ANALISIS SELEKSI DAN PENEMPATAN TENAGA KERJA PADA PT.

(PERSERO) ANGKASA PURA II BANDAR UDARA POLONIA MEDAN Seminar Proposal Skripsi Mahasiswa

Disusun Oleh : SUPITRIADI 25090109 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS PEMBINAAN MASYARAKAT INDONESIA MEDAN 2009

DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang B. Perumusan Masalah C. Tujuan Penelitian D. Manfaat Penelitian BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Manajemen Personalia 1. Pengertian Manajemen Personalia 2. Fungsi Manajemen Personalia 3. Tugas Manajemen Perdonalia B. Analisa Jabatan dan Teknik Penentuan Kebutuhan Tenaga Kerja 1. Analisa Jabatan 2. Teknik Penentuan Kebutuhan Tenaga Kerja C. Sumber-Sumber Tenaga Kerja 1. Sumber Dari Dalam Perusahaan 2. Sumber Dari Luar Perusahaan D. Seleksi E. Penempatan Tenaga Kerja BAB III METODOLOGI PENELITIAN A. Lokasi Penelitian B. Metode Penelitian Dan Teknik Pengumpulan Data C. Metode Analisis D. Jangka Waktu Penelitian DAFTAR PUSTAKA

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Adanya Seleksi dan Penempatan Tenaga Kerja yang sesuai dengan jabatan, maka dapat dilaksanakan penggunaan dan pengembangan tenaga kerja dengan baik dan resiko untuk mencari dan melatih tenaga kerja dapat teratasi. Sesuai dengan hal tersebut, penulis terdorong untuk memilih judul : “Analisis Seleksi dan Penempatan Tenaga Kerja Pada PT. (Persero) Angkasa Pura II Bandar Udara Polonia Medan”. Sebagai pokok pembahasan dalam Skripsi, karena di dalam setiap Organisasi/Perusahaan akan selalu melaksanakan Seleksi dan Penempatan

B. Perumusan Masalah

Permasalahannya adalah : “Apakah PT. (Persero) Angkasa Pura II Bandar Udara Polonia Medan telah menjalankan Sistem Seleksi dan Penempatan Tenaga Kerja dengan Prosedur yang baik”.

C. Tujuan Dan Manfaat Penelitian
• • Untuk mengadakan perbandingan antara Teori dengan Praktek yang di terapkan oleh PT. (Persero) Angkasa Pura II Bandar Udara Polonia Medan. Untuk mengetahui bagaimana Sistem Penarikan dan Penempatan Karyawan yang diterapkan oleh PT. (Persero) Angkasa Pura II Bandar Udara Polonia Medan. Penulis berharap penulisan Skripsi ini berguna sebagai bahan masukan bagi Lembaga Pendidikan serta bagi pihak yang membutuhkan.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Manajemen Personalia
Menurut Heidjrahman, (2002) Manajemen Personalia, pengertian manajemen personalia adalah sebagai berikut : Manajemen personalia adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dari pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian dan pemeliharaan tenaga kerja dengan maksud untuk membantu mencapai tujuan perusahaan, individu dan masyarakat.

Tugas Manajemen Personalia
Tugas-tugas manajemen personalia menurut M. Manulang, (2001) Manajemen Personalia, adalah : - Procuring (memperoleh) - Developing (memajukan) - Maintaining (memanfaatkan)

A. Analisis Jabatan dan Teknik Penentuan Kebutuhan Tenaga Kerja
1. Analisis Jabatan
Menurut Herman S, (2008), Manajemen Sumber Daya Manusia, Analisis jabatan merupakan suatu proses yang sistematik untuk mengetahui mengenai isi dari suatu jabatan yang meliputi tugas-tugas, pekerjaan-pekerjaan, tanggung jawab, kewenangan, dan kondisi kerja, dan mengenai syarat-syarat kualifikasi yang dibutuhkan seperti pendidikan, keahlian, kemampuan, pengalaman kerja, dan lain-lain, agar seseorang dapat menjalankan tugas-tugas dalam suatu jabatan dengan baik.

2. Teknik Penentuan Kebutuhan Tenaga Kerja
A. Faktor-faktor Yang Perlu Dipertimbangkan
1. Perubahan lingkungan Eksternal Seperti krisis moneter yang dirasakan bangsa indonesia sejak pertengahan july 1997 sampai 2000 yang di ikuti krisis ekonomi merupakan kejadian yang tidak pernah diduga sebelumnya

.

2. Perubahan lingkungan Internal a. Perubahan kondisi perusahaan b. Perubahan kondisi karyawan

C.

Sumber-Sumber Tenaga Kerja
1. Sumber Dari Dalam Perusahaan
Sumber dari dalam perusahaan dilakukan apabila ada lowongan yang kosong, maka Pegawai yang bekerja dalam perushaan dipilih atau diangkat untuk memangku jabatan yang kosong tersebut. Jadi Pegawai perusahaan mendapat Prioritas utama untuk mengisi jabatan.

2. Sumber dari Luar Perusahaan
Cara-cara yang bisa ditempuh menurut Heidjrahman, Suad H. (2002) Manajemen Personalia adalah menggunakan: a. Iklan / advertensi b. Kantor Penempatan Tenaga c. Rekomendasi dari Karyawan yang sedang bekerja d. Lembaga Pendidikan e. Lamaran yang masuk secara kebetulan f. Nepotisme g. Leasing (pocokan / tenaga honorer)

D. Seleksi
“Seleksi merupakan proses untuk memutuskan pegawai yang tepat dari sekumpulan calon pegawai yang didapat melalui proses perekrutan, baik perekrutan internal maupun eksternal.” (Marihot T.E.H, Manajemen Sumber Daya Manusia, 2007). Adapun tahapan dalam seleksi tenaga kerja menurut Siswanto S, (2002), Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, adalah sebagai berikut : 1. Seleksi persyaratan adminstrasi 2. Seleksi pengetahuan umum 3. Seleksi Psikologi 4. Seleksi Wawancara 5. Referensi

E.

Penempatan Tenaga Kerja

Teknik yang digunakan untuk menempatkan tenaga kerja adalah dengan menyelenggarakan program pengenalan atau orientasi. Orientasi merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan hubungan tenaga kerja yang baru dengan tenaga kerja lain & pekerjaan di dalam perusahaan. Penempatan seorang pegawai harus teliti dan didasarkan pada kesesuaian antara kualifikasi yang dibutuhkan sebagaimana yang tercantum dalam sfesifikasi seleksi.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN A. Lokasi Penelitian
Sesuai dengan judul yang diajukan Penulis yaitu : “Analisis Seleksi dan Penempatan Tenaga Kerja Pada PT (Persero) Angkasa Pura II Bandar Udara Polonia Medan”. Maka sudah dapat dipastikan bahwa Penulis akan melaksanakan Penelitian di PT. (Persero) Angkasa Pura II Bandar Udara Polonia Medan.

A. Metode Penelitian Dan Teknik Pengumpulan Data
1. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Yaitu Metode Penelitian dengan cara mengumpulkan data dari sumber Perpustakaan, tulisantulisan ataupun karya ilmiah yang berhubungan dengan penyusunan Skripsi ini. 2. Penelitian Lapangan (Field Research) Yaitu Metode Penelitian yang dilakukan dengan cara langsung terjun ke Objek Penelitian yang akan di teliti, yakni PT (Persero) Angkasa Pura II Bandar Udara Polonia Medan.

Teknik Pengumpulan Data yang dilakukan adalah : Menurut Sugiyono (2004) Metode Penelitian Bisnis mengemukakan pengumpulan data berdasarkan tekniknya, yaitu : 1. Wawancara 2. Kuesioner (Angket) 3. Observasi

C. Metode Analisis
1. Metode Analisis Deskriptif Metode ini berguna untuk mengumpulkan Data, mengolah, menganalisis serta mengintegrasikan sehingga memberikan gambaran Fakta yang lengkap tentang masalah yang diteliti. 2. Metode Analisis Deduktif Metode Deduktif yaitu Metode Pangambilan Kesimpulan yang bertitik tolak dari Prinsip-prinsip yang diterima sebagai kebenaran secara umum selanjutnya diterapkan dan dibandingkan dengan Fakta di lapangan sehingga ditemukan adanya kesesuaian atau sebaliknya adanya penyimpangan, dan selanjutnya dicarikan upaya-upaya untuk mengatasi penyimpangan tersebut.

D. Jangka Waktu Penelitian
Untuk memperoleh Data yang diperlukan dilapangan, maka Penulis berencana melakukan Penelitian di PT (Persero) Angkasa Pura II Bandar Udara Polonia Medan selama ± 3 Minggu.

DAFTAR PUSTAKA
Marihot T.E.H., Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan 4, Jakarta, Grasindo Press April 2007. Sondang P.S, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan 16, Jakarta, PT. Bumi Akasara Press 2008 Herman S, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan I, Yogyakarta, GRAHA ILMU Press 2008, e-mail: info@grahailmu.co.id Sjafri M, Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Cetakan 3, Jakarta, Ghalia Indonesia Press April 2004. Heidjrachman R. & Suad H, Manajemen Personalia, Cetakan 10, Yogyakarta, Gajah Mada University Press 2002. Husein U, 2008, Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis bisnis, -Ed. 2,-9,-jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, e-mail: rajapers@indo.net.id http://www.rajagrafindopersada.com Manulang & Marihot, Manajemen Personalia, Cetakan I, Yogyakarta, Gajah Mada University Press 2001 Siswanto S, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, Cetakan Pertama, Jakarta, PT. Bumi Aksara Press 2002. Sugiyono, 2004, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan 6, Bandung, CV. Alfabeta, e-mail: alfabeta-ba@yahoo.com