You are on page 1of 63

Tutorial Photoshop CS

Photoshop CS5 Memperkecil Ukuran Foto untuk Upload Web
27 Februari 2013

Ada kalanya kita mengalami kesulitan dalam mengupload foto yang berukuran besar, sebagai contoh kita akan mengupload foto dari sebuah camera digital yang sebagian besar memiliki ukuran file lebih dari 5 MB. Dengan photoshop kita akan mencoba menampilkan cara memperkecil ukuran foto. Dan hal itu akan menyulitkan kita untuk mengupload-nya ke situs image hosting ataupun ke facebook, solusinya adalah mengecilkan terlebih dahulu ukuran foto tersebut agar proses upload foto berjalan dengan cepat. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengubah ukuran foto, bisa menggunakan aplikasi pengubah image secara online ataupun menggunakan software populer seperti PAINT. Namun kali ini Kita akan memaparkan bagaimana cara nya merubah ukuran foto yang besar menjadi lebih kecil dengan hanya mengurangi sedikit kualitas foto dari yang akan kita upload, dengan menggunakan fasilitas Adobe Photoshop Save for Web tanpa perlu ‘cropping’. Berikut ini langkah mudahnya.

1. Buka foto yang akan kita kecilkan ukurannya di Photoshop CS5

2. Selanjutnya klik ‘File’ kemudian ‘Save for Web & Device’

3 . Akan terbuka jendela Save for Web & Device. pada opsi preset pilih JPEG .

Pada menu ‘Image Size’ ubahlah menjadi 200 x 150 atau lebih kecil dari ukuran asli foto nya. Setelah selesai kemudian simpan dengan menekan tombol ‘Save’ .4.

cara membuatnya mudah langsung saja ikuti caranya di bawah ini .5. Dalam hal ini ketepatan dalam pengaturan besarnya garis pada brush tool sangat mempengaruhi hasil dari efek asal yang nantinya akan dihasilkan. Hasil akhirnya Sekarang foto kita lebih kecil ukuran filenya dan siap untuk di upload Selamat mencoba Photoshop CS5 Mudahnya Membuat Asap 27 Februari 2013 Dengan teknik yang sederhana kita bisa membuat sebuah efek asap (semisal asap rokok) yang nampak asli. Teknik ini juga bisa anda terapkan untuk membuat efek asap pada kendaraan seperti motor atau mobil biar kelihatan lebih hidup.

Buka sebuah file gambar yang akan diberikan asap. Lanjutkan dengan membuat sebuah ‘layer’ baru dengan cari klik menu Layer > New > Layer atau tekan kombinasi tombol keyboard Ctrl+Shift+N . Kali ini akan ambil sebuah contoh gambar rokok 2.1.

Buat sebuah garis warna putih (kalau mau warna yang lain bisa sesuai keinginan Anda) dengan menggunakan ‘Brush tool’ .3.

Sesuai kreasi Anda setelah itu klik ok . Silahkan gunakan beberapa menu yang ada pada jendela ‘Liquify’ untuk memberikan efek lekukan dan lengkungan pada garis yang tadi dibuat. Klik Filter > Liquify atau tekan kombinasi Shift+Ctrl+X.4.

Masukan nilai radiusnya. Klik Filter >Blur > Gaussian Blur. Semakin tinggi nilai radiusnya.5. semakin ‘blur’ hasil asapnya 6. Sesuaikan saja dengan hasil yang diinginkan. Hasil akhir Selamat mencoba .

Memberi Sayap pada Objek 21 Februari 2013 Pada kesempatan kali kami akan berbagi bagaimana cara menambahkan sayap pada objek. Pertama kita harus menyiapkan dua gambar yaitu foto yang akan diberikan sayap (gb1) .

.

Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut: .dan sebuah sayap Disini kami akan menyisipkan sayap kupu-kupu ke dalam foto salah satu perancang busana di Indonesia. Tidak lain dan tidak bukan adalah ‘Dian Pelangi’.

Pertama buka gambar yang akan diberi sayap dan seleksi badan dari kepala sampai pinggang 2. Tekan Ctrl+C untuk copy dan Ctrl+V untuk paste.1. maka akan terbentuk ‘layer’ baru secara otomatis .

3. Buka gambar kupu-kupu. hilangkan background dengan menggunakan ‘Magic Eraser Tool’ kemudian drag ke dalam foto menggunakan ‘Move Tool’ seperti pada gambar .

4. Sesuaikan posisi gambar dengan menekan Ctrl+T untuk ‘Free Transform’ .

Setelah itu tukar posisi ‘layer’ sayap dengan ‘layer’ badan seperti pada gambar .5.

Aktif pada ‘layer’ sayap hapus antena kupu-kupu menggunakan ‘Eraser Tool’ .6.

Hasilnya akan nampak seperti pada gambar .7.

.

dan salah satunya adalah menyisipkan tatoo pada foto anda.Selamat mencoba & semoga bermanfaat Real Tatoo pada Foto 21 Februari 2013 Ingin punya tato? Ada banyak cara. Dengan keajaiban Photoshop Anda tidak harus kesakitan terlebih dahulu untuk memperoleh sebuah tatoo. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut: . Daripada harus bersakit-sakit atau bersusah-susah dahulu untuk ditatoo lebih baik kita menggunakan sihir ala Photoshop.

Pertama buka dua buah foto ke dalam Photoshop.1. Foto yang pertama adalah foto orang yang akan diberi tatoo .

.

dan yang kedua adalah file gambar tribal dengan fotmat *.PNG .

Drag gambar tribal ke dalam foto seperti pada gambar .2.

3. Anda dapat menggunakan ‘Free Transform’ dengan menekan Ctrl+T . putar dan resize gambar agar terlihat pas dalam foto. Geser.

Kemudian klik kanan pada layer dan pilih ‘Blending Option’.4. Setelah itu ubah ‘Blend Mode layer’ menjadi ‘Color’ dengan ‘Opacity’ 50% . Centang pada ‘Color Overlay’ dan ganti ‘Blend Mode’ menjadi ‘Overlay’ dan klik OK 5.

Maka hasilnya akan nampak seperti pada gambar .6.

.

Langsung saja ikuti tutorial berikut: 1. putih. dan seperti kristal lembut kepingan salju seperti kristal es. Salju merupakan air yang terkondensasi yang jatuh dari awan dan membeku menjadi padatan dan seperti hujan. Pertama jalankan program Photoshop dan buka foto yang akan anda edit . Salju terdiri atas partikel uap air yang kemudian mendingin di udara jatuh ke bumi sebagai kepingan empuk.Selamat mencoba & semoga bermanfaat Menambahkan Salju pada Foto 21 Februari 2013 Karena di Indonesia tidak ada musim Salju maka pada Tutorial Efek Foto kali ini kita akan menambahkan efek hujan salju pada foto sehingga foto kita terlihat lebih keren.

2. Warnai background dengan warna hitam menggunakan ‘Paint Bucket Tool’ dan ubah ‘Blend Mode’nya menjadi ‘Screen’ . Klik menu Layer > New > Layer atau tekan Ctrl+Shift+N 3.

4. Tambahkan Efek ‘Graphic Pen’ dengan klik menu Filter > sketch > Graphic Pen kemudian atur seperti pada gambar .

Berikan sedikit efek ‘blur’ dengan klik menu Filter > Blur > Gaussian Blur dan masukkan 1 untuk radiusnya lalu tekan OK 6. Hasil akhirnya akan nampak seperti pada gambar Selamat mencoba & semoga bermanfaat .5.

Air Hujan di Jendela 21 Februari 2013 Dalam tutorial kali ini kami akan mengajak Anda untuk membuat sebuah Efek foto air hujan yang berada pada jendela rumah. Simak Tutorial di bawah ini: 1. Pertama siapkan dua buah gambar yaitu jendela rumah . Tentunya tutorial kali ini sangat menarik dan cukup keren.

dan percikan air .

2. Buka gambar jendela kemudian lakukan seleksi menggunakan ‘Rectangular Marquee Tool’ lalu duplikat dengan menekan Ctrl+J .

3. Ubah menjadi hitam dan putih dengan menekan Ctrl+Shift+U lalu atur ‘level’ gambar dengan menekan Ctrl+L . Kemudian beralih ke gambar percikan air.

Drag gambar percikan air ke dalam gambar jendela dengan ‘Move Tool’ lalu tekan Ctrl+T untuk ‘Free Transform’ .4.

Buat ‘Layer’ Baru dengan menekan Ctrl+Shift+N.5. Gunakan basic brush Untuk menggambar / mencoret layaknya coretan jari diwaktu hujan . ‘Foreground’ warna Hitam. Pindahkah ‘Layer 1’ ke atas ‘Layer 2’. Ubah ‘Blend Mode’ menjadi ‘Overlay’. ubah ‘Blend Mode’ menjadi ‘Overlay’ dengan ‘Opacity’ 75% 6.

Tidak hanya game film-film kungfu seperti drunken masterpun kadang memakai efek slow motion dengan gerakan patah-patah diiringi bayangan dari gerakannya. Hasil akhirnya akan nampak seperti pada gambar Selamat mencoba & semoga bermanfaat Foto Slow Motion Ala Mortal Kombat 13 Februari 2013 Terinspirasi waktu bermain Mortal Kombat di console PS2 menggunakan karakter Liu Kang dengan tendangannya yang dahsyat. Langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini: .7.

1. Pertama jalankan program Photoshop dan buka gambar yang akan kita edit 2. Duplikat layer background dengan menekan Ctrl+J .

3. Seleksi objek yang akan kita beri efek slow motion seperti pada gambar .

4. Tekan Ctrl+Shift+I untuk membalik seleksi kemudian tekan delete .

5. lalu ubah ‘Blend Modenya’ ke ‘Soft Light’ . Aktifkan ‘Layer 1 copy 2’ kemudian geser gambar dengan Move Tool. Copy ‘layer 1’ dengan menekan Ctrl+J sebanyak tiga kali 6.

7. lalu ubah ‘Blend Mode’ menjadi ‘Soft Light’ dengan ‘Opacity’ 75% . Aktifkan ‘Layer 1 copy 1’ kemudian geser dengan move tool.

lalu ubah ‘Blend Mode’ menjadi ‘Soft Light’ dengan ‘Opacity’ 50% 9.8. Aktifkan ‘Layer 1’ kemudian geser dengan move tool. maka hasilnya akan nampak seperti pada gambar . Agar efek slow motion lebih terlihat aktifkan ‘layer backgound’ dan ubah menjadi hitam putih dengan menekan Ctrl+Shift+U.

Pada tutorial kali ini kami akan membahas cara untuk memanipulasi foto dengan gaya AADC. Langsung saja ikuti tutorial berikut: .Selamat mencoba & semoga bermanfaat Foto Gaya AADC 13 Februari 2013 Pernahkah anda melihat cover film Ada Apa dengan Cinta? AADC adalah film karya Rudi Soedjarwo yang diluncurkan pada 8 Februari 2002 dan dibintangi Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo.

1.

Pertama buka program Photoshop dan buka gambar yang akan kita edit

2.

Setelah itu, tekan Shift + Ctrl + N untuk membuat ‘layer’ baru

3.

Buat Seleksi dengan ‘Rectangular Marquee Tool’ (M) seperti pada gambar

4.

Setelah itu klik ‘Paint Bucket Tool’ (G), Ubah warna di ‘Foreground’ ke biru kemudian klik pada seleksi sehingga warna seleksi menjadi biru

Ulangi langkah nomor 3 dan nomor 4. namun ganti warna ‘Foreground’ menjadi hijau .5.

6. Ulangi langkah di atas untuk mendapatkan hasil seperti pada gambar .

Setelah itu ubah ‘Opacity’ menjadi 55% seperti pada gambar 8. Maka hasil yang kita peroleh akan nampak seperti pada gambar .7.

Manipulasi Foto Siluman Ular 13 Februari 2013 . Anda juga dapat memberikan sedikit teks seperti pada gambar Selamat mencoba & semoga bermanfaat.9.

Hanya dengan memanfaat ‘Clone Stamp Tool’ dan ‘Blend Mode’ kita bisa membuat siluman ular kita sendiri. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut: 1.Film siluman ular yang ada televisi menjadi inspirasi dari tutorial kali ini. yaitu foto wajah . Pada manipulasi foto kali ini kita harus memiliki bahan yang akan kita gunakan.

dan teksture ular .

Pilih ‘Clone Stamp Tool’ (S). Caranya seperti ini: Coba anda posisikan kursor pada bagian gigi. sekarang lepaskan penekanan tombol Alt dan sapukan ke bagian .2. Buka foto wajah kemudian kemudian lakukan seleksi membentuk taring seperti pada gambar 3. dan lakukan cloning. Tekan tombol Alt untuk mengambil sample.

area seleksi .

Lakukan terus Cloning sampai hasilnya seperti gambar .4.

5. Lakukan lagi seperti cara 2 dan 3 untuk membuat gigi taring bagian kanan .

Buka gambar tekstur kulit ular.6. kemudian drag and drop dengan menggunakan Move Tool (V) .

Setelah itu ubah ‘Blend Mode’ menjadi ‘Multiply’ .7.

.8. mata dan mulut sehingga hasil akhirnya akan nampak seperti pada gambar Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Hapus daerah yang tidak diperlukan seperti rambut.