Cara Budidaya Pohon Jabon

Metode ukuran jarak tanam pohon jabon pada umumnya : *Jabon dapat hidup pada ketinggian 0-1000 dpl (dari permukaan laut)*

Pola Hutan Rakyat Umumnya menggunakan jarak tanam 2 x 2,5 m. namun hasil pertumbuhan dan perkembangan diameternya tidak begitu cepat dan maksimal, cara ini biasanya digunakan masyarakat dengan membiarkan tumbuh liar dengan sendirinya ibarat hutan.

Perawatan : Semprot Pestisida secara aktip per 1 atau 2 minggu sekali selama 3-5 bulan tergantung keadaan gangguan. .setelah daun cukup banyak pengusida sudah tidak perlu disemprotkan lagi. tanah lempung.sebab daun tidak akan habis dimakan ulat sebab daun sudah banyak. sebab radius lingkaran bayangan kebawah batang atas pohon adalah wilayah penyerapan unsur-unsur hara ditanah oleh akar pohon.lalu isi tanah kompos sebagai penutup akar dengan tanah setinggi 20 cm.hingga tersisa lubang 10 cm sebagai kantong air. Cara Tanam : Buka Lobang Lebar. agar daun tidak dimakan ulat. Tanah liat.25 Cm x dalam 60 cm. podsolik coklat. jabon dapat hidup pada tanah Alluvial lembab (Pinggir sungai).kemudian tusuk lubang endapan kompos tersebut dengan kayu/tombak sehingga berbentuk lubang yg sesuai untuk tempat semayaman akar.5 gr (campur) sebagai pupuk dasar diendapkan dilubang berbentu kerucut kebawah untuk akar setinggi 30 cm (dapat langsung tanam/3-7 hr kemudian baru tanam).masukkan bibit yang polibagnya sudah dibuka/disobek kedalam. jadi jarak 4 x 5 m adalah yang paling baik bagi pertumbuhan pohon jabon tetapi bisa juga menggunakan jarak 4 x 4 m tergantung kondisi lahan. tanah daerah yang ada pasang surut. (Lihat Gambar. jarak tersebut dapat memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan diameter batangnya.25 Cm x Panjang.) Lalu masukan Kompos+NPK 2.Masukan akar terlebih dahulu lurus kebawah. iklim basah dan tropis.Perkebunan pada umumnya menggunakan jarak tanam yang direkomendasikan yaitu 4 x 5 m.

pemupukan dapat dilakukan Minimal cukup sampai usia 3 tahun. karna untuk 3 tahun keatas sumber makanan unsur hara dari serasah yang terdekomposisi secara alami selama 1-3 tahun telah mengurai menjadi unsur hara dan kesimbungan dekomposisi serasah 3-6 tahun. ULANG. dengan kompos pupuk yang diberikan dapat mengurai dengan baik sehingga akar menjadi mudah menyerap unsur hara tersebut.serasah disiram Bakteri Pengurai agar cepat Permentasi. minimal perawatan sampai usia 1 tahunan.0 On On Dapat juga hanya dengan kompos : 1 2 Tahun Tahun 2 3 Tahun Tahun : : Kompos/Bokhasi/Pupuk Kompos/Bokhasi/Pupuk Kandang Kandang 20 20 Kilo kilo Kompos sangat penting peranannya.sebab daya serap akar sudah kuat. (sudah bagus. tampa kompos/Bokhasi/Pupuk Kandang tanah semakin lama semakin jenuh.1 Tahun : NPK 1 sendok makan (tabur jgn kena/menumpuk pada batang pangkal) 1 2 Tahun Tahun 2 3 Tahun Tahun : : Kompos/Bokhasi/Pupuk Kompos/Bokhasi/Pupuk Kandang Kandang 05 10 kilo kilo + + NPK NPK 2. PANEN 50-70%.untuk selebihnya dapat juga dibiarkan. . kompos memperbarui kondisi tanah dan menjadikan tanah disekitar pangkal pohon/akar menjadi lembab dan subur. cukup kompos/Bokhasi/Pupuk Kandang + NPK. SISA 30% UNTUK PANEN PERIODE KE II BERSAMAAN PANEN KELANJUTAN DARI TANAM 10% .TANAM KEMBALI 70%. yang mana jabon dapat hidup dengan PH 4. (TAPI JIKA ADA KEMAMPUAN LEBIH BAIK.Pemupukan : untuk pertumbuhan. AGAR HASIL LEBIH MAKSIMAL) *CARA PEMANENAN GUNAKAN METODE PENJARANGAN.5 (Basah). *PUPUK KANDANG YANG BELUM MATANG TIDAK BAIK DIGUNAKAN UNTUK PEMUPUKAN.5 5. Masam : Unsur Mikronya banyak & Unsur Makronya sedikit.7. Periode pemupukan 1-2 kali/setahun.5 (Masam) . agar serasah cepat terdekomposisi bermanfaat menjadi Hara .TAPI BERBAU HUMUS(TAHAH) DAN TIDAK PANAS* Perawatan Kebersihan disekitar pohon.agar sumber makanan akar tidak terganggu dan dapat maksimal diserap akar pohon. PENJARANGAN MINIMAL DISISAKAN SETERUSNYA BERKELANJUTAN* awal tanam .kompos/Bokhasi/Pupuk Kandang berperan sebagai absorbent yg dapat menyimpan mineral & unsur hara dan memperlancar pertukaran kation didalam tanah. Basah : Unsur Makronya banyak & Mikronya sedikit). PUPUK KANDANG YANG SUDAH MATANG DITUNJUKAN DARI TIDAK BERBAU KOTORAN. BEGITU JANGAN TEBANG HABIS/GUNDUL. PEMUPUKAN SAMPAI BATAS USIA MENDEKATI USIA PANEN YAITU 5 SAMPAI 6 TAHUN.jika tanah jenuh pemberian pupuk menjadi sia-sia dikarenakan tanah jenuh tidak dapat lagi mengikat mineral sehingga pupuk yang diberikan tidak dapat mengurai kedalam tanah dan akan menguap atau tercuci. Sampah serasah di kumpulkan menjadi Ring keliling Pohon dengan radius jarak 1 meter.

Bpk.Herwindo Mobile 081263239444 Pemesanan Bibit Pohon Jabon Hubungi: Bapak Hp.INDONESIA (JALAN LINTAS BINJAI-STABAT) . +6285225279444 .blogspot. TANDEM HULU II. Phone : +626176889444 . TANDEM HULU II NO. 20374 SUMUT .4.1/2 TIONGHUA.web.id Hubungi Kami :: JABON SUMATERA:: Herwindo / Lui Wen Cen Mobile : +6281263239444 . Fax : +62618826417 e-mail : jabon_sumatera@yahoo.peluangbudidayajabondisumatera.30.6 TIONGHUA.5 PASAR. Sumatera Utara.JABON SUMATERA Binjai Utara.T.27 20374 SUMUT .INDONESIA (JALAN LINTAS BINJAI-STABAT) PEMBIBITAN : JL.5 PASAR.AMIR HAMZAH (JATAPUR) KM.30.com Informasi Selengkapnya Silakan Mengunjungi Kami PERSEMAIAN : JL. RIDHA +628 126 971 778 Banda Aceh – Aceh www.jabonsumatera.com www.AMIR HAMZAH (JATAPUR) KM.T.

Kemampuan tumbuhnya sepadan dengan sengon/albasia apabila mendapat perawatan yang optimal. karena Jabon memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan tanaman kayu lainnya termasuk sengon/albasia.. Saat ini Jabon menjadi andalan industri perkayuan. Pertumbuhan diameter pohon antara 5-10 cm/tahun. Nama Botanis dan Klasifikasi Divisi : Spermatophyta Sub divisi : Angiospermae Kelas : Dicotyledoneae Suku : Rubiaceae Marga : Anthocepalus Jenis : Anthocepalus cadamba. Usia Optimal panen adalah pada usia tanaman antara 10 sampai 15 tahun. termasuk kayu lapis. namun begitu panen dini sudah dapat dilakukan pada usia pohon (tanaman) 5 atau 6 tahun (diameter pohon sudah mencapai 40 cm sampai 50 cm). Lingkar batang pada usia 6 (enam) tahun dapat mencapai 150 cm (diameter 40 cm sampai 50 cm). Anthocephalus chinensis Nama Lokal di Indonesia .Profil Tanaman Jabon Karakter Tanaman Jabon Jabon Merupakan satu diantara jenis tanaman kayu keras yang pertumbuhannya sangat cepat dan dapat tumbuh subur di hutan tropis dengan ketinggian 0 – 1000 m dpl.

Galupai bengkal. atau tanah berbatu. Perkiraan suhu antara 100 C – 400 C. Hanja. UK. Kalimantan Selatan. Nusa Tenggara Barat. Tanaman jenis ini memerlukan iklim basah hingga kemarau kering di dalam hutan gugur daun dengan tipe curah hujan A dan D (antara 1250-3000m/th). laran (Sb). Ind.Pute. Irian Jaya. Nama di Negara Lain Kadam (inggris). Snex. (Kalimantan). Jabon tergolong tumbuhan pionir sebagaimana sengon. Tuwak. Gao (Vnl). Gm. Sp. Jabun.5. Johan. Harapean. Daerah Penyebaran Seluruh Sumatera. Jawa Barat. kadam (Bma. mulai dari dataran rendah sampai ketinggian 1. Sendek (Aceh) Galupai.000 meter dari permukaan laut. . Kelempi. Pepohong. Seribu naik. tanah tuf halus atau tanah lempung berbatu yang tidak sarang. Masarambi (Papua). berbanir sampai ketinggian 1. Mugawe. Pekaung. tanah lempung podsolik cokelat. Harapesn. seluruh Sulawesi. Sejauh ini jabon lebih bebas serangan hama dan penyakit. limpoh.      Bance. Seribee ek. Kelampayan.  Jabon. Kelampaian (Jawa). Tempat Tumbuh Jabon umumnya tumbuh pada tanah alluvial lembab di pinggir sungai dan di daerah peralihan antara tanah rawa dan tanah kering yang kadang-kadang digenangi air. Pontua. USA). Pelapaian.50 m. Pertumbuhan Pertumbuhan sangat cepat dibandingkan dengan kayu keras lainnya termasuk bila dibandingkan dengan sengon (albasia). Tawa telan. Kelapan. Tunyok langet. Selapaian. Tinggi pohan dapat mencapai 45 m dengan panjang batang bebas cabang 30 m. Toa (Sulawesi). Kelampeyan. Johan. Serebunaik (Sumatera). Gempol. Serebunaik. Kelampai. kaataan bangkal (PI). diameter sampai 160 Cm. Galupai. It. Gumpayan. Taloh. Kelampean. Loeraa. Aparabire. ilan. tanah lempung podsolik coklat. mau-Iettan-she (Bma). kelempayan (Mly). selimpoh. Kiuna. Lampaian. Selain itu dapat juga tumbuh dengan baik pada tanah liat. Fr. Habitus (kecenderungan alamiah bentuk suatu tumbuhan) Batang lurus dan silindris. Pak. Sencari (NTB). sempayan (Swk). kulit luar berwarna kelabu-coklat sampai coklat. Tuak. bertajuk tinggi dengan cabang mendatar. Kalimantan Timur. Suge manai. termasuk karat tumor yang banyak menyerang sengon. Kalampain. sedikit beralur dangkal. Kiuna. Tuneh.5 – 7. Jawa Timur. dengan kondisi PH tanah antara 4. bangkal (Bm). Sugi manai. Hanja. NI. Ia dapat tumbuh di tanah liat. entipong.

sehingga pada umur 3 tahun harus dilakukan penjarangan pertama dan pada umur 25 tahun sudah dapat menghasilkan kayu pertukangan. dikeringkan. Buah Pohon jabon berbuah setiap tahun pada bulan Juni-Agustus. terutama tanaman yang menunjang kesuburan pohon jabon itu sendiri. Biji yang telah dikeringkan dan disimpan pada tempat yang tertutup rapat dalam ruangan yang sejuk dapat tahan selama satu tahun. Kompos 0 – 5 kg dicampurkan dengan tanah galian lubang tanam kemudian digunakan untuk menimbun lubang setelah penanaman. . Jumlah buah 33 butir per kg atau 320 butir per kaleng minyak tanah. Pada satu kasus di Kabupaten Bireuan juga ditemukan pohon tanaman ini diserang oleh rayap(serangga). Lubang tanam 30 x 30 x 30 cm atau 40 x 40 x 40 cm tergantung kondisi tanah. dan dapat diserang oleh jamur Gloeosporium anrhocephali Desm and Mont yang menyerang daun yang menyebabkan defoliasi dan mati pucuk. Batang Ciri dan karakteristik batang jabon adalah : Permukaan kayu licin serta arah tegak lurus. Jabon merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan berkembang tidak memerlukan banyak perlakuan khusus dalam budidayanya. Penanaman dapat pula dilakukan dengan cabutan atau stump. Jumlah biji kering udara 1826 juta butir per kg. Buahnya merupakan buah majemuk berbentuk bulat dan lunak. namun untuk investasi sebaiknya dilakukan pada tanah yang subur dan drainase baik. Pertumbuhan jabon termasuk cepat. bebas dari cacat mata kayu dan susutnya rendah serta tidak memerlukan pemangkasan karena pada masa pertumbuhan cabang akan rontok sendiri. Penyemaian. Buah yang berukuran sedang dapat menghasilkan sekitar 8. Penanaman dan Perawatan Biji disemaikan lebih dahulu di dalam bak kecambah. Pupuk dasar NPK 0 – 100 g per lubang tanam dilakukan pada musim hujan (Desember – Januari). Setelah mencapai tinggi 20-30 cm ditanam di lapangan pada permulasn musim hujan. Hama dan Penyakit Tanaman muda biasa dimakan binatang liar seperti rusa dan banteng.Jabon termasuk tumbuhan jenis pionir yang dapat membentuk kelompok hutan alam murni pada tempat yang bebas persaingan cahaya. mengandung biji yang sangat kecil. murni atau tumpangsari. berwarna putih kekuningan mirip meranti kuning. Jabon tidak menuntut persyaratan tumbuh yang tinggi. direkatkan. kemudian setelah tumbuh dan mencapai tinggi 3 cm dipindahkan ke bedeng penyapihan atau ke dalam bumbung.300 pohon. Dapat pula dilakukan tumpang sari dengan beberapa tanaman. batang mudah dikupas. Jarak tanam 3 x 2 m atau 5 x 5 m tergantung tujuan penanaman.

wordpress.000 * middle 40-49 Rp 1.Keunggulan Tanaman Jabon * Pertumbuhan pohon jabon sangat cepat bila dibandingkan dengan jenis kayu keras lainnya. Asumsi Biaya Budidaya Jabon 1 Hektar dengan jarak tanam 4x4 meter (625 pohon) Rp. Nilai Ekonomi Budidaya tanaman jabon akan memberikan keuntungan yang sangat menggiurkan apabila dikerjakan secara serius dan benar. 1. * Berbatang silinder dengan tingkat kelurusan yang sangat bagus. Seminar Peluang bisnis Jabon (http://tgcfahutanipb.000. Volume 2.org) .1. Hasilkan kayu lebih kurang 1600 m3 Prediksi Harga Rp. * Diameter batang dapat tumbuh berkisar 10 cm/tahun.920. Daftar Bacaan : 1.100. Tinggi 13 meter.2 juta/m3 Hasil Rp.200. Badan Litbang Kehutanan (http://www. Diameter 50 Cm . (tinggi batang pada usia 12 tahun dapat mencapai 20 meter) sehingga pada usia 4-6 tahun sudah dapat dipanen.com) 2.forda-mof.000.000 * middle 50 up Rp 1.000 Harga ini diprediksi akan mengalami kenaikan seiring dengan tingkat kebutuhan / permintaan yang semakin bertambah tiap tahunnya.56 m3 x 625 pohon. * Tidak memerlukan pemangkasan karena pada masa pertumbuhan cabang akan rontok sendiri (self pruning) * Masa produksi jabon yang singkat. 20 jutaan Asumsi Penjualan Kayu Jabon 1 Ha Masa Panen 5 s/d 6 Tahun.000/Ha Informasi harga kayu jabon perkubik pada tahun 2009 : * middle 30-39 Rp 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful