Dasar Teori Laboratorium berasal dari kata latin laborare yang berarti bekerja.

Kemudian kata itu berkembang pada tahun 1605, yangvartinya menjadi suatu tempat yang disiapkan untuk tujan percobaan dan pengkajian, atau pengembangan ilmu, atau untuk tujuan pengujian atau penyidikan (analisis). Secara luas, sekarang laboratorium adalah tempat bekerja melakukan percobaan, pengamatan, dan penelitian (Pramono Eko, 2011). Pengetahuan alat merupakan salah satu factor yang penting untuk mendukung kegiatan praktikum siswa akan terampil dalam praktikum apabila mereka mempunyai pengetahuan mengenai alat-alat praktikum yang meliputi nama alat, fungsi alat, dan cara penggunaannya. Pengetahuan alat yang kurang akan mempengaruhi kelancaran saat praktikum. Sebagai contoh, selama praktikum, praktikan dilibatkan aktif dengan pemakaian alat dan bahan kimia. Praktikan yang menguasai alat dengan baik akan lebih terampil dan teliti dalam praktikum sehingga siswa memperoleh hasil praktikum seperti yang diharapkan. Pengenalan alat-alat praktikum penting dilakukan guna untuk keselamatan kerja dalam melakukan proses penelitian.selain itu juga pengenalan alat praktikum bertujuan agar mahasiswa(praktikan) mengetahui nama dan fungsi dari alat-alat tersebut.Alat-alat praktikum sangat di butuhkan dalam proses penilitian atau pun prktikum terutama dalam proses praktikum kimia.ada banyak sekali alat-alat yang digunakan dan mempunyai fungsi masing-masing didalam bidang keilmuan atau pun proses penilitian tentu tentu alat-alat ini sangat di butuhkan sekali.alatalat laboratorium juga dapat berbahasa jika terjadi kesalahan dalam prosedur

pemakaiannya.maka diperlykannya pengenalan alat-alat laboratorium agar penggunaan alat tersebut dapat dipergunakan dengan fungsi dan prosedur yang baik dan benar,sehingga kesalahan yang terjadi dapat diminimalisir sedikit mungkin.hal ini penting agar mendapatkan hasil penelitian yang aik dan benar.data-data yang tepat akan meningkatkan kualitas penelitian seseorang. Dalam praktikum pengenalan alat-alat laboratorium akan dijelaskan secara detail mengenai fungsi dan spesifikasi masing-masing alat tersebut.
Daftar Pustaka Wirjosoemarto. 2004. Pengenalan Alat-alat Laboratorium. Jakarta : Rineka Cipta

32. Mikrobiologi Dasar Jilid I. B. Jakarta : Penerbit PT. Novilia. Indonesia. Winarno. Penuntun Praktikum Mikrobiologi Industri Pangan. Pustaka Harapan. Gramedia. Hal. 2008. .Hadiutomo. Artikel Ilmiah Penelitian Mikroba. 1990. 71-73. Jakarta. (1994). 1999. Lay. Raja Grafindo Persada. Jakarta: Erlangga. W. Analisis Mikrobiologi di Laboratorium.