RANCANGAN PEMBELAJARAN

Kode/Nama Mata Kuliah : 496M1103/Analisis Regresi Program Studi : Kehutanan KOMPETENSI PS yang didukung oleh mata kuliah:

SKS Fakultas

:3 : Kehutanan

a. Kompetensi Utama : 1. Mampu mendata potensi dan daya dukung lahan hutan, serta menganalisisnya untuk kepentingan pengelolaan hutan lestari 2. Memahami dan mampu menerapkan teknologi komputer dan sistem informasi dalam bidang kehutanan 3. Mampu merumuskan, merancang dan melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang kehutanan b. Kompetensi Pendukung : Berpikiran logis dan terstruktur c. Kompetensi Lainnya : Sasaran Belajar : Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui prosedur dan analisis regresi serta mampu menerapkannya secara tepat dalam analisis dan pemecahan masalah yang berhubungan dengan bidang spesialisasinya

GBRP dan Unit Tugas Mahasiswa Kurikulum 2008, Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin

380

Mampu melakukan uji parsial 20 GBRP dan Unit Tugas Mahasiswa Kurikulum 2008.Kontrak kuliah dan rencana pembelajaran .Asumsi-asumsi .Menduga parameter dan melakukan analisis ragam .Mampu melakukan pendugaan parameter dan analisis ragam dengan pendekatan matriks .Melakukan uji parsial .Prinsip Jumlah Kuadrat Ekstra .Membuat matriks rancangan dengan dua peubah bebas dari data masing2 kelompok .Terpilihnya ketua kelas .Menjelaskan regresi linier berganda . pembelajaran kolaborasi Unit Tugas Mahasiswa Kriteria Penilaian Bobot Nilai (%) 0 1 .Metode kuadrat terkecil Strategi Pembelajaran Kuliah.Pendekatan matriks .Menjelaskan ulang (review) regresi linier sederhana 2-4 .Terbentuknya aturan dan metode bersama dalam pembelajaran . pembelajaran kolabolasi .Matriks Pembelajaran : Minggu KeSasaran Pembelajaran Materi Pembelajaran .Terbentuknya kelompok . Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin 381 .Pengertian regresi linier sederhana .Menjelaskan pendugaan parameter dan analisis ragam dengan menggunakan matriks .Uji F-parsial dan sekuensial Kuliah.

Minggu Ke- Sasaran Pembelajaran Materi Pembelajaran . amatan yang berpengaruh dan kolinieritas 20 GBRP dan Unit Tugas Mahasiswa Kurikulum 2008.Kolinieritas Kuliah. pembelajaran kolaborasi Melakukan diagnostik regresi dengan program SPSS dan menginterpretasikan hasilnya Mampu mendeteksi adanya penyimpangan model.Reparameterisasi .Pengujian Hipotesis Umum Kuliah.Pemeriksaan amatan yang berpengaruh .Pendugaan parameter regresi dan perhitungan Jumlah Kuadrat dengan metode Doolittle Strategi Pembelajaran Kuliah.Menjelaskan metode Doolittle 7-8 Menjelaskan pengujian hipotesis umum . pembelajaran kolabolasi Unit Tugas Mahasiswa Menggunakan metode Doolittle untuk menduga parameter dan menghitung JK regresi serta membandingkan hasil yang diperoleh dengan SPSS Kriteria Penilaian Mampu menduga parameter regresi dan menghitung JK regresi dengan metode Doolittle dan program SPSS Bobot Nilai (%) 15 5-6 . Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin 382 . pembelajaran kolabolasi Melakukan simulasi reparameterisasi regresi dan pengujian hipotesis umum Mampu melakukan reparameterisasi regresi dan pengujian hipotesis umum 15 9-12 Melakukan diagnostik regresi .Analisis galat .

pembelajaran kolabolasi Melakukan analisis regresi polynomial yang mengandung dummy variable Mampu memilih dengan benar model yang sesuai dengan kasus tertentu 15 GBRP dan Unit Tugas Mahasiswa Kurikulum 2008.Prosedur Langkah mundur .Semua kemungkinan regresi . Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin 383 .Model polinom dan Transformasi .Kriteria pemilihan model . pembelajaran kolabolasi Unit Tugas Mahasiswa Melakukan simulasi pemilihan model terbaik dengan berbagai prosedur dengan menggunakan SPSS Kriteria Penilaian Mampu menjelaskan langkah-langkah prosedur pemilihan model terbaik yang dihasilkan oleh SPSS Bobot Nilai (%) 15 13-14 Mengetahui prosedur pemilihan model “terbaik” 15-16 Mengetahui modelmodel regresi Kuliah.Kecenderungan terhadap waktu .Minggu Ke- Sasaran Pembelajaran Materi Pembelajaran .Model-model Non linier Strategi Pembelajaran Kuliah.Prosedur langkah maju .Prosedur Stepwise .Penggunaan “Dummy variable” .