You are on page 1of 6

APLIKASI TEORI DAN MODEL KEPERAWATAN JEAN WATSON

Jean Watson lahir pada tahun 1940, dia adalah Bachelor of Science dalam Keperawatan, Master of Science dalam Psychiatric / Mental Health Nursing dari University of Colorado Danver, serta PhD dalam Educational Psychology. Teori Jean Watson yang telah dipublikasikan dalam keperawatan adalah “Human Science and Human Care”. Watson percaya bahwa fokus utama dalam keperawatan adalah pada faktor care/ perhatian pada perawatan yang asalnya dari humanistik perspektif dan dikombinasikan dengan dasar ilmu pengetahuan. Tolak ukur pandangan Watson didasari pada unsur teori kemanusiaan. Pandangan teori Jean Watson ini memahami bahwa manusia memiliki 4 bagian kebutuhan dasar manusia yang saling berhubungan antara kebutuhan yang satu dengan kebutuhan yang lain. Berdasarkan dari empat kebutuhan tersebut, Jean Watson memahami bahwa manusia adalah makhluk yang sempurna dan memiliki berbagai ragam perbedaan, sehingga dalam upaya mencapai kesehatan, manusia seharusnya dalam keadaan sejahtera baik fisik, mental, sosial, serta spiritual

MANUSIA sebagai FOKUS SENTRAL Keperawatan sebagai sains tentang human care didasarkan pada asumsi bahwa human science and human care merupakan domain utama dan menyatukan tujuan keperawatan. manusia itu mempunyai fungsi yang kompleks yang integritasi dalam dirinya. SEHAT/KESEHATAN Watson (1985) mengungkapkan bahwa sehat merupakan kondisi yang utuh dan selaras antara badan. b. karena bagian – bagian tubuhnya mempunyai fungsi yang sempurna. tetapi dalam fungsi perkembangannya dia harus selalu beradaptasi dengan lingkungan sosialnya. dan ini berkaitan dengan tingkat kesesuaian antara diri yang dipersepsikan dan diri yang diwujudkan. tidak sekedar berfokus pada aspek-aspek perilaku dan fisiologi manusia semata. Selain itu manusia juga dinilai sempurna. yang dapat berfluktuasi tergantung dari interrelasi antara faktor-faktor yang mempengaruhi. Kondisi sehat dapat terwujud bila kebutuhan dasar manusiawinya terpenuhi c. Dari beberapa konsep sehat (dan sakit/illness) diatas dapat dikemukakan beberapa hal prinsip antara lain : a. TEORI KEPERAWATAN MENURUT JEAN WATSON 1.pikiran dan jiwa. Pandangan tentang kesehatan berfokus pada individu secara utuh meliputi hal-hal yang bersifat fisik. mengasuh.etis dan moral. Sebagai human science keperawatan berupaya mengintegrasikan pengetahuan empiris dengan estetika. seperti dinyatakan oleh Watson (1985) human care is the heart of nursing. 2. menghargai. humanities dan kiat/art (Watson. Sebagai pengetahuan tentang human care fokusnya untuk mengembangkan pengetahuan yang menjadi inti keperawatan. . Pandangan tentang keperawatan sebagai sains tentang human care adalah komprehensif.sosial.1985). Menurut pandangan Watson orang yang bernilai bagi dirinya atau orang lain dalam memberikan pelayanan keperawatan harus dapat memelihara. mau mengerti dan membantu orang yang sedang sakit. Dalam pandangan filosofi umum. Sehat menggambarkan suatu keutuhan kondisi seseorang yang sifatnya multidimensional. Kondisi sehat dapat dicapai karena adanya kemampuan seseorang untuk beradaptasi terhadap lingkungan baik internal maupun eksternal.A.

f. Watson kemudian menawarkan revolusi teorinya dan arahnya di masa depan. Proses pemecahan masalah perawatan secara kreativ (creative problem-solving caring process) 7. Carrative factor Elemen-elemen yang terdapat dalam carative factor adalah: 1. Keyakinan dan harapan (Faith and Hope) 3.perbaikan fisik.environment). Sehat sebagai suatu kondisi keseimbangan yang dinamis antara bentuk dan fungsi tubuh (manusia) karena keberhasilannya menyesuaikan diri terhadap pengaruh-pengaruh yang dapat mengganggu (agent. Konsep tersebut adalah “Clinical Caritas Process”(CCP) yang dianggapnya lebih cocok dengan ide-ide dan era perkembangan teorinya (Watson. Pembelajaran secara transpersonal(transpersonal teaching learning) 8. Dukungan.social dan spiritual. tetapi berubah-ubah tergantung pada kapasitasnya untuk berfungsi pada lingkungan yang dinamis. Eksistensi fenomena kekuatan spiritual. Pengekspresian perasaan positif dan negative 6. Carrative factor menurut Watson adalah mencoba menghargai dimensi manusia dalam perawatan dan pengalaman-pengalaman subjektif dari orang yang kita rawat.perlindungan.d. e. Nilai-nilai kemanusiaan dan Altruistik (Humanistic-Altruistic System Value ) 2.mental. 9. Bantuan kepada kebutuhan manusia(Human needs assistance) 10. compassion”. kindness.membuat hubungan dalam perawatan secara manusiawi 5. . Dari kesepuluh carrative factors diatas. Membantu menumbuhkan kepercayaan. Caring dalam keperawatan menyangkut upaya memperlakukan klien secara manusiawi dan utuh sebagai manusia yang berbeda dari manusia lainnya (Watson. 2004).1985) ini berkenaan dengan proses yang humanitis dalam menentukan kondisi terpenuhi tidaknya kebutuhan dasar manusia dan melakukan upaya pemenuhannya melalui berbagai bentuk intervensi yang bukan hanya berupa kemampuan teknis tetapi disertai “warmth. Sehat tidak dapat dinyatakan sebagai suatu kondisi yang berhenti pada titik tertentu. Peka pada diri sendiri dan kepada oran lain (Sensitivity to self and others) 4.

yang menjadi dasar dari suatu .hubungan. melalui gen. c. Perawat merawat dengan kesadaran yang dikomunikasikan untuk melestarikan dan menghargai spiritual . karena setiap masyarakat biasanya mempunyai seseorang yang care terhadap orang lain.transpersonal caring relationship itu berkarakterisikkan hubungan khusus manusia yang tergantung pada: a. Asuhan keperawatan telah ada dalam masyarakat.menunjukkan perhatian kepada subjektifitas seseorang. B.Kesadaran perawat menjadi perhatian penting untuk keberlanjutan dan pemahaman terhadap persepsi orang lain. Sikap merawat tidak diturunkan dari generasi ke generasi. Nilai – nilai tersebut dipengaruhi oleh lingkungan sosial. Pendekatan ini menyoroti keunikan dari kedua belah pihak. Perawatan berkesadaran bahwa mempunyai hubungan dan potensi untuk menyembuhkan sejak. d. dan tujuan apa yang harus dicapai. tetapi diturunkan dari kebudayaan profesi sebagai suatu koping yang unikterhadap lingkungan. dan keperawatan itu ternyata sangat dibutuhkan oleh setiap lingkungan sosial yang mempunyai beberapa orang yang saling peduli dengan yang lainnya. Masyarakat memberikan nilai yang menentukan terhadap bagaimana seharusnya berkelakuan. Transpersonal caring relationship Menurut Watson(1999). KEPERAWATAN Menurut Watson keperawatan fokusnya lebih pada promosi kesehatan. merawat yang sakit. Hubungan ini menjelaskan bagaimana perawat telah melampaui penilain secara objektif. Watson menyatakan bahwa merawat. dan spiritual. 4. dan pemulihan keadaan fisik. LINGKUNGAN SOSIAL Salah satu variabel yang memengaruhi masyarakat saat ini adalah lingkungan sosial.pengalaman dan persepsi sedang berlangsung. dan lebih mendalami situasi kesehatan diri mereka sendiri.yaitu perawat dan pasien. kultural. Moral perawat yang berkomitmen melindungi dan meningkatkan martabat manusia seperti dirinya atau lebih tinggi dari dirinya.3. pencegahan penyakit. e. b.oleh karena itu tidak memperlakukan seseorang sebagai sebuah objek.dan juga hubungan saling mneguntungkan antara dua individu.

. kebutuhan untuk berprestasi. berat. dan umur ? Masalah psikofisik : aktifitas tubuh. . yang fokus utamanya dalam keperawatan adalah careative factor.Apakah pasien merasa mencintai dan dicintai ? Masalah interpersonal : kebutuhan untuk aktualisasi diri .Apakah ia berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan umum sesuai dengan umurnya ? .Bagaimana pasien menilai tubuhnya ? .Apakah hubungannya dengan kelompok sebaya memuaskan ? . eliminasi. f. C. cairan.kesatuan dan keselarasan batin.yang merawat dan yang di rawat keduanya terhubung dalam mencari makna dan kesatuan.meningkatkan dan mempertahankan martabat . dimana dia berasal dari humanistic perspective yang dikombinasikan dengan dasar ilmu pengetahuan ilmiah.tujuan dari transpersonal caring relationship adalah berkaitan dengan melindungi.Bagaimana perasaan pasien perasaan pasien mengenai dirinya ? . seksualitas. Hubungan teori Jean Watson ini dengan konsep utama keperawatan.dan mungkin mampu merasakan penderitaan pasien. yaitu adanya unsur teori kemanuasian dalam pandangannya yang mengatakan bahwa manusia adalah makhluk yang sempurna yang memiliki berbagai perbedaan.Oleh karena itu. CONTOH PENERAPAN TEORI JEAN WATSON Masalah biofisik : makanan.Apakah dia menyukai dunianya ? .Bagaimana dia menilai kondisi seksualitasny? . Istilah transpersonal berarti pergi keluar diri sendiri dan memungkinkan untuk menggapai kedalaman spiritual dalam meningkatkan kenyamanan dan penyembuhan pasien.Apakah lingkungan mendukung perkembangan pribadinya .hubungan.kemanusiaan.Apakah tubuhnya dalam batas normal sesuai dengan tinggi. dan ventilasi.Apakah dia merasa telah mencapai tujuan-tujuan dalam hidupnya ? KESIMPULAN Konsep utama teori Jean Watson adalah “ Human Science and Human Care”.Pada akhirnya. .

(2006). Konsep Dasar Keperawatan. Dan Alimut A. New Jersey: Apleton and Lange Hidayat A. (1990). Pengantar Konsep Dasar Keperawatan. Nursing Theories. Bandung: Stikes A. Yani Press Master Google . Jakarta: Salemba Medika Soemantri I. B.Daftar pustaka George J. (2004).