P. 1
ORGAN – ORGAN REPRODUKSI WANITA

ORGAN – ORGAN REPRODUKSI WANITA

|Views: 14|Likes:
Published by windawen

More info:

Published by: windawen on Jun 03, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/14/2014

pdf

text

original

Ketua Kelompok : Edi Marzuki Anggota : Eka Ambar Wati Novitry Fratama Winda Astariani Tiara Yetti Gustia

Ningsih Vicko Ade Riyanto

Vagina merupakan penghubung antara genitalia eksterna dengan genitalia interna.

Bagian depan vagina berukuran 6,5 cm, sedangkan bagian dalam berukuran 9,5 cm. Sumbunya berjalan kira-kira sejajar dengan arah pinggir bawah simpisis ke promontorium. Pada puncak vagina, bagian yang menonjol dari leher rahim disebut porsio (portio).

Beberapa lapisan epitel vagina merupakn epitel squamosa. Mukosa vagina berlipat-lipat secara horizontal, lipatan ini dinamakan rugae yang terletak di tengah bagian depan dan bagian belakang. Pada bagiann bawah epitel vagina terdapat jaringan ikat dan otot yang susunannya seperti usus. Dinding belakang vagina lebih panjang dan membentuk forniks (fornikx posterior) yang tebagi lagi menjadi korniks latelaris sinistra dan ferniks interalis dekstra.

Uterus pada orang dewasa merupakan organ tebal seperti buah alpukat atau buah peer yang sedikit gepeng terletak dalam rongga pelvis antara rektum dan kandungan kemih. Fungsi uterus yaitu untuk menahan ovum yg telah dibuahi selama pembuangan. Ukuran uterus adalah panjang 7-7,5 cm, lebar 5 cm dan tebal 2,5 cm. Uterus pada wanita dewasa umumnya terletak disumbu tulang panggul dalam posisi anteversio fleksio, membentuk sudut dengan vagina. Sedangkan korpus uteri ke arah depan membentuk sudut 120 – 130 derajat dengan serviks uteri.

Bagian – bagian dari uterus :  Fundus uteri (dasar rahim)  Korpus uteri  Serviks uteri

Fundus uteri ditutupi oleh poritoneum yang berhubungan dengan pasies pesikalis dan permukaan internalis. Pada bagian atas bermuara tuba uteri yang menembus dinding uterus. Di bawah dan di depan titik pertemuan ini terdapat ligamentum dan di belakangnya terdapat ovarium.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->