You are on page 1of 4

Dokumen Usulan Teknik

Perencanaan Drainase Parit Lingkungan Perumahan Pemukiman di Kecamatan Anggana

BAB

11

L LA AP PO OR RA AN N& &D DI IS SK KU US SI I/ / P PR RE ES SE EN NT TA AS SI I

Laporan yang disusun dalam pelaksanaan pekerjaan Perencanaan Drainase Parit Lingkungan Perumahan Pemukiman di Kecamatan Anggana, adalah merupakan kuwajiban konsultan sebagai Penyedia Jasa. Sementara itu bagi Pengguna Jasa laporan adalah merupakan fungsi kontrol terhadap pelaksanaan dan standar kualitas yang pekerjaan yang dilaksanakan Penyedia Jasa. Periode waktu, jenis dan volume laporan telah ditentukan sebagaimana dalam KAK. Adapun laporan-laporan yang disusun dalam pelaksnaan pekerjaan Perencanaan Drainase Parit Lingkungan Perumahan Pemukiman di Kecamatan Anggana adalah sebagai berikut : 11.1. TAHAP PELAPORAN 11.1.1. Laporan Pendahuluan (Inception Report) Laporan Pendahuluan (Inception Report) mencakup temuan-temuan dari hasil survai awal dan permasalahan yang dihadapi, jadwal penugasan dan rencana mobilisasi personil, jadwal pengadaan peralatan, pekerjaan persiapan dan rencana pelaksanaan kerja, metode pelaksanaan dalam mengatasi permasalahan yang ada. Laporan pendahuluan yang diserahkan berisi : a. Rencana kerja Konsultan secara menyeluruh b. Mobilisasi tenaga ahli dan tenaga pendukung lainnya c. Jadwal kegiatan Konsultan d. Uraian Program Kerja, Rencana Tindak, Implementation Program, Jadwal Pengerahan Personil, dll. e. Metode Pelaksanaan untuk penanganan pekerjaan yang bersangkutan f. g. Permasalahan, hambatan dan temuan / fact and finding di lapangan. Daftar Referensi, studi terdahulu yang ada korelasi terhadap

Hal. 11 - 1

Dokumen Usulan Teknik

Perencanaan Drainase Parit Lingkungan Perumahan Pemukiman di Kecamatan Anggana

h. i.

pekerjaan yang bersangkutan Hasil pengumpulan seluruh data yang dapat dikumpulkan oleh Konsultan. Temuan-temuan awal dari Konsultan yang menyangkut baik masalah teknis maupun non teknis.

Laporan Pendahuluan (Inception Report) diserahkan paling lambat 2 (minggu) setelah SPMK. Laporan Pendahuluan (Inception Report) disajikan sebanyak 10 (sepuluh) ganda, yang terdiri dari 1 (satu) ganda asli dan 9 (sembilan) ganda copy. Laporan Pendahuluan (Inception Report) akan dipresentasikan / diskusikan dihadapan Pengguna Jasa dan pihak terkait yang berkompeten. 11.1.2. Laporan Bulanan (Monthly Report) Laporan ini dibuat tiap bulan, diserahkan paling lambat minggu pertama bulan berikutnya. Laporan bulanan menguraikan kemajuan/progres pekerjaan, masalah-masalah yang dihadapi serta rencana kerja berikutnya. Selain itu diuraikan hambatan/ kendala-kendala yang dihadapi dan rencana penanganannya. Notulen rapat termasuk keputusan yang diambil juga hams dilampirkan dalam laporan bulanan. Laporan bulanan harus menguraikan : Nama dan tugas tim, pekerjaan yang dilaksanakan, hasil/produk pekerjaan. Laporan ini ditandatangani oleh Team Leader dan sebelum diserahkan laporan diperiksa / disahkan oleh pengawas dan direksi pekerjaan yang bersangkutan. Laporan bulanan dibuat dalam rangkap 3 (tiga) ganda yang terdiri dari 1 (satu) ganda asli dan 2 (dua) ganda copy selama pelaksanaan pekerjaan atau 3 (tiga) bulan. Laporan Bulanan diserahkan pada akhir bulan berjalan. Laporan Bulanan (Monthly Report) ini adalah sebuah inovasi dari konsultan, oleh karenanya konsultan tidak membebankan pengadaan Laporan Bulanan (Monthly Report) ini pada RAB. 11.1.3. Laporan Antara (Interim Report) Laporan Antara (Interim Report) terdiri dari prosedur kerja dan gambaran hasil seluruh pekerjaan Perencanaan Drainase Parit Lingkungan Perumahan Pemukiman di Kecamatan Anggana secara keseluruhan. Secara umum Laporan Akhir Sementara (Draft Final Report) menguraikan : a. Menyajikan data tentang kondisi faktual di lokasi studi : kondisi biogeofisik, hidrologi, klimatologi dan sosekbud masyarakat beserta data pendukungnya baik berupa peta maupun dokumen yang terkait. b. Menyajikan data-data hasil pelaksanaan survey data primer dan sekunder. c. Menyajikan konsep perencanaan drainase lingkungan permukiman beserta bangunan pelengkap lainnya.

Hal. 11 - 2

Dokumen Usulan Teknik

Perencanaan Drainase Parit Lingkungan Perumahan Pemukiman di Kecamatan Anggana

d.

Menyajikan konsep perencanaan desain drainase lingkungan permukiman. e. Menyajikan konsep RAB dan BOQ pelaksanaan pembangunan drainase lingkungan permukiman. Laporan Antara (Interim Report) akan diskusikan / dipresentasikan di hadapan Penggu Jasa dan pihak terkait untuk mendapatkan masukan / kritik / saran dari peserta presentasi / rapat (audient). Laporan Antara (Interim Report) dibuat dalam rangkap 10 (sepuluh) ganda, yang terdiri dari 1 (satu) ganda asli dan 9 (sembilan). Laporan Antara (Interim Report) diserahkan dan diskusikan / dipresentasikan pada minggu ke-1 bulan ke-3. 11.1.4. Laporan Akhir Sementara (Draft Final Report) Laporan Akhir Sementara (Draft Final Report) ini adalah merupakan penyempurnaan dari Laporan Antara (Interim Report) setelah disesuaikan dengan meng-akomomodir masukan / kritik / saran dari peserta presentasi / rapat (audient) pada saat diadakannya diskusi / presentasi. Terdiri dari prosedur kerja dan gambaran hasil seluruh pekerjaan Perencanaan Drainase Parit Lingkungan Perumahan Pemukiman di Kecamatan Anggana secara keseluruhan untuk di presentasikan. Secara umum Laporan Akhir Sementara (Draft Final Report) menguraikan : a. Laporan Utama b. Laporan Pendukung : 1). Gambar perencanaan ukuran A3 2). Rencana Kerja dan Syarat (RKS) 3). Rencana Anggaran Biaya (RAB) 4). Bill Of Quantity (BOQ) 5). Soft copy seluruh laporan perencanaan ke CD. Seluruh laporan hasil pelaksanaan pekerjaan Perencanaan Drainase Parit Lingkungan Perumahan Pemukiman di Kecamatan Anggana akan diserahkan pada akhir bulan ke-3 setelah SPMK. Laporan Akhir (Final Report) disajikan sebanyak 10 (sepuluh) ganda, yang terdiri dari 1 (satu) ganda asli dan 9 (sembilan). 11.2. DISKUSI / PRESENTASI Konsultan akan mengadakan diskusi / presentasi dengan Tenaga Ahli yang terlibat (intern) maupun kepada Pengguna Jasa guna memperoleh masukan. Diskusi / Presentasi di hadapan Pengguna Jasa dan pihak terkait yang berkompeten akan dilakukan terhadap laporan Laporan Antara (Interim Report), pelaksanaan Diskusi / Presentasi direncanakan pada minggu ke-1 bulan ke-3. Selanjutnya jenis dan volume laporan sesuai KAK disajikan pada Tabel 11.1. di bawah ini.

Hal. 11 - 3

Dokumen Usulan Teknik

Perencanaan Drainase Parit Lingkungan Perumahan Pemukiman di Kecamatan Anggana

Tabel 11.1. JENIS DAN VOLUME LAPORAN


Perencanaan Drainase Parit Lingkungan Perumahan Pemukiman di Kecamatan Anggana
No. 1. 2. 3. 4. Jenis Laporan Laporan Pendahuluan (Inception Report) Laporan Bulanan (Monthly Report) Laporan Antara (Interim Report) Final Laporan Akhir (Final Report) Laporan Utama - Rencana Kerja dan Syarat (RKS) (Bill Of Quantity) BOQ - RAB (Rencana Anggaran Biaya) - Album Gambar (Ukuran-A3) Asli Foto dokumentasi kegiatan - Back-up seluruh laporan dalam CD . Satuan Buku Buku Buku Buku Buku Buku Buku Album Album Buah Volume 10 10 10 10 5 5 5 5 5 5 .

5. .

Hal. 11 - 4