hama Elang (Konsumen III) Dari rantai makanan yang telah kami buat dapat diamati bahwa faktor penyebab meledaknya hama tikus dapat disebabkan oleh :  Menurunnya populasi ular Menurunnya populasi ular mengakibatkan meledaknya populasi tikus karena tidak ada lagi predator yang dapat memakan tikus.  Banyaknya makanan yang tersedia 2 . Menurunnya populasi ular ini dapat disebabkan oleh perburuan ular secara besar-besaran atau karena populasi burung elang meningkat.

Cara Pengendalian Hama Cara mengendalikan hama tikus dapat dilakukan dengan dua cara.pemberian racun tikus melalui makanan yang diletakan di pematang sawah. yaitu sebagai berikut :  Cara Tradisional . tikus akan lebih banyak dari pada saat musim tanam. 3 .pengasapan sarang tikus .menyebarkan ular sawah ke lahan kedelai .Misalnya saja pada musim panen.perburuan tikus secara besar-besaran oleh para petani .  Regenarasi tikus cukup tinggi Karena dalam sekali melahirkan tikus dapat menghasilkan 510 ekor tikus.memasang perangkap tikus di sekitar lahan kedelai  Cara Modern .

Pembahasan Kasus 2 Rantai Makanan Tebu (Produsen) Sapi (Konsumen I) menghasilkan Harimau (Konsumen II) Pengurai (Dekomposer) menghasilkan Ampas Tebu + Kotoran Sapi Elang (Konsumen IV) Kelapa (Produsen) Kumbang Wangwung (Konsumen I) Burung Pemakan Serangga (Konsumen II) Ular (Konsumen III) Faktor Pemicu Ledakan Hama Dari rantai makanan yang telah kami buat dapat diamati bahwa faktor penyebab meledaknya hama kumbang wangwung dapat disebabkan oleh :   Berkurangnya populasi burung pemakan serangga Banyak tersedianya makanan yaitu kelapa 4 .

Membakar ampas tebu 5 . Banyaknya populasi sapi yang mengakibatkan banyaknya kotoran sapi Banyaknya populasi tebu yang mengakibatkan banyaknya ampas tebu  Cara Mengendalikan Hama Cara mengendalikan hama kumbang Wangwung dapat dilakukan dengan dua cara. yaitu sebagai berikut :  Cara Tradisional . misalnya dengan cara pemberian antibiotik pada kotoran sapi .Mensterilkan kotoran sapi.menyebarkan burung pemakan serangga di perkebunan kelapa  Cara Modern .Menyemprotkan insectisida pada pohon kelapa .membersihkan kotoran sapi dan ampas tebu dengan cara ditimbun .

6 .