You are on page 1of 5

PRAKTIKUM TEKNIK DIGITAL Percobaan VIII

ALU (Arithmetic Logic Unit)
I. Tujuan Setelah menyelesaikan praktikum Decoder ini, mahasiswa diharapkan : 1. Mampu memahami prinsip kerja rangkaian aritmatika dan logika. 2. Mampu mengoperasikan IC ALU TTL 74181. 3. Mampu meningkatkan kapasitas IC ALU agar lebih besar.

II. Alat dan Komponen 1. Protoboard 2. IC ALU TTL 74181 3. Modul LED 4. Catu Daya 0 - 5 volt DC 5. Multimeter 6. Kabel penghubung satu buah satu buah satu buah satu buah satu buah secukupnya

POLITEKNIK NEGERI MALANG

ALU

54

yang mempunyai dua masukan A & B masing-masing 4 bit. Jumlah level pada masukan S menentukan jumlah operasi yang dilakukan oleh ALU. Teori ALU (Arithmetic Logic Unit) adalah rangkaian digital yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logika. Sedangkan operasi logika yang dilakukan adalah inversi (NOT). Input Pemilih S A Input B Gambar 3. pengurangan (-).1 Diagram Blok Arithmetic Logic Unit (ALU) Contoh IC TTL ALU adalah 74181.PRAKTIKUM TEKNIK DIGITAL III. Sedangkan apabila mode masukan kendali adalah rendah. perkalian (X) dan pembagian (÷). maka 74181 hanya melakukan operasi aritmatika tanpa luapan (carry). ALU mempunyai dua kelompok masukan A & B dan masukan pemilih S untuk menentukan operasi yang dikerjakan oleh ALU. AND dan OR. Adanya luapan dapat dilihat pada keluaran Cn+4. serta keluaran F. Operasi aritmatika dasar yang bisa dikerjakan oleh ALU adalah penjumlahan (+). POLITEKNIK NEGERI MALANG ALU 55 ALU Output F . dan keluaran F 4 bit. maka 74181 melakukan operasi aritmatika pada dua masukan 4 bit dengan luapan (carry). juga masukan pemilih S 4 bit serta 1 bit masukan kendali M. IC ALU 74181 bisa melakukan 16 operasi aritmatika dan 16 operasi logika yang berbeda. baik untuk operan aktif tinggi ataupun aktif rendah. Apabila mode masukan kendali adalah tinggi.

2 IC TTL Arithmetic Logic Unit (ALU) 74181 Tabel 3.PRAKTIKUM TEKNIK DIGITAL Gambar 3.1 Tabel Fungsi IC TTL ALU 74181 POLITEKNIK NEGERI MALANG ALU 56 .

4. letakkan ke-enam IC 74181 pada kanal protoboard. Hubungkan kaki / pin VCC setiap IC dengan tegangan + 5 Vdc dan kaki / pin GND dengan 0 V atau ground. Keluaran G adalah pembangkit luapan. Keluaran P dan G tidak terpengaruh oleh luapan masuk.2 Hubungkan keluaran F IC 74181 ke modul LED. yang menunjukkan keluaran F adalah 16 atau lebih. Pada mode pengurangan. IV. Langkah Kerja 4.PRAKTIKUM TEKNIK DIGITAL Keluaran P adalah propagasi luapan yang menunjukkan bahwa keluaran F adalah 15 atau lebih. POLITEKNIK NEGERI MALANG ALU 57 . sedangkan keluaran G menunjukkan bahwa keluaran F adalah lebih kecil dari nol.1 Persiapkan protoboard. keluaran P menunjukkan bahwa keluaran F adalah nol atau kurang.

e.c. Buatlah tabel kebenaran dari percobaan anda! V. Pertanyaan 6.3 Gambarkanlah Decoder BCD ke Heksadesimal (Decoder 4 len ke 16 len / 1 dari 16) ! 6.PRAKTIKUM TEKNIK DIGITAL 4.4 Tunjukkan bagaimana Decoder 3 len ke 8 len menjadi Decoder 4 len ke 16 len ! 6.f dan g) Decoder BCD ke 7 segmen ! POLITEKNIK NEGERI MALANG ALU 58 .2 6.b. lalu amati modul LED.1 6.3 Berikan masukan “0” atau “1” yang bervariasi pada kedua masukan A dan B.5 Carilah persamaan logika untuk setiap output (a.d.