P. 1
Bahan ulangan PKN

Bahan ulangan PKN

|Views: 0|Likes:
Published by tashiro_rukaman

More info:

Published by: tashiro_rukaman on Jun 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/20/2014

pdf

text

original

Asean

Asean merupakan singkatan dari Assoclation of south east asian Nation atau perhimpunan

bangsa-bangsa Asia Tenggara. Asean adalah bentuk kerja sama regional dan Negara-negara di kawasan Asia Tenggara Tanggal berdirinya ASEAN ( 8 Agustus 1967 )

Negara-negara anggotanya Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand/ Muangthai, Filipina, Brunei Darusalam, Vietnam, Loas, Myanmar, dan kamboja. Tujuan ASEAN

1. Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan social dan perkembangan kebudayaan dikawasan asia Tenggara Melalui usaha-usaha bersama dalam persamaan dan perhimpunan untuk memperkokoh landasan bagi masyarakat bangsa-bangsa Asia Tenggara yang makmur dan damai. 2. Untuk memelihara perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan mencari keadilna tata hokum dalam hubungannya antara Negara-negara Asia Tenggara serta berpegang Teguh pada asas-asas piagam PBB 3. untuk memajukan kerja sama yang bersifat aktif dan saling membantu dalam kepentingan bersama bidang-bifang ekonomi, social, teknik, dan administrasi. 4. untuk saling memberi bantuan dalam bentuk fasilitas latihan dan penelitian dalam lingkungan pendidikan, keguruan, teknik, dan administrasi. 5. Untuk kerja sama secara lebih efektif guna mencapai daya guna yang lebih besar dari bidang pertanian, industri, dan perdagangan mereka termasuk perlu mempelajari persoalan. -Persoalan perdasan internasioanal bahan-bahan mentah, perbaikan. -Perbaikan pengakuan 6. Untuk memajukan studi tentang Asia Tenggara. 7. Untuk memelihara kerja sama yang erat dan bermanfaat dengan organisasi-organisasi internasional dan resional lain bertujuan sama      

belarusia. tujuan dibentuknya organisasi internasional ini adalah mempertahankan perdamaian internasional dan meningkatkan kerja sama internasional. dan pernjanjian Kellog Briand 1628 • Terbentuknya konferensi ini pada tanggal 26 Juni 1945 dan mulai berlaku secara resmi tanggal 24 Oktober 1945. Berkaitan dengan tujuan rugas dari liga-liga bangsa menyelesaikan sengketa secara damai sehingga perperangan dapat dicegah. Woodraw Wison pada tanggal 10 Januari 1920 dibentuk suatu organisasi internasional yang diberi nama Liga bangsa-bangsa. Beberapa hasil dari liga bangsa-bangsa.  PBB Tahun 1915 AS berhasil menuangkan suatu konsep yang dirumuskan oleh beberapa tokoh di inggris mengenal pembentukan Liga dengan tujuan untuk menghindari ancaman perperangan. Kelima sebagai anggota pendiri PBB ( Original Members ) • Tujuan Organisasi PBB -Memelihara perdamaian dan kemanaan internasional dan menyelesaikan perselisihan berdasarkan prinsip keadilan dan hokum internasional -Mengembangkan hubungan persaudaraan antara bangsa-bangsa berdasarkan senasib sama hak dan kedudukannya -Menciptakan kerja sama dalam memecahkan masalah usaha internasional dalam bidang ekonomi social budaya dan hak asasi -Menjadi PBB sebagai pusat usaha dalam mewujudkan tujuan bersama cita-cita diatas . Penanda tanganan piagam itu diikuti 50 negara. yaitu 47 penanda tanganan “ Dedaramam of united Nations “ ditumban dengan Negara Ukraina. dan Argentina. antara lain : Perjanjian Lokarno 1925. Atas usul presiden AS.

Australia Negara-negara yang memprakasai afec. transpran vegionalisme terbuka dan pangkuan perbedaan pembangunan .• Struktur Organisasi PBB Konferensi organisasi san Flansisco menghasilkan sesuatu piagam yang menyebutka organ utama PBB. perlu dan Vietnam sifat kerjasama dan keputusan nya diambil secara konseasus. 5. 6. 3. indonesi. prinsip apec ( dilandasin dengan konsultatif. komprehensif fleksible. 2. dan kanada organisasi perdagangan dan inuestrasi bidang perdagangan diantranya maupun upaya pengahpus hambatan2 dan tariff dagangan internasional. korea selatan. Australia. 4. sedangkan inuestrasi lakukan dalam bentuk pembrian kesempatan kpda negra2 dikwasan asia fasific untuk prioberitas inuestrasi yang saling menguntungkan Sejak thn 1995 anggota afec berjumlah 21 negara dan 3 negara terakhir yang bergabung sejak 1998 yaitu rusia. yaitu amerika serikat. yaitu sebagai berikut 1. Majelis Umum ( general AS SSEMBIY ) Dewan Keamanan ( Security council ) Dewan Ekonomi dan Sosial ( Ecconomic and social Council ) Dewan Perwakilan ( TRUSTEESHIP Council ) Mahkamah Internasional ( Internasional Counting of Justice ) SPTURETANIAT Jenderal ( General Assemby ) APEC ( Asia-Facifik Economic Co Operation ) APEC dibentuk pada tahun 1989 di kamberia.

menarikkan pendapatn Negara anggotA dari sector mnyak bumi 3. 1.Kuwait.menghindarkn persaingn antara sesame ngara OPEC 4.OPEC (organization of the petroleum expoiting coutiles ) APEC merupkan organisai Negara_negara penghasil dan pengekspor minyak yang brtujuan sbg brikut.berusaha memenuhi kebutuhan mnyak dunia OPEC dibentuk pada tnggl 14 september 1960 dibagdad atas prakarsa Negara irak.dan vanezuela.iran.arab Saudi.Indonesia mnjadi anggota OPEC sejak 1962                                   .menjaga kestabilan harga minyak dpsar internasional 2.

 SEATO dibubarkan pada tanggal 30 Juni 1977. sebagai bentuk  dukungan terhadap Persetujuan Atlantik Utara yang ditanda tangani di Washington. Pakta ini berakhir pada 31 Maret 1991. Selandia Baru. Amerika Serikat (bahasa Inggris: Australia. United States  Security Treaty (ANZUS) atau Pakta ANZUS) adalah aliansi militer yang mengikat antara Australia dan Selandia Baru  dan. New Zealand. Nama  resminya yang lain adalah dalam bahasa Perancis: l'Organisation du Traité de l'Atlantique Nord (OTAN). yang bertujuan  mengorganisasikan diri terhadap kemungkinan ancaman dari aliansi NATO (yang dibentuk pada 1949).NATO =  Pakta Pertahanan Atlantik Utara (bahasa Inggris: North Atlantic Treaty Organization atau disingkat NATO) adalah  sebuah organisasi internasional untuk keamanan bersama yang didirikan pada tahun 1949. Pakta Warsawa dirancang oleh Nikita Khrushchev pada tahun 1955 dan ditanda tangani di Warsawa pada 14  Mei 1955.  [1] Organisasi ini didirikan untuk memblokir berkembangnya komunisme lebih lanjut di Asia Tenggara. DC pada 4 April 1949.  Pembentukan Pakta Warsawa dipicu oleh integrasi Jerman Barat ke dalam NATO melalui ratifikasi Persetujuan  Paris.    SEATO =  Pakta Pertahanan Asia Tenggara (bahasa Inggris: ''Southeast Asia Treaty Organisation'' atau SEATO) adalah  organisasi internasional untuk pertahanan kolektif yang ditandatangani pada tanggal 8 September 1954 di Manila.    ANZUS =  Pakta Keamanan Australia.  . Markas  besar organisasi ini berlokasi di Bangkok. secara terpisah. dan diakhiri secara resmi dalam sebuah pertemuan di Praha  pada 1 Juli 1991. Lembaga formal SEATO dibentuk pada pertemuan mitra perjanjian di Bangkok pada bulan Februari 1955.  Filipina. Australia dan Amerika Serikat bekerjasama dalam hal pertahanan di daerah Samudra Pasifik.  meskipun saat ini perjanjian dipahami untuk menghubungkan serangan di daerah manapun.    WARSAWA =   Pakta Warsawa adalah sebuah aliansi militer negara‐negara Blok Timur di Eropa Timur. Kerajaan Thai.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->