KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan hidayah

-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah tentang “KEBUDAYAAN JEPANG”. Makalah ini bertujuan untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan melengkapi tugas tentang mata kuliah Pranata Masyarakat tentang Kebudayaan Jepang .Tidak lupa ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada dosen mata kuliah Pranata Masyarakat, dan semua pihak yang telah membantu tersusunnya makalah ini. Atas segenap partisipasi semua pihak dalam penulisan makalah ini semoga mendapat balasan dari Tuhan. Makalah ini masih jauh dari sempurna maka penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun dari pembaca demi kesempurnaan makalah selanjutnya. Akhir kata semoga makalah ini memberikan manfaat bagi kalangan Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Prodi Bahasa Jepang Universitas Negeri Surabaya.

Surabaya, 11 April 2010

Penulis

adalah kompleks yaitu keseluruhan yang meliputi pengetahuan. Pada zaman ini telah ditemukan barang-barang tembikar. Jerman. Koentjaraningrat menyebutnya sebagai tujuh unsur kebudayaan universal yang meliputi: sistem religi dan upacara keagamaan. Dalam setiap kebudayaan. terutama Inggris. et al.hal. Sejak zaman tersebut Jepang secara aktif mengimpor kebudayaan dari negaranegara Eropa. Ini menunjukkan kemajuan dari tahap berburu dan mengambil bahan makanan menjadi ekonomi produksi (Mizuno. yang bentuk. Pengalaman impor teknologi itu menghasilkan jenis kebudayaan Jepang yang .3). Haviland. Masa pendudukan (1945-1952) menyebabkan Jepang teramerikanisasi. hukum.1985:332).1974:2). Impor teknologi pun makin gencar dilakukan akibat kekalahan dalam Perang Dunia II. Kebudayaan Jepang modern dimulai pada awal restorasi Meiji (1868). Bahasa Jepang yang berbeda dari bahasa Jomon ikut berperan pada era ini. Kebudayaan Jepang yang dibentuk selama berabad-abad memang berbeda dengan kebudayaan Barat. sehingga pada masa inilah bisa dikatakan munculnya orang yang bisa dengan tegas disebut orang Jepang. bahasa. Kebudayaan Jepang adalah budaya orangorang Jepang sepanjang sejarahnya dan mulai terbentuk pada zaman Yayoi (± 300 SM – 300M). terdapat unsur-unsur yang juga dimiliki oleh kebudayaan lain. Latar Belakang Kebudayaan. dan lain-lain kecakapan dan kebiasaan yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat ( William A. sistem dan organisasi kemasyarakatan. sistem mata pencaharian hidup. Penggunaan besi dan pertanian pun telah dimulai. demokratis dan mengalami reformasi institusional. jenis. kesenian. menurut Sir Edward Burnett Tylor. dan Perancis. kesenian. moral. kepercayaan. kebiasaan. sistem pengetahuan. namun kali ini dari Amerika. dan warnanya sama sekali berbeda dari sebelumnya.BAB I PENDAHULUAN A. dan sistem teknologi dan peralatan (Koentjaraningrat.

tetapi di sisi yang lain bisa mempertahankan budaya aslinya yang unik (1997:67). Dalam hal ini. sebagaimana dikemukakan oleh Sukehiro Hiragawa. Jepang 3. Bagaimanakah pengaruh Kebudayaan Asing Terhadap Kebudayaan . Kemajuan pesat tersebut menjadikan Jepang sebagai acuan penelitian bagi banyak peneliti dunia. salah satunya di bidang kebudayaan. Tujuan Perkembangan kebudayaan Negara Jepang hingga saat ini terbilang pesat. B. Melalui hasil adopsi tersebut Jepang mencampur kebudayaan miliknya sendiri dengan kebudayaan asing dan menghasilkan kebudayaan baru yang menjadi salah satu kebudayaan kontemporer Jepang. Jepang adalah negara dengan kultur ganda. karenanya penulis mengambil kebudayaan Jepang sebagai bahasan dalam makalah ini. Di satu sisi bangsa ini menerima budaya barat dan mengembangkan industrialisasi berdasar atas apa yang dipelajari dari barat tersebut. namun seiring perkembangannya. Bagaimanakah kebudayaan Jepang Tradisional dan Modern 2. Sebagai hasilnya koeksistensi antara yang tradisi dan yang modern adalah esensi dari kebudayaan Jepang sekarang. Bagaimanakah pengaruh Kebudayaan Jepang Modern Terhadap Masyarakat Jepang C. Selain itu makalah ini dibuat untuk mengulas sedikit banyak tentang kebudayaan Jepang agar dapat dijadikan bahan diskusi mengingat kemajuan Jepang.hibrid. Pada awalnya Jepang memang mengadopsi sebagian kebudayaan asing. Rumusan Masalah 1. budaya alami Jepang pun semakin dikenal di Negara-negara asing.

Kebudayaan merupakan salah satu hal yang menonjol dari Negara Jepang. tetapi pada saat yang sama tradisi-tradisi lama masih dipertahankan. Tentu saja. 1985:25). Contoh klasik adalah penciptaan tulisan Jepang. Itulah karakteristik pertama dari kebudayaan Jepang (Yoshio Tanaka. kebudayan Jepang terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. sementara agama dan bahasa Jepang itu relatif seragam dan difahami oleh semua masyarakat di negara Jepang. agama. kana. tanpa harus tersedot oleh peradaban negara lain yang lebih maju. Karakteristik kedua adalah Anasir-anasir kebudayaan dari luar ketika masuk ke Jepang mengalami asimilasi dan naturalisasi. dan orang Jepang itu relatif sama. Karakteristik ke tiga dari kebudayaan Jepang adalah homogenitas. Huruf-huruf Cina (kanji) ketika dibawa ke Jepang dirasakan terlalu rumit bagi orang Jepang. Sifat pragmatis bangsa Jepang ini telah memungkinkan mereka untuk menyerap hal-hal terbaik dari budaya negara yang berhubungan dengan Jepang. antara hal-hal yang asli Jepang dan akibat pengaruh dari luar. karena negara. . Sementara Jepang menyerap dan mengaplikasikan halhal yang modern. Bangsa Jepang berhasil mensintesakan dan mengintegralisasikan berbagai macam sistem sosial dan orientasi budaya yang bertentangan. Kebudayaan Jepang pada dasarnya seragam. seperti pengetahuan dan teknologi barat. Sedangkan karakteristik ke empat kebudayaan Jepang adalah pragmatisme.BAB II PEMBAHASAN Telah dijelaskan pada bab sebelumnya tentang pengertian kebudayaan. Orang Jepang mempelajari unsur kebudayaan luar tersebut untuk menemukan hal-hal baru yang bisa mereka gunakan dan bermanfaat. Kebudayaan Jepang dikatakan berlapis banyak karena merupakan gabungan antara hal-hal yang modern dan tradisional. karena itu perlu disederhanakan.

Gabungan tradisi budaya Yunani dan India. ketika tentara sekutu datang ke Jepang. Anime. bermula dengan perkembangan budaya Yayoi sekitar 300 SM. terutama di negara-negara Asia yang lain. dilengkapi dengan pengenalan agama Buddha sekte Mahayana. sebelum dipertimbangkan untuk diedarkan ke seluruh dunia. upacara minum teh. noh. kabuki. serta makanan Jepang. ukiyo-e). Kini. kesusastraan. Jepang tetap mempertahankan kebudayaan alami yang dimiliki sejak dahulu sebelum kebudayaan asing masuk. Mula-mula Cina dan Korea banyak membawa pengaruh. Jepang turut mengembangkan budaya yang original dan unik. tembikar. kerajinan tangan (pahatan. Sejak itu. Pengaruh Kebudayaan Asing Terhadap Kebudayaan Jepang Jepang dan Apresiasi Budaya Asing. melakukan . tarian tradisional. manga. origami. dan tradisi (permainan Jepang. setelah Perang Dunia II usai. bangsa Jepang masih bersikap memusuhi orang asing atau gaikokujin. Meski demikian. Sejak abad ke16. taman Jepang). dalam seni (ikebana. persembahan (boneka bunraku. 2. dan musik Jepang menerima sambutan hangat di seluruh dunia. sento. lembaga-lembaga swasta banyak mengambil inisiatif melakukan diplomasi kebudayaan. Kebudayaan Jepang Tradisional dan Modern Budaya Jepang mencakup interaksi antara budaya asli Jomon yang kokoh dengan pengaruh dari luar negeri yang menyusul. Bahkan banyak Negara-negara asing yang mempelajari kebudayaan Negara Jepang. Pasar muda-mudi yang amat baik merupakan ujian untuk produkproduk elektronik konsumen yang baru. mempengaruhi seni dan keagamaan Jepang sejak abad ke-6 Masehi. mode. di mana gaya dan fungsinya ditentukan oleh pengguna Jepang.1. pengaruh Eropa menonjol. rakugo). Bahkan. disusul dengan pengaruh Amerika Serikat yang mendominasi Jepang setelah berakhirnya Perang Dunia II. permainan video. Pemuda Jepang gemar menciptakan trend baru dan kegemaran mengikut gaya mereka mempengaruhi mode dan trend seluruh dunia. onsen. Jepang merupakan salah sebuah pengekspor budaya pop yang terbesar. film.

Bahkan hingga ke Negara-negara asing. budaya ini belum mendapat respon. dibandingkan dengan asal pengaruh kebudayaan berpikir modern itu. teknologi sangat berpengaruh . Kepercayaan dunia ini membuat orang Jepang semakin percaya diri dan bekerja keras sehingga tumbuh menjadi raksasa ekonomi di Asia. Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi Jepang. Jepang banyak mencontoh dan belajar dari Negara-negara di Eropa dan Amerika. asal mula pengaruh kebudayaan baru tersebut. Contohnya dalam bidang teknologi. Karena Jepang tidak semata-mata menyerap kebudayaankebudayaan baru. melainkan juga kebudayaan berpikir masyarakat Jepang. mereka mendatangkan tim kesenian asing untuk tampil di beberapa kota di Jepang. Pengaruh Kebudayaan Jepang Modern Terhadap Masyarakat Jepang Negara asing memberi banyak pengaruh pada Negara Jepang. juga semua delegasi asing dari 20 negara itu. Harajuku Style mulai digemari sebagian besar kalangan remaja. Perkembangan kebudayaan Jepang semakin pesat karena adanya hubungan dengan Negara-negara asing tersebut. Setiap September. 3. sering disebut Harajuku Style. Seperti yang kita ketahui. salah satunya pada kebudayaannya. Selama sebulan penuh rombongan kesenian itu. Sehingga. Pengaruh tersebut tidak hanya pada kebudayaan berpakaian saja. Banyak hal yang diserap dari Negara asing dan mempengaruhi perkembangan kebudayaan Jepang. Salah satu fashon yang terkenal di Jepang. Mereka mendatangkan grup kesenian Uda Ondo dari Argentina yang berkeliling ke berbagai kota di Jepang.kunjungan ke luar negeri dan mendatangkan delegasi asing ke Jepang. Jepang lebih pesat dalam mengembangkan teknologi. yang juga terpengaruh budaya asing. Salah satu pengaruh budaya asing terhadap budaya Jepang adalah budaya berpakaian atau fashion. bahkan dari masyarakat Jepang sendiri. melainkan memfilterisasi budaya tersebut. Pada awal mula terbentuknya. yang merupakan kolaborasi antara budaya berpakaian asli Jepang dengan budaya fashion Negara Asing. Salah satunya adalah di bidang teknologi. Inilah keistimewaan cara berpikir masyarakat di Negara Jepang. tinggal bersama keluarga Jepang yang disebut host family atau hosu-to famili.

Dari perkembangan teknologi tersebut. tidak hanya di Jepang melainkan di seluruh dunia. yang bisa melakukan segalanya seperti manusia. Pada zaman modern seperti sekarang. Mulai dari bidang teknologi sampai fashion tanpa sadar telah merubah pola pikir dan masyarakat itu sendiri.terhadapat laju perkembangan suatu Negara. Selain itu teknologi modern lainnya pun mulai berkembang dan berpengaruh di Jepang. . Hal ini. bermula dari masyarakat Jepang sendiri. dengan adanya teknologi berupa “Robot Pintar”. budaya Jepang modern semakin dikenal di kalangan masyarakat. masyarakat di Jepang mulai berpikir praktis. sedikit banyak mempengaruhi pola pikir masyarakat.

homogenitas (homogenity). Pada awalnya Jepang memang mengadopsi sebagian kebudayaan asing. Perkembangan kebudayaan Negara Jepang hingga saat ini terbilang pesat.BAB III KESIMPULAN Kebudayaan merupakan salah satu hal yang menonjol dari Negara Jepang. Hal ini yang membuat Negara Jepang tetap mempertahankan kebudayaan aslinya meskipun kebudayaan asing telah masuk dan memberi cukup banyak pengaruh terhadap perkembangan Jepang di segala aspek. 1985:25). dan pragmatisme (pragmatism). Melalui hasil adopsi tersebut Jepang mencampur kebudayaan miliknya sendiri dengan kebudayaan asing dan menghasilkan kebudayaan baru yang menjadi salah satu kebudayaan kontemporer Jepang. namun seiring perkembangannya. jepangisasi (japanization). Budaya Jepang mencakup interaksi antara budaya asli Jomon yang kokoh dengan pengaruh dari luar negeri yang menyusul. Kebudayaan Jepang mempunyai empat karateristik yang tida lepas darinya (Yoshio Tanaka. yaitu berlapis banyak (multi layered). budaya alami Jepang pun semakin dikenal di Negara-negara asing. .

hal. Japan As It Is. Haviland. 1997. Kodansha. NHK Kokusai Kyoku Bunko Project. Sejarah dan Kebudayaan Jepang. 332 Koentjaraningrat. hal. Ed. . Mentalitas dan Pembangunan. hal. Antropologi.. Jakarta : Erlangga. et al. “The Duality of Japanese Culture” dalam Don Kenny.2 Mizuno. hal. Jakarta : Gramedia 1974. hal. 1985.67 http://sejarah_kebudayaan_jepang/Dari ensiklopedia bebas Wikipedia bahasa Indonesia. 25 Sukehiro Hiragawa. Japan As I See It. JICA. 1985.3 Yoshio Tanaka.DAFTAR PUSTAKA William A. tt. Kebudayaan. Tokyo : Gakken.

Silviana Rahmawati (072104228) 6. (072104214) 5. Winda Listiana 4.TUGAS MAKALAH PRANATA MASYARAKAT (KEBUDAYAAN JEPANG) Oleh : 1. Rezkky Wedanti P. Tatik Fariha (072104210) (072104216) (072104227) 2. Titik Lestari 3. Niken Retno Palupi (062104253) UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA FAKULTAS BAHASA DAN SENI JURUSAN BAHASA ASING PRODI BAHASA JEPANG 2010 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful