Filsafat mengambil peran penting karena dalam filsafat kita bisa menjumpai pandanganpandangan tentang apa saja (kompleksitas, mendiskusikan dan menguji kesahihan dan akuntabilitas pemikiran serta gagasan-gagasan yang bisa di pertanggungjawabkan secara ilmiah dan intelektual (Bagir, 2005).

Artinya ilmu tentu saja merupakan pengetahuan tetapi pengetahuan belum tentu ilmu.Diartikan sebagai pengetahuan tentang sesuatu / bagian dari Menurut Maufur pengetahuan (2008 : 30 ) Ilmu adalah sebagian dari pengetahuan yg memiliki & memenuhi persyaratan tertentu. Karena pengetahuan untuk .

S Badudu (1996 : 528). ilmu adalah : 1. berarti pengetahuan tentang ajaran agama / teologi. linguistik. • Diartikan sebagai pengetahuan suatu bidang yg disusun secara sistematis. • Ilmu bahasa.dll.Menurut J. . berarti pengetahuan tentang ikhwal bahasa / tata bahasa.Contoh : • lmu agama.

• Diartikan sebagai kepandaian / kesaktian. Orang yg banyak memiliki ilmu pengetahuan mengenai suatu ilmu disebut Ilmuan Orang yg ahli dalam bidang tertentu . 2.Lanjutan…. Contoh dalam penggunaan kata „sudah lama ia menuntut “ilmu” / “kesaktian” dari jago tua itu‟.

. Menurut kamus Webster New World Dictionary Arab : • Ilmu (ilm) berasal dari kata alima yang artinya mengetahui.Dalam bahasa • Science berasal dari kata latin. scire yang artinya mengetahui.

Secara bahasa science berarti : • “keadaan atau fakta mengetahui dan sering diambil dalam arti pengetahuan (knowledge) yang dikontraskan melalui intuisi atau kepercayaan. & percobaan-percobaan yang dilakukan untuk menetukan sifat dasar atau prinsip apa yang dikaji. . kajian. • Namun kata ini mengalami perkembangan dan perubahan makna sehingga berarti pengetahuan yang sistematis yang berasal dari observasi.

Namun ilmu memiliki ruang lingkup yang berbeda dengan science (sains).Jadi ilmu secara harfiah tidak terlalu berbeda dengan science yang berasal dari kata scire. . Sains hanya dibatasi pada bidang-bidang empirisme – positiviesme sedangkan ilmu melampuinya dengan nonempirisme seperti matematika dan metafisika (Kartanegara. 2003).

Pasukan infanteri inilah sebagai pengetahuan yang di antaranya ilmu. . Will Duran dalam bukunya The story of Philosophy mengibaratkan bahwa filsafat seperti pasukan marinir yang merebut pantai untuk pendaratan pasukan infanteri.   Filsafat yang memenangkan tempat berpijak bagi kegiatan keilmuan.

. Issac Newton (1642-1627) menulis hukumhukum fisika sebagai Philosophiae Naturalis Principia Mathematica (1686). Nama asal fisika adalah filsafat alam (natural philosophy).Semua ilmu baik ilmu alam maupun ilmu sosial bertolak dari pengembangannya sebagai filsafat. Nama asal ekonomi adalah filsafat moral (moral philosophy).

Sistemati s 2. Rasional 4. General 3. Objektif Menggunakan metode tertentu & dapat dipertanggungjawabkan. yaitu : 1. .Menurut Maufur (2008 : 32-34).

Hubungan yg bersifat sistematik vertikal diusahakan juga dengan saling mempertemukan. .Yakni ada urutan dari awal hingga akhir dan ada hubungan yg bermakna antara bagian-bagian / fakta satu dengan fakta lainnya yg tersusun secara runtut. agar didapat kepastian dengan kadar yg tinggi.

maka berlaku juga di Indonesia. karena dapat dikomunikasikan kapan & dimanapun. Keumuman sifatnya yg bisa berlaku dimanapun ( lintas ruang & waktu dengan keterbatasannya) berkaitan dengan kadar mutu yg standar. . Baik untuk saat sekarang maupun yg akan datang dengan catatan kondisi yg relevan (tempat & waktu) sama.Semisal hukum-hukum fisika yg berlaku di Amerika. Dapat juga disebut universal. Belanda & Afrika. Akan tetapi mungkin saja tidak berlau di planet lain apalagi diluar tata surya kita. Inggris.

Pengujian atas pengetahuan ilmiah adalah penalaran yg betul-betul & perbincangan yg logis tanpa melibatkan faktorfaktor non rasional. ilmu pengetahuan merupakan hasil pemikiran yg rasional dan meemnuhi kaidah-kaidah logika.Yaitu ilmu sebagai pengetahuan ilmiah brsumber pada pemikiran rasional yg mematuhi kaidah-kaidah logika. . Dengan demikian. seperti emosi sesaat dan kesenangan pribadi.

Apa adanya mengungkap realitas yg sahih bagi siapa saja. oleh objek kajian / penelitian. Sesuatu sebagai sasaran yg dijadikan objek untuk diketahui. dan bukan oleh berbagai tipe prasangkan dari subjek-subjek tertenty termasuk yg melaksanaan pengkajian / penelitian . Suatu pengetahuan disebut objektif bila pengetahuan itu dibimbing baik pada tahap proses pembentukannya maupun pada tahap sesudah selesai sebagai produk pengetahuan.

Karena ilmu pengetahuan akan terus berkembang ketika ditemukan jawaban sekaligus memunculkan pertanyaan susulan dan terus dicari jawabannya lagi.Mencari & menemukan sesuatu sebagai kebenaran & secara terus – menerus. Demikian seterusnya. .

.

A. Menurut Maufur (2008:26)  Pengetahuan adalah sesuatu / semua yg diketahui & dipahami atas dasar kemampuan kita berpikir. Menurut Amsal Bahtiar (2005)  Pengetahuan merupakan hasil proses dari usaha manusia untuk tahu. . merasa maupun mengindera baik diperoleh secara sengaja maupun tidak sengaja. B.

Dengan demikian. Menurut Jujun S. . Suriasumantri (1990:105)  Pengetahuan pada hakikatnya merupakan segenap apa yg kita ketahui tentang objek tertentu . termasuk di dalamnya adalah ilmu. ilmu merupakan bagian dari pengetahuan yg diketahui oleh manusia di samping berbagai pengetahuan lainnya. seperti seni dan agama.C.

.

yakni tentang metode ilmiah. . Filsafat ilmu Adalah penelaahan tentang logika intern & teori – teori ilmiah dan hubungan – hubungan antara percobaan dan teori.

mengkaji. etis dan filosofis sehingga ilmu itu dapat dimanfaatkan secara benar dan relevan. Filsafat ilmu Adalah suatu analisi netral yg secara etis & falsafi. Bagi brodbeck. dan bahkan melukiskan sesuatu secara netral. ilmu itu harus bisa menganalisa. . pelukisan & penjelasan mengenai landasan – landasan ilmu. menggali.

 Filsafat ilmu Adalah ilmu yg mempertanyakan dan menilai metode – metode pemikiran ilmiah serta mencoba menetapkan nilai dan pentingnya usaha ilmiah sebagai suatu keseluruhan. Melalui filsafat ilmu kita mampu memahami dan menetapkan akan arti pentingnya usaha ilmiah. . pengkajian tentang ilmu pengetahuan secara menyeluruh.

khususnya yg berkenaan dengan metodenya. Filsafat ilmu Adalah Studi sistematis mengenai sifat & hakikat ilmu. kedudukannya di dalam skema umum disiplin intelektual. . konsepnya.

.

Komponen tersebut yaitu : 1.  Tiap pengetahuan memiliki 3 komponen yg merupakan tiang penyangga tubuh pengetahuan yg disusunnya. 3. Ontologi ( menjelaskan / untuk menjawab mengenai pertanyaan apa). Epistemologi (menjelaskan / menjawab mengenai pertanyaan bagaimana). Aksiologi (menjelaskan / menjawab mengenai pertanyaan untuk apa?) . 2.

.

Mutakhir dalam arti identik dengan kont emporer dan identik dengan hasil pengujian l ebih akhir dan valid bagi suatu aliran / pe ndekatan.Muhadjir dalam Ismaun (2004) menjelaskan tent ang pendekatan filsafat ilmu sebagai berikut : Pendekatan sistematis agar mencakup materi yg sahih / valid sebagai filsafat ilmu. pendekat an mutakhir & fungsional dalam pengembanga n teori. . dan pendekatan ataupun model disa jikan sedemikian rupa agar kita dapat mem buat komparasi untuk akhirnya mau mem ilih.

fakta. 2. Pendekatan received view yg secara klasik bertumpu pada aliran positivisme yg berdasar kepada fakta. .Parson (Ismaun : 2004) dalam studinya m elakukan 5 pendekatan yaitu : 1. Pendekatan menampilkan diri dari sosok rasionality yg membuat kombinasi antara berpikir empiris dengan berpikir struktural dalam matematika.

Pendekatan metafisik.Lanjutan… 3. . yg bersifat intransenden. 4. Pendekatan fenomenologik yg tidak hanya sekedar pengalaman langsung. Pragmatisme. walaupun memang bukan pendekatan tetapi menarik disajikan karena dapat menyatukan antara teori dan praktik. melainkan pengalaman yg mengimplikasikan penafsiran & klasifikasi. 5. Moral berupa sesuatu yg objektif universal.

.

secara sisatematis & hsitoris 2. . Sebagai dasar metodis & wawasan lebih mendalam & kritis dalam mempelajari studi – studi ilmu khusus.Menurut Franz Magnis Suseno (1999:21) fungsi filsafat ilmu sangat luas dan mendalam yaitu sbb: 1. Untuk membantu mendalami pertanyaanpertanyaan tentang ilmu / asasi manusia tentang makna realitas & lingkup tanggung jawabnya.

ideologi dan pandangan dunia / dengan kata lain agar mampu mendeteksi berbagai masalah kehidupan. spiritual dan ideologis. . 5. Merupakan dasar paling luas untuk berpartisipasi secara kritis dalam kehidupan intelektual pada umumnya dan khususnya di lingkungan akademis. artinya kemampuan menganalisis secara terbuka dan kritis argumentasi – argumetnasi agama. Memberikan wawasan lebih luas & kemampuan analitis & kritis tajam untuk bergulat dengan masalah – masalah intelektual. Sebagai kritik ideologi. 4.Lanjutan… 3.

.

matematika untuk memperoleh perlambangn pengetahuan yg dengan realitas. pembenaran dengan c. penalarannya manusia terhadap di antara dalam ilmu. ya. Telaah & mengenai berbagai konsep. serta sifat dasar .Peter Angeles. Telaah mengenai pra anggapan & penerapan & mengenai proses metode ilmu. telaah terbagi ke dalam 4 bidang kajian : akibatmengenai akibat pengetahuan a. Telaah imiah bagi hal-hal yg berkaitan b. lebih cermat. hubungan berbagai penyusunannya brikut struktur logika & ilmu. sumber & keabsahan pegnetahuan. yg merumuskan filsafat ilmu d. perluasan & realitas. pemahaman saling kaitan berikut analisis.

Pembuktiaan Pembentuka keabsahan n konsep kesimpulan ilmiah. ilmiah.Ernest Nagel. . memberikan rumusan ruang lingkup filsafat ilmu ke dalam 3 bidang kajian : a. Pola logis yg ditunjukkan oleh penjelasan dalam ilmu. b. c.

.

• Kemudian pada masa ini manusia sudah mampu me melihara tanaman & hewan liar hingga menjadi hewa n & tanaman yg kualitasnya sesuai serta memenuhi kebutuhan manusia. Zaman Prase jarah • Manusia telah mampu menciptakan konsep tentang al at sebagai perkakas untuk keperluan kehidupan man usia. . Hal ini menunjukkan telah ada pemikiran menuju ke arah ilmu pengetahuan. • Pengetahuan yg mereka lakukan ebrsifat coba-coba & salah/gagal (trial & eror).1.

• Pada era ini pengetahuan berlangsung lebih cepa t dari era sebelumnya. • Kemajuan pengetahuan jg terlihat pesat dengan l ahirnya kerajaan-kerajaan besar seperti mesir. membaca & menghitung sehingga setiap peristiw a dapat dicatat & dapat memperkecil kesalahan.2. Ba bilonia. & kerajaan lainnya yan g lahir di India & Cina. misalnya ilmu pengetahu . Zaman Sejar ah • Manusia telah mempunyai kemampuan menulis. • Kemampuan ini dapad di lihat dari ditemukannya gambar-gambar dalam goa di Spanyol dan Pranci s. Niniveh. Sumeria.

bahkan menimbulkan konsep baru dalam zamannya y . Jawaban atas pert anyaan itu ada 4 (air. Ke mampuan yg tinggi kemudian dipakai untuk hal-hal diabadikan dalam bentuk patung yaitu misalnya pat ung Nefertili. api & tanah) yg masing-m asing filsuf berbeda-beda pendapat. 4.3. Pertanyaan Thale s sampai saat ini tetap relevan yg menyebabkan ri set berkesinambungan yg mendorong pemikiran riset. udara. istri Firaun di Mesir. Zaman Loga m • Ditemukannya logam yang diolah sedemikian rupa menjadi sebuah perhiasan yg indah dan mahal. Zaman Yunani & raja Romawi • Thales (dari Miletus 624-548 SM) sebagai filsuf prtama yg mempertanyakan dasar isi alam.

sikapnya ter hadap dunia yg mengelilinginya & sesama manusia. 2000:54). sat u kosmos . kesatuan yg tidak boleh diganggu oleh perbua tan-perbuatan manusia yg tidak selayaknya. yaitu lebih mendekati arti kata philosophia yg semula. • Filsafat Cina (Tionghoa) pusat perhatiannya Chutzu / Hsu an-hsueh. yaitu kelakuan manusia.5. kare na manusia & dunia merupakan satu kesatuan. Filsafat Ilmu di Indi a & Cina • Filsafat di India sangat berlainan degnan filsafat modern. leb ih merupakan ajaran Hindu yg bertujuan memapa rkan bagaimana orang dapat mencapai kebahagiaan yg k ekal (Burhanuddin Salam. .

Filsafat Ilmu Pada Ab ad Kegelapan • Pada masa ini bangsa Romawi lebih sibuk dengan ma salah-masalah keagamaan yg terus mempelajari dosa & bagaimana cara menghapusnya. . 7. • Bangsa Romawi tidak memperhatikan soal pengetahu an & duniawi sehingga kerajaan Romawi runtuh.6. Filsafat Ilmu Pada Masa Islam • Ilmu pengetahuan & teknologi modern lahir dari kandu ngan Islam. Maka masa ini dikenal sebagai masa kegelapan. yaitu menemukan metode ilmiah y g menjadi kunci pembuka rahasia alam semesta yg ja di perintis modernisasi Eropa & Amerika.

• Bangsa Romawi tidak memperhatikan soal pengetahu an & duniawi sehingga kerajaan Romawi runtuh. yaitu menemukan metode ilmiah y g menjadi kunci pembuka rahasia alam semesta yg ja di perintis modernisasi Eropa & Amerika. Maka masa ini dikenal sebagai masa kegelapan. Filsafat Ilmu Pada Masa Islam • Ilmu pengetahuan & teknologi modern lahir dari kandu ngan Islam. 7.6. Filsafat Ilmu Pada Ab ad Kegelapan • Pada masa ini bangsa Romawi lebih sibuk dengan ma salah-masalah keagamaan yg terus mempelajari dosa & bagaimana cara menghapusnya. .

secara ringkas pandangan-pandangan & ajara n-ajaran itu terdapat dalam Manifesto Communist (1 . Filsafat Ilmu Pada Abad ke 16 & 17 • Merupakan masa kebangkitan / renaissance berarti ma sa untuk menghidupkan kembali kebudayan klasik (Y unani – Romawi). karena teori dialekti f sejarah dari Hegel diberi interpretasi materialistis oleh Karl Marx. sosial & alam pikira n terus bergejolak. Masih diilhami adanya hukum-hukum alam & manifestasinya sebagai HAM. Filsafat Ilmu Pada Abad ut teori realisme & idealisme.8. Di masa ini dikenal sebagai periode k ebangkitan Eropa (Filsafat Yunani II) dan mulai bangkit ilmu pengetahuan yg melahirkan suatu teori yg diseb 9. ke 18 & 19 • Aliran baru dalam lapangan ekonomi. timbul aliran f alsafah abru yg dipimpin oleh Karl Marx & Frederick Enge ls yg dinamakan dialektif materialism.

Filsafat Ilmu Pada Abad ke 20 • Menurut Burhanuddin Salam (2000: 265) abad ke 20 m erupakan abad percobaan bagi ilmu pengetahuan. Sebagai contoh penemuan bom atom yg digunakan pada perang dunia ke 2 telah memb inasakan manusia. Pera ng dunia ke 1 & 2 sebagai coreng sejrah menandai keti daksanggupan ilmu pengetahuan membimbing dirinya.10. • Disini menunjukkan bahwa ilmu yg semula tujuannya b aik ternyata malah berdampak negatif bahkan m embinasakan manusia. .

Jadi kata agama diartikan tidak kacau. hidup menjadi lurus dan benar. . tidak semrawut. Aga ma Pengertian agama yg paling umum dipah ami adalah bahwa kata agama berasal dari bahasa Sansekerta berasal dari kata a dan gama. ‘A’ berarti tidak ‘Gama’ berarti kacau.3.

yg mengatur seluruh alam beserta isinya. yg berkuasa .Lanjutan… Pengertian agama menunjuk kepada jalan / cara yg ditempuh untuk mencari kerid haan Tuhan. Dalam agama itu ada sesuatu yg dianggap berkuasa. . zat yg memiliki segala yg ada. yaitu Tuhan.

Jalinan Antara Ilmu, Filsafat, dan Agama
1. Jalinan Filsafat dengan Agama
Terdapat beberapa asumsi berkaitan dengan jalinan filsafat dengan agama. Asumsi tersebut didasarkan dengan anggapan manusia sebagai makhluk budaya.

Asumsi pertama
Manusia sebagai makhluk budaya ma mpu berspekulasi & berteori filsafat yg akan menentukan kebudayaannya, bahkan sampai sadar & jujur mengakui kenyataan Tuhan & ajaran agama.

Asumsi kedua dinyatakan ole h Dewey dalam Saifullah (198 3: 95)
Bahwa dunia kita ini diciptakan oleh Tu han sebagai suatu yg potensial dapat d iperbaiki, diperindah dan diperkaya, se hingga hidup & penghidupan ini lebih d apat meningkat nilai harganya untuk di hidupi dan dinikmati.

Aliran & Mazhab dalam Filsafat
1. Aliran Materialisme

Aliran ini mengajarkan bahwa hakikat realitas kese mestaan, termasuk makhluk hidup & manusia ialah materi. Semua realtias itu ditentukan oleh materi ( misalnya benda ekonomi,makanan) dan terkait pada hukum alam, yaitu hukum sebab aki bat (hukum kausalitas) yang bersifat objektif.

. Jadi hakikat diri & kenyataan kesemestaan ialah akal budi (ide & spirit). Subjek manusia sadar atas realitas dirinya dan kesemestaan karena ada akal budi & kesadaran rohani manusia yg tidak sadar / mati sama sekali tidak menyadari dirinya apalagi realitas kesemestaan. Aliran Idealisme / Spiritualisme Aliran ini mengajarkan bahwa ide & spirit manusia yg menentukan hidup & pengertian manusia.Aliran & Mazhab dalam Filsafat 2.

realitas keseme staan. terutama kehidupan bukanlah benda (materi) semat a-mata. tidak sesuai dengan ke nyataan (tidak realistis). Sesungguhnya. . Aliran Realisme Aliran ini menggambarkan bahwa Aliran Materialisme & Alira n Idealisme adalah bertentangan.Aliran & Mazhab dalam Filsafat 3.

.Realitas adalah panduan benda (materi & jasmania h) dengan yg non materi (spiritual. re alitas merupakan sintesis antara jasma niah – rohaniah. Khusus pada manusia tampak dalam gejala daya pikir. materi dan non materi. jiwa & rohani ah). cipta dan budi. Jadi menurut aliran ini.

Aliran & Mazhab dalam Filsafat 4. Aliran Rasionalisme Aliran ini mementingkan rasio dala m memutuskan / menyelesaikan su atu masalah. .

Tokoh yg terkenal dalam aliran rasional pada abad modern yaitu : Rene Descartes (1595 – 1650) Nicholas Malerbranche (1638 -1775) De Spinoza (1632 -1677) Gottfried Wilhelm Leibniz (1646 -1716) Christian Wolf (1679 – 1754) Blaise Pascal (1623 – 1662) .Lanjutan….

Descartes berpendapat bahwa agar filsafat dan ilmu pengetahuan dapat diperbaharui. Rene Descarte s Dianggap tokoh yg paling berpengaruh dalam aliran rasional ini.Lanjutan…. . kita memerlukan suatu metode yg baik. yaitu dengan menyangsikan segala-galanya / keraguan –raguan.

kecuali bila saya melihat hal itu sungguh – sungguh jelas & tegas. . sehingga tidak ada suatu keraguan apa pun yg mampu merobohkannya. b. s Untuk memperoleh hasil yg sahih. Tidak menerima suatu pun sebagai kebenaran.Rene Descarte Lanjutan…. sehingga tidak ada suatu keraguan apa pun yg mampu merobohkannya. dalam metodenya Descartes mengemukakan 4 hal berikut ini : a. Pecahkanlah setiap kesulitan / masalah itu / sebanyak mungkin bagian.

Lanjutan…. . dengan memulai dari hal yg sederhana & mudah diketahui. kemudian secara bertahap sampai pada yg paling sulit & kompleks.. sehingga kita yakin bahwa tidak ada satu pun yg mengabaikan / ketinggalan dalam penjelajahan itu. Dalam proses pencarian & pemeriksaan hal-hal sulit. selamanya harus dibuat perhitungan – perhitungan yg sempurna serta pertimbangan – pertimbangan yg menyeluruh. c. Bimbinglah pikiran dengan terakutr.

Aliran Empirisme Aliran ini memberikan tekanan pada empiris / pengalaman sebagai sumber pengetahuan.Aliran & Mazhab dalam Filsafat 5. Salah satu tokoh dari aliran ini adalah . Thomas Hobbes (1588-1679) yg lahir di Inggris pada saat penyerbuan oleh spanyol ke Inggris. Istilah empiris berasal dari kata Yunani Emperia (pengalaman inderawi).

Hobbes beranggapan bahwa pengalaman merupakan permulaan segala pengenalan.Lanjutan…. . Pengalaman adalah keseluruh an / totalitas pengamatan yg d isimpan di dalam ingatan / dig abungkan dengan suatu pen gharapan akan masa depan. s esuai dengan apa yg telah dia mati pada masa lalu.

Aliran & Mazhab dalam Filsafat 6. Aliran Kritisisme Kant mengadakan penelitian yg kritis terhadap rasio murni & memugar sifat objektivitas dunia ilmu pengetahuan dengan menghindarkan diri dari sifat sepihak rasionalisme & sifat sepihak empirisme. . Aliran ini memadukan / mendamaikan rasionalisme & empirisme. Filsafat yg d ikenal deng an kritisism e adalah Im manuel Kan t (1724-180 4).

Aliran & Mazhab dalam Filsafat 7. Aliran Positivisme Positivisme pertama kali diperkenalkan oleh Auguste Comte (1798 – 1857) yg dilahirkan di Monpellier. Karya utama Auguste Comte yg paling terkenal adalah ‘Cours de Philosophie Positive’ (Kursus tentang Fisafat Positif) .

Positivisme sama seperti empirisme yaitu mengutamakan pengalaman sebagai sumber pengetahuan. pengetahuan kita tidak pernah boleh melebihi fakta-fakta. Menurut positivisme. .Lanjutan….

.Perbedaan positivisme dengan empirisme. tetapi hanya mengandalkan fakta-fakta belaka. positivisme tidak menerima sumber pengetahuan melalui pengalaman batiniah.

Aliran & Mazhab dalam Filsafat 8. Aliran Pragmatisme Aliran ini mengajarkan bahwa yg b enar adalah apa yg membuktikan dirinya sebagai benar dengan perantaraan akibat-akibatnya yg b ermanfaat secara praktis. .

Schiller.Lanjutan…. Tokoh utama aliran ini yaitu William James & John Dewey di AS & FC. .Pierce & George Herbert Mead Aliran ini bersedia menerima sesuatu asal membawa akibat praktis / manfaat bagi hidup praktis. Charles S.

Aliran & Mazhab dalam Filsafat 9. Praja (2003:188) Sekularisme adalah sistem etika plus fil safat yg bertujuan memberi interpreta si atau pengertian terhadap kehid upan manusia tanpa percaya kepada Tu han.Rasyidi . Aliran Sekularisme Menurut HM.sebagaimana dikutip Juhaya S. . kitab suci & hari kemudian.

Lanjutan…. wahyu & spiritual. Menurut Encyclopedia Ame ricana Sekularisme sebagai suatu siste m yg didasarkan atas prinsip – pr insip moralitas alamiah & bebas dari agama. .

Prinsip esensial dari sekularisme ialah me ncari kemajuan manusia dengan alat mat eri semata-mata. Maka jelaslah sekularis me masuk dalam kategori materialisme. .Lanjutan…. Tokoh pendiri sekularisme ada lah Jacob Holyoake.

.TERIMA KASIH Wassalamualaikaum Wr Wb.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful