You are on page 1of 5

IV. Alat dan Bahan A. Alat 1. Pipet Tetes 2. Beakerglass 600 ml 3. Beakerglass 50 ml 4. Pinset Bedah 5. Gunting Lurus 6.

Alat Perusak Otak Katak 7. Spuit Tuberculin (1cc) B. Bahan 1. Kapas 2. Larutan Ringer 3. Larutan HCL 1N 4. Larutan Prokain HCL 1% 5. Larutan Lidokain HCL 1% 6. Etil Klorida dalam Botol Spray C. Binatang Percobaan 2 ekor katak D. Probandus 1. Nama : Eka Wijaya Umur : 19 tahun

Cara Kerja A. . Seekor katak telah dirusak otaknya dengan cara menusuk melalui foramen oksipitalis magnum.1cc ke dalam salah satu sisi medulla spinalis katak. 4. 5. di daerah penetesan obat). Anestesi Permukaan 1.2. Setelah dianestesi. segera rasakan sensasi seperti percobaan no 1 dengan cepat. Setelah kaki katak tertarik. Nama : Khozatin Zuni Umur : 19 tahun V. Tetapkan waktu penarikan kaki katak. 2. Teteskan 1 tetes larutan Lidokain HCL 1% pada salah satu sisi lidah probandus yang telah dikeringkan dengan kapas. kepalanya pada batas mandibula. Salah satu kaki katak direndam k dalam larutan HCL. dan maxilla dipotong. Catat perubahan yang terjadi dalam interval 2 menit ( perubahan rasa nyeri. celupkan kaki katak kembali pada larutan HCL dan catat hasilnya. 2. Semprotkan etil klorida spray ke kulit atau ke kapas sampai terbentuk salju putih. akakn terlihat kaki katak tertarik ke atas secara reflek. 6. B. Lalu suntikkan larutan prokain HCl 1% sebanyak 0. 3. Anestesi Spinal 1. Gantungkan katak pada standar dengan cara menyangkutkan mendibula katak. cucilah kaki katak tersebut dengan air agar kaki katak jangan samapi rusak terbakar. raba. Ulangi pada salah satu kaki katak yang lain.

Seekor katak yang telah dirusak otaknya. Anestesi Blokade 1. Rendam kaki katak pada larutan HCL dan catat waktu reflex penarikan kaki. ischiadicus. dan setiap kali kaki katak harus dicuci dengan air. . 3. Lalu basahi saraf tersebut dengan meneteskan larutan ringer secukupnya. Tetapkan lagi waktu reflex sampai terjadi anestesi. 5. ischiadicus utuh). Bandingkan dengan kaki yang sebelah (N. 4. Ulangi percobaan.C. kemudian dibersihkan salah satu n. 6. Gantungkan katak pada standar. Teteskan larutan prokain HCL 1% di atas N. 2. ischiadicus dan letakkan saraf tersebut diatas gumpalan kapas.

vasodilator (sodium nitroprusid. dinyatakan bahwa terjadi penurunan tekanan darah yang lebih signifikan pada kelompok yang diberi lidokain dosis besar dibandingkan dengan kelompok yang diberi lidokain dosis kecil (Raimundus. Alex Bin. durasi 30-45 menit. 2009). 2009.undip. Pemberian dengan anestesi spinal : preparatic 10%. Telah banyak dilakukan penelitian bahwa lidokain intravena terbukti bisa mengurangi gejolak kardiovaskuler pada tindakan laringoskopi dan intubasi endotrakheal. Prokain Pemberian prokain dengan anestesi infiltrasi maximum dosis 400 mg dengan durasi 30-50.ac.5 mg/KgBB cukup efektif untuk mengurangi gejolak kardiovaskuler pada tindakan laringoskopi dan intubasi. nitrogliserin). Efek maksimal berlangsung 10-20 . Pada penyuntikan prokain dengan dosis 100-800 mg. alfentanil. dosis 800 mg. Pemberian dengan anestesi epidural dosis 300900. durasi 30-90. terjadi analgesia umum ringan yang derajatnya berbanding lurus dengan dosis. Raimundus. Lidokain Pemberian lidokain merupakan salah satu cara yang biasa digunakan untuk mengurangi gejolak kardiovaskuler. onset 5-15 mnt.pdf> November 2011] [Accessed 26 2. Available at : < http://eprints. calcium channel blocker (diltiazem).5 Mg/Kgbb Intravena Terhadap Gejolak Kardiovaskuler Pada Tindakan Laringoskopi Dan Intubasi. Penelitan membandingkan efek lidokain dosis kecil dan dosis besar terhadap gejolak kardiovaskuler pada laringoskopi dan intubasi endotrakhea. remifentanil. deksmedetomidin). Pengaruh Lidokain 1. Selain pemberian lidokain ada beberapa cara lain yang biasa digunakan untuk menekan gejolak kardiovaskuler antara lain dengan: pemberian opioid (fentanil. durasi 30-45.id/7491/1/Alex_Bin_Raimundus. magnesium sulfat.APLIKASI KLINIS 1. Dosis lidokain yang sering digunakan adalah 1-1. sufentanil). dan alfa 2 adrenergik agonis (clonidin.

(2007). . zat ini tidak mengakibatkan adikasi. durasi 30-60 menit.5%. Efek samping yang harus dipertimbangkan pula adalah reaksi alergi terhadap kombinasi prokain penisilin. 2007).000).25-0. Berlainan dengan kokain. Efek ini mungkin merupakan efek sentral.5 dosis maksimum 1000 mg.yang kadang-kadang pada dosis rendah sudah dapat mengakibatkan kolaps dan kematian.menit.5%. Bisa ditambah adrenalin (1 : 100. dan menghilang sesudah 60 menit. onset : 2-5 menit. sehingga mengakibatkan hilangnya rasa di kulit dan di jaringan yang terletak lebih dalam. Untuk infiltrasi : larutan 0. atau mungkin efek dari dietilaminoetanol yaitu hasil hidrolisis prokain. Efek samping yang serius adalah hipersensitasi. Mardjono. lamanya 1 jam (Mardjono. Untuk kaudal : 25 ml larutan 1. Spinal analgesia 50-200 mg tergantung efek yang di kehendaki. Mahar. Dosis untuk blok epidural (maksimum) 25 ml larutan 1. Gaya Baru. Jakarta. Farmakologi dan Terapi Edisi 5. Cara pemberian obat bius prokain deberikan secara injeksi interavena pada atau sekitar jaringan yang akan di anestesi. Dosis 15 mg/kgbb. misalnya: pada praktek THT atau pencabutan gigi.