P. 1
makalah TIK my version.doc

makalah TIK my version.doc

|Views: 54|Likes:
Published by eedputra

More info:

Published by: eedputra on Jun 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/18/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Indonesia merupakan salah satu negara yang jumlah penduduknya masuk 5 besar terbanyak sedunia, dimana kebanyakan para penduduk indonesia di kuasai oleh kaum pemuda dan remaja yang dimana kegemaran mereka adalah bermain game online, chating, facebok, men download atau meng upload foto / vidio ke internet, akan tetapi sayang sebagian besar dari mereka lebih suka cara instan atau cara praktis, yang menyebabkan ketika mereka mendapat tugas praktek menyambungkan komputer ke internet sangat minim hasil dari prakteknya, sehubungan dari itu maka dengan kompetensi dasar yang mengharuskan kita membuat makalah tentang cara menghubungkan komputer ke internet kami juga turut membantu pemaksimalkan pengetahuan mereka tentang internet 1.2 Rumusan Masalah Sebenarnya cukup banyak rumusan msalah yang bisa di tulis dalam makalah ini namun kami hanya menulis point-point penting atau garis besar secara umum saja 1. apa saja perangkat yang di perlukan untuk menghubungkan komputer ke internet? 2. Bagaimana cara menghubungkan komputer ke internet? 3. Fasilitas apa sajakah yang ada di internet? 1.3 Tujuan Penelitian Tujuan dari pembuagtan makalah ini adalah untuk hal apa saja yang diperlukan untuk menyambungkan komputer ke internet, bagaimana cara untuk menghubungkan ke internet, dan mengetahui fasilitas apa saja yang ada di internet

1

1.4 Manfaat Penelitian Manfaat dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui cara penyambungan atau penghubungan komputer dengan internet, serta hal apa sajakah yang diperlukan untuk menghubungkan komputer keinternet, dan fasilitas yang ada di internet

2

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Komputer Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. 2.2 Internet Internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking. 2.3 Modem Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio,

3

2. 4 .4 Router Router adalah sebuah alat jaringan computer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya. namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer. Setibanya di modem tujuan.Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel. *dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dab membuat tabel routing dinamis. yaitu modem eksternal dan modem internal. melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. 5. Secara umum . 3. Modem CDMA. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya. 6. 4. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya. Router berbeda dengan switch. yakni: * staticrouter ( routerstatis ) : adalah sebuah router yang memiliki table routing statis yang diset secara manual oleh para administrator jaringan. Modem GSM 2.dan lain sebagainya. Proses routing terjadi pada lapisan 3 ( Lapisan jaringan seperti Internet Protocol ) dari stack protokol tujuh-lapis OSI. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan kejaringan lainnya. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog.router dibagi menjadi dua buah jenis. Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Modem terbagi atas: 1. ModemADSL. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Modem3GP. sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.

Terdapat tiga jenis bridge jaringan yang umum dijumpai: Bridge Lokal: sebuah bridge yang dapat menghubungkan segmen-segmen jaringan lokal. seperti halnya antara Token Ring dan Ethernet. sehingga agar dua segmen jaringan yang dikoneksikan ke bridge tersebut harus terdapat protokol jaringan yang sama (seperti halnya TCP/IP).2. Bridge akan membuat sinyal yang ditransmisikan oleh pengirim tapi tidak melakukan konversi terhadap protokol. Token Ring. sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address. terbagi menjadi dua jenis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet. Jenis NIC yang beredar. 2.sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya. dan lainnya. yakni NIC yang bersifat fisik. dan beberapa diantaranya memiliki fitur diagnosis lainnya. Router berbeda dengan switch. Disebut juga sebagai Network Adapter. Bridge jaringan juga kadang-kadang mendukung protokol Simple Network Management Protocol ( SNMP ).6 Bridge Bridge Jaringan adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringan. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. dan NIC yang bersifat logis. melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Bridge juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda. Switch merupakan penghubung beberapa alat 5 . Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan data-link pada model OSI.5 Kartu Jaringan Kartu Jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI. seperti halnya antara media kabel Unshielded Twisted-Pair (UTP) dengan kabel serat optik atau dua buah arsitektur jaringan yang berbeda. yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). router dibagi menjadi dua buah jenis . dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya. * dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dab membuat tabel routing dinamis. Secara umum.yakni: * staticrouter ( router statis ) : adalah sebuah router yang memiliki tabelrouting statis yang diset secara manual oleh para administrator jaringan. 6 .

2 Tempat dan waktu penulisan Proses dalam penulisan ini berlangsung sejak kamis tanggal 15 september hingga 18 september 2011 bertempat pada ponpes KH. RAM Memori akses acak ( random access memory. Saat itu lebih laazim untuk menggunakan memori utama genetik. RAM ) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat di akses dalam waktu yang tetap tidak mempedulikan letak data tersebut dalam memori.BAB III METODE PENELITIAN 3. Muhammad zuhdi dan romeo-net widang 3. Untuk akses internet RAM yang digunakan minimal 64 MB ( Mega Byte ) 7 .3 Alat-alat yag dibutuhkan untuk terhubung dengan internet A. RAM pertama kali diperkenalkan pada tahun 60’an. seperti tape genetik. Ini berlawanan dengan alat memori urut. dan drum. di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan. Komputer Komputer adalah hal utama dan mutlak sebagai syarat untuk mengakses internet. disk. Spesifikasi komputer yang digunakan dan koneksi melalui koneksi ISP sangat me internet nentukan cepat atau lambatnya proses kinerja dalam mengakses internet 2. disertai beberapa praktek 3.1 Teknik yang digunakan Metode yang kami gunakan dalam hal ini adalah metode diskriptif karena kami hanya mencari diliteratur buku-buku dan internet. Perangkat keras ( Hardware ) 1. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belum populer karena harganya yang sangat mahal.

VGA ( Video Graphic adapter ) VGA berfungsi untuk mengubah data yang akan ditampilkan dalam monitor. Microwave Radio. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address. terbagi menjadi dua jenis. yakni NIC yang bersifat fisik.3. yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Harddisk Harddisk merupakann salah satu penyimpanan data secara magnetik. sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Modem Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Disebut juga sebagai Network Adapter. Jenis NIC yang beredar. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut “modem”. dan lain sebagainya. dan NIC yang bersifat logis. Minimal VGA yang digunakan adalah 4 MB 5. Token Ring. Untuk akses internet minimal harddisk yang digunakan adalah 10 GB ( Giga Byte ) 4. artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. dan lainnya. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet. seperti VSAT. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya. 6. Kartu Jaringan Kartu Jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer. sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui 8 .

Setibanya di modem tujuan. 2. Modem CDMA. yaitu modem eksternal dan modem internal.router dibagi menjadi dua buah jenis. Router berbeda dengan switch. 4. melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan kejaringan lainnya. Modem terbagi atas: 1.beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio. Modem3GP.Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel. 5. 3. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya. dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN). ModemADSL. Modem GSM 7. 6. Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Proses routing terjadi pada lapisan 3 ( Lapisan jaringan seperti Internet Protocol ) dari stack protokol tujuh-lapis OSI. yakni: * staticrouter ( routerstatis ) : adalah sebuah router yang memiliki table routing statis yang diset secara manual oleh para administrator jaringan. sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Router Router adalah sebuah alat jaringan computer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya. *dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dab membuat tabel routing dinamis. 9 . Secara umum .

Perangkat lunak ( Software ) Kebutuhan Software sangat ditentukan oleh kebutuhan hardware yang digunakan. ME dan Windowns XP. dan lain-lain 10 . 98.B. Windows seven b. Browser : yahoo. internet Explorer. Sistem Operasi : windows 95. 97. netscape navigator. google. Adapun jenis dan versi software yang dapat kita gunakan adalah sebagai berikut. 2000. a.

setelah COM port dan Modem selesai di Install. Proses untuk koneksi Network pada Windows XP. proses terakhir adalah memasukan fungsi koneksi dari Modem sebagai koneksi ke Internet.Compatible Cable data DKU5 Nokia Nokia CDMA 6585 Starone CDMA Prepaid Untuk perlengkapan PC: • • • • Pentium P4 2. pada percobaan ini digunakan: • • • Prolific GW-DKU-001. komunikasi modem dilakukan melalui Com Port dan digunakan cable data untuk difungsikan sebagai Com Port. Caranya dengan merubah fungsi dari USB Cable data menjadi sebuah COM pada PC 2. Mengenal Handphone sebagai Modem. Perlengkapan untuk koneksi Internet dengan Handphone CDMA Untuk perlengkapan.2 Cara penghubungkan ke internet Koneksi Internet dengan CDMA Handphone 1.4C @ 3.BAB IV PEMBAHASAN 4.1 Pembahasan Internet merupakan salah satu kebutuhan pokok zaman sekarang dan kebanyakan masyarakat umum tidak mengetahui cara penghubungkan komputer keinternet sehingga pembahasan kita adalah cara pengkoneksian komputer ke internet dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya menggunakan modem yang disediakan oleh perusahaan perusahaan tertentu salah satu cara konek ke internet adalah menggunakan modem CDMA seperti yang diterangkan di atas. Persiapan untuk membuat Com Port. serta 4.3Ghz Corsair memory 1GB TwinX PC320 Asus P4C800-D Gigabyte Radeon 9800 Pro 11 . Setting driver dari install driver setelah dibukanya Com Port maka software WinXP dapat mengenal Handphone sebagai Modem 3.

gambar 2 Tahap pertama : menginstalll COM port dari Prolific data cable Seperti pada PC. Sedangkan modem difungsikan sebagai modem pada koneksi internet dari PC. Untuk sistem CDMA melalui cable data juga perlu diaktifkan Com port yang ditanamkan pada USB Cable Data. bila sebuah perangkat modem akan melalui port atau USB port.• • • • Seagate 120GB SATA Harddisk USB port internet ICH5 Flatron L1710B LCD monitor Zalman ZM-400B APS gambar 1 Fungsi Cable data selain menjadi simulasi Com Port. Pada gambar dibawah ini adalah cara pemasangan Cable Data pada bagian bawah handphone dan dihubungkan pada USB port. juga difungsikan sebagai fungsi tranfer data dari handphone ke PC. Tahap awal dibawah ini adalah cara menginstall driver USB yang disimulasikan 12 .

lebih mudah menginstall dibandingkan original Cable Data dari DKU-5 yang memerlukan driver ukuran besar.sebagai Com port untuk menghubungkan koneksi PC ke Handphone. Kami mengunakan Cable Data Prolific . Anda cukup memasangkan Cable Data Prolific dan Windows akan meminta driver USB port untuk mengenal Cable Data Prolific seperti pada gambar dibawah ini. Artinya installasi dari driver Com port Prolific sudah aktif dan siap digunakan untuk menghubungkan handphone ke USB port. gambar 3 Setelah memasukan CD dan menginstall. 13 . maka akan tampil Com port baru pada Device manager.

Cable data merubah fungsi USB port menjadi Com Port pada sistem operasi Tahap kedua : Menginstall Modem untuk Handphone melalui Cable Data Selanjutnya memberikan pengenalan untuk pemakaian Com port bagi modem. 14 . click Phone and modem pada control panel.gambar 4 Pada tahap ini anda telah selesai membuat Com port baru melalui Cable Data yang nantinya Com Port akan digunakan sebagai penghubung dari Handphone sebagai modem dan Com port untuk koneksi antara PC dan Modem / Handphone.

Pada gambar dibawah terdapat sebuah modem dengan chip-set untuk dial-up dan tidak ada hubunganya dengan artikel ini.gambar 5 Maka akan tampil pilihan seperti pada gambar dibawah ini gambar 6 Masuk ke bagian modem. anda cukup memilih 15 . Untuk penambahan modem yang difungsikan pada Handphone.

Karena modem harus di install driver secara manual gambar 7 Masuk kebagian pencarian nama modem.ADD dan jangan lupa click untuk Don't Detect My modem. click bagian Have Disk untuk menginstall driver modem baru pada Handphone 16 .

gambar 8 Selanjutnya masukan driver handphone anda. sistem driver ini tidak standard. Dan anda dapat mendownload driver dari masing masing produk handphone yang anda gunakan 17 .

maka akan ditampilkan 3 pilihan.gambar 9 Bila anda mengunakan Nokia. Untuk koneksi Internet anda cukup mengclick bagian 3G sebagai driver modem CDMA anda 18 .

pada gambar dibawah ini memperlihatkan pilihan Port 6 untuk Prolific cable data yang akan dikenal oleh System operasi Windows untuk mengaktifkan Com 6 bagi modem Handphone gambar 11 Selesai proses ini anda telah memiliki 2 modem. pertama modem dial up dari Lucent dan kedua modem Nokia melalui Handphone dan Com port dari koneksi Cable Data 19 .gambar 10 Selanjutnya memberikan port untuk modem anda yang telah di Install.

gambar 12 Pada tahap ini anda telah selesai menginstall Com port dari sistem operasi Windows dan mengenal modem anda untuk digunakan sebagai koneksi ke handphone. masing masing hubungan network juga diperlukan jenis koneksi dan jenis yang anda butuhkan Untuk koneksi ke Internet. Tahap ketiga : Menginstal koneksi Internet untuk Window untuk CDMA modem Seperti anda mengunakan modem dial up atau ethernet broadband. Anda masuk kebagian Control Panel dan click Network Connection 20 . cukup mengunakan Wizard dari Windows XP.

gambar 13 Anda cukup mengclick bagian Create New Connection pada sub menu Network Connection gambar 14 Selanjutnya akan muncul Wizard Connection. dan click Next 21 .

gambar 15 Pilih koneksi langsung ke Internet gambar 16 Dan masukan setup untuk koneksi manual 22 .

karena mengunakan sistem Handphone seperti telepon dan anda perlu melakukan dial nomor manual untuk koneksi melalui handphone CDMA gambar 18 Pilih modem yang telah anda install seperti gambar dibawah ini untuk hubungan internet melalui Handphone CDMA 23 .gambar 17 Pilih dial-up.

untuk Starone mengunakan nomor 777 24 . misalnya Starone CDMA seperti pada gambar dibawah ini gambar 20 Masukan nomor untuk hubungan internet ke Provider.gambar 19 Masukan nama koneksi.

pada Starone diminta untuk nama login : starone dan password : indosat. Masing masing login dan password berbeda pada setiap provider gambar 22 Selesai pada tahap untuk membuat icon modem pada Dekstop Windows dan modem handphone anda siap dihubungkan ke internet provider 25 . masukan nama login dari Provider.gambar 21 Proses hampir berakhir.

gambar 23 Untuk melalukan koneksi anda cukup mengclick koneksi yang telah anda buat seperti mengunakan koneksi dial-up gambar 24 26 .

Pada gambar bawah capture ketika handphone sedang dihubungkan ke provider. kecepatan mencapai 12-15KB/s lebih. koneksi internet melalui CDMA akan mencapai 230Kbps atau sekitar lebih dari 15KB/s. dimana kecepatan upload lebih kecil dibandingkan kecepatan download 27 . Kelemahan pada internet melalui handphone CDMA masih memiliki kelemahan. maka koneksi anda akan terhubung langsung ke provider CDMA. Pada gambar bawah terlihat kecepatan koneksi 230Kbps. Pada test melalukan download. gambar 25 Tahap keempat : Informasi kecepatan koneksi dengan teknologi CDMA Untuk kecepatan .Bila setting seluruhnya benar. Dan kecepatan ini setara dengan kecepatan 3X dari koneksi dial up atau hampir sepertiga kecepatan koneksi cable modem. tentunya kecepatan ini tergantung dimana anda membuka sebuah website dan lokasi server.

koneksi sistem CDMA yang diuji cukup cepat dan tidak banyak berbeda dengan koneksi melalui Dial-up telepon biasa. gambar 27 Dibawah ini adalah hasil koneksi dan kestabilan ketika mendownload mengunakan Handphone CDMA melalui sistem operasi Windows XP 28 .gambar 26 Untuk ping delay.

Artikel ini sedikitnya dapat menjelaskan bahwa koneksi CDMA menjadi solusi baru dengan kecepatan lebih baik dibandingkan Dial-up. kemampuan koneksi yang lebih cepat dan dapat digunakan secara mobile akan memudahkan pemakai Internet di Indonesia. Dan periksa kekuatan signal dari BTS provider. Untuk internet dibutuhkan koneksi 1X dan akan terlihat pada display handphone anda 29 . Bila dikatakan teknologi CDMA untuk koneksi Internet untuk kegiatan umum seperti browsing. Note: Koneksi internet dengan CDMA memerlukan informasi setup dari masing masing provider serta jenis produk dan driver.gambar 28 Result : Kemajuan teknologi Internet untuk koneksi CDMA Setidaknya. tetapi dikatakan cepat mungkin belum cukup. kekuatan koneksi internet tidak lagi tergantung pada baik buruk nya jaringan. melainkan baik tidaknya cuaca serta kekuatan baterai handphone anda. email tentunya sudah memadai. Analog dan 1X. Sebelum mengunakan CDMA untuk koneksi internet. Teknologi CDMA memiliki 3 pilihan yaitu signal Digital. khususnya penawaran tarif flat untuk koneksi bulanan yang lebih murah dibandingkan mengunakan sistem Dialup konvensional dengan tarif selangit serta lebih lambat bahkan sangat buruk pada suatu area tertentu. dan kemudahan mengunakan koneksi melalui CDMA untuk Internet. Tetapi mengunakan handphone CDMA untuk koneksi Internet tidak lepas dari kendala lain walaupun tidak terlalu signifikan. Adanya teknologi ini akan lebih menghemat biaya. sebaiknya melakukan evaluasi dimana anda berada.

Dan informasi lain untuk kekuatan handphone terbaik dipegang oleh Modotel dengan kemampuan transmit 3-4 jam dan ketahanan kestabilan koneksi 30 .1 pada Windows 98 Kemampuan Handphone memiliki kemampuan terbatas karena mengunakan sistem transmisi. dari laporan pemakai hanya mampu bertahan antara 1-2 jam. dan kemungkinan kerusakan terjadi pada Handphone dapat terjadi bila dipakai secara berlebihan. Dan intall modem handphone sama seperti melakukan install modem dialup. koneksi cable data harus memiliki driver bagi Win98 agar mendapat COM port untuk penghubung ke Handphone. Kecepatan 15KB/s tidak dipengaruhi oleh jenis versi USB 1. Untuk Nokia 6585. Dengan persyaratan.Sistem koneksi internet via handphone juga dapat dilakukan dengan OS Win98.

1 Kesimpulan dari penelitian dan praktek yang telah kami lakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa alat-alat yang diperlukan dalam konek ke internet adalah perangkat keras seperti komputer. dan juga pernagkat lunak seperti installasi modem cdma yang telah di terangkan diatas 5. cpu. network card. modem. monitor.BAB V PENUTUP 5.2 Saran Para pembaca lebih baik didak selalu berpacu pada makalah ini karena di makalah ini hanya di tulis satu cara menghubungkan komputer ke internet dari sekian macam banyaknya cara menghubungkan komputer ke internet 31 .

google.html http://www.DAFTAR PUSTAKA http://getete.blogspot.wikipedia.com/2007/12/modem-modem-adalah-singkatandari.com/doc/7569614/Perangkat-Akses-Internet http://www.scribd.slideshare.net/pakgik/perangkat-keras-akses-internet www.com www.com 32 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->