RENCANA RUANG KREATIF SENI DAN BUDAYA

KAWASAN JERON BETENG YOGYAKARTA
ADNAN ADIN NUGRAHA 10/305376/TK/37488

LATAR BELAKANG
 Kota Yogyakarta sebagai salah satu Pusat kesenian dan kebudayaan Jawa tertua.  Citra Kota Yogyakarta sebagai “Kota Budaya” selain diwujudkan dalam bentuk pelestarian pusakapusaka budaya juga harus didukung oleh SDM yang berwawasan budaya dan turut serta dalam apresiasi kebudayaan tersebut.

 Kota Yogyakarta masih minim ruang kreatif yang mampu menunjang aktivitas-aktivitas seni dan budaya masyarakat.

TUJUAN
 Mengenalkan kebudayaan dan kesenian tradisional Yogyakarta kepada masyarakat luas.  Memberikan ruang bagi masyarakat untuk mengembangkan bakat dan minat akan kesenian dan kebudayaan Yogyakarta.

PENENTUA N LOKASI
 Lokasi yang akan digunakan berada di Kawasan Jeron Beteng, tepatnya di sisi timur AlunAlun Utara Kota Yogyakarta.  Lokasi ini dipilih dengan pertimbangan letaknya yang dekat dengan Kraton Yogyakarta sebagai simbol kebudayaan Kota Yogyakarta. LOKASI RUANG

KONDISI EXISTING
 Kondisi lokasi saat ini tidak terawat dan digunakan sebagai tempat penyimpanan gerobak pedagang kaki lima dan gelandangan untuk bermukim di tempat ini.

KONSEP RUANG KREATIF
PUSAT KESENIAN DAN BUDAYA YOGYAKARTA
 Membangun sebuah ruang untuk mengenalkan dan melestarikan kebudayaan dan kesenian tradisional Yogyakarta kepada masyakat.
 Pengenalan seni tradisional seperti gamelan, seni tari, dan tata cara membatik kepada masyarakat, dimana masyarakat diajarkan dan diberikan penjelasan mengenai seni dan budaya di Yogyakarta.  Selain itu, ruang ini juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk menggelar pertunjukan maupun pameran seni dan budaya

KONSEP RUANG KREATIF
BANGKOK ART AND CULTURE CENTER

KONSEP RUANG KREATIF

BANGKOK ART AND CULTURE CENTER
 Dibangun pada tahun 2008 untuk memfasilitasi kegiatan maupun program pembelajaran yang berkaitan dengan seni dan budaya, baik berupa musik, teater, film, dan desain.
 Didesain dengan suasana yang ramah dan menyenangkan agar masyarakat dapat berkunjung dan belajar di ditempat ini.

 Bangkok Art and Culture Center memiliki fasilitas seperti galeri, auditorium, studio, ruang rapat, ruang serba guna, hall, dan perpustakaan.

TAHAPANpan
 Sosialisasi dan musyawarah yang melibatkan masyarakat dan pihak Kraton Yogyakarta.
 Menentukan desain yang humanis dan sesuai dengan ketentuan ruang wilayah.

 Proses pembangunan yang sesuai dengan kaidah perencanaan.
 Pemeliharaan ruang kreatif sesuai fungsi dan kebutuhan masyarakat.

TERIMA KASIH

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful