You are on page 1of 5

SATUAN ACARA PENYULUHAN DENGAN MATERI INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA

)

Disusun oleh: Retno Yunita Sari Nim : 10.054

Prodi DIII Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Nusantara PGRI Kediri 2012/2013

12.P : 30 menit 3. 10. 8. Menjelaskan maksud dan tujuan 4. Memberikan Pesan dan Kesan 2. Sasaran Waktu Tempat Hari/Tgl : Kediaman Keluarga Tn. Menjelaskan tentang tanda gejala dan pencegahan ISPA 1. Menjelaskan pengertian ISPA 2. Tujuan Penyuluhan : Setelah diadakan penyuluhan selama 30 menit Kediaaman keluarga Tn. Pengertian ISPA : Kenali ISPA pada anak : : Tanda Gejala dan cara pencegahan : Keluarga Tn . Memberi pre test 1. Pokok Bahasan Sub Pokok Bahasan a. Memberi Salam Sasaran 1. 11. Tanya Jawab 2. 2. Memperkenalkan diri 3. Post test 1. Memberi salam 2. Kegiatan: Langkah-langkah Pendahuluan Waktu Kegiatan Penyuluhan 5 menit Kegiatan 1. Menjawab Salam Penutup 5 menit 9. 4. 6.Menjawab salam 2.1. Penyajian 10 menit Mendengarkan dengan seksama 3. 5. No 1. Evaluasi 10 menit Partisipasi aktif 1. Metode Media Materi Evaluasi : Tanya Jawab : Leaflet : Terlampir : Pertanyaan : • Apakah pengertian dari ISPA ? . b. Meminta memberikan pesan dan kesan 2.Menjawab pertanyaan 2.P : Jum’at 14 Desember 2012 7. 4. P diharapkan pasien dan keluarganya mengerti tentang ISPA dan pencegahannya.

ISPA Ringan: a. Inc DepKes RI. (1997). Pengertian ISPA Infeksi saluran pernafasan adalah suatu keadaan dimana saluran pernafasan (hidung. Beberapa Masalah Perawatan Intensif Neonatus. Direktorat Jenderal PPM & PLP.Jakarta Yu. .CV sagung Seto. Infeksi saluran pernafasan bagian bawah. Victor & Hans E. Rencana Asuhan Keperawatan: pedoman untuk perencanaan dan pendokumentasian perawatan pasien Suriadi. Monintja.Y. Pasien dapat menjelasakan hal-hal yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit ISPA 13. Tanda dan Gejala : 1. Batuk. Marlyn E .2001. c. Infeksi saluran pernafasan bagian atas. Jakarta: Balai penerbit FKUI.Yuliani R. Jakarta. Merupakan infeksi akut yang menyerang hidung hingga faring. Klasifikasi Berdasarkan lokasi anatomis ISPA dibagi menjadi 2 yaitu: 1. MosbyYear book. (1990). Doenges. Nursing Care of Infant and Children Volume II book 1. Merupakan infeksi akut yang menyerang daerah di bawah faring sampai dengan alveolus paru-paru. Whalley & wong. (1991). alih bahasa oleh Dr. Daftar Pustaka Catzel. H. USA: CV. Kapita Seleta Pediatri Edisi II. Pedoman Pemberantasan Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Materi Penyuluhan a. Pincus & Ian robets. 2.Asuhan Keperawatan pada Anak. yohanes gunawan. pharing dan laring) mengalami inflamasi yang menyebabkan terjadinya obstruksi jalan nafas dan akan menyebabkan retraksi dinding dada pada saat melakukan pernafasan b.• Apa saja hal-hal yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit ISPA ? Jawaban: • • Pasien dapat menjelaskan pengertian ISPA. 1992. Jakarta: EGC.

Serak. Imunisasi DPT salah satunya dimaksudkan untuk mencegah penyakit Pertusis yang salah satu gejalanya adalah infeksi saluran nafas (Gloria Cyber Ministries. Anak tidak sadar atau kesadarannya menurun d. 3. b. lemak dari kelapa atau minyak sedangkan vitamin dan mineral dari sayuran. Pernafasan berbunyi seperti mendengkur. Mengusahakan Agar Anak Mempunyai Gizi Yang Baik a.Dinkes DKI (2005). Suhu lebih dari 390C. Pernafasan berbunyi mengorok dan anak tampak gelisah e. makanan harus mengandung gizi cukup yaitu mengandung cukup protein (zat putih telur). Beri bayi makanan padat sesuai dengan umurnya. karbohidrat. d. Gejala ISPA Berat: a. Pilek yaitu mengeluarkan lendir atau ingus dari hidung.dan buah-buahan. . Pada bayi dan anak. Mengusahakan Kekebalan Anak Dengan Imunisasi Agar anak memperoleh kekebalan dalam tubuhnya anak perlu mendapatkan imunisasi yaitu DPT (Depkes RI. c. Tenggorokan berwarna merah d. b. vitamin dan mineral. Bayi dan balita hendaknya secara teratur ditimbang untuk mengetahui apakah beratnya sesuai dengan umurnya dan perlu diperiksa apakah ada penyakit yang menghambat pertumbuhan. e. Gejala ISPA Sedang: a. Bibir atau kulit membiru b.b. Timbul bercak-bercak pada kulit menyerupai bercak campak e. suhu badan lebih dari 370C 2. Panas atau demam. lemak. Pernapasan lebih dari 50 kali /menit pada anak umur kurang dari satu tahun atau lebih dari 40 kali/menit pada anak satu tahun atau lebih. 2002). yaitu bersuara parau pada waktu mengeluarkan suara (misalnya pada waktu berbicara atau menangis). Pencegahan Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mencegah ISPA adalah: 1. Pernafasan menciut dan anak tampak gelisah d. 2. 2001). Protein misalnya dapat di peroleh dari tempe dan tahu. Bayi harus disusui sampai usia dua tahun karena ASI adalah makanan yang paling baik untuk bayi. Telinga sakit atau mengeluarkan nanah dari lubang telinga f. Lubang hidung kembang kempis (dengan cukup lebar) pada waktu bernapas c. Makanan yang bergizi tidak berarti makanan yang mahal. c. karbohidrat dari nasi atau jagung. d. c.

sebaiknya orang tua tidak memberikan makanan yang dapat merangsang rasa sakit pada tenggorokan. bahan pewarna. Anak yang terserang ISPA. 4. Perilaku ini dapat dilakukan melalui upaya memperhatikan rumah sehat. Menjaga Kebersihan Perorangan Dan Lingkungan Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan modal utama bagi pencegahan penyakit ISPA. harus segera dibawa ke dokter (PD PERSI. sebaliknya perilaku yang tidak mencerminkan hidup sehat akan menimbulkan berbagai penyakit. makanan yang mengandung vetsin atau rasa gurih. desa sehat dan lingkungan sehat (Suyudi. misalnya minuman dingin. 2002). Pengobatan Segera Apabila anak sudah positif terserang ISPA.3. pengawet dan makanan yang terlalu manis. 2002) .